Wawasan

10 Oleh-oleh Khas Blitar Yang Banyak Diburu Wisatawan

Oleh-oleh Khas Blitar banyak di cari wisatawab Selain mengunjungi tempat wisata. mencoba kuliner khas dari berbagai daerah juga menjadi hal yang sangat menyenangkan. Blitar menjadi salah satu daerah yang menawarkan cukup banyak tempat wisata sekaligus kuliner lezat.

Berkunjung ke suatu daerah, ada yang kurang rasanya jika tidak pulang membawa oleh-oleh. Selain mengunjungi tempat wisata dan mencoba berbagai kuliner lezat, Anda juga dapat membeli oleh-oleh khas Blitar.

1. Wajik Kletik

dictio.id

Salah satu oleh oleh khas Blitar yang sayang untuk dilewatkan adalah wajik kletik. Makanan yang satu ini menawarkan cita rasa manis dan gurih yang lezat saat dinikmati. Wajik kletik dibuat dengan menggunakan bahan utama beras ketan dan gula kelapa.

Yang menjadikannya khas adalah makanan yang satu ini dibungkus dengan menggunakan klobot. Klobot merupakan kulit jagung yang sudah kering. Saat dinikmati, Anda akan merasakan sensasi kletik kletik dan hal itu yang menyebabkan makanan yang satu ini diberi nama wajik kletik. Makanan yang satu ini dijual dengan kemasan yang praktis dan cukup awet sehingga cocok dipilih sebagai oleh-oleh.

Gua Maria Sendangrejo, Wisata Rohani Dari Blitar

Pantai Umbul Waru Yang Eksotis

2. Beras Cerdas

tepungmocaf.com

Salah satu oleh oleh khas Blitar yang sayang untuk dilewatkan adalah beras cerdas. Beberapa dari Anda tentu masih asing dengan sebutan beras yang satu ini. Sebutan beras cerdas diambil karena hasil penelitian Universitas Jember yang mengatakan bahwa beras ini memiliki campuran jagung, mocaf, protein susu, dan lain-lain yang dinilai baik dan sangat bergizi.

Beras yang satu ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau yakni sekitar Rp 10.000,- per satu kemasan. Anda dapat membelinya di berbagai toko oleh-oleh di Blitar salah satunya di Goeudang Oleh Oleh yang terletak di Jalan Veteran Nomor 203.

3. Geti

javatravel.net

Geti menjadi salah satu makanan khas Blitar yang wajib Anda coba. Makanan satu ini juga kerap dipilih sebagai oleh oleh khas Blitar. Geti dibuat dengan menggunakan berbagai bahan seperti kacang, wijen, serta gula merah. Anda juga dapat menikmati Geti dengan berbagai varian rasa seperti original, cokelat, belimbing, dan masih banyak lagi.

Anda dapat membeli makanan yang satu ini di berbagai toko oleh-oleh di Blitar, salah satunya yang terletak di Jalan Raya Mastrip, Srengat, Blitar. Makanan yang satu ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau serta kemasan yang praktis.

4. Opak Gambir

cookpad.com

Beberapa dari anda tentu sudah tidak asing dengan sebutan opak gambir. Opak gambir juga menjadi salah satu oleh oleh khas Blitar yang sayang untuk Anda lewatkan. Makanan yang satu ini dikenal memiliki rasa yang manis serta tekstur yang renyah saat disantap.

Makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar tepung ketan dan juga santan. Opak Gambir biasa dijual dengan kemasan yang praktis di berbagai toko oleh-oleh di Blitar. Harga dari makanan yang satu ini juga cukup terjangkau yakni berkisar Rp 8.000,- per kemasan.

5. Sambel Pecel

shopee.co.id

Tidak hanya Madiun, Blitar juga dikenal dengan sambal pecelnya yang lezat. Tidak jarang sambal pecel dipilih wisatawan sebagai salah satu oleh oleh khas Blitar untuk dibawa pulang. Sambal pecel khas Blitar dikemas dengan kemasan yang cukup praktis.

Anda akan dimanjakan dengan cita rasa serta aroma yang khas. Untuk membelinya, Anda dapat dengan mudah menjumpai sambal pecel dengan kemasan praktis di berbagai toko oleh-oleh di Blitar. Lezatnya sambal pecel khas Blitar dengan aroma kulit jeruk sayang untuk Anda lewatkan.

6. Peyek Uceng

putratravel.net

Peyek udang atau peyek kacang tentu sudah menjadi hal yang cukup biasa, namun pernahkah Anda mencoba lezatnya peyek uceng? Peyek uceng merupakan salah satu makanan yang sekaligus menjadi oleh oleh khas Blitar. Makanan yang satu ini cocok dinikmati untuk pendamping berbagai makanan lainnya.

Sesuai dengan namanya, makanan yang satu ini dibuat dengan bahan dasar ikan uceng yang memiliki bentuk kecil-kecil. Peyek uceng juga sudah menjadi ikon untuk oleh-oleh lokal Kota Blitar. Anda dapat membelinya di berbagai toko oleh-oleh di Blitar. Rasanya yang gurih dan lezat serta teksturnya yang renyah menjadikan peyek uceng sayang untuk Anda lewatkan.

7. Sagon

cookpad.com

Sagon menjadi salah satu makanan yang cukup populer di Blitar. Makanan yang satu ini juga kerap dipilih sebagai salah satu oleh oleh khas Blitar yang digemari oleh wisatawan. Sagon dibuat dengan menggunakan bahan dasar kelapa parut dan tepung ketan.

Anda akan merasakan sensasi rasa yang gurih serta tekstur yang renyah dan legit. Anda dapat membeli makanan yang satu ini di berbagai toko oleh-oleh di Blitar. Salah satu tempat untuk menjumpai makanan yang satu ini adalah di sekitar alun-alun kota Blitar.

8. Cokelat

shopee.co.id

Blitar dikenal dengan berbagai tempat wisata indah, salah satunya adalah kampung coklat. Selain singgah di kampung coklat, beberapa wisatawan juga memutuskan untuk membeli coklat sebagai oleh oleh khas Blitar. Pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai varian coklat yang bisa dipilih.

Selain itu terdapat beberapa olahan coklat seperti dodol, mie coklat, dan juga brownies. Selain coklat original, pengunjung juga bisa mencoba berbagai varian seperti coklat rasa apel dan juga jeruk. Jika ingin berwisata sekaligus membeli oleh-oleh coklat, Anda dapat datang ke kampung coklat yang berlokasi di daerah Kademangan, Blitar.

9. Kaos Blitar

bukalapak.com

Berkunjung ke berbagai daerah ada yang kurang rasanya jika tidak membawa oleh-oleh saat pulang. Kaos menjadi salah satu oleh oleh khas Blitar yang bisa Anda pilih. Kaos khas Blitar biasa dijumpai di sekitar lokasi tempat wisata.

Kaos Blitar dijual dengan harga yang cukup beragam sesuai dengan kualitas dan ketebalan kain. Serta tulisan yang terdapat pada kaos cukup unik sehingga tidak jarang wisatawan yang tertarik untuk membelinya. Saat datang ke Blitar, kaos Blitar menjadi salah satu rekomendasi oleh oleh yang tepat untuk dibagikan kepada keluarga maupun kerabat.

10. Dodol Belimbing

jelangwismanrejo-kec-sukorejo.blitarkota.go.id

Salah satu oleh oleh khas Blitar yang sayang untuk dilewatkan adalah dodol belimbing. Sesuai dengan namanya, dodol yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar buah belimbing. Cita rasanya yang khas menjadikan dodol belimbing banyak diminati oleh warga lokal maupun wisatawan.

Dodol belimbing dikemas dengan kemasan yang praktis dan dijual dengan harga yang cukup terjangkau yakni mulai dari Rp 13.500,- per satu kemasan. Anda dapat menjumpainya di berbagai toko oleh-oleh di Blitar salah satunya di Kawasan Agrowisata Karangsari. Selain membeli dodol belimbing, Anda juga dapat membeli olahan belimbing lainnya seperti keripik, manisan, hingga sirup.

Fida

Recent Posts

10 Tempat Wisata di Deli Serdang Yang Elok Dipandang

Deli Serdang merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Sumatera Utara. Daerah yang satu…

10 hours ago

10 Oleh-Oleh Makanan Khas Malang Untuk Yang Tersayang

Malang merupakan salah satu kota yang terkenal dengan ragam destinasi wisata yang sangat indah. Selain…

13 hours ago

10 Tempat Wisata di Kampar Yang Paling Hits Dan Banyak Dikunjungi

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara dengan banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi. Kampar menjadi…

17 hours ago

10 Oleh Oleh Khas Kampar Yang Menarik Dan Diburu Wisatawan

Sepulang berlibur, berburu oleh-oleh tentu menjadi hal seru yang bisa Anda lakukan. Ada cukup banyak…

23 hours ago

7 Destinasi Wisata di Atambua Bikin Hati Bahagia, Sudah Pernah Jelajahi?

Destinasi Wisata di Atambua di dominasi oleh keindahan alam yang luar biasa. Jika membahas Indonesia…

1 day ago

10 Ayam Goreng Enak di Malang Rasanya Bikin Mabuk Kepayang

Malang dikenal sebagai salah satu daerah yang menawarkan cukup banyak tempat wisata sekaligus kuliner lezat.…

2 days ago