Kuliner

Travelling ke Italia? Cobain 10 Pasta Italia Paling Lezato

Pasta merupakan kuliner tradisional asal Italia yang mendunia. Sajian ini memang terkenal memiliki rasa yang lezat sehingga banyak digemari oleh hampir semua orang di dunia, termasuk Indonesia. Namun ternyata, pasta ini memiliki banyak sekali jenisnya yang memiliki bentuk berbeda-beda dan rasa yang berbeda juga. Jika kalian berencana untuk berlibur ke Italia, jangan lewatkan untuk mencoba Rekomendasi Pasta Italia lezat

1. Lasagna

thestayathomechef.com

Pasta Italia lezat yang satu ini mungkin cukup familiar di telinga kita, pasalnya kuliner tradisional Italia ini juga banyak ditemukan di Indonesia. Lasagna merupakan jenis pasta khas Italia yang dipanggang dalam oven.

Lasagna sendiri berasal dari kata ‘lasagne’ yang berarti berisikan daging. Tak hanya diisi dengan daging, lasagna juga bisa diisi dengan banyak isian lainnya, seperti halnya seafood, sayuran dan lainnya. Sajian ini diberi pembungkus yang terbuat dari tepung terigu dan dipanggang sampai matang bersama dengan isiannya. Lasagnya memiliki tekstur lembut dengan cita rasa gurih dan lezat.

Pizza Bagus, Porsi Besar Dan Murah Di Ubud

Panties Pizza: Tempat Makan Pizza Murah & Enak Di Surabaya

2. Aglio Olio

blog.giallozafferano.it

Aglio Olio adalah sajian klasik Italia yang berasal dari kota Lazio. Jika diartikan secara harfiah, Aglio Olio ini berarti spaghetti yang terbuat dari minyak dan bawang, hal tersebut dikarenakan bahan dasar yang dibutuhkan untuk membuat sajian tradisional ini adalah kedua bahan tersebut.

Resep Aglio Olio ini pertama kali muncul pada tahun 1837 dan pada awalnya menggunakan bihun, bukan pasta seperti saat ini. Hal tersebut dikarenakan sajian ini dibuat oleh kaum kurang mampu di Italia dan bihun adalah bahan dasar yang terjangkau bagi mereka. Meskipun aglio olio dibuat dengan menggunakan bahan yang sederhana dan proses membuatnya juga sederhana, namun rasa dari pasta ini tidak bisa diremehkan begitu saja. Tak heran jika Aglio Olio menjadi salah satu pasta Italia lezat.

3. Carbonara

en.wikipedia.org

Carbonara juga menjadi salah satu pasta Italia lezat yang sering kita temui di Indonesia. Meskipun begitu, pasta yang satu ini juga menjadi favorit banyak orang di dunia.

Carbonara juga menjadi pasta khas Italia yang terkenal lezat. Sajian ini memang tampak sederhana karena hanya terdiri dari spaghetti, telur, curing guanciale, keju pecorino dan lada hitam. Carbonara versi Italia dianggap memiliki rasa yang lebih lezat jika dibandingkan dengan versi Amerika yang kebanyakan sudah dimodifikasi. Untuk itu, jika kamu berkunjung ke Italia, tak ada salahnya untuk mencoba carbonara yang dibuat oleh warga lokalnya.

4. Fettuccini Alfredo

foodnetwork.com

Pasta Italia lezat berikut ini juga memiliki tampilan yang tak kalah sederhana, yaitu Fettuccini Alfredo. Sesuai dengan namanya, sajian ini dibuat dari fettuccini atau pasta yang dicampur dengan keju parmesan dan mentega. Setelah keju mencair, bahan tersebut kemudian menjadi saus yang dicampur dengan pasta fettuccini.

Sementara Alfredo sendiri diambil dari nama Afredo di Lelio, yaitu seseorang yang pertama kali membuat makanan ini di kota Roma sejak awal hingga pertengahan abad ke-20. Pasta ini memiliki tekstur yang lebut dan memiliki cita rasa gurih yang lezat. Tak hanya itu, pasta ini juga memiliki keunikan yang terletak pada saus Alfredo yang kental karena dicampur dengan krim kental. Fettuccini Alfredo ini juga bisa kamu temui di Indonesia, bahkan sejumlah restoran Italia di Indonesia menyajikan pasta ini dengan cita rasa otentik.

5. Tortellini

pillsbury.com

Pasta Italia lezat yang wajib kamu coba selanjutnya adalah Tortelini. Tortelini merupakan sajian pasta khas Italia yang memiliki bentuk seperti cincin.

Tak hanya disebut menyerupai cincin, tortellini juga kadang disebut menyerupai pusar dan disebut dengan nama Ombelico. Pasta ini biasanya diisi dengan campuran daging, biasanya menggunakan daging babi panggang atau prosciutto dan keju. Tortelini ini awalnya berasal dari wilayah Emilia, terutama di daerah Bologna dan Modena.

6. Spaghetti

thespruceeats.com

Spaghetti merupakan salah satu jenis pasta Italia lezat yang cukup familiar dan populer tak hanya di Italia namun juga diberbagai Negara. Pasta jenis ini memiliki bentuk yang panjang, tipis, silindris dan padat menyerupai mie.

Spaghetti juga memiliki bahan dasar berupa gandum giling dan air. Di Italia, biasanya jenis gandum yang digunakan adalah Gandum Durum. Nama spaghetti sendiri berasal dari kata ‘Spago’ yang memiliki arti benang atautali tipis. Biasanya spaghetti disajikan dalam bentuk basah atau kering, namun sama-sama memiliki tekstur yang lembut dengan rasa yang lezat.

7. Ravioli

houseandgarden.co.uk

Pasta Italia lezat yang satu ini juga cukup populer dan banyak ditemukan tak hanya di Italia, namun juga di berbagai Negara. Ravioli merupakan sejenis pangsit yang didalamnya terdapat isian kemudian dibeli selimur adonan pasta tipis di bagian luarnya.

Umumnya Ravioli berbentuk bujur sangkar, namun ada juga bentuk lainnya seperti lingkaran dan setengah lingkaran. Biasanya pasta ini dinikmati bersama dengan saus dan kaldu agar terasa lebih nikmat. Nama Ravioli sendiri awalnya muncul dalam surat-surat pribadi Fransesco di Marco Datini, yaitu seorang pedagang dari Prato di abad ke-14.

8. Agnolotti

sanremo.com.au

Agnolotti juga menjadi salah satu pasta Italia lezat yang tak boleh untuk dilewatkan saat kamu berkunjung ke Italia. Pasta jenis ini merupakan sajian tradisional yang berasal dari Piedmont, Italia.

Jika diperhatikan sekilas, Agnolotti terlihat seperti ravioli, namun tentu saja kedua sajian ini berbeda. Ravioli biasanya memiliki bentuk persegi dan terdiri dari dua lembar pasta yang tengahnya diberi isian daging, keju atau sayur yang kemudian direkatkan, maka Agnolotti hanya terdiri dari satu potong pasta pipih saja yang kemudian diberi isian daging atau sayuran. Barulah kemudian dilipat menjadi dua.

9. Culurgiones Ogliastra

aglioolioepeperoncino.com

Pasta Italia lezat yang satu ini juga jenis pasta dengan isian yang mirip dengan Ravioli dan Agnolotti, yaitu Culurgiones Ogliastra. Pasta ini merupakan sejenis ravioli khas Sardinia, Italia.

Culurgiones Ogliastra memiliki bentuk seperti dumpling yang diisi dengan berbagai varian. Namun yang paling populer adalah isian campuran kentang rebus, keju pecorino dan bawang putih atau isian bayam dengan keju. Pasta ini biasanya disajikan dengan saus tomat yang kemudian diberi taburan keju pecorino parut. Selain direbus, Culurgiones Ogliastra juga bisa disajikan dengan bumbu khusus.

10. Spaetzle Tirolesi

lericettedinadia.blogspot.com

Pasta Italia lezat yang terakhir adalah Spaetzle Tirolesi. Pasta jenis ini dibuat dengan bahan tepung dan air yang biasanya juga ditemukan di masakan Austria, Jerman Selatan, Hongaria, Moselle dan Alsace.

Spaetzle Tirolesi memiliki bentuk yang tidak memanjang, melainkan bentuk pendek yang mirip dengan dawet Indonesia dengan warna hijau. Warna hijau yang ada pada pasta ini berasal dari daun bayam yang digiling, sementara bumbu pasta ini biasanya terdiri dari krim, keju parmigiano reggiano, mentega, anggur putih, ham dan lada.

prita

Recent Posts

10 Tempat Makan Seafood Enak di Surabaya Dengan Rasa Mengigit

Surabaya merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang dikenal menawarkan banyak tempat wisata sekaligus…

3 hours ago

12 Museum Musik di Dunia Yang Menarik Dikunjungi Para Pecinta Musik

Siapa sih yang tidak ingin mengunjungi museum musik? Musik memang menjadi favorit semua orang untuk…

8 hours ago

10 Rekomendasi Mie Ayam Ceker Paling Enak di Surabaya

Surabaya dikenal dengan sebutan Kota Pahlawan dan menjadi Ibukota Jawa Timur. Kota yang satu ini…

15 hours ago

9 Rute Tujuan Wisata Bahari Oleh Pelni, Cobain yuk!

PT Pelayaran Nasional Indonesia atau Pelni juga turut menunjang pariwisata Indonesia dengan menawarkan wisata bahari…

1 day ago

8 Es Cendol Paling Enak di Penang Selalu Ramai Pembeli

Es Cendol Enak di Penang di Malaysia memang terkenal dengan wisata sejarahnya dan kulinernya yang…

1 day ago

10 Taman Nasional di Sri Lanka Pesonanya Tak Kalah Dengan Afrika

Sri Lanka adalah salah satu Negara di Asia yang lokasinya berada di Samudera Hindia. Negara…

2 days ago