Kuliner

10 Makanan Khas Mamuju Kelezatannya Mamanjakan Lidahmu

Makanan khas Mamuju seperti halnya berbagai daerah di Indonesia dikenal menawarkan kuliner lezat dengan cita rasa khas. Saat berkunjung ke berbagai daerah di Indonesia, sayang rasanya jika Anda tidak menyempatkan untuk mencoba berbagai kuliner lezat yang ditawarkan.

Mamuju sendiri merupakan salah satu daerah di Sulawesi Barat yang juga dikenal akan kulinernya yang lezat. Ada cukup banyak pilihan makanan khas Mamuju Sulawesi Barat yang bisa Anda coba. Tidak hanya makanan berat, berbagai makanan ringan serta jajanan juga dapat dengan mudah Anda jumpai. Berikut daftar makanan khas Mamuju Sulawesi Barat yang sayang untuk tidak kamu coba

10 Makanan Khas Mamuju :

1. Apang

tokopedia.com

Salah satu makanan khas Mamuju Sulawesi Barat yang cukup populer dan sayang untuk dilewatkan adalah Apang. Makanan yang satu ini dapat dijumpai di berbagai daerah salah satunya adalah Mamuju.

Jajanan yang satu ini merupakan makanan tradisional di Sulawesi Barat yang dibuat dengan berbagai bahan diantaranya gula aren serta tepung beras. Hidangan yang satu ini cocok dipilih sebagai teman bersantai bersama teh atau kopi. Cita rasanya yang manis serta teksturnya yang khas menjadikan jajanan ini sayang untuk tidak Anda coba.

Kasoami Dan Hugu-Hugu Khas Buton, Olahan Singkong Penunda Lapar

Nyari Kuliner Khas Di Muna? Ke Makanan Tradisional Raha Saja!

2. Roti Pawa

daerahkita.com

Roti Pawa menjadi salah satu makanan khas Mamuju Sulawesi Barat yang cukup populer dan sayang untuk tidak Anda coba. Satu ini sekilas tampak seperti bakpao. Namun yang membedakan adalah bahannya, yakni roti pawa menggunakan bahan tepung terigu yang dicampur dengan tepung beras.

Sama seperti bakpao, jajanan yang satu ini juga diolah dengan cara dikukus. Terdapat isian roti yang menjadikan cita rasa semakin lezat yakni olahan kacang halus yang dicampur dengan gula merah serta gula pasir. Perpaduan antara roti dan manisnya kacang serta tambahan gula tentu menjadikan jajanan ini wajib Anda coba saat berkunjung ke Mamuju Sulawesi Barat.

3. Kue Paso

budaya-indonesia.org

Saat ingin mencoba salah satu makanan khas Mamuju Sulawesi Barat, Anda dapat memilih lezatnya kue paso. Kue yang satu ini memiliki bentuk khas yakni berbentuk kerucut dan dibungkus dengan daun pisang.

menggunakan berbagai bahan diantaranya tepung beras, santan, serta gula aren yang dicairkan. Kue yang satu ini menawarkan tekstur sangat khas dengan cita rasa manis selesai bentuknya yang unik.

4. Bau Piapi

lifestyle.okezone.com

Banyaknya makanan khas Mamuju Sulawesi Barat, Bau Piapi menjadi salah satu yang cukup populer dan sayang untuk Anda lewatkan. Bau piapi merupakan makanan tradisional yang menawarkan tampilan dan aroma sangat menggugah selera.

Hidangan yang satu ini dibuat dari daging ikan segar yang diolah dengan kuah kaya rempah. Tidak hanya tampilannya saja yang menggugah selera, Anda juga akan dimanjakan dengan cita rasa lezat dan khas. Anda dapat menikmati lezatnya bau piapi dengan tambahan satu piring nasi hangat. Saat berkunjung ke Mamuju, lezatnya hidangan bau piapi tentu sayang untuk tidak Anda coba.

5. Kue Cucur

kompas.com

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan sebutan kue cucur. Kue cucur juga merupakan salah satu makanan khas Mamuju Sulawesi Barat yang bisa Anda coba. Jajanan yang satu ini memiliki bentuk khas yaitu bulat pipih. Kue cucur juga dipilih sebagai hidangan di berbagai acara hajatan di Mamuju dan daerah sekitarnya.

Jajanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama tepung beras dan gula merah. Anda akan dimanjakan dengan cita rasa manis yang khas saat mencobanya. Saat berkunjung ke Mamuju, kue ini cocok untuk dinikmati langsung maupun dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

6. Sambusa

kumparan.com

Sambusa menjadi salah satu makanan khas Mamuju Sulawesi Barat yang cukup populer dan banyak diburu oleh warga lokal maupun wisatawan. Hidangan yang satu ini memiliki bentuk khas yakni berupa segitiga yang berisi olahan daging ikan dengan cita rasa lezat.

Anda akan dimanjakan dengan tekstur renyah di bagian luar serta lembut di dalam. Jajanan yang satu ini juga dapat dengan mudah Anda jumpai di berbagai restoran atau tempat makan di Mamuju. Kamboja menjadi salah satu makanan yang wajib Anda coba saat datang ke Mamuju Sulawesi Barat.

7. Jepa

travel.kompas.com

Makanan khas Mamuju Sulawesi Barat yang bisa Anda coba selanjutnya adalah Jepa. Jepa merupakan salah satu hidangan yang dibuat dengan bahan utama sagu atau singkong. Jajanan yang satu ini menawarkan tekstur yang khas yang sayang untuk tidak Anda coba.

Anda akan dimanjakan dengan cita rasa gurih dan manis di bagian dalamnya. Jepa berisi olahan gula aren sehingga akan memberi sensasi manis dan lembut saat dikonsumsi. Jepa menjadi salah satu makanan tradisional khas Mamuju yang masih banyak diburu hingga saat ini.

8. Tetu

merahputih.com

Ada cukup banyak pilihan olahan makanan khas Mamuju yang bisa Anda coba salah satunya adalah tetu. Hidangan yang satu ini biasa dipilih sebagai hidangan pembuka saat berbuka puasa.

Tetu disajikan dalam bentuk unik yakni di atas daun pandan yang berbentuk persegi panjang. Jajanan ini dibuat dengan menggunakan berbagai bahan diantaranya tepung terigu, gula aren, serta gula pasir. Sebelum dikukus, adonan terlebih dahulu ditambahkan dengan santan kelapa. Anda akan dimanjakan dengan rasa gurih dan manis saat menikmati jajanan yang satu ini. Tetu menjadi salah satu hidangan yang sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke Mamuju Sulawesi Barat.

9. Kue Kui Kui

celebes.co

Kue Kui Kui merupakan salah satu makanan khas Mamuju Sulawesi Barat yang sayang untuk tidak Anda coba. Hidangan yang satu ini sekilas tampak mirip dengan kue pukis. Namun jika dilihat dengan detail, kue ini sebenarnya memiliki ukuran yang lebih panjang jika dibandingkan dengan kue pukis.

Cita rasa yang ditawarkan memang tidak jauh berbeda dengan kue pukis. Anda akan dimanjakan dengan tekstur kue yang lembut serta cita rasa gurih yang khas. Saat berkunjung ke Mamuju Sulawesi Barat, kue yang satu ini tentu sayang untuk dilewatkan.

10. Bolu Paranggi

pesonamandar.com

Salah satu makanan khas Mamuju Sulawesi Barat yang sayang untuk tidak dicoba adalah bolu paranggi. Hidangan yang satu ini dapat dengan mudah Anda jumpai saat berkunjung ke pasar tradisional di daerah Mamuju Sulawesi Barat.

Bolu yang satu ini memiliki warna khas yakni coklat dan berukuran sebesar kepalan tangan. Anda akan dimanjakan dengan cita rasa lezat yang khas dan rasa manis dari gula aren.

Nah, itulah daftar 10 makanan khas Mamuju Sulawesi Barat yang sayang untuk Anda coba. Diantara daftar rekomendasi makanan di atas, manakah yang tampak paling menggugah selera dan ingin Anda coba?

Fida

Recent Posts

11 Wisata Dekat Stasiun Gambir yang Recommended!

Siapa yang sudah merencanakan liburan seru ke Jakarta naik kereta api? Pasti asyik nih! Nah,…

3 months ago

16 Tempat Wisata Dekat Stasiun Sudirman, Spot Instagramable

Tahukah kamu bahwa terdapat tempat wisata dekat Stasiun Sudirman yang bisa kamu kunjungi?. Lokasi di…

3 months ago

15 Wisata Dekat Stasiun Bogor, Menakjubkan!

Jika naik kereta ke Bogor, pernahkan kamu merasa ingin mampir ke tempat wisata terdekat?. Banyak…

3 months ago

13 Hidden Gems Solo Terbaik yang Recommended!

Cari tempat -tempat Hidden gems di Solo yang menarik, memang cukup seru. Tidak jarang juga…

3 months ago

10 Restoran di Bogor, Cocok Untuk Keluarga!

Restoran di Bogor - Ada banyak tempat kuliner yang tentu saja dapat kamu pilih. Namun,…

3 months ago

10 Kue Kering Terenak di Dunia, Cobain yuk!

Tak sekadar makanan atau minuman saja yang memiliki kategori terenak dan favorit loh, ternyata ada…

3 months ago