Pesona Kecantikan 10 Pakaian Adat Wanita Paling Unik di Dunia


prita  June 26, 2021  0 Comment

Pakaian adat merupakan sebuah pakaian daerah atau sebuah Negara yang menunjukkan identitas dari daerah atau Negara tersebut. Banyak sekali pakaian adat yang menunjukkan ciri khas dari Negara asalnya. Dari sekian banyak Negara di dunia, ada sejumlah Negara yang memiliki pakaian tradisional wanita yang unik. Berikut ini adalah daftar Pakaian adat wanita paling unik di dunia

1. Kebaya, Indonesia

kebaya Indonesia
indoindians.com


Kebaya menjadi pakaian adat wanita paling unik di dunia yang pertama. Kebaya merupakan pakaian adat Indonesia yang dibuat dari bahan tipis pada bagian atasnya yang dipadukan dengan kain batik atau songket di bagian bawahnya.
Kebaya adalah sebuah pakaian adat yang berasal dari tanah Jawa yang awalnya berasal dari Keraton Majapahit. Kebaya dulunya digunakan oleh para permaisuri dan selir Raja saat itu. Kemudian kebaya menjadi dikenal di banyak daerah di Indonesia, seperti Bali, Sumatera, Sunda, NTT hingga Sulawesi.

paket wisata murah dan terpercaya

Mi3 Setan & Ayam Geprek Jumbo, Tawarkan Mie Pedas Bertabur Topping Melimpah

Menikmati Sajian Chicken Katsu Lezat Dengan Aneka Saus Di Baegopa House Of Hungry

2. Ao Dai, Vietnam

Ao Dai Vietnam
pinterest.com


Vietnam juga memiliki sebuah pakaian adat wanita paling unik di dunia yang dikenal dengan nama Ao Dai. Mungkin nama Ao Dai masih jarang terdengar di Indonesia, namun pakaian tradisional Vietnam ini cukup populer karena sangat indah.
Ao Dai memiliki tampilan seperti baju pengantin. Pakaian ini merupakan satu buah pakaian yang menutupi dari leher hingga bawah tumit, namun pada bagian pinggang terbelah sehingga memberikan kesan seksi bagi yang mengenakannya. Sekarang, Ao Dai memiliki model yang ketat dan terbuat dari kain sutera lalu dikenakan dengan celana pantalon.
Awalnya Ao Dai hanya digunakan secara terbatas oleh kalangan bangsawan Vietnam sebagai gaun. Ao Dai ini dibuat karena terinspirasi oleh model pakaian Paris yang dipengaruhi oleh busana Manchu. Namun di tahun 1950an seorang perancang busana asal Saigon mulai mengenakan Ao Dai pakaian terbaru yang terkenal sampai saat ini.

3. Kimono, Jepang

Kimono
klook.com


Pakaian adat wanita paling unik di dunia yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi di telinga kamu, yaitu Kimono. Pakaian adat Jepang ini memang sudah mendunia dan menjadi identitas dari masyarakat Jepang.
Kimono telah digunakan sejak zaman Jomon dan Yayoi hingga pada zaman Meiji. Pakaian ini memiliki bentuk yang beragam dan tentunya digunakan sesuai dengan acara. Seperti Kurotomesode yang khusus digunakan untuk pernikahan, Irotomesode, kimono berwarna cerah dan biasa digunakan saat acara formal hingga Yukata, yaitu kimono yang digunakan untu bersantai. Bagi masyarakat Jepang Kimono juga bisa menunjukkan umur pemakainya, status perkawinan dan tingkat formalitas acara yang akan dihadiri.

4. Hanbok, Korea Selatan

Hanbok
seoultravelpass.com


Jika kamu gemar menonton drama Korea, pastinya sudah tidak asing lagi dengan pakaian yang satu ini. Hanbok merupakan pakaian adat masyarakat Korea Selatan yang biasanya berwarna warna cerah dengan garis sederhana dan tidak memiliki saku. Hanbok juga menjadi salah satu pakaian adat wanita paling unik di dunia.
Hanbok sendiri telah berkembang sejak zaman tiga kerajaan, yaitu periode Goryeo hingga periode Joseon. Umumnya hanbok memiliki tiga bagian, bagian pertama disebut jeogori atau atasan, baji atau celana dan chima atau rok.

5. Cheongsam, Tiongkok

Cheongsam
amazon.com


Pakaian adat wanita paling unik di dunia selanjutnya adalah Cheongsam yang berasal dari Tiongkok. Cheongsam atau yang juga dikenal dengan nama Qipao adalah sebuah pakaian tradisional perempuan Tiongkok yang biasanya digunakan dalam setiap acara penting sejak dinasti Qing.
Cheongsam memiliki ciri khas kerah baju berdiri, lipatan kain membuka di sisi kanan sampai bawah pinggang dan kain yang dibiarkan terurai. Baju tradisional ini digunakan untuk membedakan status seseorang pada masa dinasti Qing, khususnya di daerah Manchu. Saat memasuk abad ke-20, cheongsam masih digemari oleh banyak perempuan Tiongkok, khususnya di kawasan Shanghai yang kemudian merambah hingga ke seluruh Negara bahkan luar negeri.

6. Sari, India

Sari
pinterest.com


Kalau kamu suka menonton film Bollywood pastinya sudah tidak asing lagi dengan pakaian adat yang satu ini. Sari atau Saree merupakan nama kain sekaligus nama baju yang digunakan untuk membuat pakaian tradisional India.
Sari menjadi salah satu pakaian adat wanita paling unik di dunia karena pada dasarnya sari merupakan kain yang tidak dijahit dan memiliki ukuran yang panjang, mulai dari empat meter hingga Sembilan meter, kemudian dililitkan pada badan. Jenis kain sari yang paling banyak digunakan adalah sari yang dililitkan di pinggang dan ujung lainnya disangkutkan pada bahu sampai punggung. Biasanya Sari digunakan untuk menutupi baju bagian dalam yang disebut dengan pavada atau shaya.

7. Deel, Mongol

Deel
robertharding.com


Pakaian adat wanita paling unik di dunia selanjutnya adalah Deel yang berasal dari Mongol. Deel telah lama dikenal sebagai pakaian tradisional oleh suku nomadic di Asia Tengah.
Deel biasanya terbuat dari bahan wool, brokat, cotton atau sutera. Di Mongol sendiri, deel memiliki dua varian, yaitu untuk pria dan wanita dimana model pria lebih sederhana dibandingkan wanita.
Deel mengalami perubahan seiring berjalannya waktu dimana yang tadinya berbentuk longgar dengan lengan panjang dan kerah tinggi serta aksen kain menumpuk di bagian depan, kini lebih variatif dan fleksibel. Deel biasanya dilengkapi dengan pernak pernik, tali pinggang, topi, jubbah dan sepatu boot yang mana menjadi ciri khas pakaian Mongol.

8. Dirndl, Austria

Dirndl
ernstlicht.com


Dirndl merupakan salah satu pakaian adat wanita paling unik di dunia yang tak kalah menarik. Jika dilihat sekilas, pakaian ini mirip dengan pakaian pelayan, namun sejatinya pakaian ini berasal dari Eropa, khususnya dari kawasan Bavaria dan Austria.
Dirndl adalah pakaian tradisional yang dulunya biasa digunakan oleh masyarakat pedesaan di pegunungan Alpen, khususnya para wanita Austria saat mereka bekerja di ladang karena pakaian ini simple dan lebih leluasa untuk bergerak. Saat itu, warna dari dirndl ini dulunya hitam dan putih dan terdapat rok kecil atau celemek pada bagian depannya.

9. Bunad, Norwegia

Bunad
clbxg.com


Pakaian adat wanita paling unik di dunia selanjutnya adalah Bunad asal Norwegia. Pakaian ini banyak digunakan oleh wanita Norwegia pada sekitar abad ke-18 hingga abad ke-19 dan menjadi kostum nasional Negara tersebut.
Berkat Hulda Garborag dan Klara Semb, pada abad ke-18 Bunad semakin banyak digunakan oleh masyarakat Norwegia. Jika dilihat sekilas, bunad tampak mirip dengan Dirndl, namun celemek pada bunad lebih panjang dan merupakan sambungan dari kain baju bagian atas.

10. Sarafan, Rusia

Pakaian adat wanita paling unik di dunia
ebay.com

Pakaian adat wanita paling unik di dunia yang terakhir adalah Sarafan. Sarafan adalah pakaian adat Rusia yang khusus dikenakan oleh wanita saja.

Sarafan telah berkembang sejak abad ke-13 dan memiliki ciri khas yang sama dengan pakaian adat Eropa lainnya, yaitu adanya celemek pada bagian roknya. Saat ini, sarafan menjadi salah satu kostum nasional Rusia yang sering digunakan dalam pesta dansa.



Leave a Reply