Oleh oleh

10 Oleh-oleh Makanan Khas Sulawesi Yang Populer

Berkunjung ke berbagai daerah di Indonesia tentu menjadi hal menyenangkan yang bisa Anda coba. Anda dapat mendatangi tempat wisata serta mencoba kuliner lezat saat berkunjung ke berbagai daerah di Indonesia.Sulawesi menjadi salah satu daerah yang dikenal memiliki banyak tempat wisata. Saat berkunjung di daerah yang satu ini, tentu sangat disayangkan jika tidak mencoba kuliner lezatnya. Ada cukup banyak pilihan oleh-oleh makanan khas Sulawesi yang cukup populer dan banyak diburu oleh wisatawan.

10 Oleh Oleh Makanan Khas Sulawesi :

1. Kacang Sembunyi

bukalapak.com

Salah satu oleh-oleh makanan khas Sulawesi yang bisa Anda coba adalah kacang sembunyi. Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan jajanan yang satu ini. Kacang sembunyi bisa dengan mudah Anda jumpai di berbagai toko oleh oleh di Sulawesi.

Sesuai dengan namanya, kacang sembunyi merupakan jajanan kacang yang dibungkus dengan adonan tipis kulit lumpia atau kulit pangsit. Kulit yang digulung menjadi bentuk khas kacang sembunyi. Anda akan dimanjakan dengan cita rasa pedas manis yang ditawarkan serta tekstur yang sangat renyah. Kacang sembunyi biasa dijual dengan kemasan praktis dan harga yang cukup terjangkau.

Es Pisang Ijo Alaska, Bukannya Es Pisang Ijo Asli Dari Makasar?

Ikan Asam Manis Khas Makassar Di Pandaan Jawa Timur

2. Otak-otak Tengiri

yummy.co.id

Saat ingin membeli salah satu oleh-oleh makanan khas Sulawesi, anda dapat mencoba lezatnya otak-otak tengiri. Meskipun termasuk makanan basah, otak-otak tengiri dapat bertahan cukup lama untuk perjalanan jauh. Hal itu menjadikan makanan yang satu ini banyak dipilih oleh wisatawan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Otak-otak tengiri menawarkan cita rasa lezat dan gurih. Tidak heran jika makanan ini banyak disukai oleh semua kalangan. Menyimpan otak-otak tengiri dalam lemari pendingin tentu menjadikan makanan ini semakin awet dan tahan lama.

3. Barongko

kompasiana.com

Salah satu oleh-oleh makanan khas Sulawesi yang bisa Anda coba adalah Barongko. Jajanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar pisang. Bahan tambahan lain yang digunakan adalah santan, gula, garam, air, dan telur. Makanan yang satu ini dibungkus dengan menggunakan daun pisang kemudian dikukus.

Anda akan dimanjakan dengan cita rasa gurih dan manis yang bercampur menjadi satu. Selain itu, barongko juga menawarkan tekstur yang lembut sehingga sayang untuk tidak Anda coba.

4. Baje

tokopedia.com

Pernah mendengar sebutan nama makanan baje? Baje merupakan salah satu oleh-oleh makanan khas Sulawesi yang cukup populer. Makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar ketan, kelapa parut, gula merah, dan gula pasir.

Cara pembuatan baje mirip dengan pembuatan wajik. Baje biasa dibungkus dengan menggunakan kulit jagung kering atau daun pisang kering. Saat berkunjung ke Sulawesi, tentu sangat disayangkan jika Anda tidak mencobanya. Baje juga dijual dengan kemasan praktis dan harga yang cukup terjangkau. Anda dapat menjumpainya di berbagai toko oleh-oleh di Sulawesi.

5. Dangke

idntimes.com

Ada cukup banyak pilihan oleh-oleh makanan khas Sulawesi yang bisa Anda coba. Salah satu oleh oleh makanan yang cukup populer adalah dangke. Dangke merupakan makanan tradisional yang berasal dari Sulawesi Selatan. Makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar susu sapi atau kerbau.

Jika dilihat sekilas, dangke memiliki tekstur menyerupai tahu dengan rasa yang mirip dengan keju. Susu sapi atau kerbau terlebih dahulu direbus dan ditambahkan getah pepaya kemudian didiamkan hingga menjadi padat. Tidak jarang makanan yang satu ini disebut sebagai keju dengan cita rasa dan kearifan lokal.

6. Kerupuk Jintan

mydaypack.com

Pernah mendengar sebutan jajanan kerupuk jintan? Kerupuk jintan merupakan salah satu oleh-oleh makanan khas Sulawesi yang sayang untuk dilewatkan. Sesuai dengan namanya, kerupuk yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar jintan hitam yang memiliki tekstur keras. Selain jintan hitam, sagu juga menjadi salah satu bahan utama yang digunakan.

Kerupuk jintan sudah menjadi oleh oleh yang cukup populer dan banyak diburu oleh wisatawan. Teksturnya yang renyah juga menjadikan siapapun ketagihan saat mencobanya. Anda dapat menjumpai kerupuk jintan di berbagai toko oleh-oleh di Sulawesi.

7. Kue Benang-benang

liputan6.com

Saat ingin mencoba salah satu oleh oleh makanan khas Sulawesi, kue benang-benang menjadi pilihan tepat untuk Anda coba. Sesuai dengan namanya, kue yang satu ini memiliki bentuk menyerupai benang-benang.

Anda dapat dengan mudah menjumpai kue benang-benang di berbagai toko oleh-oleh di Sulawesi. Tidak hanya dikenal dengan bentuknya yang unik dan khaa, kue yang satu ini menawarkan cita rasa yang legit dan manis. Karena masih dibuat dengan cara tradisional, kue yang satu ini tentu sangat menarik untuk Anda coba.

8. Kue Kurma

inews.id

Ada cukup banyak pilihan oleh oleh makanan khas Sulawesi yang sayang untuk dilewatkan, salah satunya adalah kue kurma. Tidak seperti namanya, kue yang satu ini tidak dibuat dengan menggunakan bahan dasar kurma asli. Kue yang satu ini cukup unik dan banyak diburu oleh warga lokal maupun wisatawan yang datang ke Sulawesi.

Kue kurma dibuat dengan berbagai bahan seperti mentega telur maizena dan tepung terigu. Proses pembuatan yang dibalut dengan menggunakan karamel menghasilkan tekstur yang padat dan berbentuk menyerupai kurma. Di bagian luarnya, terdapat potongan kacang yang menghasilkan cita rasa gurih. Kue yang satu ini tentu sayang untuk tidak Anda coba saat berkunjung ke Sulawesi.

9. Coto Makassar Instan

tokopedia.com

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan kuliner coto makassar. Makanan yang satu ini tentu sangat khas dan banyak diminati oleh semua kalangan. Saat berkunjung ke Sulawesi, coto makassar instan dapat menjadi pilihan oleh oleh makanan khas Sulawesi yang sayang untuk dilewatkan.

Coto makassar instan dibungkus dengan menggunakan kemasan praktis sehingga cocok dipilih sebagai oleh-oleh untuk keluarga maupun teman di rumah. Anda dapat membelinya di berbagai toko oleh-oleh di Sulawesi.

10. Mantao Pare

makassar.tribunnews.com

Mantao Pare menjadi salah satu oleh oleh makanan khas Sulawesi yang sayang untuk dilewatkan. Jika dilihat sekilas, makanan yang satu ini memang menyerupai bakpao namun sebenarnya bukan. Mantao Pare dapat diolah dengan cara digoreng atau dikukus sebelum dinikmati.

Anda dapat mencoba berbagai varian rasa mantao pare yang ditawarkan seperti pandan, daging, coklat, keju, dan lain-lain. Karena dijual dengan kemasan praktis dan harga yang cukup terjangkau, makanan yang satu ini tentu cocok dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang dari Sulawesi.

Nah itulah daftar 10 oleh oleh makanan khas Sulawesi yang dapat dipilih untuk dibawa pulang. Oleh oleh makanan manakah yang paling ingin Anda coba?

Fida

Recent Posts

11 Wisata Dekat Stasiun Gambir yang Recommended!

Siapa yang sudah merencanakan liburan seru ke Jakarta naik kereta api? Pasti asyik nih! Nah,…

4 months ago

16 Tempat Wisata Dekat Stasiun Sudirman, Spot Instagramable

Tahukah kamu bahwa terdapat tempat wisata dekat Stasiun Sudirman yang bisa kamu kunjungi?. Lokasi di…

4 months ago

15 Wisata Dekat Stasiun Bogor, Menakjubkan!

Jika naik kereta ke Bogor, pernahkan kamu merasa ingin mampir ke tempat wisata terdekat?. Banyak…

4 months ago

13 Hidden Gems Solo Terbaik yang Recommended!

Cari tempat -tempat Hidden gems di Solo yang menarik, memang cukup seru. Tidak jarang juga…

4 months ago

10 Restoran di Bogor, Cocok Untuk Keluarga!

Restoran di Bogor - Ada banyak tempat kuliner yang tentu saja dapat kamu pilih. Namun,…

4 months ago

10 Kue Kering Terenak di Dunia, Cobain yuk!

Tak sekadar makanan atau minuman saja yang memiliki kategori terenak dan favorit loh, ternyata ada…

4 months ago