Legakan Tenggorokan! 10 Sajian Es Buah Segar di Bulan Ramadhan


Fida  May 13, 2020  0 Comment

Saat bulan Puasa, berbagai kuliner khas baik makanan maupun minuman menjadi sering diburu, terlebih saat menjelang berbuka. Berbagai takjil bisa dengan mudah Anda jumpai di pasar Ramadhan ataupun dibuat sendiri di rumah. Es buah segar menjadi minuman primadona yang tidak pernah dilupakan saat bulan Ramadhan. Ada cukup banyak varian dari es buah segar yang bisa Anda nikmati untuk berbuka. Buah yang digunakan juga sangat beragam.

1. Sop Buah

sop buah
food.detik.com

Sop buah menjadi salah satu pilihan es buah segar yang paling mudah dijumpai. Saat menjelang berbuka, Anda bisa menemukan kuliner sop buah segar di pasar takjil. Minuman sop buah segar mulai ngetren sejak tahun 2000-an.

Seperti namanya, minuman yang satu ini menggunakan banyak varian buah dalam pembuatannya. Biasanya, varian buah yang digunakan lebih banyak dibanding es buah lainnya yakni stroberi, apel, pir, melon, alpukat, semangka, anggur, dan masih banyak lagi. Kuah sop buah juga sangat segar yakni menggunakan jus buah atau susu.

Gotravelly

Makan Malam Di Hotel Yoschi Bromo Bersama GoTravelly

Menikmati Rawon Nguling Bersama GoTravelly

2. Es Teler

Es Teler
alpermata.com

Selain sop buah, es teler juga sangat segar dinikmati saat berbuka puasa. Minuman yang satu ini memiliki ciri khas yakni adanya potongan alpukat dan kelapa muda. Sekilas memang mirip dengan es oyen, tetapi sebenarnya berbeda. Beberapa daerah juga ada yang menyebut Es Teler dengan sebutan Es Doger.

Es Teler memiliki bahan yang sangat bervariasi dalam pembuatannya seperti tambahan potongan buah nangka, gula cair, santan, susu, dan es serut. Beberapa penjual juga menawarkan tambahan tape dan ketan hitam dalam satu porsi es teler. Sensasi lezatnya berbagai buah yang dipadu dengan kuah manis akan sangat memanjakan tenggorokan jika dinikmati saat berbuka puasa.

3. Es Oyen

Es Oyen
medium.com

Hampir mirip dengan es teler, sajian es buah segar yang satu ini juga paling banyak dicari saat menjelang berbuka. Es oyen memiliki ciri khas yang membedakan dengan es buah lain yakni kuahnya yang berwarna merah muda.

Biasanya, es oyen disajikan dengan berbagai varian buah. Jika diihat sekilas, es oyen merupakan perpaduan antara es campur dan es teler. Adanya es serut dan kuah manis menjadikan es oyen cocok dinikmati untuk santapan berbuka.

4. Es Pisang Ijo

es pisang ijo
medium.com

Salah satu es buah segar yang sangat menggugah selera adalah es pisang ijo. Hidangan asli Makassar ini menawarkan kesegaran yang luar biasa. Diberi nama es pisang ijo bukan karena pisangnya yang berwarna hijau, melainkan pisang dibalut dengan adonan berwarna hijau.

Selain potongan pisang dengan balutan hijau, es pisang ijo juga terdiri dari bubur berwarna putih dengan rasa gurih. Tambahan kuah, santan, sirup, serta es batu menjadikan minuman yang satu ini semakin segar dan cocok untuk diminum saat berbuka puasa.

5. Es Blewah

 Es Blewah
travel.kompas.com

Es blewah menjadi salah satu es buah segar yang paling mudah dijumpai saat bulan Ramadhan. Rasanya yang segar dan khas menjadikan minuman ini selalu diburu banyak orang. Buah blewah sendiri cukup jarang dijumpai selain saat bulan Ramadhan. Jadi, wajib coba es blewah saat bulan Ramadhan ya.

Cara pembuatan es blewah cukup mudah yakni degan mencampurkan blewah yang sudah diserut, gula cair, air, serta es batu. Aroma khas dari blewah sangat segar dan menjadikan minuman ini beda dengan yang lain. Jika tidak ingin membuatnya sendiri, Anda bisa berburu minuman es blewah di pasar takjil dengan harga yang relatif murah.

6. Es Campur

Es Campur
tirto.id

Tidak kalah dengan es buah segar lainnya, es campur juga menjadi salah satu minuman takjil yang paling banyak diburu. Sesuai dengan namanya, isian es campur memang sangat beragam mulai dari berbagai buah buahan segar seperti semangka, apel, melon, nanas, papaya, dan masih banyak lagi.

Es campur juga dilengkapi isian agar-agar atau jelly dengan berbagai warna. Selain itu, tambahan berupa kacang merah dan rumput laut juga menambah kenikmataan saat menyantapnya. Kuah es campur dikenal memiliki citarasa manis dan es serut yang melimpah menambah kesegaran minuman yang satu ini.

7. Es Buah Soda

es buah soda
cookpad.com

Ingin mencoba es buah segar yang berpadu dengan soda? Anda bisa mencoba lezatnya es buah soda. Isian minuman yang satu ini sama dengan es buah pada umumya, yang membedakan hanya kuah yang digunakan.

Es buah soda menggunakan kuah soda yang dicampur dengan sirup. Es buah soda semakin lengkap dinikmati dengan nata de coco serta serutan es batu yang melimpah. Segarnya es buah soda sayang untuk Anda lewatkan saat bulan Ramadhan.

8. Es Buah Naga Merah

es buah naga merah
ramesia.com

Es Buah Naga menjadi salah satu minuman yang bisa Anda nimati saat bulan Ramadhan. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat minuman ini sangat sederhana yakni dengan buah naga, air, es batu, dan tambahan sesuai selera.

Es buah segar yang satu ini memiliki warna merah khas buah naga. Cita rasa yang segar membuat es buah naga merah cocok Anda nikmati saat bulan Ramadhan. Selain itu, es buah naga merah juga kaya akan manfaat sepert vitamin A yang bagus untuk mata. Es buah naga merah bisa menjadi rekomendasi minuman segar untuk dinikmati saat berbuka puasa.

9. Es Kolak Pisang

 Es Kolak Pisang
doyanresep.com

Saat bulan Ramadhan tiba, es kolak pisang merupakan minuman favorit semua kalangan. Minuman segar yang satu ini menjadi menu andalan saat buka puasa. Sesuai dengan namanya, isian es kolak pisang berupa pisang kepok dan ubi kuning yang dipotong kecil sesuai selera. Sedangkan, kuah es kolak pisang terbuat dari air, santan, sedikit tepug maizena dan gula merah.

Es kolak pisang dapat mudah ditemukan di pasar Ramadhan. Dengan rasa manis dan segar serta harga yang terjangkau, sayang untuk tidak mencoba es buah segar yang satu ini.

10. Es Tile

es timun lemon
dream.co.id

Pernah mendengar nama minuman es tile? Es tile merupakan singkatan dari es timun lemon. Minuman segar yang satu ini cukup mudah dijumpai di pasar Ramadhan. Es buah segar yang satu ini berisikan serutan timun dan perasan lemon. Saat mencoba es tile, Anda akan dimanjakan dengan sensasi bulir yang terdapat pada minuman.

Es tile juga cocok bagi Anda yang sedang menjalankan program diet. Campuran bahan alami yang digunakan menghasilkan rasa segar yang luar biasa. Biasanya, es timun lemon memiliki pelengkap yakni biji selasih. Segarnya es tile wajib Anda coba untuk berbuka puasa.



Leave a Reply