10 Minuman Khas Ramadhan di Indonesia Paling Dinikmati di Bulan Puasa


sisil angelin  May 13, 2019  0 Comment

Merencanakan hidangan bulan Ramadhan bisa dilakukan dengan mencari menu minuman khas Ramadhan. Untuk anda yang sedang mencari menu berbuka untuk keluarga, berikut ini adalah pilihan menunya. ada berbagai menu mulai yang segar hingga gurih. Berikut Minuman Khas Indonesia Paling Banyak Dinikmati di Bulan Puasa.

Rekomendasi Minuman Khas Ramadhan

1. Kolak pisang

Kolak pisang

Shopee.co.id

Salah satu menu pilihan yang banyak diminati oleh keluarga di Indonesia adalah menu kolak pisang. Menu ini merupakan salah satu menu buka puasa yang menarik karena bisa disajikan dalam keadaan panas atau dingin. Jenis minuman ini juga merupakan jenis minuman yang cukup mengenyangkan karena rasa manis yang dimilikinya serta isiannya yang sangat beragam.

Beberapa isian yang dimiliki oleh kolak pisang ini antara lain adalah pisang dan juga ubi-ubian. Kadang ada yang menambahkan kolang kaling atau nata de coco untuk membuat isian dari kolak pisang ini menjadi lebih beragam. Jenis minuman berbuka ini sangat cocok digunakan untuk takjil sebelum shalat tarawih. Ia juga sangat populer di Indonesia khususnya di daerah-daerah di Jawa

review kuliner

Es Pisang Ijo Alaska, Bukannya Es Pisang Ijo Asli Dari Makasar?

Menikmati Satu Mangkok Es Dawet Jabung Yang Mitosnya Bikin Geleng-Geleng

2. Es buah

 Es buah
review.bukalapak.com

Selain itu es buah juga merupakan salah satu pilihan minuman berbuka yang sangat populer minuman ini merupakan minuman yang dibuat dari buah-buahan yang direndam dalam kuah manis. Kuahnya yang manis serta buah-buahan yang segar yang ada di dalamnya membuat es buah ini menjadi minuman yang sangat enak dan pas untuk berbuka.

Baca juga :  Sajian Segar 10 Salad Terkenal Dari Berbagai Negara

Selain enak dan pas untuk berbuka, minuman ini juga merupakan minuman yang cukup mengenyangkan karena isiannya yang berupa buah-buahan. Jadi cukup untuk menunda lapar sebelum menjalankan ibadah shalat tarawih.

3. Es sup buah

 Es sup buah

detikFood.com

Selain es buah ada juga minuman yang cukup mirip tapi lebih nikmat lagi. Minuman berbuka ini adalah es sup buah. Sup buah merupakan salah satu minuman buka puasa yang belum lama ini sangat populer di Indonesia. Minuman ini mirip dengan es buah karena bahan utama pembuatannya adalah buah-buahan dan juga air sirup. Bedanya, jenis minuman ini memiliki tambahan pada kuahnya berupa kental manis atau krimer sehingga rasa minuman menjadi manis gurih.

Jenis buah-buahan yang biasa digunakan dalam pembuatan es sup buah ini sangat beragam. Tergantung buah-buahan kesukaan anda. Akan tetapi jenis buah yang paling sering digunakan adalah buah-buahan yang memiliki kadar air yang tinggi seperti semangka, Blewah dan juga melon. Kadang juga ada isian berupa buah naga sehingga penampilan dari es buah ini menjadi lebih cantik. Karena merupakan minuman yang manis dan berisi buah-buahan, minuman ini merupakan jenis minuman yang cocok untuk takjil dan sebagai penunda lapar sampai shalat tarawih.

4. Es dawet

. Es dawet
catering.puncak.net

Minuman ini merupakan minuman yang sangat banyak digunakan sebagai minuman berbuka puasa di daerah Jawa. Biasanya di luar Jawa minuman ini memiliki nama es cendol. Cendol sendiri adalah ciri khas dari minuman ini. Jika tidak ada cendol mungkin es ini akan dinamai es santan. Ya karena memang selain cendol, unsur utama dari es ini adalah santannya.

Cendol adalah sebuah sajian olahan yang terbuat dari bahan alam yang dicampur dengan pewarna hijau atau merah. Kemudian diberikan kuah yang dibuat dari santan dan juga gula merah. Cendol biasanya memiliki rasa yang gurih hal ini menyebabkan paduan rasa gurih santan dan manis gula merah menjadi akan minuman ini menjadi minuman yang sangat nikmat.

Baca juga :  10 Makanan Khas Papua Timur Yang Penuh Rasa!

5. Es lidah buaya

 Es lidah buaya

Tastemade.com

Jika bicara mengenai lidah buaya pasti anda akan langsung teringat dengan manfaatnya untuk kulit dan rambut bukan? Ternyata selain dibuat untuk perawatan kulit, lidah buaya juga bisa digunakan untuk membuat minuman yang segar dan bermanfaat. Ya, lidah buaya yang dikonsumsi akan memberikan manfaat yang besar bagi pencernaan anda. Oleh karena itu minuman ini banyak dipilih sebagai minuman khas Ramadhan.

6. Es kopyor

 Es kopyor
tokomesin.com

Selanjutnya ada es kopyor. Es kopyor ini merupakan es yang banyak diminati karena rasanya yang lezat. Jenis es ini bisa ditemukan dalam 2 versi yaitu es kopyor asli dan es kopyor tiruan. Es kopyor asli adalah es kopyor yang terbuat dari daging buah kelapa muda yang kenyal. Selain itu es ini juga dibuat dari bahan lain seperti bahan air kelapa dan juga gula atau sirup untuk pemanisnya.

Untuk es kopyor tiruan, daging buah kelapa diganti dengan agar-agar yang melalui proses pembuatan yang unik sehingga bentuk dari agar-agar tersebut mirip dengan daging buah kelapa yang asli. Untuk penyajiannya, lebih kurang penyajian dari minuman ini mirip dengan es kopyor yang asli yaitu dengan menggunakan air kelapa atau menggunakan air gula atau sirup.

7. Es pisang ijo

 Es pisang ijo

Tokopedia.com

Es pisang ijo adalah salah satu minuman berbuka puasa yang tidak kalah populer dengan minuman yang disebutkan di atas. Hal ini disebabkan karena minuman ini merupakan minuman yang sangat enak dan gurih. Selain itu minuman ini juga bisa disebut sebagai minuman yang mengenyangkan sehingga sangat cocok untuk takjil.

Minuman ini merupakan salah satu minuman khas dari Makasar, akan tetapi popularitasnya di seluruh Indonesia sudah sangat tinggi karena rasanya yang sangat enak. Minuman ini merupakan minuman yang terdiri dari pisang yang dibalut dengan tepung berwarna hijau. Selain pisang ijo ini ada juga kuah padat yang mirip dengan jenang atau bubur yang biasanya di berikan warna sesuai dengan selera. Seperti warna cokelat, warna pink dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca juga :  10 Tips Travelling di Bulan Ramadhan Biar Tetap Bugar dan Nyaman

8. Es Blewah

Es Blewah
cookingwsheila.com

Minuman khas Ramadhan selanjutnya yang sangat populer sebagai minuman buka puasa adalah es Blewah. Selain es kolak, minuman es Blewah ini adalah minuman paling banyak digunakan untuk buka puasa. Pada es Blewah, Blewah diserut tipis dan kecil kemudian disajikan dengan kuah sirup. Sirup yang banyak digunakan adalah sirup rasa frambos. Sebetulnya bisa diganti dengan sirup apapun tapi yang paling populer adalah sirup tersebut.

9. Es rumput laut

Es rumput laut
review.bukalapak.com

Sesungguhnya es yang satu ini cukup mirip dengan es sup buah. Hal ini disebabkan karena es ini memiliki komposisi buah-buahan yang cukup banyak bedanya, pada es rumput laut ini banyak ditemukan bahan lain seperti nata de coco dan juga biji selasih. Satu lagi yang membedakannya dengan es buah adalah adanya rumput laut dalam es tersebut. Rumput laut dalam es ini berbeda dengan rumput laut Korea yang berwarna hijau, rumput laut di sini memiliki warna putih agak keruh dan memiliki rasa yang agak kranci

10. Es kacang hijau

Es kacang hijau

YouTube.com

Satu lagi minuman khas Ramadhan yang ada di Indonesia adalah es kacang hijau. Minuman yang satu ini adalah minuman mengenyangkan yang sangat segar dan bernutrisi tinggi. Nutrisi dari kacang-kacangan adalah salah satu nutrisi terbaik untuk kesehatan tubuh dan juga memori. Bisa disajikan dalam keadaan hangat bisa juga dingin. Biasanya juga di campur dengan ketan hitam sehingga rasanya sangat nikmat.



Leave a Reply