Kuliner

10 Oleh-oleh khas Wonosobo Yang murah dan Unik

Wonosobo adalah kabupaten yang memiliki julukan kota bunga, dan Wonosobo sendiri menjadi kabupaten di Jawa Tengah yang cukup populer dengan destinasi wisatanya yang indah. Untuk kamu yang lagi traveling ke Wonosobo wajib banget cicipi kulinernya, dan selain mencicipinya kalian bisa membeli oleh-oleh khas Wonosobo untuk teman, keluarga, ataupun orang tersayang. Namun untuk kalian yang belum pernah ke Wonosobo tentunya tidak tau apa saja sih kuliner khas Wonosobo yang wajib dicoba, dan dibawa pulang? Kalian tidak perlu khawatir, karena kali ini GoTravelly bakal kasih tau kalian Oleh-oleh khas Wonosobo yang wajib banget kalian beli

1. Carica

goodnewsfromindonesia.id

oleh-oleh khas Wonosobo yang akan kita bahas pertama ini memang sangat populer di Wonosobo. Jadi Carica ini adalah produk yang berasal dari dataran tinggi Dieng, dan Carica ini adalah buah yang memiliki ukuran yang kecil. Uniknya lagi Carica ini bentuknya mirip dengan pepaya, dan buah ini biasanya dibuat manisan atau sirup. Untuk rasa memang unik, dan pastinya wajib banget kalian cicipi saat berada di Wonosobo. Untuk menemukan Carica kalian bisa mampir ke pusat oleh-oleh yang ada di Wonosobo.

Golden Sunrise Gunung Prau

Berpetualang Di Negeri Atas Awan Gunung Prau Sambil Menikmati Best Sunrise And Sunset Ever!

2. Terong Belanda

lifestyle.kompas.com

Terong Belanda ini rekommended banget untuk kamu cobain, dan Terong Belanda ini juga kaya akan manfaat. Makanya tak heran jika Terong Belanda ini selalu menjadi buruan wisatawan saat berada di Wonosobo. Jadi biasanya wisatawan membeli Terong Belanda yang mentah untuk dibawa pulang, dan uniknya di Wonosobo biasanya ad Terong Belanda yang diolah menjadi sirup. Kalian bisa bayangkan gimana rasanya? Nah dari pada penasaran langsung aja yuk mampir ke Wonosobo, dan cari sirup rasa Terong Belanda dipusat oleh-oleh.

3. Dendeng Gepuk

dapurngebut.com

Jika tinggal di Indonesia mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan hidnagan dendeng, dan uniknya di Wonosobo terdapat dendeng gepuk. Jadi daging dendeng yang ada di Wonosobo ini memiliki tekstur yang gurih. selain gurih dendeng gepuk ini memiliki ukuran yang tipis sehingga membuat dendeng ini terasa gurih saat dihidangkan bersama nasi panas. nah untuk kalian yang lagi travelling di Wonosobo wajib banget cobain dendeng gepuk. dari pada penasaran yuk cari dendeng gepuk di pusat oleh-oleh yang ada di Wonosobo.

4. Tempe Kemul

masakanjawa.netlify.app

untuk kamu yang suka gorengan wajib banget cobain tempe kemul khas Wonosobo. karena tempe kemul ini memiliki rasa yang asin gurih, manis, dan pastinya bikin kalian ketagihan. jadi tempe kemul ini berbahan dasar tempe, dan tempe yang sudah dipotong tipis-tipis akan dibalur dengan tepung yang sudah diberi bumbu serta daun bawang sehingga memberikan aroma yang sedap saat digoreng. tempe kemul juga sangat nikmat dihidangkan bersama nasi hangat loh! tempe kemul ini memang menjadi kuliner khas Wonosobo yang wajib banget kalian coba karena rasanya emang lezat!

5. Mie Ongklok

caricagemilang.com

selain camilan kalian bisa membeli mie ongklok khas dari Wonosobo. jadi jika kalian berada di Wonosobo bisa membeli mie ongklok dengan kemasan yang bisa kalian bawa pulang. namun jika kalian ingin mencicipi mie ongklok di Wonosobo maka bisa membeli mie ongklok yang sudah matang. gimana oleh-oleh yang satu ini unik bukan untuk dibeli saat berada di Wonosobo. packing dari mie ongklok ini juga rapi, dan terlihat berkualitas.

6. Sagon

idntimes.com

Camilan khas Wonosobo yang akan kita bahas di urutan keenam ini memang sangat populer di Wonosobo. jadi sagon ini terdiri dari kelapa, tepung sagu, gula, dan semua adonan itu akan dibakar menggunakan arang atau kayu bakar. sehingga sagon khas Wonosobo ini memiliki aroma yang wangi. memang sagon khas Wonosobo sangat gurih, manis, dan lezat. makanya tak heran banyak pusat oleh-oleh yang menjual kue sagon. selain memiliki rasa yang lezat kue sagon juga memiliki harga yang murah, dan cocok banget untuk kalian yang ingin mencari oleh-oleh murah di Wonosobo.

7. Keripik Jamur

dikemas.com

di Wonosobo memang terkenal sekali dengan dengan penghasil jamur yang banyak di pulau Jawa. makanya tak heran banyak sekali jamur yang diolah dengan beraneka jenis makanan, dan camilan. salah satunya adalah keripik jamur. jadi jamur akan dikeringkan, dan diberi adonan tepung yang sudah diberi bumbu. setelah diberi bumbu jamur akan digoreng sampai garing sehingga memberikan tekstur yang yang gurih, asin, dan pastinya bikin nagih. untuk menemukan keripik jamur kalian bisa membelinya di pusat oleh-oleh, dan banyak industri rumahan di Wonosobo yang menjual keripik jamur. tentunya dengan mebeli di industri rumahan harganya lebih murah daripada di pusat oleh-oleh. gimana tertarik mencobanya?

8. Purwaceng

tokopedia.com

purwaceng adalah tumbuhan khas dataran tinggi dari Dieng yang memiliki banyak sekali manfaat. Purwaceng juga diakui Indonesia menjadi obat herbal yang berkhasiat untuk menghangatkan tubuh, dan menghilangkan pegal linu. makanya tak heran jika banyak sekali purwaceng dengan merek yang berbeda-beda di Wonosobo, dan packing dari purwaceng ini ini sangat rapi. gimana tertarik mencoba tanaman herbal ini?

9. Kacang Dieng

wisataadieng.blogspot.com/

untuk kamu pecinta kacang wajib banget beli kacang Dieng yang menjadi camilan khas Wonosobo, dan camilan ini menjadi kesukaan masyarakat Wonosobo. jadi kacang Dieng ini memang memiliki ukuran yang lebih besar daripada kacang pada umumnya. kacang ini akan dilumuri tepung serta bumbu, dan setelah itu kacang akan digoreng sampai garing. namun kacang Dieng ini sering disebut sebagai kacang babi, karena ukurannya yang besar dari kacang pada umumnya. untuk menemukan kacang Dieng kalian bisa membelinya di pusat oleh-oleh atau pasar yang ada di Wonosobo. harganya pun masih terjangkau, dan cocok banget kalian jadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang.

10. Opak Singkong

id.carousell.com

Oleh-oleh khas Wonosobo yang terakhir kita bahas ini memang menjadi oleh-oleh khas Wonosobo yang wajib kalian coba saat berada di Wonosobo. jadi singkong ini akan diolah bersama kucai, dan garam. sehingga opak singkong yang sudah digoreng akan memberikan rasa yang asin, dan gurih. camilan khas Wonosobo ini memang recommended banget untuk kalian yang suka dengan camilan gurih. daripada penasaran sama rasa opak singkong yuk buruan cari opak singkong di pusat oleh-oleh. selain lezat camilan ini memiliki harga yang ramah dikantong loh!

Itulah 10 oleh-oleh khas kabupaten Wonosobo yang wajib kalian coba saat travelling ke Wonosobo. semoga informasi diatas bermanfaat untuk kalian yang lagi bingung cari oleh-oleh khas kabupaten Wonosobo. selamat mencoba!

sisil angelin

Recent Posts

11 Wisata Dekat Stasiun Gambir yang Recommended!

Siapa yang sudah merencanakan liburan seru ke Jakarta naik kereta api? Pasti asyik nih! Nah,…

4 months ago

16 Tempat Wisata Dekat Stasiun Sudirman, Spot Instagramable

Tahukah kamu bahwa terdapat tempat wisata dekat Stasiun Sudirman yang bisa kamu kunjungi?. Lokasi di…

4 months ago

15 Wisata Dekat Stasiun Bogor, Menakjubkan!

Jika naik kereta ke Bogor, pernahkan kamu merasa ingin mampir ke tempat wisata terdekat?. Banyak…

4 months ago

13 Hidden Gems Solo Terbaik yang Recommended!

Cari tempat -tempat Hidden gems di Solo yang menarik, memang cukup seru. Tidak jarang juga…

4 months ago

10 Restoran di Bogor, Cocok Untuk Keluarga!

Restoran di Bogor - Ada banyak tempat kuliner yang tentu saja dapat kamu pilih. Namun,…

4 months ago

10 Kue Kering Terenak di Dunia, Cobain yuk!

Tak sekadar makanan atau minuman saja yang memiliki kategori terenak dan favorit loh, ternyata ada…

4 months ago