Oleh oleh

10 Oleh-oleh Makanan Khas Jakarta Dengan Sejuta Rasa

Jakarta dikenal sebagai ibukota Negara Indonesia yang juga memiliki banyak tempat wisata, kuliner, hingga budaya. Daerah yang satu ini juga kerap menjadi sasaran wisatawan untuk berlibur atau menjalankan tugas. Berkunjung ke Jakarta, ada salahnya jika memutuskan untuk pulang dengan membawa oleh-oleh. Selain oleh-oleh berupa barang atau souvenir, berikut daftar 10 rekomendasi oleh-oleh makanan khas Jakarta yang cocok untuk kamu bawa pulang.

1. Kue Kembang Goyang

idntimes.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan makanan kue kembang goyang bukan? Kue yang satu ini disebut kembang goyang karena memiliki bentuk seperti bunga dan digoreng dengan cara digoyang goyang di dalam minyak panas. Kue yang satu ini juga dikenal dengan teksturnya yang renyah serta cita rasanya yang gurih dan cenderung manis.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue kembang goyang di antaranya tepung beras, santan, garam, dan juga gula. Kamu dapat dengan mudah menjumpai kue kembang goyang dipakai toko oleh-oleh di Jakarta. Tidak hanya dijual dengan kemasan yang unik dan menarik, kue ini juga menawarkan harga yang cukup terjangkau untuk setiap kemasannya.

This is a cozy place to have a good cup of coffee

Mengenal Sejarah Kepolisian Di Museum Polri

2. Roti Buaya

kompas.com

Roti buaya juga dikenal sebagai salah satu ikon makanan dari daerah Jakarta. Tidak jarang juga roti buaya dipilih sebagai salah satu oleh-oleh makanan khas Jakarta yang menarik untuk dibawa pulang. Sesuai dengan namanya, roti yang satu ini memang dikenal memiliki bentuk buaya. Ukurannya yang besar juga menjadikan kue ini semakin menarik untuk dicoba.

Aku ini biasa dipilih sebagai hantaran saat diadakannya acara lamaran atau pernikahan. Bagi kamu yang penasaran dan ingin membeli roti buaya untuk dibawa pulang, kamu bisa mendapatkannya di berbagai toko roti atau toko oleh-oleh di Jakarta.

3. Kue Geplak

idntimes.com

Rekomendasi oleh-oleh khas makanan Jakarta berikutnya yang menarik untuk dicoba adalah kue geplak. Kue yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama beras. Dilihat dari tampilannya, kue geplak memiliki perpaduan warna putih dan coklat. Nama kue geplak berasal dari proses pembuatan kue ini yang digeplak atau ditepuk-tepuk.

Seiring berjalannya waktu, kue geplak kini semakin sulit dijumpai. Saat berkunjung ke Jakarta, kue ini dapat kamu jumpai di Jalan Haji Taiman nomor 358, Pasar Rebo, Jakarta Timur. Saat mencoba kue ini, kamu akan dimanjakan dengan tekstur yang lembut serta cita rasa manis yang khas. Tertarik untuk berburu kue geplak saat datang ke Jakarta?

4. Dodol Betawi

merdeka.com

Dodol betawi memang dikenal sebagai salah satu oleh-oleh makanan khas Jakarta yang sudah tidak asing lagi didengar. Makanan yang satu ini merupakan dodol yang memiliki tampilan tidak jauh berbeda dengan dodol pada umumnya. Dodol betawi dibuat dengan beberapa bahan diantaranya ketan putih, ketan hitam, dan juga durian.

Dodol betawi dijual dengan kemasan praktis dan sangat menarik sehingga cocok dipilih sebagai oleh-oleh untuk keluarga maupun kerabat di rumah. Tidak perlu khawatir soal harga, kamu bisa mendapatkan satu kotak dodol dengan harga yang cukup terjangkau. Untuk membelinya, kamu bisa menuju ke berbagai toko oleh-oleh yang ada di Jakarta.

5. Tape Uli

travel.tribunnews.com

Salah satu oleh-oleh makanan khas Jakarta yang cukup unik dan menarik untuk kamu coba adalah tape uli. Makanan yang satu ini cocok dipilih sebagai oleh-oleh bagi kamu yang menempuh perjalanan tidak terlalu jauh dari Jakarta. Tape uli menawarkan cita rasa yang lezat dan unik tetapi tidak mampu bertahan lama.

Makanan yang satu ini dibuat dengan melalui proses fermentasi menawarkan cita rasa asam yang khas. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat tape uli adalah ketan putih atau ketan hitam. Saat berkunjung ke Jakarta, tidak ada salahnya untuk berburu dan menyempatkan mencoba lezatnya makanan yang satu ini.

6. Kue Akar Kelapa

kompas.com

Diantara banyaknya rekomendasi oleh-oleh makanan khas Jakarta yang menarik untuk dicoba, kue akar kelapa juga sayang untuk kamu lewatkan. Kue yang satu ini memiliki tampilan yang mirip dengan akar kelapa. Bentuknya yang memanjang dan bergerigi menjadi ciri khas dari kue akar kelapa. Kue ini dibuat dengan menggunakan beberapa bahan diantaranya tepung beras, tepung ketan, telur, mentega, dan juga gula.

Kamu dapat membeli kue unik ini di berbagai toko oleh-oleh, salah satunya di toko aneka kue akar kelapa di Jalan Cipinang Lontar Nomor 10, Jakarta Timur. Kue ini juga dijual dengan kemasan praktis dan menarik sehingga cocok dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

7. Biji Ketapang

yummy.co.id

Pernahkah kamu mendengar sebutan olahan makanan biji ketapang? Biji ketapang merupakan salah satu oleh-oleh makanan khas Jakarta yang cukup banyak diburu oleh wisatawan. Makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan beberapa bahan diantaranya tepung terigu dan parutan kelapa. Adonan yang telah selesai dibuat kemudian dibentuk menyerupai biji dan berukuran kecil sebelum digoreng.

Biji ketapang khas Jakarta dapat kamu beli di berbagai toko oleh-oleh atau pasar tradisional di Jakarta. Biji ketapang juga biasa dinikmati dengan tambahan selai, coklat atau gula serbuk. Menarik sekali bukan?

8. Marguerite Nougat

resepdapurandalan.web.app

Rekomendasi oleh-oleh makanan khas Jakarta berikutnya adalah marguerite nougat. Nugget merupakan permen yang dibuat dari kacang-kacangan dengan tambahan gula atau madu. Makanan yang satu ini memiliki tekstur yang kenyal dan cita rasa yang khas.

Tidak hanya banyak diburu oleh wisatawan saat datang ke Jakarta, kue ini juga banyak diburu sebagai oleh-oleh. Kamu dapat membeli nougat di berbagai toko oleh-oleh di Jakarta.

9. Kue Semprong

idntimes.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan kue semprong bukan? Kue yang satu ini memang dikenal cukup mudah dijumpai di beberapa daerah di Indonesia. Tidak hanya itu, kue ini juga dikenal sebagai salah satu oleh-oleh makanan khas Jakarta yang menarik untuk dicoba.

Kue semprong dikenal dengan bentuknya yang khas yakni berupa gulungan dan memiliki tekstur yang renyah. Makanan yang satu ini sangat cocok dinikmati saat bersantai bersama dengan satu cangkir teh atau kopi. Saat mencobanya, kamu akan dimanjakan dengan perpaduan rasa manis dan gurih. Kue ini dapat dengan mudah dijumpai di berbagai toko oleh-oleh di Jakarta dan dijual dengan kemasan praktis serta memiliki harga yang cukup terjangkau.

10. Telur Gabus Keju

travel.tribunnews.com

Rekomendasi oleh-oleh makanan khas Jakarta berikutnya yang menarik untuk dicoba adalah telur gabus keju. Kue yang satu ini dikenal memiliki bentuk yang unik yakni runcing di kedua ujungnya. Telur gabus keju juga biasa dijual dengan berbagai varian rasa yang ditawarkan.

Beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat makanan ini diantaranya telur, tepung sagu, mentega, dan juga garam. Kamu tentu akan dibuat ketagihan setelah mencoba lezatnya makanan yang satu ini.

Fida

Recent Posts

10 Makanan Khas Purbalingga Kelezatannya Menggoyang Lidah

Purbalingga dikenal sebagai salah satu kawasan yang menawarkan banyak tempat wisata serta kuliner lezat. Saat…

5 hours ago

20 Wisata Terkenal di El Salvador Tawarkan Pesona Amerika Tengah

El Salvador adalah sebuah Negara yang berada di Amerika Tengah. El Salvador memang sebuah Negara…

22 hours ago

21 Makanan Khas El Salvador Rasanya Memiliki Keunikan Tersendiri

Makanan khas El Salvador juga menjadi salah satu daya Tarik tersendiri bagi wisatawan dunia yang…

1 day ago

10 Pantai Terkenal di Italia dengan Air Laut Sebening Kristal

Italia tak hanya soal pasta atau deretan danau-nya yang indah. Berkunjung ke Italia ini memang…

2 days ago

10 Oleh Oleh Khas Cilegon Bikin Yang Tersayang Hepi

Berkunjung ke berbagai daerah tentu sayang rasanya jika tidak pulang dengan membawa oleh-oleh. Cilegon merupakan…

2 days ago

Intip Yuk! 10 Destinasi Wisata Ala Ardhito Pramono

Nama musisi Ardhito Pramono beberapa hari ini menjadi perbincangan hangat di media sosial maupun media…

3 days ago