Kuliner

10 Makanan Khas Minahasa Tawarkan Sejuta Rasa

Makanan Khas Minahasa terkenal dengan rasa rempahnya. Dikenal sebagai salah satu daerah yang menawarkan banyak tempat wisata sekaligus kuliner lezat. Saat berkunjung ke berbagai daerah di Indonesia, tidak ada salahnya bagi Anda untuk menyempatkan mencoba berbagai kuliner dengan cita rasa khas yang ditawarkan. Rempah serta bumbu yang dibuat menghasilkan rasa lezat dan biasanya membedakan antara daerah satu dan daerah lainnya.

Minahasa Sulawesi Utara juga menawarkan cukup banyak kuliner dengan tampilan dan aroma yang menggugah selera. Tidak hanya warga lokal saja, beberapa wisatawan juga cocok dengan cita rasa yang ditawarkan. Berikut daftar kuliner Minahasa yang sayang untuk dilewatkan

1. Cakalang Fufu

dictio.id

Pernah mendengar sebutan kuliner cakalang fufu? Cakalang fufu merupakan salah satu makanan khas Minahasa yang dibuat dengan bahan utama ikan cakalang. Ikan cakalang diolah dengan cara diasap hingga teksturnya mengeras. Setelah melalui proses pengasapan, ikan kemudian dimasak dengan bumbu khas yang menggugah selera.

Kata fufu pada nama kuliner yang satu ini memiliki arti asap dalam bahasa setempat. Sebelum dilakukan pengasapan, yang digunakan dibersihkan sisik dan jeroannya. Selain cocok untuk dinikmati langsung, cakalang fufu juga biasa dipilih oleh wisatawan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Kuah Kental Coto May Tora Bikin Ngiler

Kasoami Dan Hugu-Hugu Khas Buton, Olahan Singkong Penunda Lapar

2. Sambal Roa

lifestyle.okezone.com

Salah satu Makanan Khas Minahasa yang cukup populer dan sayang untuk dilewatkan adalah sambel roa. Anda tentu sudah tidak asing dengan sebutan sambal yang satu ini bukan? Sambal yang satu ini dibuat dengan berbagai bumbu serta tambahan ikan roa yang telah dihaluskan.

Selain menawarkan cita rasa pedas, sambal yang satu ini juga memiliki rasa gurih yang khas. Sebelum diolah menjadi sambal, ikan roa terlebih dahulu diasap agar kering dan aromanya semakin sedap. Saat berkunjung ke Minahasa, tidak ada salahnya untuk mencoba kuliner yang satu ini maupun memilihnya sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

3. Nasi Jaha

tribunmanadotravel.tribunnews.com

Saat ingin mencoba salah satu Makanan Khas Minahasa, nasi Jaha menjadi rekomendasi tepat dan sayang untuk dilewatkan. Kuliner yang satu ini memiliki bahan utama beras ketan yang dicampur dengan santan. Proses memasaknya adalah dengan cara dibakar hingga matang. Sebelum dibakar, hidangan yang satu ini terlebih dahulu dimasukkan ke dalam bambu dengan alas daun pisang.

Karena kuliner yang satu ini dikenal kaya akan rempah-rempah, tidak heran jika nasi Jaha menawarkan cita rasa yang sangat gurih dan lezat. Tidak hanya proses memasaknya saja yang rumit, pemberian bumbu pada kuliner ini juga harus benar-benar pas supaya tidak terlalu hambar atau bahkan pahit.

4. Tinutuan

kompas.com

Diantara banyaknya Makanan Khas Minahasa, tinutuan menjadi salah satu hidangan yang sayang untuk tidak Anda coba. Hidangan yang satu ini isian berbagai macam sayuran tanpa daging. Tinutuan juga digemari masyarakat karena cita rasanya yang lezat serta menyehatkan.

Nama dari hidangan yang satu ini berasal dari kata tuutu yang berarti nasi atau bubur. Selain lezat, tinutuan juga kerap dipilih untuk dikonsumsi oleh para perempuan karena dipercaya cocok untuk diet. Tertarik untuk mencobanya?

5. Tinoransak

merahputih.com

Pernah mendengar sebutan makanan tinoransak? Tinoransak merupakan salah satu kuliner Minahasa yang cukup populer. Hidangan yang satu ini memiliki bahan utama daging dengan cita rasa khas yakni pedas.

Bumbu rempah yang digunakan pada kuliner yang satu ini juga menghasilkan cita rasa lezat dan khas. Selain menggunakan daging babi, hidangan yang satu ini biasa dibuat dengan daging ayam, sapi, atau ikan. Proses pengolahannya yang masih tradisional yakni dengan cara memasukkan ke dalam bambu kemudian dibakar menghasilkan cita rasa lezat serta aroma yang sedap. Hidangan yang satu ini tentu sangat cocok dinikmati bersama dengan nasi Jaha yang gurih. Saat berkunjung ke Minahasa, kuliner ini menjadi rekomendasi tepat untuk Anda coba.

6. Woku Blanga

idntimes.com

Salah satu kuliner Minahasa yang sayang untuk tidak dicoba adalah woku blanga. Sesuai dengan namanya, hidangan yang satu ini dimasak dalam blanga tanah liat. Ada berbagai bumbu dan rempah yang digunakan sehingga menghasilkan cita rasa lezat dan khas.

Hidangan yang satu ini dapat dengan mudah dijumpai di berbagai warung makan tradisional atau restoran di Minahasa. Dapat menikmati olahan yang satu ini dengan berbagai pilihan isian diantaranya ikan mas, ikan kerapu, ikan nila, kepiting, hingga udang.

7. Dabu Dabu

sajiansedap.grid.id

Tidak hanya sambal roa, dabu-dabu juga menjadi salah satu kuliner Minahasa yang cukup populer. Ada cukup banyak pilihan dabu-dabu yang bisa Anda coba diantaranya dabu-dabu lemong, dabu-dabu iris, dabu-dabu bakar, dan masih banyak lagi.

Saat berkunjung ke Minahasa, anda dapat mencoba kuliner yang satu ini di berbagai restoran atau rumah makan yang ada. Selain dimanjakan dengan cita rasa pedas, gurih dan lezatnya sambal yang satu ini juga sayang untuk dilewatkan.

8. Gohu

kompas.com

Salah satu kuliner Minahasa yang cukup populer adalah gohu. Kuliner khas yang satu ini sekilas mirip dengan asinan. Cara pembuatannya adalah dengan menggunakan buah pepaya yang diiris memanjang dan dicampur dengan bahan seperti jahe, cuka, cabe, gula aren, dan masih banyak lagi.

Kombinasi jahe dan cabe menghasilkan cita rasa pedas dan khas. Tidak hanya itu, adanya cuka juga memberi sensasi asam serta ada rasa manis yang diperoleh dari gula aren. Hidangan yang satu ini tentu cocok dinikmati saat bersantai bersama teman maupun keluarga.

9. Ayam Tuturuga

masakapahariini.com

Saat bingung mencari kuliner Minahasa, anda dapat mencoba lezatnya ayam tuturuga. Hidangan yang satu ini menawarkan cita rasa lezat dan khas karena dibuat dengan menggunakan bumbu dan rempah Minahasa. Anda akan dimanjakan dengan cita rasa pedas dan unik saat mencobanya.

Ayam tuturuga juga sangat cocok dinikmati bersama dengan nasi hangat. Selain dapat membuatnya sendiri, Anda dapat dengan mudah menjumpainya di berbagai restoran atau tempat makan di Minahasa. Saat berkunjung ke Minahasa, kuliner yang satu ini tentu sayang untuk dilewatkan.

10. Pisang Goreng Goroho

kompasiana.com

Pisang Goreng Goroho menjadi salah satu kuliner Minahasa yang cukup populer dan banyak diminati oleh warga lokal maupun wisatawan.

Hal unik yang ada pada kuliner ini adalah pisang digoreng saat belum masak. Pisang yang belum matang kemudian digoreng biasa dinikmati bersama dengan sambal roa. Terbayang bagaimana uniknya bukan?

Saat mencoba kuliner yang satu ini, Anda tentu akan dibuat ketagihan dan ingin mencobanya lagi. Selain unik, pisang goreng goroho juga dikenal dengan rasanya yang khas dan lezat.

Nah, itulah daftar 10 kuliner khas Minahasa yang banyak diminati oleh warga lokal maupun wisatawan. Kuliner manakah yang terlihat paling menggugah selera dan ingin Anda coba?

Fida

Recent Posts

10 Tempat Wisata di Deli Serdang Yang Elok Dipandang

Deli Serdang merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Sumatera Utara. Daerah yang satu…

9 hours ago

10 Oleh-Oleh Makanan Khas Malang Untuk Yang Tersayang

Malang merupakan salah satu kota yang terkenal dengan ragam destinasi wisata yang sangat indah. Selain…

12 hours ago

10 Tempat Wisata di Kampar Yang Paling Hits Dan Banyak Dikunjungi

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara dengan banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi. Kampar menjadi…

16 hours ago

10 Oleh Oleh Khas Kampar Yang Menarik Dan Diburu Wisatawan

Sepulang berlibur, berburu oleh-oleh tentu menjadi hal seru yang bisa Anda lakukan. Ada cukup banyak…

22 hours ago

7 Destinasi Wisata di Atambua Bikin Hati Bahagia, Sudah Pernah Jelajahi?

Destinasi Wisata di Atambua di dominasi oleh keindahan alam yang luar biasa. Jika membahas Indonesia…

1 day ago

10 Ayam Goreng Enak di Malang Rasanya Bikin Mabuk Kepayang

Malang dikenal sebagai salah satu daerah yang menawarkan cukup banyak tempat wisata sekaligus kuliner lezat.…

2 days ago