10 Museum Iptek (Ilmu Pengetahun dan Teknologi) di Indonesia


Reni  September 18, 2022  0 Comment

Museum Iptek tentunya hadir untuk membantu memperkenalkan tentang Iptek, dan menumbuhkan keingintahuan masyarakat tentang dunia Iptek atau Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, dengan cara yang mudah dan pastinya menyenangkan. Saat ini museum Iptek, sudah hadir di beberapa kota besar yang ada di Indonesia, seperti :  

1. Pusat peragaan Iptek / PP IPTEK – Jakarta

museum peragaan iptek
techno.okezone.com

Untuk museum Iptek yang ada di Jakarta sendiri, ada di Taman Mini Indonesia Indah atau yang kerap disingkat jadi TMII. Adapun PP Iptek tersebut berfungsi sebagai sarana pembelajaran di luar sekolah, bagi para siswa yang ada di sekitaran Ibukota Jakarta.

Di dalam museum tersebut terdapat berbagai macam wahana menarik dan juga alat peraga yang dapat Anda gunakan. Terdapat sekitar 250 alat peraga yang ada di tempat ini, mulai dari bola melayang hingga beberapa informasi tentang listrik dan juga magnet.

Selain itu di tempat ini, juga terdapat beberapa program dan peragaan interaktif yang mampu membantu para pengunjung dalam membuat makalah atau juga bahan belajar.  Yang menarik, di tempat ini juga sudah disediakan Science camp, peneropongan bintang hingga memperkenalkan teori tentang kehidupan dinosaurus. Ada juga film ilmiah yang dapat Anda tonton di ruang auditorium yang berkapasitas 130 orang.  

Gotravelly

Menengok Museum Teknoform: Wisata Edukasi Dalam Bidang Teknologi

Menengok Potret Pendidikan Di Masa Lampau Hingga Saat Ini Di Museum Pendidikan Surabaya

2. Puspa Iptek Sundial – Bandung

puaspa iptek sundial
thebiggestsundial.com

Puspa Iptek Sundial adalah museum Iptek, berikutnya yang akan dibahas. Museum yang satu ini berlokasi di Bandung, tepatnya di kawasan kota Baru Parahyangan, Padalarang. Didalamnya Anda dapat melihat sekitar 180 alat peraga interaktif, dimana para pengunjung dapat mencoba dan mengeksplorasi alat peraga tersebut.

Seperti namanya, selain para pengunjung dapat belajar tentang aneka macam Science atau ilmu pengetahuan, namun di tempat ini para pengunjung dapat belajar tentang dunia jam matahari atau Sundial. Lantaran di gedung museum tersebut, selain berfungsi sebagai gedung Iptek, juga berfungsi sebagai poros dari jam matahari tersebut.

Dalam hal ini, jam matahari yang ditawarkan ada sekitar 2 buah, yaitu : Jam matahari horizontal, yang merupakan jam matahari horizontal terbesar di Indonesia, dan jam matahari vertical.

Selain mempunyai alat peraga yang ada di dalam gedung, ada juga galeri outdoor, seperti saung kelinci, kebun organik dan yang lainnya.

3. Mutiara Bangsa Science Center – Indramayu

mutiara bangsa science center
depostbali.com

Bisa dibilang, Mutiara Bangsa Science center yang ada di Indramayu  adalah sebuah wahana pendidikan dan rumah ilmu pengetahuan dan teknologi terbesar yang ada di Indonesia. Dimana didalamnya terdapat sekitar 48 macam wahana Iptek, mulai dari penjumlahan putar, hexagon ajaib, hukum phytagoras, jam pasir, sepeda polygon, dan yang lainnya. Selain itu di tempat ini, pengunjung juga dapat menikmati bioskop dengan konsep 4 dimensi.

Selain itu ada juga sarana pendukung lain yang juga diberikan oleh tempat ini, seperti food court, musholla, dan juga lahan parkir yang luas.  Untuk masuk ke objek wisata yang diamksud, para pengunjung akan merogoh kocek sekitar 35 ribuan rupiah saja.

4. Taman Pintar – Yogyakarta

taman pintar
tripjogja.co.id

Taman Pintar di Yogyakarta termasuk salah satu museum Science lain yang ada di Indonesia. Disebut dengan Taman Pintar, lantaran, di kawasan tersebut, nantinya para siswa, mulai dari Prasekolah hingga sekolah menengah, dapat secara leluasa memperdalam pemahaman tentang aneka materi pelajaran terutama tentang science yang sudah dipelajari di sekolah sebelumnya.

Untuk wahana yang ditawarkan sendiri cukup beragam, mulai dari :

  • Zona pengelolaan sampah
  • Wahana bahari, berisi tentang kapal boat mini.
  • Science theater
  • Playgroup
  • Zona perpustakaan taman pintar
  • Kampung kerajinan
  • Gedung paud
  • Planetarium, pertunjukan visual astronomi.  
  • Gedung kotak, pusat peragaan science dan teknologi.  
  • Gedung oval, pusat peragaan science dan teknologi.

5. Jateng Science Center – Semarang

jateng science center
tentangsmg.com

Jateng Science Center atau yang kerap disebut dengan JSC ini, berada di balai Sumbing PRPP Jawa Tengah. Dimana ini adalah salah satu wahana terbaru dari Puri Maerakaca. Di tempat tersebut, Anda akan menemukan berbagai macam koleksi alat peraga, mulai dari :

  • Energy – belajar tentang wind turbine, micro hidro, solar cell, baterai tangan, dan energi vs daya baterai.
  • Manusia dalam alam – rantai makanan, miniature PDAB, rumah gempa, tornado dan yang lainnya.
  • Elektromagnetik – ring lompat, halilintar, generator tangan, dan yang lainnya.
  • Mekanika – sepeda rangka, sepeda keseimbangan, dan rumah hamster.
  • Simulasi dan permainan – parabola suara, tebak tanggal lahir, jembatan lengkung dan yang lainnya.

6. Solo Science Center – Solo

solo science center
jateng.idntimes.com

Berikutnya ada Solo Science Center atau yang kerap disingkat jadi SSC. Dimana di museum Iptek yang satu ini, sudah menyediakan sekitar 41 macam alat peraga Iptek, yang pastinya menarik untuk dipergunakan. Adapun alat peraga tersebut terdiri dari beberapa macam tema, seperti tema fisika, matematika, romotik dan juga energy.

7. Graha Teknologi Sriwijaya – Palembang

graha teknologi sriwijaya
sumsel.tribunnews.com

Graha Teknologi Sriwijaya sendiri adanya di Palembang, tepatnya di daerah Jakabaring, Jl. Seniman Amri Yahya, komplek Taman Budaya Jakabaring.  Sama seperti Puspa Iptek Sundial yang ada di Bandung, desain museum Iptek yang satu ini bentuknya bulat. Hanya saja gedung yang satu ini mempunyai 3 buah lantai, dengan kaca berukuran besar di setiap lantainya.

Di Graha Teknologi Sriwijaya tersebut, terdapat sekitar 134 buah alat peraga, dimana masing masing alat peraga tersebut dapat digunakan oleh para pengunjung. Cara menggunakannya juga cukup mudah, karena tepat di depan alat peraga tersebut terdapat petunjuk atau cara menggunakan alat peraga tersebut. 

Terdapat salah satu alat yang cukup menarik, yaitu simulasi gelombang tsunami. Selain itu, di tempat ini ada juga beberapa kegiatan lain yang juga sering diadakan, seperti demo science, sanggar kerja, perlombaan science, lomba water rocket dan yang lainnya.  

8. Sabak Science Center – Jambi

sabak science center
metrojambi.com

Sabak Science Center, tidak lain salah satu museum science yang ada di kota Jambi, tepatnya di kabupaten Tanjung Jabung Timur atau yang kerap disingkat jadi Tanjabtim. Yang membuat daerah Tanjabtim masuk jadi daerah keempat di Sumatera yang mempunyai Science center.

Seperti namanya di tempat ini terdapat beberapa alat peraga yang dapat digunakan oleh para siswa yang ingin mendalami tentang aneka ilmu pengetahuan dan juga teknologi yang ada secara lebih baik.   

9. Riau Science Center – Riau

riau science center
antaranews.com

Selain Jambi, satu lagi kawasan Sumatera yang mempunyai Museum Iptek adalah Riau. Di museum yang satu ini terdapat berbagai macam alat peraga menarik yang dapat digunakan oleh para pengunjung. 15 diantaranya adalah sumbangan dari pihak PP IPTEK.

10. Science & Technologi Center Padang – Museum Adityawarman – Padang

science and terknologi center padang
padang.tribunnews.com

Science central yang berada di Sumatra Barat, tepatnya di Padang ini sendiri lokasinya masih 1 wilayah dengan Museum Adityawarman. Seperti museum Iptek lainnya, di museum yang satu ini juga terdapat berbagai macam alat peraga menarik yang dapat para pengunjung gunakan. Adapun aneka alat peraga yang ada terdiri dari berbagai macam tema, seperti matematika, fisika, dan yang lainnya.

Demikianlah beberapa ulasan tentang museum Iptek, yang ada di Indonesia. Jadi Anda yang ingin mempelajari tentang dunia Ilmu Pengetahuan  dan Teknologi, tentunya dapat langsung mengunjungi salah satu dari beberapa museum yang sudah disebutkan di atas.



Leave a Reply