Jajanan Hingga Pernak Pernik Unik, Nih 10 Oleh Oleh Khas Nganjuk


Fida  August 12, 2021  0 Comment

Menghabiskan waktu berlibur dengan mengunjungi berbagai daerah di Indonesia tentu menjadi hal yang sangat menyenangkan termasuk Nganjuk dan berburu Oleh Oleh Khas Nganjuk sangat menyenangkan . Berbagai daerah di Indonesia menawarkan tempat wisata indah sekaligus kuliner yang khas dan lezat.

Jawa Timur juga dikenal dengan banyaknya tempat wisata salah satunya yang berada di daerah Nganjuk. Nganjuk juga menjadi salah satu daerah yang kerap didatangi wisatawan. Sepulang dari Nganjuk, ada yang kurang rasanya jika tidak membawa buah tangan untuk keluarga di rumah.

1. Batik Nganjuk

Batik Nganjuk
shopee.co.id

Batik Nganjuk menjadi salah satu oleh oleh khas Nganjuk yang cukup populer dan banyak diburu wisatawan. Batik Nganjuk tentu memiliki motif dan ciri khas yang berbeda dengan batik lainnya. Batik Nganjuk yang terkenal adalah Batik Anjuk Ladang. Jika biasanya batik dibuat oleh seniman perempuan, tetapi batik Nganjuk kebanyakan dibuat oleh kaum laki-laki.

Batik yang satu ini dapat Anda beli berupa lembaran kain maupun pakaian siap pakai. Teknik yang digunakan dalam proses pembuatan batik Nganjuk diantaranya teknik batik cap serta batik tulis. Motifnya yang khas menjadikan batik yang satu ini sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke Nganjuk.

paket wisata murah dan terpercaya

Berburu Pudak Cap Kuda Salah Satu Oleh Oleh Khas Kota Gresik

Martabak Telur Tegal Enaknya Ugal Ugalan

2. Dumbleg

Dumbleg
masakandapurku.com

Salah satu oleh oleh khas Nganjuk yang sayang untuk Anda lewatkan adalah dumbleg. Dumbleg merupakan olahan makanan yang dibuat dengan bahan utama tepung beras. Berbagai bahan tambahan yang digunakan gula merah, gula pasir, dan juga santan. Setelah terbentuk menjadi adonan, langkah selanjutnya adalah memasukkan adonan ke dalam pelepah pinang. Sebelum dimasuki adonan, pelepah pinang terlebih dahulu dijahit bagian ujungnya.

Anda akan dimanjakan dengan tekstur yang empuk dengan rasa sedikit manis dan gurih. Bungkus khas yang digunakan juga menghasilkan aroma tersendiri. Terdapat dua jenis dumbleg yang bisa Anda nikmati, diantaranya dumbleg merah dan dumbleg putih.

3. Onde-onde Ketawa

Onde-onde Ketawa
idntimes.com

Salah satu oleh oleh khas Nganjuk yang sayang untuk dilewatkan adalah onde-onde ketawa. Makanan yang satu ini tentu sudah tidak asing dan cukup sering Anda jumpai di berbagai daerah. Saat berkunjung ke Nganjuk, Anda dapat membeli onde-onde ketawa di berbagai toko oleh-oleh.

Makanan yang satu ini menawarkan tekstur yang renyah serta rasa yang manis dan gurih. Disebut onde-onde ketawa karena bentuknya yang mirip dengan gestur ketawa manusia. Onde-onde yang satu ini dibuat menggunakan berbagai bahan seperti tepung terigu, baking powder, soda kue, gula pasir, telur, dan juga wijen.

4. Getuk Pisang

Getuk Pisang
shopee.co.id

Getuk pisang menjadi salah satu oleh oleh khas Nganjuk yang bisa Anda coba. Meskipun getuk pisang lebih dikenal sebagai oleh-oleh khas Kediri, tetapi Anda juga akan dengan mudah menjumpainya saat berada di Nganjuk. Getuk pisang dibuat dengan bahan utama pisang nangka. Pisang nangka diolah dengan tambahan garam serta gula pasir dan dibungkus dengan menggunakan daun pisang yang di tusuk lidi kedua ujungnya.

Proses pembuatan makanan yang satu ini adalah dengan cara dikukus. Getuk pisang biasa dipotong-potong sebelum disajikan. Rasa dan teksturnya yang khas menjadikan getuk pisang sayang untuk tidak Anda coba.

5. Sambal Pecel Nganjuk

Sambal Pecel Nganjuk
cookpad.com

Suka kuliner pecel? Saat berkunjung ke Nganjuk, jangan lewatkan untuk mencoba sambal pecel khas Nganjuk. Sambal pecel menjadi salah satu oleh-oleh khas Nganjuk yang dapat dengan mudah Anda jumpai di berbagai toko oleh-oleh. Sambel pecel biasa dikemas dengan kemasan yang praktis dan cocok dipilih sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah.

Sambal pecel khas Nganjuk menawarkan cita rasa yang khas dan sedap. Selain kemasan yang praktis, sambal pecel khas Nganjuk juga dijual dengan harga yang cukup terjangkau.

6. Tepo Mbah Umbruk

Tepo Mbah Umbruk
kuliner-ayu.blogspot.com

Tepo Mbah Umbruk menjadi salah satu makanan yang cukup populer dan banyak diburu oleh wisatawan di Nganjuk. Tidak jarang makanan yang satu ini dipilih sebagai oleh-oleh khas Nganjuk. Makanan yang satu ini sekilas mirip dengan lontong. Cara pembuatannya adalah dengan memasukkan beras ke dalam daun pisang yang telah dibentuk kemudian diolah dengan cara dikukus hingga matang.

Tepo biasa dihidangkan bersama dengan tahu, kacang panjang rebus, dan kecambah. Makanan khas yang satu ini juga dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Anda dapat menikmati Tepo Mbah Umbruk di Kecamatan Bagor, Nganjuk.

7. Sate Kenul

sate kenul Oleh oleh khas Nganjuk
jatimtimes.com

Sate Kenul menjadi salah satu makanan di Nganjuk yang sayang untuk Anda lewatkan. Selain cocok dinikmati langsung, sate Kenul juga kerap dipilih sebagai oleh-oleh khas Nganjuk yang banyak diburu oleh wisatawan. Sate Kenul dibuat dengan bahan utama daging kambing yang diberi tambahan bumbu kelapa muda parut, cabai, dan gula pasir. Sate yang satu ini menawarkan cita rasa yang khas dan wajib Anda coba saat datang ke Nganjuk.

Saat ingin mencoba lezat dan uniknya sate Kenul, Anda dapat datang ke Desa Lumpang Kuwik, Kecamatan Jatikalen, Nganjuk. Rasanya yang lezat menjadikan makanan yang satu ini sangat disukai oleh semua kalangan.

8. Bawang Goreng

Rekomendasi Oleh oleh khas Nganjuk
tokopedia.com

Salah satu oleh oleh khas Nganjuk yang bisa Anda pilih untuk dibawa pulang adalah bawang goreng. Nganjuk menjadi salah satu daerah penghasil bawang di Jawa Timur. Bawang goreng menjadi salah satu olahan bawang yang cukup populer di Nganjuk dan banyak diburu oleh wisatawan.

Anda akan dimanjakan dengan tekstur bawang goreng yang renyah serta cita rasa yang gurih. Bawang goreng dikemas dengan kemasan yang cukup praktis dan dijual dengan harga yang terjangkau. Anda juga dapat menikmati berbagai varian rasa yang ditawarkan diantaranya pedas manis, bbq, sapi panggang, dan lain-lain.

9. Kerupuk Upil

kerupuk upil Oleh oleh khas Nganjuk
diadona.id

Kerupuk upil menjadi salah satu oleh oleh khas Nganjuk yang cukup populer dan mudah dijumpai. Kerupuk yang satu ini menawarkan tekstur yang renyah serta rasa yang gurih. Hal yang membedakan krupuk upil dengan kerupuk lainnya adalah cara memasaknya yang menggunakan pasir. Meskipun digoreng menggunakan pasir tetapi kerupuk yang satu ini memiliki cita rasa yang tidak kalah lezat dengan kerupuk yang digoreng menggunakan minyak.

Kerupuk yang satu ini akan dengan mudah Anda jumpai di warung-warung pinggir jalan atau toko oleh-oleh. Tidak hanya mudah dijumpai, camilan yang satu ini juga dijual dengan harga yang sangat terjangkau.

10. Beras Kencur

Oleh oleh khas Nganjuk
shopee.co.id

Beras kencur dikenal sebagai salah satu minuman yang kaya akan manfaat. Saat berkunjung ke Nganjuk, Anda dapat membeli beras kencur sebagai salah satu oleh oleh khas Nganjuk. Beras kencur banyak dijual dalam kemasan praktis yakni dengan wadah botol plastik.

Tidak hanya dikenal memiliki banyak manfaat, minuman yang satu ini juga dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Saat berkunjung ke Nganjuk dan ingin membelinya, Anda dapat datang ke Jalan Gatot Subroto Nomor 62. Satu kardus beras kencur dibanderol Rp 50.000,-.



Leave a Reply