Intip Peradaban Islam Di 10 Masjid Tertua Bersejarah di Uzbekistan


Fida  May 11, 2020  0 Comment

Uzbekistan menjadi salah satu negara yang memiliki banyak bangunan bersejarah. Negara yang satu ini kerap menjadi tujuan wisatawan Muslim karena keindahannya. Ada banyak masjid tua dengan arsitektur unik dan megah yang bisa Anda nikmati. Berikut Masjid tertua bersejarah di Uzbekistan.

10 Masjid Tertua Bersejarah di Uzbekistan :

1. Magok-i Kurpa Mosque

Magok-i Kurpa Mosque
be.advisor.travel

Masjid tua bersejarah di Uzbekistan yang pertama adalah Magok-i Kurpa Mosque. Masjid yang satu ini dikenal tua dan bersejarah karena sudah dibangun sejak tahun 1937. Magok-i Kurpa Mosque berlokasi di kawasan Kota Bukhara, Uzbekistan. Nama masjid ini diambil dari kata ‘Magok-i’ yang berarti ‘di lapisan bawah tanah’. Beberapa lantai Magok-i Kurpa Mosque berada di bawah tanah dan bisa dicapai menggunakan tangga.

Magok-i Kurpa Mosque merupakan salah satu Pusat Sejarah Situs Warisan Dunia UNESCO. Tidak perlu diragukan lagi soal keindahan bentuknya, masjid yang satu ini juga dikenal memiliki desain dan arsitektur keren. Magok-i Kurpa Mosque terdiri dari 12 kubah. Saat datang ke Uzbekistan, indahnya masjid bersejarah ini sayang untuk Anda lewatkan.  

masjid bersejarah

Perjalanan Hati Ke Masjid Baiturrahman Banyuwangi

Pesona Masjid Agung Tuban Seperti Di Negeri Dongeng

2. Po-i Kalyan

po-i kalyan
en.wikipedia.org

Po-i Kalyan merupakan salah satu kompleks religius di Khodja Nurobobod St, Bukhara, Uzbekistan. Kompel religius Po-i Kalyan terdiri dari Madrasah Mir-i-Arab serta Masjid Kalyan. Tidak hanya itu, di kawasan ini juga tedapat menara Kalyan yang cukup dikenal di Uzbekistan.

Baca juga :  10 Tempat Wisata di Kuningan Terkenal Paling Enak Rekomended

Menjadi salah satu masjid tua bersejarah di Uzbekistan, Masjid Kalyan sudah dibangun sejak tahun 1514. Arsitektur Masjid Kalyan sangat indah saat dinikmati. megahnya kubah biru besar juga menjadi salah satu ciri khas masjid yang satu ini. Selain Masjid Kalyan, bangunan di komplek religius Po-i Kalyan seperti menara dan madrasah juga sangat tua dan bersejarah lho.

3. Baland Mosque

 Baland Mosque
flickr.com

Masjid tua bersejarah di Uzbekistan selanjutnya adalah Baland Mosque. Masjid yang satu ini berlokasi di kawasan Bukhara, Uzbekistan. Meskipun sudah tua dan dibangun sejak abad ke 16, Baland Mosque memiliki arsiteltur yang sangat menarik dan keren.

Baland Mosque juga merupakan salah satu Situs Warisan UNESCO. Area sholat di Baland Mosque dibagi emndjai dua, yakni area untuk musim panas dan musim dingin. Area sholat musim panas dihiasi dengan muqarnas kayu sedangkan area sholat musim dingin dihias dengan mosaik serta arsitektur Islam yang sangat menakjubkan.

4. Chor Minor

chor minor
dreamstime.com

Masih berada di kawasan Bukhara, masjid tua bersejarah selanjutnya adalah Chor Minor. Masjid yang satu ini berlokasi di Khodja Nurbobod St, Bukhara, Uzbekistan. Kata Chor Minor sendiri diambil dari Bahasa Persia yang memiliki arti ‘empat menara’.

Hal unik yang menjadi ciri khas Masjid Chor Minor adalah adanya 4 kubah biru. 4 kubah tersebut didesain berbeda dan dihias dengan berbagai motif yang mencerminkan 4 agama di dunia. Masjid Chor Minor juga dikenal tua dan bersejarah karena sudah dibangun sejak tahun 1807.  Selain kubahnya yang unik dan menarik, Chor Minor juga dikenal dengan lobi heksagonal yang elegan.

5. Bolo Haouz Mosque

 Bolo Haouz Mosque
en.wikipedia.org

Bolo Haouz Mosque menjadi salah satu masjid tua bersejarah di Uzbekistan. Masjid megah ini dibangun pada tahun 1712 dan berlokasi di kawasan Bukhara, Uzbekistan. Bolo Haouz Mosque juga memiliki sebutan lain yakni Baula Hauz yang berarti ‘Masjid Danau Bala’.

Baca juga :  Tertawan Keindahan 10 Wisata Alam di Medan, Kunjungi Yuk!

Bolo Haouz Mosque memiliki arsitektur yang unik baik bagian dalam maupun luar masjid. Pertama masuk, Anda akan dimanjakan dengan hiasan kayu dan ukiran yang sangat mengagumkan. Tidak hanya itu, dinding dan atap Bolo Haouz Mosque juga didesain unik dan menarik. Masjid yang satu ini juga masuk ke dalam Situs Warisan Dunia UNESCO. Salah satu tempat menarik di Uzbekistan yang sayang untuk dilewatkan.

6. Bibi-Khanym Mosque

 Bibi-Khanym Mosque
khazanah.republika.co.id

Memiliki bangunan yang lebih tua dibanding Bolo Haouz Mosque, Bibi-Khanym Mosque dibangun pada tahun 1404. Salah satu masjid tua bersejarah di Uzbekistan ini beralamat di kawasan Bibikhonim St, Samarkand, Uzbekistan.

Bibi-Khanym Mosque memiliki bentuk bangunan yang sangat megah. Adanya menara serta indahnya kubah menjadikan daya tarik tersendiri. Meskipun Bibi-Khanym Mosque memiliki bangunan yang sudah cukup tua, tetapi keindahannya sangat tepat dinikmati saat datang ke Uzbekistan.

 7. Dzhuma Mosque

Dzhuma Mosque
advantour.com

Salah satu masjid tertua bersejarah di Uzbekistan adalah Dzhuma Mosque. Masjid ini beralamat di Samarkand Darvoza Street, Tashkent, Uzbekistan. Dzhuma Mosque juga dikenal dengan sebutan Jama. Masjid ini terhitung masjid tua karena dibangun sejak tahun 1451 oleh Sheikh Ubaydullo Khoja Akhror.

Bangunan yang terkesah mewah dan megah menjadikan masjid ini wajib Anda kunjungi saat datang ke Uzbekistan. Adanya menara serta kubah besar menjadikan Dhzuma Mosque semakin terkesan indah. Selain menyuguhkan bangunan yang indah, Dzhuma Mosque juga menawarkan tempat yang nyaman untuk beribadah.

8. Hazrat Khizr Mosque

hazrat khizr mosque
samarkanda-travel.com

Hazrat Khizr Mosque menjadi salah satu masjid tertua bersejarah di Uzbekistan. Masjid ini sudah berdiri sejak abad ke 19. Dulunya, Hazrat Khizr Mosque dibangun untuk menghormati Hazret Hyzr. Hazret Hyzr merupakan tokoh pengembara abadi dan pelindung pedagang.

Baca juga :  10 Masjid Bersejarah di Indonesia Perkembangan Islam Nusantara

Hazrat Khizr Mosque berdiri kokoh di sisi selatan bukit Afrasiab. Indahnya desain dan arsitektur khas masjid ini juga sangat sayang untuk dilewatkan. Hazrat Khizr Mosque juga menawarkan tempat yang nyaman untuk beribadah serta berwisata religi.

9. Masjid Kalon

masjid kalon
kontraktorkubahmasjid.com

Masjid Kalon berada di Kota Bukhara, Uzbekistan. Masjid yang satu ini termasuk masjid tua bersejarah di Uzbekistan yang sudah dibangun sejak tahun 1127. bisa dibilang merupakan masjid megah di Uzbekistan karena bisa menampung hingga 10.000 orang di dalamnya. Tidak hanya itu, Masjid Kalon juga dikenal memiliki 288 kubah di sekelilingnya.

Keindahan Masjid Kalon memang tidak perlu diragukan lagi. Kata Kalon berasal Bahasa Tajik yang memiliki arti ‘hebat’. Pengunjung akan dimanjakan dengan 14 ornamen unik serta fasilitas 105 anak tangga yang bisa diakses di seluruh bangunan Masjid Kalon.

10. Ak Mosque

ak mosque
advantour.com

Satu lagi masjid tertua bersejarah di Uzbekistan yakni Ak Mosque. Masjid yang satu ini dibangun antara tahun 1038 – 1842. Arsitektur yang megah dan indah menjadikan Ak Mosque wajib Anda datangi saat berada di Uzbekistan.

Ak Mosque beralamat di daerah Khiva, Uzbekistan. Dinding-dinding Ak Mosque dihias dengan tulisan ayat-ayat Al Quran. Saat berada disana, pengunjung bisa menikmati indahnya masjid sekaligus bisa nyaman beribadah di masjid terkenal di Khiva ini.  



Leave a Reply