10 Soup Kaya Rasa dari Mancanegara Menggugah Selera


prita  August 4, 2020  0 Comment

Soup memang menjadi salah satu hidangan yang paling populer di dunia. Di Indonesia sendiri, soup identik dengan kuah kaldu berisikan aneka daging dan sayuran. Mulai dari kentang, wortel, kubis, buncis dan irisan ayam. Sajian soup memang menjadi favorit banyak orang karena rasanya yang lezat dan mampu menghangatkan tubuh. Kita biasa menyantap soup dengan nasi dan aneka lauk seperti tempe atau tahu. Tak hanya di Indonesia, beberapa negara di dunia juga memiliki olahan soup yang rasanya tak kalah dari Indonesia. Tentu saja, soup di berbagai negara tersebut memiliki ciri khas yang berbeda.

Berikut ini adalah 10 soup terenak di dunia yang wajib untuk kamu coba

1. Bouilabaisse, Prancis

boilabaisse
purewow.com

Soup terenak di dunia yang pertaman adalah Bouilabaisse yang berasal dari Prancis, tepatnya kota Marseillae. Bouilabaisse menjadi soup yang cukup populer di negara tersebut karena rasanya yang nikmat.

Jika kebanyakan soup asal Eropa menggunakan krim di kuahnya, maka lain halnya dengan Bouilabaisse ini. Soup ini menggunakan campuran kentang, saffron, tomat, fennel dan bawang putih yang dimasak dalam kaldu seafood. Sebagai isiannya, soup ini menggunakan aneka ragam seafood yang dimasak dalam temperature khusus. Di Prancis, soup ini biasa dinikmati bersamaan dengan roti panggang khas Prancis yang nikmat.

Gotravelly

The People’s Cafe

Yoshinoya Osaka: Mencicipi Langsung Rice Bowl Hits Di Negara Asalnya

Makan Bareng Keluarga Di Resto Itik Emas Madiun, Itiknya Beneran Juara!

2. Pfannkuchensuppe, Jerman

soup terenak di dunia
eatsmarter.de

Soup terenak di dunia selanjutnya bisa kamu temukan di Jerman. Soup bernama Pfannkuchensuppe ini terbuat dari bahan-bahan sederhana, namun rasanya sangatlah nikmat.

Pfannkuchensuppe terdiri dari irisan panekuk atau pancake yang kemudian disiram dengan kuah kaldu yang gurih. Perpaduan rasa dari panekuk dan kuah kaldu tersebut memberikan cita rasa unik yang sangat berbeda di mulut. Pfannkuchensuppe biasa disajikan dengan roti panggang hangat dan sosis bratwurst yang menjadi menu pendamping.

3. Cock-a-Leekie, Skotlandia

soup terenak di dunia
carolinescooking.com

Ingin menikmati soup yang bercampur dengan buah Plum? Kamu wajib mencoba Cock-a-Leekie ini. Cock-a-Leekie ini merupakan soup ayam khas Skotlandia yang memiliki rasa yang luar biasa.

Cock-a-Leekie menjadi salah satu soup terenak di dunia yang wajib kamu coba. Soup ini terbuat dari kaldu ayam yang dipadukan dengan daun bawang dan kuah soupnya dikentalkan dengan beras atau barley. Untuk menambah cita rasanya agar lebih khas, soup ini biasa diberi tambahan buah plum.

4. Solyanka, Rusia

soup paling enak di dunia
saveur.com

Rusia juga memiliki salah satu sajian soup terenak di dunia bernama Solyanka. Solyanka dibuat dengan menggunakan daging, sayuran dan jamur yang dimasak dengan kuah kental yang segar.

Kuah dari Solyanka ini terbuat dari campuran minyak zaitun, kubis, tomat, acar, lemon dan mentimun yang dihaluskan kemudian dimasak sampai matang. Daging yang biasa digunakan untuk membuat Solyanka ini adalah daging sapi, daging ayam atau daging ikan.

5. Birria, Meksiko

soup terenak di dunia
inmamamaggieskitchen.com

Soup terenak di dunia yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang suka dengan daging kambing. Birria adalah soup tradisional Meksiko yang dibuat dari daging kambing yang dimasak dengan kuah merah.

Warna merah dari soup ini berasal dari campuran tomat yang dimasak bersamaan dengan bumbu rempah khas Meksiko. Untuk menambah cita rasa, biasanya soup ini diberi tambahan tomat hijau dan merah, bawang Bombay dan irisan daun seledri agar lebih nikmat.

6. Gumbo, Amerika

gumbo
thefedupfoodie.com

Amerika Utara juga memiliki salah satu sajian soup terenak di dunia yang tak boleh kamu lewatkan begitu saja. Soup ini bernama Gumbo yang dibuat dari campuran tepung dan mentega yang dilelehkan dengan api kecil.

Gumbo berisikan aneka isian yang nikmat, biasanya isiannya tergantung dari daerah mana soup ini dibuat. Mulai dari ayam, udang, potongan sosis hingga sayuran Okra. Biasanya Gimbo menjadi menu santapan wajib kala musim dingin di Amerika dan disajikan dengan nasi. Selain nasi, Gumbo juga kerap disantap dengan kentang goreng atau roti panggang. Mau disantap dengan apapun, Gumbo tetap terasa nikmat.

7. Sukiyaki, Jepang

sukiyaki
kitchenstories.com

Kalau soup asal Jepang ini pasti kamu sudah tak asing lagi, pasalnya salah satu soup terenak di dunia ini bisa kamu temukan dengan mudah di restoran-restoran Jepang yang ada di Indonesia.

Sukiyaki terdiri dari potongan daging sapi, jamur enoki, jamur shitake dan daun bawang yang direbus dengan kuah bercita rasa manis. Kuah manis dari Sukiyaki ini terbuat dari campuran kecap khas Jepang, gula dan mirin atau sake manis, yang kemudian dimasak hingga mendidih. Agar terasa lebih nikmat, biasanya Sukiyaki juga diberi tambahan bawang Bombay dan telur dalam rebusannya.

8. Kimlo, Tiongkok

kimlo
mommyasia.id

Tak hanya Jepang, kamu juga bisa menemukan salah satu soup terenak di dunia yang ada di negara Tiongkok. Negera berjuluk Negeri Tirai Bambu ini memiliki soup lezat yang bernama Kimlo.

Kamu mungkin juga tidak asing dengan soup Kimlo ini, pasalnya soup ini juga banyak ditemukan di Indonesia, namun tentu saja rasanya berbeda dengan Kimlo asli dari negara asalnya. Jika Kimlo di Indonesia terlihat seperti sayur sop, Kimlo yang kamu temukan di Tiongkok memiliki isian yang lebih melimpah. Isiannya terdiri dari kembang tahu, bakso ikan, kembang kol, wortel, soun, jamur kuping dan udang. Kimlo biasa disajikan dengan potongan cabai rawit dan nasi hangat, untuk menambah rasanya kamu juga bisa menambah kecap asin.

9. Pho, Vietnam

pho
foodnetwork.com

Pho khas Vietnam juga menjadi salah satu hidangan soup terenak di dunia yang wajib kamu coba. Sajian ini memang telah mendunia karena memang memiliki rasa yang lezat dan juga bermanfaat bagi tubuh.

Pho merupakan kalsu soup yang terbuat dari daging ayam atau sapi yang bisa kamu pilih sesuai selera. Kemudian, kaldu tersbeut diberi sejumlah herbs untuk menambah cita rasa, seperti serai dan daun jeruk, perasan jeruk nipis dan diberi kecambah segara pada akhir prosesnya agar sayurannya terasa lebih segar. Pho sangat pas menjadi sajian di musim dingin dan sangat ampuh untuk menyembuhkan flu dan mabuk.

10. Khao Soi, Thailand

khao soi
finedininglovers.com

Soup terenak di dunia yang terakhir berasal dari Thailand, yaitu Khao Soi. Khao Soi terbilang sangat berbeda dengan Tom Yum yang sangat populer itu, karena soup ini terbuat dari santan kental yang diberi bumbu rempah yang kuat sehingga cita rasanya sangat khas.

Khao Soi berasal dari Thailand Utara dan menjadi salah satu hidangan yang paling dicari di Thailan selain Tom Yum. Soup ini berisikan mie telur, potongan daging paha ayam yang lembut dan perasan jeruk nipis. Ciri khas dari Khao Soi adalah pickled Chinese mustard root atau tumbuhan mustard yang dijadikan acara dengan rasa asam yang menyearkan.

Itulah 10 daftar soup terenak di dunia yang wajib kamu coba saat berlibur. Jika kamu masih belum bisa pergi langsung ke negaranya, kamu masih bisa menemukan beberapa menu soup diatas dijual di restoran-restoran di Indonesia. Selamat mencoba.



Leave a Reply