10 Oleh-oleh khas Kuningan Yang unik Dan Mengesankan


sisil angelin  April 24, 2021  0 Comment

Jika berada di Jawa Barat, dan kalian berada di Kabupaten Kuningan. Maka jangan lewatkan untuk mencicipi kuliner khas Kuningan yang unik, lezat, dan pastinya wajib kalian cicipi saat berada di Kuningan. Selain bisa mencicipi kalian bisa membelinya untuk oleh-oleh teman, keluarga, atau orang tersayang. Nah untuk kalian yang lagi bingung cari oleh-oleh di Kuningan simak aja yuk artikel dibawah ini! Karena kali ini GoTravelly bakal kasih tau kalian Oleh-oleh khas Kuningan, yang rekommended, dan wajib kalian beli!

1. Kwecang

Kwecang khas Kuningan
gramho.com

Kwecang memng menjadi salah satu camilan manis yang enak banget, dan menjadi kesukaan masyarakat yang tinggal di Kuningan. Jadi Kweciang ini terdiri dari tepung beras, air apu, dan setelah diolah semua adonan tersebut akan dibungkus dengan daun bambu dibentuk menjadi segitiga. Setelah matang dikukus, kwecang akan dikupas daun bambunya, dan selanjutnya akan ditaruh diwadah lalu diguyur dengan gula merah atau gula aren yang cair. Sehingga membuat Kwecang terasa kenyal, legit, dan manis perpaduan Kwecang dengan gula cair ini memang bikin nagih! Nah jadi untuk kalian yang penasaran sama rasanya bisa membeli kwecang untuk oleh-oleh.

Review kuliner

Menikmati Kuliner India Halal Di Petaling Street

Jajan Street Food Di Singapore : Cobain Chang Kee Hokkien Mee Di Chinatown

2. Opak Bakar

 Opak Bakar khas Kuningan
busepuh.com

Opak Bakar ini adalah camilan tradisional, dan sudah ada sejak dahulu. Namun Opak Bakar ini terdiri dari garam, beras ketan, santan, dan akan dimasukan kedalam cetakan. selanjutnya adonan opak itu akan dibakar. cara pembuatan opak ini memang ada sejak turun-temurun, dan menjadi camilan tradisional populer di Kuningan yang lezat. Nah untuk rasa Opak Bakar memang gurih, asin, manis, dan aroma Opak Bakar ini memang sangat khas. karena dengan cara pembakaran Opak inilah mengeluarkan aroma sedap pada sajian Opak Bakar. Camilan yang satu ini cocok banget untuk kalian beli untuk buah tangan. Untuk menemukan Opak Bakar kalian bisa mampir ke Toko oleh-oleh yang ada di Kuningan.

3. Peuyeum Ketan

Peuyeum Ketan khas Kuningan
cookpad.com

Peuyeum Ketan ini adalah tape jawa yang memiliki citarasa manis, asam, dan aromanya yang khas membuat siapa saja suka dengan Peuyeum Ketan. Jadi Peuyeum Ketan ini terdiri dari Singkong yang difermentasi menggunakan ragi tape, dan semua bahan itu akan dibungkus menggunakan daun jambu air. Setelah terbungkus rapi semua Peuyeum Ketan ini akan disimpan selama 2 hari lamanya sehingga memberikan citarasa khas, dan aroma yang strong memang bikin penasaran.

4. Tahu Lamping

 Tahu Lamping
indonesiakaya.com

Tahu Lamping atau sering disebut Kipeci ini memang menjadi salah satu oleh-oleh khas Kuningan yang wajib banget kalian beli, dan Tahu Lamping memang terkenal sekali dengan rasanya yang Yummy! Jadi Tahu Lamping ini memang sekilas rasanya hampir sama dengan tahu Sumedang yang garing pada bagian luarnya, dan lembur pada bagian dalam. Namun yang membuat Tahu Lamping ini berbeda dari tahu Sumedang adalah campuran susu yang ada pada Tahu Lamping, dan tekstur dalam Tahu Lamping lebih juicy. Jadi untuk kamu pencinta tahu wajib banget cobain Tahu lamping.

5. Papais

Papais
brisik.id

Papais yang memiliki bentuk mini ini memang bikin penasaran, dan teksturnya yang lembut dengan perpaduan manis memang Papais sangat yummy! Kue tradisional ini memang terdiri dari beras ketan, singkong, gula merah, dan semua bahan yang sudah diolah akan dibungkus dengan daun pisang. Setelah dibungkus cantik Papais akan dikukus, dan aroma daun pisang yang membungkus Papais memang sangat khas! Makanya tak heran jika kue tradisional Papais ini selalu diburu wisatawan saat berada di Kabupaten Kuningan. Untuk menemukan Papais juga sangat mudah, dan bisa kalian dapatkan dipusat oleh-oleh yang ada di Kabupaten Kuningan.

6. Leupeut Khas Kuningan

Leupeut Khas Kuningan
mamang.id

Jika kalian tinggal di Pulau Jawa memang sudah tidak asing dengan kue tradisional yang satu ini, dan kue yang berbahan dasar ketan ini memang mmemiliki rasa yang gurih. Bagaimana tidak gurih Leupeut ini menggunakan daun yang menambah citarasa gurih yaitu menggunakan daun janur, serta kelapa muda yang menciptakan rasa gurih, aromantic, dan pastinya bikin siapa aja nagih. Leupeut khas Kuningan ini biasanya dijual saat perayaan hari besar, dan Leupeut khas Kuningan ini memang memiliki isian kacang yang lebih banyak dari Leupeut pada umumnya. Jadi untuk kalian yang lagi cari oleh-oleh bisa membeli Leupeut untuk buah tangan.

7. Kopi Luwak Linggarjati

 Kopi Luwak Linggarjati
akwnulis.com/

Siapa disini pencinta kopi? Jangan ngaku pencinta kopi kalo belum cobain Kopi Luwak Linggarjati yang diolah dari kotaran luak yang berasal dari Gunung Ceremai, dan Kopi Luwak Linggarjati memang menjadi penghasilan terbesar di Kabupaten ini. Memang Kopi Luwak Linggarjati ini memiliki keunikan yaitu tidak menggandung kadein sehingga aman untuk kalian nikmati saat perut kosong, dan kalian yang memiliki sakit asam lambung. Gimana Kopi Luwak Linggarjati bisa untuk oleh-oleh teman kalian yang suka kopi bukan? Untuk menemukan Kopi Luwak Linggarjati sangat mudah, kalian bisa membelinya ditoko oleh-oleh, atau toko biasa.

8. Jenisa

Jenisa
shopee.co.id

Jika sudah mencicipi beraneka camilan manis, da gurih paling enak emang minum Jenisa. Karena Jenisa ini terdiri dari air jeruk lemon, dan kaya akan vitamin C. Yang dipercaya dapat membuat kulit kalian tampak awet muda, dan menyegarkan tenggerokan. Jenisa ini memiliki 2 kemasan yaitu ada kemasan sirup, dan kemasan yang sudah siap minum. Jenisa ini sangat nikmat diminum saat udara panas guys! Jenisa ini bisa menjadi pilihan kalian yang lagi bingung cari oleh-oleh khas Kuningan.

9. Jeniper

Jeniper
akurat.co

Selain Jenisa ternyata minuman yang ada diurutan kesembilan ini juga menjadi minuman yang menyegarkan, dan memiliki banyak sekali penggemar. Karena Jeniper ini terdiri dari jeruk nipis, dan Jeniper ini dikemas menggunakan botol. Ohya Jeniper ini asli 100% dari perasan jeruk nipis yang tidak menggunakan campuran pengawet, dan Jeniper biasanya dicampur dengan air serta es batu. Hal ini dikarenakan Jeniper sangat menyegarkan jika disajikan dingin-dingin. Namun untuk kalian yang ingin minuman hangat bisa mencampurkan sirup Jeniper ini dengan air hangat. Jeniper juga kaya akan manfaat, dan baik untuk tubuh. Karena Jeniper mengandung vitamin C.

10. Batik Khas Kuningan

 Batik Khas Kuningan
infobatik.id

Oleh-oleh yang akan kita bahas terakhir ini bisa menjadi pilihan kalian yang tidak ingin membeli camilan, dan minuman. Karena Batik Khas Kuningan ini memang memiliki motif yang khas dengan warna, dan corak yang cantik memang menjadi ciri khas Kuningan. Jadi warna Batik Khas Kuningan ini ada 3 warna, dan 2 warna. meskipun memiliki warna yang banyak tapi Batik Khas Kuningan masih terlihat anggun saat dipakai. Harga Batik Khas Kuningan juga masi terbilang murah, dan cocok banget untuk kalian yang lagi oleh-oleh khas Kuningan yang keren. Nah dari pada penasaran sama motifnya langsung aja yuk ke Sentral Batik Kuningan, atau ke pusat oleh-oleh. Biasanya mereka menjual Batik Khas Kuningan.



Leave a Reply