Oleh oleh

10 Oleh-oleh Khas Deli Serdang Bikin Semua Senang

Berlibur ke suatu daerah tertentu sangat disayangkan jika tidak pulang dengan membawa oleh-oleh. Deli Serdang merupakan salah satu kawasan yang tidak hanya dikenal memiliki banyak tempat wisata dan kuliner lezat tetapi juga memiliki oleh-oleh yang sangat beragam. Kamu dapat membeli berbagai pilihan oleh-oleh mulai dari makanan, minuman, hingga kerajinan tangan. Tidak perlu bingung, berikut daftar 10 rekomendasi oleh-oleh khas Deli Serdang yang menarik untuk dibawa pulang.

Oleh Oleh Khas Deli Serdang :

1. Kerupuk Kulit Ikan Patin

halmall.id

Salah satu rekomendasi oleh-oleh khas deli serdang yang menarik untuk kamu coba adalah kerupuk kulit ikan patin. Sesuai dengan namanya, makanan yang satu ini memang dibuat dengan menggunakan bahan utama kulit ikan patin. Saat mencoba kerupuk kulit ikan patin, kamu akan dimanjakan dengan tekstur yang renyah serta aroma patin yang khas.

Kerupuk kulit ikan patin biasa dijual dengan kemasan praktis dan bisa kamu jumpai di berbagai toko oleh-oleh di Deli Serdang. Tidak hanya populer dan banyak dicari oleh masyarakat lokal maupun wisatawan, kerupuk kulit ikan patin juga diekspor ke luar negeri. Selain cocok dipilih sebagai camilan, kerupuk kulit ikan patin juga cocok dipilih sebagai lauk untuk dinikmati bersama dengan satu porsi nasi hangat.

One Day Trip Silalahi Sumatera Utara

Tangkahan : The Hidden Paradise

2. Jagung Marning Dua Udang

today.line.me

Selain kerupuk kulit ikan patin yang dikenal unik, kamu juga dapat membeli salah satu oleh-oleh khas Deli Serdang berupa olahan jagung. Jika biasanya jagung diolah menjadi popcorn atau jagung rebus, tetapi berbeda dengan olahan yang satu ini. Jagung marning menjadi salah satu oleh-oleh yang banyak diburu oleh wisatawan yang datang ke Deli Serdang.

Jagung marning merupakan sebutan bagi makanan yang dibuat dengan menggunakan bahan utama butiran jagung kering yang diolah dengan cara digoreng. Saat mencobanya, kamu akan dimanjakan dengan tekstur renyah yang khas. Salah satu jagung marning yang cukup populer di Deli Serdang adalah jagung marning cap Dua Udang. Tidak perlu khawatir soal harga karena kamu dapat membelinya dengan harga mulai dari Rp 15.000,- per kemasan.

3. Keripik Pisang Srinthil Food

deliserdangmall.com

Saat berburu oleh-oleh khas Deli Serdang, tidak ada salahnya jika kamu memilih keripik pisang. Keripik pisang memang menjadi camilan yang disukai oleh semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Olahan keripik pisang yang cukup populer di kawasan ini adalah keripik pisang dari Srinthil Food.

Keripik pisang yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama pisang kepok. Hal itulah yang membedakan keripik pisang Srinthil Food dengan keripik pisang lainnya. Meskipun sudah cukup populer, tetapi kamu tidak perlu khawatir dengan harga yang ditawarkan karena kamu bisa membelinya dengan harga mulai dari Rp 7.000,- per kemasan.

4. Kembang Layang Sanggar Kartini

medan.tribunnews.com

Pernah mendengar sebutan jajanan kembang layang? Kembang layang merupakan salah satu oleh-oleh khas Deli Serdang yang banyak diburu oleh wisatawan. Makanan yang satu ini merupakan hidangan tradisional yang hanya kerap dijumpai saat acara pesta atau hari raya tiba. Tetapi saat berkunjung ke Deli Serdang, berburu kembang layang tentu menjadi hal yang tidak sulit karena kamu dapat menjumpai di berbagai toko oleh-oleh yang ada.

Kembang layang biasa dijual dengan kemasan yang praktis dan menarik. Selain itu, kamu juga dapat memilih varian rasa yang ditawarkan yakni original dan juga ubi ungu.

5. Gula Aren dan Gula Semut

shopee.co.id

Selain berbagai makanan yang siap dikonsumsi, gula aren dan gula semut juga kerap dipilih oleh wisatawan sebagai oleh-oleh khas deli Serdang untuk dibawa pulang. Salah satu produsen gula semut yang cukup populer di kawasan Deli Serdang adalah Arenta.

Kamu dapat membeli gula semut dan juga gula aren khas Deli Serdang dengan harga mulai dari Rp 15.000,- untuk gula semut dan juga Rp 10.000,- untuk gula merah. Jika ingin mendapatkan gula dengan kualitas terbaik, kamu dapat datang ke desa Buluh Awar, Kecamatan Sibolangit, Deli Serdang. Kualitas serta rasa yang ditawarkan tidak perlu diragukan lagi karena produsen yang satu ini sudah ada sejak tahun 2015.

6. Minyak Karo

shopee.co.id

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan Minyak Karo bukan? Minyak karo merupakan salah satu minyak tradisional yang dibuat dengan menggunakan bahan utama jahe serta rempah-rempah lainnya. Selain dikenal unik, minyak yang satu ini juga dipercaya memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh.

Di Deli Serdang, terdapat produsen minyak karo yang cukup populer yakni minyak karo Mejuah Juah. Minyak yang satu ini dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit seperti masuk angin, terkilir, pegal linu, dan masih banyak lagi. Menarik untuk dibawa pulang bukan?

7. Dodol Singkong Pak Jumali

deliserdangmall.com

Kamu tidak perlu bingung menentukan pilihan oleh-oleh khas Deli Serdang yang akan dibawa pulang, dodol singkong Pak Jumali menjadi rekomendasi tepat yang bisa kamu coba. Dodol yang satu ini dibuat dengan menggunakan berbagai bahan diantaranya tepung ketan, santan kelapa, gula merah, gula pasir, dan juga garam. Sesuai dengan namanya, dodol yang satu ini juga diberi tambahan singkong sebagai bahan utamanya. Hal itu tentu memberi kesan unik dan cukup berbeda dengan dodol pada umumnya.

Dodol singkong Pak Jumali dijual dengan kemasan yang praktis dan menarik sehingga sangat cocok dipilih sebagai oleh-oleh. Selain lezat, kamu juga dapat membeli oleh-oleh yang satu ini dengan harga yang cukup terjangkau. Tertarik untuk mencobanya?

8. Bandrek Jahe Merah

kompas.com

Bandrek Jahe Merah kerap dipilih sebagai salah satu rekomendasi oleh-oleh khas Deli Serdang yang menarik untuk dibawa pulang. Bandrek merupakan minuman yang sangat cocok dinikmati saat cuaca dingin. Karena Deli Serdang memiliki kondisi alam yang mayoritas pegunungan, tidak heran jika bandrek menjadi salah satu minuman yang banyak diburu baik oleh masyarakat lokal maupun wisatawan.

Selain dikenal unik, minuman yang satu ini juga dipercaya memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh. Beberapa manfaat yang diperoleh di antaranya dapat menurunkan berat badan, memperlancar pencernaan, mengobati masuk angin, dan masih banyak lagi.

9. Snack Kacang Hijau

finance.detik.com

Ada salah satu oleh-oleh khas Deli Serdang yang unik dan cukup menarik untuk kamu coba yakni snack kacang hijau. Apakah kamu mendengar sebutan snack ini sebelumnya? Yap, jika biasanya kacang hijau diolah menjadi bubur, namun kali ini kamu dapat menikmatinya sebagai snack atau camilan.

Snack kacang hijau khas Deli Serdang biasa dijual dengan berbagai varian rasa yang dapat dipilih seperti rumput laut, balado, original, hingga pedas. Kamu tidak perlu khawatir soal harga karena snack ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau yakni berkisar Rp 15.000,- per kemasan.

10. Toph 19th Thai Tea

seringjalan.com

Rekomendasi oleh-oleh khas Deli Serdang yang sayang untuk kamu lewatkan adalah Toph 19th Thai Tea. Oleh-oleh yang satu ini merupakan minuman yang dibuat dengan beberapa bahan seperti susu kental manis, teh hitam, dan juga es. Saat mencobanya, kamu akan dimanjakan dengan cita rasa manis serta aroma yang khas.

Fida

Recent Posts

11 Wisata Dekat Stasiun Gambir yang Recommended!

Siapa yang sudah merencanakan liburan seru ke Jakarta naik kereta api? Pasti asyik nih! Nah,…

4 months ago

16 Tempat Wisata Dekat Stasiun Sudirman, Spot Instagramable

Tahukah kamu bahwa terdapat tempat wisata dekat Stasiun Sudirman yang bisa kamu kunjungi?. Lokasi di…

4 months ago

15 Wisata Dekat Stasiun Bogor, Menakjubkan!

Jika naik kereta ke Bogor, pernahkan kamu merasa ingin mampir ke tempat wisata terdekat?. Banyak…

4 months ago

13 Hidden Gems Solo Terbaik yang Recommended!

Cari tempat -tempat Hidden gems di Solo yang menarik, memang cukup seru. Tidak jarang juga…

4 months ago

10 Restoran di Bogor, Cocok Untuk Keluarga!

Restoran di Bogor - Ada banyak tempat kuliner yang tentu saja dapat kamu pilih. Namun,…

4 months ago

10 Kue Kering Terenak di Dunia, Cobain yuk!

Tak sekadar makanan atau minuman saja yang memiliki kategori terenak dan favorit loh, ternyata ada…

4 months ago