10 Makanan Khas Sibolga Kelezatannya Bikin Nggak Berhenti Ngunyah


Fida  October 22, 2021  0 Comment

Sibolga dikenal sebagai salah satu daerah yang berlokasi di provinsi Sumatera Utara. Anda dapat mengunjungi Sibolga dan menikmati berbagai tempat wisata sekaligus makanan lezat yang ditawarkan. Saat berkunjung ke daerah Sibolga, tidak ada salahnya untuk mencoba salah satu dari 10 rekomendasi makanan khas Sibolga berikut ini.

1. Nasi Tue

nasi tue
seringjalan.com

Salah satu makanan khas Sibolga yang cukup populer menarik untuk dicoba adalah Nasi Tue. Kuliner yang satu ini menggunakan ketan sebagai bahan utamanya. Nasi Tue memiliki tampilan nasi yang di bentuk menyerupai bola kemudian disiram dengan menggunakan kuah dengan cita rasa manis dan dicampur durian. Terbayang akan kelezatannya?

Bagi pecinta buah durian, kuliner yang satu ini tentu sayang untuk dilewatkan saat datang ke Sibolga. Anda akan dimanjakan dengan sensasi manis, gurih, dan juga legit di mulut. Sajian yang satu ini juga biasa dihidangkan sebagai penutup saat acara makan bersama atau dihidangkan pada acara seperti hajatan maupun pernikahan.

Gotravelly

Samosir, Pulau Negeri Dongeng Sumatera Utara

Menikmati Berbagai Sajian Nusantara Di Pawon Louwee Jombang

2. Pale Badar

pale badar
andalastourism.com

Ada cukup banyak pilihan makanan khas Sibolga yang bisa Anda coba, salah satunya adalah pale badar. Paling memiliki arti pepes sedangkan badar memiliki arti teri. Kuliner yang satu ini merupakan olahan pepes teri yang dikenal dan populer di Sibolga.

Pale badar menawarkan cita rasa lezat karena dibuat dengan berbagai tambahan bumbu seperti jahe, bawang merah, bawang putih, kunyit, serai, cabai, dan lengkuas. Kuliner yang satu ini juga diberi tambahan kelapa parut dan daun singkong untuk menambah cita rasa lezat. Pale badar dibungkus dengan menggunakan daun pisang.

3. Ikan Panggang Geleng

ikan panggang geleng
naulipesisir.wordpress.com

Ikan panggang geleng menjadi salah satu makanan khas Sibolga yang sangat direkomendasikan untuk Anda coba. Makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama Ikan gembung. Meskipun memiliki nama ikan panggang, tetapi kuliner yang satu ini tidak diolah dengan cara dipanggang.

Ikan panggang geleng dimasak dengan cara digoreng menggunakan minyak. Ikan yang telah dikeluarkan tulangnya dan juga dibersihkan kemudian diambil dagingnya dan dicampur dengan kentang goreng. Kedua bahan tersebut kemudian ditumbuk dan ditambahkan dengan berbagai bumbu dan rempah. Jika adonan tumbukan sudah halus dan tercampur kemudian dimasukkan kembali ke dalam tubuh ikan dan dilumuri tepung bumbu. Saat mencobanya, Anda akan dimanjakan dengan citarasa gurih dan lezat.

4. Ikan Panggang Paccak

ikan panggang pacak
lifestyle.okezone.com

Salah satu makanan khas Sibolga yang sangat menarik untuk dicoba adalah ikan panggang pacak. Memiliki arti tepuk dalam bahasa setempat. Ikan yang satu ini diolah dengan cara ditepuk-tepuk.

Belum dipanggang, ikan terlebih dahulu dilumuri dengan bumbu yang kaya akan rempah pilihan. Tidak heran jika saat dipanggang ikan ini menghasilkan aroma yang sangat harum. Wangi batang serai yang berpadu dengan rempah ikan ini sangat menggugah selera untuk dicoba. Ikan panggang pacak tidak hanya disukai oleh warga lokal saja melainkan banyak diburu oleh wisatawan yang datang ke Sibolga.

5. Mie Gomak

mie gomak
merdeka.com

Mie gomak menjadi salah satu rekomendasi makanan yang tepat untuk Anda coba saat datang ke Sibolga. Mie yang satu ini cukup mudah dijumpai berbagai daerah di Sibolga.

Mie gomak dimasak dengan proses pembuatan yang unik yakni dengan menggunakan tungku tradisional. Proses memasak menggunakan tungku tradisional khas daerah setempat tentu menjadi daya tarik sekaligus menghasilkan sensasi sedap tersendiri. Tidak hanya memasaknya yang menggunakan proses tradisional, makanan yang satu ini juga menggunakan berbagai bumbu tradisional salah satunya adalah andaliman yang dikenal sebagai bumbu khas Batak. Kuliner yang satu ini akan semakin lezat karena adanya bawang goreng diatasnya. Saat berkunjung ke Sibolga, tidak ada salahnya untuk mencoba lezatnya makanan yang satu ini.

6. Lompong Sagu

lompong sagu
kaba12.co.id

Lompong sagu menjadi salah satu rekomendasi yang tepat untuk dicoba saat ingin menikmati salah satu makanan khas Sibolga. Sesuai dengan namanya, makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan sagu dan pisang. Makanan khas Sibolga yang satu ini memiliki tampilan yang unik yakni dibungkus dengan menggunakan daun pisang.

Makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan berbagai bahan seperti gula aren, gula pasir, garam, parutan kelapa, dan juga air. Proses pengolahan lompong sagu yakni dengan cara dibakar sehingga menghasilkan cita rasa dan aroma yang khas. Tidak hanya banyak digemari oleh warga lokal, makanan yang satu ini juga membuat beberapa wisatawan penasaran dan tertarik untuk mencobanya.

7. Gulai Ikan Sibolga

gulai ikan sibolga
cookpad.com

Salah satu makanan khas Sibolga yang menarik untuk dicoba adalah gulai ikan Sibolga. Gulai ikan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar ikan tongkol dan berbagai ikan lainnya. Untuk menghasilkan cita rasa lezat, gulai ikan diolah dengan berbagai bumbu seperti cabe merah, bawang merah, bawang merah, jahe, serai dan santan.

Kuliner yang satu ini memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda dengan gulai pada umumnya. Ikan yang empuk dan khas serta adanya tambahan kuah yang kental dan lezat menjadikan siapapun tertarik untuk mencobanya. Gulai ikan sangat cocok dinikmati bersama dengan satu porsi nasi.

8. Ebi Udang Kering Khas Sibolga

ebi udang kering sibolga
bukalapak.com

Tidak hanya kuliner yang dibuat dengan bahan dasar ikan, ebi udang kering juga menjadi salah satu makanan khas Sibolga yang populer dan banyak diburu oleh wisatawan. Ebi udang kering khas Sibolga biasa diolah menjadi berbagai hidangan lezat seperti sambal ebi tomat, sambal ebi terong, sambal bawang ebi, dan masih banyak lagi.

Berbagai olahan Ebi dengan cita rasa lezat dapat Anda nikmati saat berkunjung ke Sibolga. Ebi udang kering khas Sibolga mampu bertahan lama sehingga cocok dipilih sebagai oleh-oleh.

9. Sambal Andaliman Sibolga

sambal andaliman
kompas.com

Bagi pecinta pedas, sambal andaliman menjadi rekomendasi makanan khas Sibolga yang cocok untuk Anda coba. Sambal yang satu ini dikenal memiliki cita rasa khas yang tidak ditemukan pada sambal manapun.

Sambal andaliman dibuat dengan menggunakan berbagai bahan seperti bawang putih, bawang merah, garam jeruk nipis, kemiri, cabai rawit, dan minyak goreng. Yang menjadi ciri khas adalah adanya tambahan andaliman. Sambal dengan cita rasa lezat yang satu ini sangat cocok dinikmati bersama dengan satu porsi nasi hangat dan beberapa laut seperti ikan asin atau ikan bakar.

10. Ikan Teri Sibolga

Makanan Khas Sibolga
shopee.co.id

Salah satu makanan khas Sibolga yang menarik untuk dicoba adalah ikan teri Sibolga. Ikan teri yang satu ini juga kerap disebut dengan ikan teri nasi karena memiliki ukuran kecil menyerupai nasi. Tidak hanya dikenal di kalangan warga lokal maupun wisatawan yang datang ke Sibolga, ikan teri yang satu ini juga populer di mancanegara dan menjadi salah satu yang merajai pasar perdagangan di Hongkong dan China.

Ikan teri yang satu ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Tidak hanya itu, Anda juga akan dimanjakan dengan cita rasa gurih dan lezat.



Leave a Reply