Oleh oleh

10 Oleh Oleh khas Sambas Yang Banyak Diburu Wisatawan

Berkunjung ke berbagai daerah di Indonesia tentu menjadi hal seru yang bisa Anda coba. Tidak hanya mengunjungi tempat wisata dan mencoba berbagai kuliner lezat yang ditawarkan, anda juga dapat memilih berbagai oleh-oleh khas daerah tersebut untuk dibawa pulang. Oleh oleh khas Sambas salah satu yang banyak diburu wisatawan.

Sambas merupakan salah satu daerah di kalimantan yang banyak didatangi oleh wisatawan. Daerah yang satu ini tidak hanya dikenal menawarkan berbagai tempat wisata indah tetapi juga kuliner khas. Puas berwisata dan berkeliling di daerah Sambas, banyak pilihan oleh oleh khas Sambas yang dapat Anda pilih untuk dibawa pulang. Berikut daftar rekomendasi oleh oleh khas Sambas yang sayang untuk tidak kamu coba

10 Oleh Oleh Khas Sambas yang Banyak Diburu Wisatawan :

1. Bawang Dayak

kabarnusa.com

Salah satu oleh oleh khas Sambas yang cukup populer dan bisa Anda pilih adalah bawang Dayak. Selain khas, bawang Dayak juga dikenal memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh. Salah satu manfaat yang diperoleh adalah dapat menyembuhkan penyakit flu.

Dapat memilih bawang Dayak sebagai oleh-oleh baik dalam keadaan mentah maupun berupa olahan. Biasanya bawang Dayak diolah menjadi bentuk keripik bawang maupun minuman yang khas untuk diseduh. Beberapa olahan bawang ini dapat anda jumpai di berbagai toko oleh-oleh di Sambas.

Cobain Soto Ayam Hartono, Warung Soto Ayam Langganan Menteri

Nasi Padang Terenak Di Sidoarjo Rumah Makan Restu Bundo

2. Kain Sasirangan

dijelas.in

Puas berwisata di daerah Sambas, kain Sasirangan dapat menjadi rekomendasi oleh oleh khas Sambas yang bisa Anda pilih. Kain yang satu ini menawarkan motif khas dan sangat menarik minat pembeli maupun wisatawan yang datang ke Sambas.

Harga yang ditawarkan untuk kain ini sesuai dengan motif dan ukuran kain. Beberapa motif yang cukup populer diantaranya motif sarigading, motif irisan daun pudak, dan masih banyak lagi.

3. Bingka Berandam

cookpad.com

Salah satu hidangan yang cocok untuk dinikmati sekaligus kerap dijadikan sebagai oleh oleh adalah bingka barandam. Jajanan yang satu ini sangat mudah dijumpai khususnya saat bulan Ramadhan. Tidak jarang yang menjadikan bingka barandam sebagai jajanan untuk menu berbuka puasa.

Sesuai dengan namanya yakni berandam yang berarti berendam, jajanan yang satu ini disajikan dengan kuah yang terbuat dari air gula. Tidak heran jika siapapun yang mencobanya akan dimanjakan dengan cita rasa manis yang ditawarkan.

4. Lempok Durian

tjokrohotel.com

Diantara banyaknya pilihan oleh oleh khas Sambas, lempok durian menjadi salah satu yang cukup populer dan banyak diminati oleh warga lokal maupun wisatawan. Sesuai dengan namanya, lempok durian dibuat dengan menggunakan bahan utama buah durian. Anda dapat dengan mudah menjumpai jajanan yang satu ini di berbagai toko oleh-oleh di Sambas.

Karena dibuat dengan menggunakan bahan utama durian, tidak heran jika rasa dan aroma yang ditawarkan sangat menggugah selera. Jajanan yang satu ini biasa dijual dengan kemasan praktis serta harga yang cukup terjangkau.

5. Kain Tenun Sambas

viva.co.id

yang sayang untuk dilewatkan adalah kain tenun Sambas. Kain yang satu ini juga biasa disebut dengan kain lunggi atau kain benang emas. Sesuai dengan namanya, salah satu bahan yang digunakan untuk membuat kain memang berwarna emas kekuningan.

Kain ini biasa dipilih saat acara perkawinan atau acara besar lainnya. memberikan kesan menarik dengan motif berunsur cina dan unsur muslim. Kain ini dapat Anda beli dengan harga yang sesuai dengan motif atau ukuran kain yang ditawarkan. Beberapa motif kain yang cukup populer di kalangan warga lokal maupun wisatawan di antaranya motif telur bunga cangkring hingga motif rantai mas.

6. Tanjak dan Kain Sampin

tokopedia.com

Diantara banyaknya pilihan oleh oleh, tanjak dan kain sampin menjadi rekomendasi tepat yang bisa Anda pilih. Oleh-oleh yang satu ini merupakan adat daerah Sambas dengan motif kain yang sangat cantik. Tanjak dibuat dengan kain songket asli Sambas dan kain sampin merupakan hasil tenun pengrajin lokal.

Pajak dan kain sampin menjadi rekomendasi yang bisa Anda pilih untuk dibawa pulang setelah berlibur ke Sambas. Anda dapat menjumpai oleh-oleh yang satu ini di beberapa pusat oleh-oleh di Sambas atau saat berkunjung ke destinasi wisata.

7. Kerajinan Khas Sambas

celebes.co

Tidak hanya makanan, kerajinan khas Sambas juga menjadi salah satu oleh-oleh yang cocok untuk Anda bawa pulang. Terdapat berbagai jenis kerajinan yang bisa Anda pilih sesuai keinginan. Daerah Sambas memang dikenal dengan pengrajinnya yang kreatif sehingga tidak heran jika Anda akan menjumpai banyak kerajinan yang ditawarkan.

Berbagai kerajinan tidak hanya dijual dengan bentuk unik tetapi juga dengan motif yang menarik. Anda juga dapat membelinya dengan harga yang cukup terjangkau sesuai dengan ukuran kerajinan dan tingkat kerumitan pembuatannya.

8. Kaos Sambas

shopee.co.id

Sambas menjadi salah satu daerah yang menawarkan destinasi menarik yang bisa Anda datangi. Selain mengunjungi tempat wisata, anda juga dapat membeli berbagai pilihan oleh oleh khas Sambas yang cocok dipilih untuk dibawa pulang.

Selain kerajinan dan berbagai pilihan kain khas Sambas, kaos juga menjadi salah satu oleh-oleh yang cocok untuk Anda pilih. Kaos khas Sambas biasa dijual di berbagai toko oleh oleh atau dapat Anda jumpai di beberapa destinasi wisata. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau sesuai dengan bahan serta ukuran kaos yang Anda pilih. Kaos khas Sambas juga biasa dijual dengan motif-motif yang menarik dan diminati oleh wisatawan.

9. Snack Talas

shopee.co.id

Sambas menjadi salah satu daerah yang dikenal memiliki banyak pilihan oleh-oleh. Salah satu satunya adalah snack talas. Snack yang satu ini biasa dijual dengan kemasan praktis dan harga yang cukup terjangkau. Anda dapat dengan mudah menjumpainya di berbagai toko oleh oleh di Sambas.

Snack talas menawarkan cita rasa gurih serta tekstur yang renyah. Karena jajanan yang satu ini juga dikenal cukup tahan lama, oleh karena itu tidak sedikit wisatawan yang memilihnya sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Kemasan yang praktis dan menarik juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

10. Kering Kentang

kompas.com

Salah satu oleh oleh khas Sambas yang sayang untuk dilewatkan adalah kering kentang. Sesuai dengan namanya, hidangan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama kentang yang dipadukan dengan berbagai rempah khas Sambas.

Kering kentang cukup mampu bertahan lama sehingga cocok dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Hidangan ini sangat cocok dipilih sebagai tambahan lauk saat makan.

Nah, itulah daftar 10 rekomendasi oleh oleh khas Sambas yang sayang untuk Anda lewatkan. Saat berkesempatan untuk berkunjung ke Sambas, oleh-oleh manakah yang paling ingin Anda coba untuk dibawa pulang?

Fida

Recent Posts

11 Wisata Dekat Stasiun Gambir yang Recommended!

Siapa yang sudah merencanakan liburan seru ke Jakarta naik kereta api? Pasti asyik nih! Nah,…

4 months ago

16 Tempat Wisata Dekat Stasiun Sudirman, Spot Instagramable

Tahukah kamu bahwa terdapat tempat wisata dekat Stasiun Sudirman yang bisa kamu kunjungi?. Lokasi di…

4 months ago

15 Wisata Dekat Stasiun Bogor, Menakjubkan!

Jika naik kereta ke Bogor, pernahkan kamu merasa ingin mampir ke tempat wisata terdekat?. Banyak…

4 months ago

13 Hidden Gems Solo Terbaik yang Recommended!

Cari tempat -tempat Hidden gems di Solo yang menarik, memang cukup seru. Tidak jarang juga…

4 months ago

10 Restoran di Bogor, Cocok Untuk Keluarga!

Restoran di Bogor - Ada banyak tempat kuliner yang tentu saja dapat kamu pilih. Namun,…

4 months ago

10 Kue Kering Terenak di Dunia, Cobain yuk!

Tak sekadar makanan atau minuman saja yang memiliki kategori terenak dan favorit loh, ternyata ada…

4 months ago