10 Makanan Khas Purworejo Yang Unik Dan menggugah Selera


sisil angelin  June 11, 2021  0 Comment

Berbicara tentang Makanan Khas Purworejo sama dengan membahas beberapa daerah di Jawa Tengah memang tidak ada habis-habisnya, dan memang Jawa Tengah memiliki banyak sekali destinasi wisata alam yang indah, budaya yang beragam, serta kuliner yang lezat. Namun kali ini kita bakalan bahas Kabupaten Purworejo, dan kabupaten ini dekat dengan Kota Jogja loh. makanya tak heran jika kuliner-kuliner di Purworejo ini rasanya hampir mirip dengan kuliner-kuliner yang ada di Jogja. Nah untuk kamu yang lagi menjelajahi indahnya destinasi wisata di Kabupaten Purworejo maka jangan lewatkan untuk mencicipi kuliner-kuliner khas dari Purwokerto yang unik, lezat, dan pastinya bikin kulineran kalian di Purworejo kali ini berkesan. Nah mau tau apa saja kulinernya? simak artikel dibawah ini, karena kali ini GoTravelly bakalan kasih tau kalian kuliner khas Purworejo yang yummy!

Berikut daftar makanan khas Purworejo

1. Sate Winong

Sate winong
berita.baca.co.id

Sate Winong adalah kuliner khas Kabupaten Purworejo ini wajib banget kalian cobain saat berada di Kabupaten Purworejo. Jadi Sate Winong ini memang sangat berbeda dengan sate pada umumnya, yaitu Sate Winong ini menggunakan bumbu kecap olahan sendiri, dan akan dicampur dengan rebusan gula jawa, cabai, bawang merah, daun jeruk nipis, dan daging yang digunakan untuk membuat sate winong ini adalah kambing muda. Untuk rasa dari Sate Winong memang unik, tekstur dagingnya lembut, dan bumbunya memang sangat lezat! Jadi bumbu dari Sate Wenong ini terasa manis, asin, asam, pedas, dan gurih. Sate ini rekommended banget untuk kamu yang lagi bingung cari kuliner enak di Kabupaten Purworejo.

review wisata dan kuliner

Sumber Air Purworejo Mata Air Ketenangan

Getuk Pisang Diana Magetan (Oleh-Oleh Khas Magetan)

2. Sego Koyor

sego koyor Makanan Khas Purworejo
inibaru.id

Sego Koyor ini menjadi salah satu makanan khas Purworejo, dan menjadi makanan kesukaan masyarakat lokal di Purworejo. Sego Koyor ini terdiri dari lemak sapi, jeroan, nasi, tempe gimbal, dan rasa dari Sego Koyor memang sangat gurih! Jadi 1 sendok makan saat pertama kali masuk dimulut kalian bakalan dimanjain dengan rasanya yang gurih, tekstur koyornya yang kenyal, dan bumbu yang ada pada sajian Sego Koyor memang sangat sempurna!

3. Mendut

Mendut Makanan Khas Purworejo
nusadaily.com

Camilan tradisional yang satu ini memang memiliki rasa yang lezat, dan membuat siapa saja rindu dengan camilan tradisional ini. Jadi Mendut terdiri dari adonan tepung ketan, gula jawa, dan kelapa parut yang melimpah semua bahan itu akan di bungkus menggunakan daun pisang. Selanjutnya Mendut akan di kukus sampai matang, dan setelah matang Mendut bisa dimakan langsung. Jadi rasa dari Mendut memang kenyal pada bagian luar, dan manis serta gurih pada bagian tengah Mendut. jadi untuk kamu yang lagi di Puworejo jangan lewatkan mencoba camilan yang satu ini.

4. Jenang Krasikan

Jenang Krasikan
m.omiyago.com

Jenang Krasikan ini menjadi salah satu oleh-oleh yang wajib dibeli saat berada di Kabupaten Purworejo, dan Jenang Krasikan ini terdiri dari beras ketan yang dicampur dengan gula merah serta santan. Setelah dicampur Jenang Krasikan akan diolah sehingga memiliki tekstur yang lembut, dan legit saat digigit. Jadi Jenang Krasikan ini memag bikin nagih, dan tak heran jika Jenang Krasikan selalu menjadi buruan traveler saat berkunjung ke Kabupaten Purworejo. Karena memang terksturnya yang lembut, dan rasanya yang legit bikin siapa aja ketagihan.

5. Clorot

Clorot  Khas Purworejo
samudranesia.id

Di Jawa Tengah memang mencari camilan tradisional sangatlah mudah, dan salah satunya camilan Clorot juga sangat mudah ditemukan di Jawa Tengah. Jika kamu berkunjung ke Kabupaten Purworejo untuk membeli Clorot kalian bisa mampir ke toko oleh-oleh, atau pasar tradisional disini. Namun untuk kamu yang belum tau apa sih Clorot? Jadi Clorot ini terdiri dari gula jawa, tepung beras, dan semua bahan itu akan dimasukan didalam daun kelapa muda lalu dibentuk seperti terompet. Sehingga saat kalian memakan Clorot bisa mengupas daunnya lebih gampang dengan cara ditarik, dan rasa dari Clorot memang bikin nagih ada rasa legit serta teksturnya yang kenyal bikin nagih! Jadi jagan lewatkan untuk mencicipi Clorot khas Purworejo ya!

6. Cenil

Cenil Khas Purworejo yang enak
indozone.id

Cenil memang memiliki banyak sekali penggemar, dan menjadi camilan kesukaan orang Purworejo. Jadi Cenil ini terdiri dari pati singkong, dan adonan itu akan diber pewarna makanan, dan akan direbus. Setelah matang Cenil akan diberi taburan kelapa parut, dan gula merah cair sehingga memberikan citarasa yang gurih serta manis. Tekstur Cenil yang kenyal juga bikin nagih! Jadi untuk kalian yang penasaran sama rasa Cenil bisa mencarinya dipasar tradisional, dan penjual pinggir jalan dikawasan Purworejo.

7. Kue Lompong

Kue Lompong
travel.kompas.com

Kue Lompong ini memang menjadi salah satu kue tradisional khas Purworejo, dan Kue Lompong ini memiliki warna yang hitam sekilas mirip dengan dodol. Namun Kue Lompong memiliki isian yaitu kacang tanah yang sudah ditumbuk serta diberi gula. Sedangkan adonan luar dari Kue Lompong terdiri dari batang daun talas yang sudah dihancurkan, tepung beras, gula merah, dan tepung merah sehingga memiliki warna yang pekar. Untuk rasa dari Kue Lompong memang manis, gurih, dan kenyal pada bagian luar Kue Lompong. Jadi untuk menemukan Kue Lompong kalian bisa membelinya dipasar atau pusat oleh-oleh.

8. Kupat Tahu

Kupat Tahu
m.solopos.com

Kupat Tahu ini juga sangat terkenal di Purworejo, dan menjadi makanan khas Kabupaten ini. Jadi Kupat Tahu terdiri dari Tahu, ketupat, saus kacang, sayuran, dan sekilas Kupat Tahu ini mirip dengan ketoprak. Namun yang membuat Kupat Tahu khas Purworejo ini berbeda dengan ketoprak adalah saus yang digunakan Kupat Tahu ini menggunakan gula jawa cair, dan rempah-rempah yang mengeluarkan rasa pedas pada sajian Kupat Tahu.

9. Sego Megono

Sego Megono
jejakpiknik.com

Sego Megono ini adalah nasi urap yang terbilang unik, Jadi Sego Megono terdiri dari nasi yang akan dicampur dengan sayuram, dan kelapa muda. Sayuran yang digunakan untuk Sego Megono ada bayam, daun singkong, kangkung, dan Sego Megono yang sudah dicampur dengan kelapa muda serta sayur itu akan disajikan bersama mendoan empuk. Jadi Sego Megono ini memiliki rasa yang unik, gurih, dan menjadi salah satu makanan kesukaan orang Purworejo loh! Jadi untuk kamu yang ingi mencicipi Sego Megono bisa membelinya di warung makan, dan harganya masih bersahabat dikantong loh!

10. Dawet Ireng

Dawet Ireng
inibaru.id

Selain camilan, dan makanan berat di Kabupaten Purworejo juga memiliki minuman khas loh. Nama minumannya adalah Dawet Ireng, jadi Dawet Ireng ini terdiri dari gula jawa, santan, es serut, dan ketan hitam. Dawet Ireng ini memang sangat menyegarkan dinikmati saat udara panas di Kabupaten Purworejo, dan Dawet Ireng ini bisa kalian temukan dipenjual pinggir jalan yang khusus menjual Dawet Ireng.

Itulah kuliner khas Kabupaten Purworejo yang wajib kalian cicipi saat berada disana, dan smoga info ini bermanfaat untuk kamu yang lagi cari kuliner enak di Kabupaten Purworejo.



Leave a Reply