Wawasan

10 Oleh Oleh Khas Jombang Yang banyak diminati wisatawan

Oleh oleh khas Jombang sangat bervariasi. Saat memutuskan untuk berlibur dengan mengunjungi suatu daerah, ada yang kurang rasanya jika Anda pulang tanpa membawa oleh-oleh khas daerah tersebut. Berbagai oleh oleh seperti makanan khas, pakaian, serta benda yang cukup khas dari daerah tersebut dapat menjadi pilihan yang tepat untuk dibawa pulang.

Jombang merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang menawarkan cukup banyak tempat wisata alam, wisata religi, hingga wisata bersejarah. Saat berkunjung ke kabupaten yang dijuluki Kota Santri ini, ada yang kurang rasanya jika Anda pulang tanpa membawa oleh oleh.

Berikut Oleh Oleh Khas Jombang

1. UD Jenang Kelapa Muda

shopee.co.id

Salah satu oleh oleh khas Jombang yang cukup populer dan banyak diburu oleh wisatawan adalah jenang kelapa muda. Sesuai dengan namanya, jajanan tradisional yang satu ini dibuat dengan campuran bahan kelapa muda. Anda akan dimanjakan dengan tekstur yang legit serta rasa manis yang pas saat mengkonsumsi jenang kelapa muda.

Saat berkunjung ke Jombang, jenang kelapa muda menjadi salah satu pilihan oleh oleh terbaik yang bisa Anda bawa pulang. Makanan yang satu ini dibungkus dengan kemasan yang praktis dan menarik, tidak heran jika banyak wisatawan yang memburunya. Anda dapat mendatangi UD Jenang Kelap Muda di Desa Denanyar, Kabupaten Jombang.

Onde Onde Alief Khas Jombang: Enak, Murah, Porsi Jumbo Lagi!

Jong Abang : Cafe Cozy Dan Instagramable Di Jombang.

2. Onde-onde Alif

gotravelly.com

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan makanan onde-onde. Onde-onde Alif menjadi salah satu pilihan oleh oleh khas Jombang yang banyak diburu oleh wisatawan. Selain memiliki ukuran yang lebih besar jika dibanding dengan onde-onde pada umumnya, Onde-onde Alif juga menawarkan cita rasa yang lebih lezat.

Saat mendatangi tempat pembuatan Onde-onde Alif, pengunjung dapat melihat langsung proses dibuatnya onde-onde tersebut. Onde-onde Alif juga dikemas dengan sangat menarik sehingga sangat cocok dipilih sebagai oleh-oleh bagi Anda yang berkunjung ke Jombang.

3. Tahu Pong

jombangcityguide.blogspot.com

Ada cukup banyak oleh oleh khas Jombang yang dapat Anda pilih untuk dibawa pulang, salah satunya adalah tahu pong. Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan makanan yang satu ini. Nama tahu pong diambil karena di bagian tahu tidak terdapat isian alias kopong. Tahu yang satu ini sangat cocok dinikmati bersama dengan saus atau cabe.

Anda akan dimanjakan dengan tekstur yang renyah di bagian luar serta lembut di dalam. Anda dapat membelinya di salah satu pusat oleh-oleh yang terletak di Jalan Totok Kerot, Sawahan, Sambirejo, Sumobito, Kabupaten Jombang. Lezat dan uniknya tahu yang satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi.

4. Bolu Plemben

cookpad.com

Mendengar sebutan nama makanan bolu plemben? Makanan yang satu ini sangat mudah dijumpai saat Anda berkunjung ke Jombang dan juga merupakan salah satu pilihan oleh oleh khas Jombang. Terdapat dua pilihan tekstur bolu yang bisa Anda nikmati yakni kering dan basah.

Bolu plemben menawarkan cita rasa yang manis serta tekstur yang lembut. Meskipun memiliki cita rasa yang lezat, tetapi makanan yang satu ini tidak dibanderol dengan harga mahal. Anda hanya perlu membayar Rp 3.000,- hingga Rp 4.000,- per bungkus.

5. Kerupuk Beras

meresep.web.app

Salah satu oleh oleh khas Jombang yang cukup unik dan wajib Anda coba adalah lezatnya kerupuk beras. Sesuai dengan namanya, kerupuk yang satu ini memang dibuat dari beras atau lebih tepatnya nasi. Cara membuatnya adalah dengan menumbuk nasi hingga halus dan kemudian ditambahkan dengan beberapa rempah serta bumbu khusus.

Setelah semua bercampur, langkah selanjutnya adalah mencetak kerupuk menjadi lembar tipis dan dijemur hingga kering. Setelah kering, kerupuk beras siap digoreng dan dikonsumsi. Cita rasa yang gurih serta tekstur yang renyah menjadikan kerupuk yang satu ini banyak diburu oleh warga lokal maupun wisatawan yang datang ke Jombang.

6. Donat Kampoeng Utami

dku-pusat-oleholeh-souvenir.blogspot.com

Salah satu Oleh oleh khas Jombang yang sangat direkomendasikan untuk Anda adalah Donat Kampoeng Utami. Donat yang satu ini merupakan donat khas Jombang yang sudah ada sejak dulu. Anda akan dimanjakan dengan tekstur donat yang lembut dan rasa yang pas.

Tidak hanya itu, ada cukup banyak pilihan topping yang dapat Anda pilih. Saat berada di Jombang dan ingin membeli Donat Kampoeng Utami, Anda dapat datang ke Perumahan Griya Indah, Kabupaten Jombang. Harga yang cukup terjangkau serta kemasan yang praktia dan menarik menjadikan oleh oleh yang satu ini sayang untuk Anda lewatkan.

7. Brondong Ketan

bukalapak.com

Pernah mencoba sensasi lezatnya berondong ketan? Salah satu oleh oleh khas Jombang ini memiliki cita rasa yang cukup unik dan khas. Kelezatan berondong ketan tidak kalah dengan brondong jagung. Makanan yang satu ini biasa dinikmati saat bersantai dan cocok berpadu dengan secangkir teh atau kopi.

Anda akan dengan mudah menjumpai penjual brondong di beberapa toko oleh-oleh atau pasar tradisional di Jombang. Harga dari makanan yang satu ini juga cukup terjangkau yakni berkisar Rp 1.000, – saja.

8. Manik-manik Kaca

radarjombang.jawapos.com

Saat berkunjung ke Jombang, tidak ada salahnya untuk membawa pulang salah satu oleh oleh khas Jombang. Oleh-oleh yang menarik dan dapat dikenang salah satunya adalah manik-manik kaca. Kecamatan Gudo menjadi salah satu daerah penghasil manik-manik di Jombang yang banyak didatangi oleh wisatawan. Tidak hanya untuk membeli manik-manik, tetapi di beberapa toko pengunjung juga dapat melihat cara pembuatan sekaligus mencoba untuk membuatnya langsung.

Manik-manik dijual dengan berbagai bentuk seperti gelang, bros, gantungan kunci, ikat pinggang, dan lain-lain. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau sesuai dengan tingkat kerumitan dan juga bahan yang digunakan. Salah satu pilihan oleh oleh khas Jombang yang tepat dan sayang untuk Anda lewatkan.

9. Pernak-pernik Gus Dur

shopee.co.id

Saat berkunjung ke Jombang, ada yang kurang rasanya jika tidak memutuskan untuk mengunjungi makam Gus Dur. Selain untuk berziarah, di sana Anda juga akan menjumpai banyak oleh oleh khas Jombang. Oleh-oleh yang ditawarkan diantaranya berupa kaos minta buku geografi. Anda juga dapat membeli pernak-pernik lain yang berkaitan dengan Presiden Indonesia ke-4, Gus Dur.

10. Jambu Bol Gondang Manis

javatravel.net

Pernah mendengar sebutan nama jambu bol gondang manis? Jambu bol gondang manis merupakan buah yang juga merupakan salah satu oleh oleh khas Jombang. Buah yang satu ini dapat dengan mudah anda jumpai di Kecamatan Bandar Kedung Mulyo, Kabupaten Jombang. Meskipun terbilang cukup unik dan khas, jambu ini tidak dijual dengan harga yang mahal hanya sekitar Rp 5.000,- per kg.

Jambu bol gondang manis memiliki warna daging putih bersih serta tekstur lunak seperti kapas. Sensasi manis dan segar juga akan Anda rasakan saat mengkonsumsi buah yang satu ini.

Fida

Recent Posts

10 Tempat Makan Seafood Enak di Surabaya Dengan Rasa Mengigit

Surabaya merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang dikenal menawarkan banyak tempat wisata sekaligus…

3 hours ago

12 Museum Musik di Dunia Yang Menarik Dikunjungi Para Pecinta Musik

Siapa sih yang tidak ingin mengunjungi museum musik? Musik memang menjadi favorit semua orang untuk…

8 hours ago

10 Rekomendasi Mie Ayam Ceker Paling Enak di Surabaya

Surabaya dikenal dengan sebutan Kota Pahlawan dan menjadi Ibukota Jawa Timur. Kota yang satu ini…

15 hours ago

9 Rute Tujuan Wisata Bahari Oleh Pelni, Cobain yuk!

PT Pelayaran Nasional Indonesia atau Pelni juga turut menunjang pariwisata Indonesia dengan menawarkan wisata bahari…

1 day ago

8 Es Cendol Paling Enak di Penang Selalu Ramai Pembeli

Es Cendol Enak di Penang di Malaysia memang terkenal dengan wisata sejarahnya dan kulinernya yang…

1 day ago

10 Taman Nasional di Sri Lanka Pesonanya Tak Kalah Dengan Afrika

Sri Lanka adalah salah satu Negara di Asia yang lokasinya berada di Samudera Hindia. Negara…

2 days ago