Oleh oleh

10 Oleh Oleh Khas Ciamis Bikin Siapa Saja Tersenyum Manis

Ciamis dikenal sebagai salah satu daerah yang menawarkan banyaknya kuliner lezat. Selain mencoba berbagai makanan khas, kamu juga dapat menyempatkan untuk berburu oleh-oleh saat berkunjung ke Ciamis. Tidak perlu bingung, inilah 10 rekomendasi oleh-oleh khas Ciamis yang menarik untuk kamu bawa pulang.

10 Oleh Oleh Khas Ciamis :

1. Cocorot

bandoeng.co.id

Cocorot dikenal sebagai rekomendasi oleh-oleh khas Ciamis yang populer dan menarik untuk kamu coba. Beberapa dari kamu tentu masih asing dengan sebutan cocorot bukan? Cocorot merupakan makanan tradisional yang dapat dengan mudah kamu jumpai saat berkunjung ke Ciamis. Makanan yang satu ini juga memiliki bentuk unik yang berhasil membuat wisatawan penasaran dan ingin mencobanya.

Jika dilihat sekilas, tampilan cocorot mirip dengan terompet. Jajanan ini merupakan adonan yang dibentuk bulat memanjang dan dibungkus menggunakan daun kelapa yang masih muda atau janur. Selain tampilannya yang unik, cocorot juga memiliki cita rasa yang khas. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat cocorot diantaranya tepung beras, gula merah, serta bumbu pelengkap.

Nongkrong Dan Menikmati Pemandangan Tugu Yogyakarta Di Kebon Ndalem Coffee And Eatery

Cobain Kuliner Jadul Di Warung Yale Yale, Bikin Ketagihan

2. Bola Bola Susu

lifestyle.okezone.com

Bagi pecinta olahan makanan manis, bola bola susu menjadi rekomendasi jajanan yang sayang untuk kamu lewatkan saat datang ke Ciamis. Jajanan yang satu ini juga kerap diburu oleh para wisatawan sebagai oleh-oleh khas Ciamis untuk dibawa pulang.

Sesuai dengan namanya, bola bola susu merupakan jajanan yang memiliki bentuk bulat seperti bola. Jajanan ini juga dibuat menggunakan campuran susu. Karena cita rasanya yang khas dan cenderung manis, maka tidak heran jika jajanan ini diminati oleh semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Kamu dapat dengan mudah menjumpai bola-bola susu di berbagai toko oleh-oleh di Ciamis. Tampilannya yang berwarna-warni juga menjadikan jajanan ini sangat menarik dan menggugah selera.

3. Saroja khas Ciamis

shopee.co.id

Oleh-oleh khas Ciamis berikutnya yang tidak kalah menarik untuk dicoba adalah Saroja. Saroja merupakan sebutan lain dari jajanan kembang goyang di Ciamis. Masyarakat setempat memberi nama Saroja karena bentuknya yang dinilai mirip dengan bunga seroja.

Saroja khas Ciamis menawarkan cita rasa gurih serta tekstur yang renyah. Jajanan yang satu ini dibuat menggunakan tepung beras putih sebagai bahan utamanya. Jajanan Saroja dapat dengan mudah dijumpai di berbagai toko atau pusat oleh-oleh di Ciamis. Kamu tidak perlu khawatir karena Saroja dijual dengan harga yang cukup terjangkau serta memiliki kemasan yang praktis sehingga cocok pilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

4. Gula Kelapa

foodnesia.net

Selain camilan, kamu juga dapat membeli gula kelapa sebagai oleh-oleh khas Ciamis untuk dibawa pulang. Gula kelapa khas Ciamis ini dikenal memiliki rasa yang khas. Kamu dapat memperoleh gula ini di berbagai pasar tradisional yang ada di Kabupaten Ciamis.

Gula yang dibuat dari olahan nira ini biasa dipilih sebagai campuran untuk membuat berbagai masakan, salah satunya adalah sajian kolak. Kamu tidak perlu khawatir karena oleh-oleh gula kelapa ini memiliki harga yang terjangkau. Menarik sekali bukan?

5. Dendeng Sapi

food.grab.com

Tidak kalah menarik dengan berbagai rekomendasi oleh-oleh khas Ciamis lainnya, kamu juga dapat membeli lezatnya dendeng sapi. Sajian yang satu ini merupakan olahan daging sapi yang dicampurkan dengan berbagai bumbu rempah sehingga menghasilkan cita rasa yang menggugah selera.

Sebelum dijual, olahan dendeng sapi terlebih dahulu melalui proses pengeringan yang bertujuan untuk memperlama daya tahan serta keawetannya. Dendeng sapi juga memiliki kemasan yang praktis dan menarik sehingga sangat cocok dipilih sebagai oleh-oleh untuk diberikan kepada keluarga maupun kerabat di rumah. Kamu tidak perlu khawatir karena olahan dendeng sapi mampu bertahan hingga berbulan-bulan lamanya. Tertarik untuk mencoba makanan yang satu ini?

6. Abon Sapi

shopee.co.id

Selain dendeng sapi, abon sapi juga menjadi rekomendasi oleh-oleh khas Ciamis yang cocok untuk kamu bawa pulang. Abon sapi khas Ciamis menawarkan cita rasa lezat dengan tekstur yang lembut. Berbagai bumbu dan rempah yang digunakan juga menghasilkan sajian yang satu ini sangat memanjakan lidah.

Abon sapi sangat direkomendasikan dipilih sebagai oleh-oleh karena mampu bertahan lama. Selain itu, kamu juga dapat dengan mudah menjumpai sajian ini yang dijual dengan kemasan praktis di berbagai toko oleh-oleh. Tidak hanya cocok dinikmati langsung, abon sapi juga kerap dipilih sebagai pengganti lauk untuk dinikmati bersama nasi. Tertarik untuk mencobanya saat datang ke Ciamis?

7. Sale Pisang

shopee.co.id

Ada banyak pilihan rekomendasi oleh-oleh khas Ciamis yang cocok untuk dibawa pulang, salah satunya adalah sale pisang. Sale Pisang merupakan jajanan yang dibuat menggunakan bahan utama pisang. Jajanan yang satu ini dikenal menawarkan perpaduan rasa manis dan gurih yang enak dinikmati. Oleh karena itu, tidak heran jika sale pisang banyak diburu baik oleh masyarakat maupun wisatawan yang datang ke Ciamis.

Jajanan sale pisang dikenal mampu bertahan cukup lama. Jajanan ini dibuat dengan cara iris memanjang buah pisang kemudian dijemur di bawah terik matahari. Setelah dijemur, langkah selanjutnya adalah menggoreng dengan tambahan sedikit tepung. Jajanan yang satu ini biasa dijual dengan kemasan yang praktis dan menarik.

8. Kecimpring Ciamis

shopee.co.id

Pernahkah kamu mendengar sebutan kecimpring? Kecimpring merupakan salah satu camilan yang dikenal memiliki tekstur renyah serta cita rasa gurih. Camilan yang satu ini menggunakan singkong sebagai bahan utama pembuatannya.

Saat berkunjung ke Ciamis, kamu tentu dapat dengan mudah menjumpai kecimpring. Penggunaan berbagai rempah dalam pembuatan camilan ini juga menghasilkan cita rasa lezat dan menggugah selera. Kamu tentu dapat dengan mudah menjumpai kecimpring di berbagai toko oleh-oleh di Ciamis. Tidak perlu khawatir, satu bungkus kecimpring dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau yakni berkisar Rp 10.000,- hingga Rp 20.000,-.

9. Galendo

kulinear.hops.id

Galendo juga merupakan salah satu oleh-oleh khas Ciamis yang tidak kalah menarik untuk dicoba. Makanan yang satu ini dikenal sangat unik dan tidak mudah dijumpai di daerah lainnya. Hal itu dikarenakan galendo terbuat dari endapan santan.

Makanan yang satu ini dibuat dengan cara memasak santan hingga mengeluarkan minyak. Minyak hasil memasak santan itulah yang kemudian akan digunakan endapannya sebagai galendo. Kamu dapat menjumpai makanan ini di berbagai toko oleh-oleh di Ciamis.

10. Surabi Ciamis

bandoeng.co.id

Nah satu lagi rekomendasi oleh-oleh khas Ciamis yang sayang untuk kamu lewatkan yakni surabi Ciamis. Jajanan yang satu ini dikenal sangat sederhana tetapi menawarkan rasa lezat dan menggugah selera.

Kamu dapat membeli surabi Ciamis dengan dua varian yakni asin dan manis. Selain itu, kamu juga dapat mencoba rasa lainnya seperti strawberry, coklat, dan juga susu. Menggugah selera bukan?

Fida

Recent Posts

11 Wisata Dekat Stasiun Gambir yang Recommended!

Siapa yang sudah merencanakan liburan seru ke Jakarta naik kereta api? Pasti asyik nih! Nah,…

4 months ago

16 Tempat Wisata Dekat Stasiun Sudirman, Spot Instagramable

Tahukah kamu bahwa terdapat tempat wisata dekat Stasiun Sudirman yang bisa kamu kunjungi?. Lokasi di…

4 months ago

15 Wisata Dekat Stasiun Bogor, Menakjubkan!

Jika naik kereta ke Bogor, pernahkan kamu merasa ingin mampir ke tempat wisata terdekat?. Banyak…

4 months ago

13 Hidden Gems Solo Terbaik yang Recommended!

Cari tempat -tempat Hidden gems di Solo yang menarik, memang cukup seru. Tidak jarang juga…

4 months ago

10 Restoran di Bogor, Cocok Untuk Keluarga!

Restoran di Bogor - Ada banyak tempat kuliner yang tentu saja dapat kamu pilih. Namun,…

4 months ago

10 Kue Kering Terenak di Dunia, Cobain yuk!

Tak sekadar makanan atau minuman saja yang memiliki kategori terenak dan favorit loh, ternyata ada…

4 months ago