Oleh oleh

10 Oleh Oleh Khas Brebes Yang Paling Populer Dan Unik

Berlibur ke berbagai daerah di Indonesia tentu menjadi hal menyenangkan yang bisa Anda coba. Tidak hanya menghabiskan waktu untuk berlibur, sayang rasanya jika Anda tidak mencoba kuliner khas serta jajanan yang ditawarkan.Brebes menjadi salah satu kabupaten di Indonesia yang berlokasi di provinsi Jawa Tengah. Tidak hanya dapat mengunjungi tempat wisatanya, Brebes juga dikenal akan oleh-olehnya yang sangat beragam dan unik. Berikut daftar 10 oleh oleh khas Brebes yang cocok dipilih untuk dibawa pulang.

10 Oleh Oleh Khas Brebes :

1. Telur Asin Rasa Udang

tokopedia.com

Salah satu oleh oleh khas Brebes yang cukup populer di kalangan warga lokal maupun wisatawan adalah telur asin rasa udang. Sudah tidak asing lagi bahwa makanan yang satu ini menawarkan cita rasa lezat dan khas. Sesuai dengan namanya, telur asin khas Brebes memang memiliki cita rasa udang.

Sesuai dengan pembuatan telur asin pada umumnya, telur bebek direndam dalam abu atau batu bata selama beberapa hari. Rasa udang yang dihasilkan berasal dari abu atau batu bata yang dicampurkan dengan tepung udang. Selain itu, cara lain yang bisa digunakan agar cita rasa udang semakin kuat adalah dengan cara memberi makan bebek dengan udang.

Berfoto Di Spot-Spot Instagramable, Yang Ada Di Candi Cetho

Sate Bumbon Khas Kabupaten Kendal Yang Menggoda Lidah

2. Kerupuk Telur Asin

kumparan.com

yang cukup populer dan banyak diminati oleh wisatawan. Kerupuk yang satu ini menawarkan tekstur yang renyah dengan cita rasa yang khas. Anda dapat membelinya di berbagai pusat oleh-oleh di Brebes.

Kerupuk yang satu ini dijual dengan kemasan praktis dan harga yang terjangkau. Tidak hanya rasanya yang lezat, tampilannya juga unik dan menggugah selera. Kerupuk telur asin memiliki warna putih di bagian luar dan kuning di bagian tengahnya. Cara pembuatan kerupuk ini adalah dengan memotong tipis telur asin kemudian menjemurnya.

3. Abon Ikan Bandeng

mesinabonikansapi.wordpress.com

Diantara banyaknya pilihan oleh oleh khas Brebes, salah satu yang sayang untuk dilewatkan adalah abon ikan bandeng. Sudah tidak asing lagi bahwa Brebes dikenal sebagai salah satu daerah penghasil terbesar ikan bandeng.

Abon ikan bandeng menawarkan cita rasa khas dan gurih. Tidak heran jika banyak orang memilih oleh-oleh yang satu ini untuk dibawa pulang. Jika dilihat dari tampilannya, abon ikan bandeng hampir sama dengan abon sapi. Anda dapat membelinya di berbagai toko oleh oleh di Brebes.

4. Kerupuk Tulang Bandeng

shopee.co.id

Pernah mencoba lezatnya kerupuk tulang bandeng? Jajanan unik yang satu ini dikenal sebagai salah satu oleh oleh khas Brebes. Salah satu olahan bandeng yakni kerupuk tulang bandeng menjadi sangat populer dan banyak diburu oleh wisatawan. Anda dapat menjumpai dan membelinya di berbagai toko oleh oleh di Brebes.

Kerupuk yang satu ini menawarkan citarasa gurih dengan tekstur yang sangat renyah. Aroma khas ikan bandeng juga sangat menggugah selera untuk dicoba. Karena terbuat dari tulang bandeng, tidak heran jika kerupuk yang satu ini dikenal mengandung banyak kalsium yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang. Tertarik untuk mencobanya?

5. Ikan Bandeng

health.grid.id

Selain berbagai olahan lezat, ikan bandeng juga menjadi salah satu oleh-oleh yang bisa Anda pilih berkunjung ke Brebes. Bandeng presto menjadi salah satu olahan yang cukup populer dan banyak diminati oleh wisatawan.

Anda juga dapat memilih bandeng segar untuk dibawa pulang dan diolah dengan bumbu sesuai selera. Sebagai penghasil terbesar ikan bandeng, Anda dapat dengan mudah menjumpai ikan yang satu ini di berbagai pasar tradisional di Brebes. Ikan bandeng segar juga menjadi pilihan oleh oleh khas Brebes yang sayang untuk Anda lewatkan.

6. Bawang Merah

health.kompas.com

Saat mencari oleh oleh khas Brebes, Anda dapat memilih bawang merah untuk dibawa pulang. Brebes memang menjadi daerah yang tepat dan memiliki tanah subur bagi Anda yang ingin menanam bawang merah. Daerah yang satu ini juga dikenal sebagai salah satu daerah penghasil bawang merah terbesar. Oleh karena itu, tidak heran jika Anda akan mendapatkan bawang merah dengan kualitas baik.

Bawang merah menjadi pilihan tepat yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk kerabat di rumah. Anda juga dapat membelinya dari petani langsung dengan harga yang cukup murah.

7. Bawang Goreng

shopee.co.id

Tidak hanya bawang merah segar, bawang goreng juga menjadi salah satu oleh oleh khas Brebes yang banyak diminati oleh wisatawan. Anda dapat membelinya di berbagai toko oleh-oleh di Brebes dengan kemasan praktis dan harga yang sangat terjangkau.

Bawang goreng dijual dengan tekstur sangat renyah dan gurih. Karena dikenal cukup tahan lama, maka tidak ada salahnya jika Anda menjadikan bawang goreng sebagai salah satu oleh oleh khas Brebes yang cocok untuk dibawa pulang.

8. Kerupuk Rumput Laut

lifestyle.okezone.com

Ada cukup banyak pilihan bagi Anda yang sedang mencari oleh oleh khas Brebes, salah satunya adalah kerupuk rumput laut. Sesuai dengan namanya, kerupuk yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar rumput laut.

Siapapun yang mencobanya akan dimanjakan dengan cita rasa yang gurih dan tekstur yang renyah. Kerupuk rumput laut juga dikenal memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Banyaknya kandungan vitamin dan mineral tentu sangat baik bagi kesehatan. Saat berkunjung ke Brebes, tidak ada salahnya untuk mencoba kerupuk rumput laut khas Brebes.

9. Crispy Ikan Serinding

bukalapak.com

Ada cukup banyak pilihan oleh oleh khas Brebes yang bisa Anda coba, salah satu yang cukup populer adalah crispy ikan serinding. Sesuai dengan namanya, jajanan yang satu ini memiliki tekstur yang krispi dan renyah. Anda juga akan dimanjakan dengan cita rasa yang gurih khas ikan serinding.

Cara pembuatannya adalah dengan memilih ikan serinding segar dan membersihkannya kemudian dicampur dengan bumbu dan tepung. Crispy ikan serinding dijual dengan kemasan praktis dan dengan harga yang cukup terjangkau. Anda dapat membelinya di berbagai toko oleh-oleh di Brebes.

10. Kaos Brebes

shopee.co.id

Salah satu pilihan oleh oleh khas Brebes yang cukup populer dan sayang untuk dilewatkan adalah kaos Brebes. Anda dapat membelinya di beberapa toko oleh-oleh di Brebes atau toko baju. Kaos Brebes dijual dengan harga murah hingga mahal tergantung kualitas yang ditawarkan.

Banyak pilihan motif atau tulisan yang dapat dipilih sesuai selera. Saat berkunjung ke Brebes, tidak ada salahnya untuk mencoba membeli oleh oleh khas yang satu ini.

Nah itulah daftar 10 oleh oleh khas Brebes yang sayang untuk Anda lewatkan. Oleh oleh manakah yang paling ingin Anda beli saat berkunjung ke Brebes?

Fida

Recent Posts

11 Wisata Dekat Stasiun Gambir yang Recommended!

Siapa yang sudah merencanakan liburan seru ke Jakarta naik kereta api? Pasti asyik nih! Nah,…

4 months ago

16 Tempat Wisata Dekat Stasiun Sudirman, Spot Instagramable

Tahukah kamu bahwa terdapat tempat wisata dekat Stasiun Sudirman yang bisa kamu kunjungi?. Lokasi di…

4 months ago

15 Wisata Dekat Stasiun Bogor, Menakjubkan!

Jika naik kereta ke Bogor, pernahkan kamu merasa ingin mampir ke tempat wisata terdekat?. Banyak…

4 months ago

13 Hidden Gems Solo Terbaik yang Recommended!

Cari tempat -tempat Hidden gems di Solo yang menarik, memang cukup seru. Tidak jarang juga…

4 months ago

10 Restoran di Bogor, Cocok Untuk Keluarga!

Restoran di Bogor - Ada banyak tempat kuliner yang tentu saja dapat kamu pilih. Namun,…

4 months ago

10 Kue Kering Terenak di Dunia, Cobain yuk!

Tak sekadar makanan atau minuman saja yang memiliki kategori terenak dan favorit loh, ternyata ada…

4 months ago