10 Makanan Khas Lhokseumawe Ada Ikan Keumamah Hingga Lemang


Fida  August 3, 2021  0 Comment

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang menawarkan banyak tempat wisata sekaligus kuliner khas. Saat berkunjung ke berbagai daerah di Indonesia, tidak ada salahnya untuk menyempatkan mampir ke Lhoksemawe dan mencicipi Makanan Khas Lhokseumawe.

Lhokseumawe merupakan salah satu kawasan yang terletak di Aceh yang juga dikenal dengan keberagaman kulinernya. Tidak heran jika kawasan yang satu ini banyak dikunjungi oleh wisatawan yang datang dari berbagai daerah. Berikut daftar 10 rekomendasi makanan khas Lhokseumawe yang lezat dan sangat menggugah selera.

1. Kerang Sambal Nanas

Kerang Sambal Nanas
kreasimasakan.com

Salah satu makanan khas Lhokseumawe yang sayang untuk tidak dicoba adalah kerang sambal nanas. Sesuai dengan namanya, hidangan yang satu ini memiliki bahan utama kerang darah yang direbus.

Kerang yang direbus kemudian dinikmati bersama dengan sambal nasi yang khas. Cita rasa kerang yang gurih serta tekstur yang lembut tentu membuat siapapun ketagihan. Sebelum direbus, kerang terlebih dahulu direndam dengan air garam. Sambal nanas dengan cita rasa lezat dibuat dengan beberapa bahan seperti kacang tanah, merica, garam, dan nanas. Kerang sambal nanas menjadi hidangan tepat yang bisa Anda coba saat berkunjung ke Lhokseumawe.

Gotravelly

Kebab Corner: Sajikan Kebab Nikmat Dengan Harga Bersahabat

Ketagihan Gurihnya Roti Canai Malaysia

2. Sate Matang

Sate Matang Khas Loksemawe
travel.tempo.co

Sate matang merupakan makanan khas Lhokseumawe yang populer dan bisa Anda coba. Hidangan yang satu ini memiliki tampilan seperti sate pada umumnya. Anda dapat mencoba sate matang yang dibuat dengan bahan daging kambing atau daging sapi.

Yang membedakan sate matang dengan sate pada umumnya adalah bumbunya. Jika biasanya sate disajikan bersama sambal kacang, namun sate yang satu ini menggunakan kuah dari kaldu kambing yang dimasak. Kuah tersebut ditambahkan berbagai rempah-rempah sehingga menghasilkan cita rasa lezat. Sate yang satu ini juga menawarkan tekstur daging yang sangat empuk. Saat berkunjung ke Lhokseumawe, tidak ada salahnya untuk mencoba lezatnya makanan khas yang satu ini.

3. Ikan Keumamah

Ikan Keumamah
cantik.tempo.co

Ada cukup banyak pilihan makanan khas Lhokseumawe yang sayang untuk tidak dicoba, salah satunya adalah ikan keumamah. Olahan ikan yang satu ini juga dikenal dengan sebutan ikan kayu. Hidangan dengan cita rasa lezat ini dibuat dengan bahan utama ikan tongkol

Sebelum diolah, ikan tongkol terlebih dahulu dikeringkan dengan cara diasap. Ikan keumamah juga biasa diolah menjadi gulai yang menawarkan cita rasa lezat. Saat berkunjung ke Lhokseumawe, hidangan unik yang satu ini wajib Anda coba. Olahan ikan keumamah dapat dinikmati langsung maupun dipilih sebagai lauk untuk makan. Tekstur ikan yang khas serta bumbu lezat yang digunakan tentu membuat Anda ketagihan setelah mencobanya.

4. Lemang Bambu

Lemang Bambu
cookpad.com

Lemang Bambu menjadi salah satu makanan khas Lhokseumawe yang populer dan bisa Anda coba. Sesuai dengan namanya, makanan yang satu ini diolah dan dimasak dengan cara dimasukkan ke dalam bambu.

Lembang bambu merupakan hidangan yang dibuat dengan bahan utama beras ketan yang dicampur dengan santan. Campuran bahan tersebut kemudian dibungkus dengan menggunakan daun pisang dan dimasukkan ke dalam bambu. Setelah dimasukkan ke dalam bambu kemudian dibakar hingga matang. Cara menikmati lemang bambu adalah bersama dengan gula manis atau ditambahkan dengan lauk yang memiliki rasa asin. Hidangan dengan cita rasa unik yang satu ini sayang untuk tidak Anda coba saat berkunjung ke Lhokseumawe.

5. Mi Caluk

Mi Caluk
travel.tribunnews.com

Ada cukup banyak pilihan hidangan khas Lhokseumawe yang bisa Anda coba, salah satunya adalah Mi Caluk. Mie yang satu ini diolah dengan cara ditumis bersama dengan berbagai bumbu dan rempah-rempah.

Sebelum disantap, mie terlebih dahulu ditaburi bumbu kacang dan ditambahkan kerupuk sebagai pelengkap. Hidangan yang satu ini tentu sangat cocok dinikmati saat Anda berkunjung ke Lhokseumawe. Tekstur mie yang khas serta cita rasa lezat yang ditawarkan tentu akan membuat siapapun ketagihan setelah mencobanya.

6. Mie Aceh

Mie Aceh
kompas.com

Mie Aceh juga menjadi salah satu makanan khas Lhokseumawe yang sayang untuk tidak dicoba. Mie yang satu ini bahan utama mie basah yang dimasak bersama dengan berbagai bumbu dan rempah-rempah. Beberapa bumbu dan rempah yang digunakan diantaranya kapulaga, lada, kunyit, jinten, bawang putih, bawang merah, dan juga cabai.

Tidak jarang hidangan yang satu ini ditambahkan dengan beberapa bahan lainnya seperti taoge, sayuran, kol, hingga berbagai daging dan seafood. Anda akan dimanjakan dengan perpaduan rasa pedas dan gurih saat menikmati hidangan mie yang satu ini. Mie aceh biasa disajikan dalam bentuk kuah, goreng, hingga tumis. Tidak hanya tampilannya saja yang menggugah selera, cita rasa yang ditawarkan juga sangat lezat dan wajib Anda coba.

7. Kanji Rumbi

Kanji Rumbi
idntimes.com

Salah satu makanan khas Lhokseumawe yang sayang untuk tidak dicoba adalah kanji rumbi. Jika dilihat dari cara penyajiannya, yang satu ini memiliki tampilan yang mirip dengan bubur ayam. Kanji rumbi sangat mudah dijumpai saat bulan Ramadan tiba.

Hidangan yang satu ini dibuat dengan menggunakan berbagai bahan seperti beras, wortel, udang, daun sop, dan juga daging. Adanya tambahan berbagai rempah tentu menghasilkan cita rasa lezat pada hidangan yang satu ini.

8. Kari Kambing dan Roti Cane

Kari Kambing dan Roti Cane
food.detik.com

Salah satu makanan khas Lhokseumawe yang menawarkan cita rasa lezat dan sayang untuk dilewatkan adalah Kari Kambing dan Roti Cane. Hidangan yang satu ini terdiri dari roti cane yang biasa dinikmati bersama dengan kari kambing.

Kari kambing yang ditawarkan memiliki tekstur kental dan cita rasa pedas gurih. Roti cane berbentuk pipih dengan tekstur renyah tentu sangat cocok dinikmati bersama dengan lezatnya kari kambing.

9. Kue Bhoi

Kue Bhoi
daerahkita.com

Salah satu makanan khas Lhokseumawe yang unik dan sayang untuk dilewatkan adalah kue bhoi. Makanan yang satu ini memiliki tampilan yang sama dengan kue bolu. Kue ini disajikan dengan tampilan yang sangat menarik yakni memiliki berbagai bentuk seperti berbentuk bunga, ikan, hingga binatang.

Anda akan dimanjakan dengan tekstur yang khas serta cita rasa lezat saat menikmati lezatnya kue bhoi. Beberapa bahan yang digunakan untuk membuat kue ini diantaranya tepung terigu, telur, dan juga gula.

10. Sambai Oen Peugaga

Kuliner Khas Lhokseumawe
aceh.antaranews.com

Sambai Oen Peugaga merupakan salah satu makanan khas Lhokseumawe yang sayang untuk tidak dicoba. Makanan yang satu ini dibuat dari lalapan 44 jenis daun-daunan. Daun-daunan terlebih dahulu dimasak dan diuapkan selama beberapa menit. Setelah diuapkan, langkah selanjutnya adalah daun-daunan diremas sehingga benar-benar kering.

Sambai Oen Peugaga disajikan bersama dengan kelapa parut yang telah disangrai. Tidak hanya itu, beberapa bahan tambahan lainnya adalah asam santai, potongan udang, cabai, dan bawang merah. Tidak hanya tampilannya saja yang menggugah selera, selanjutnya hidangan yang satu ini juga tentu membuat siapapun ketagihan setelah mencobanya.



Leave a Reply