10 Makanan Khas Jepara Bikin Lidah Bahagia


Fida  June 18, 2021  0 Comment

Mengunjungi berbagai daerah di Indonesia ada yang kurang rasanya jika tidak mencoba salah satu makanan khasnya termasuk mencicipi makanan khas Jepara. Setiap daerah di Indonesia menawarkan kuliner dengan cita rasa beserta ciri khas yang berbeda-beda.

Jepara menjadi salah satu daerah yang tidak hanya dikenal menawarkan cukup banyak tempat wisata, tetapi juga memiliki berbagai kuliner lezat yang sayang untuk Anda lewatkan. Berbagai kuliner khas dan tradisional mampu memanjakan siapapun yang mencobanya.

Berikut Makanan khas Jepara

1. Horok horok

horok Makanan khas Jepara
food.detik.com

Salah satu makanan khas Jepara yang sayang untuk Anda lewatkan adalah horok horok. Makanan yang satu ini merupakan salah satu makanan ringan yang cukup populer di Jepara. Bahan dasar pembuatan horok-horok adalah tepung Aren yang diolah dengan santan dan juga gula pasir.

Horok-horok dapat dinikmati bersama dengan makanan lain seperti bakso, gulai, dicampur petis serta minuman hangat. Makanan legendaris yang satu ini kini cukup sulit ditemukan tetapi Anda tetap bisa membelinya di pasar tradisional di Jepara. Horok-horok biasa dijual dengan harga mulai dari Rp 5.000,- per porsi.

ulasan kuliner dan tempat wisata

Berfoto Di Spot-Spot Instagramable, Yang Ada Di Candi Cetho

Sate Bumbon Khas Kabupaten Kendal Yang Menggoda Lidah

2. Moto Belong

Moto Belong
inibaru.id

Moto Belong menjadi salah satu makanan khas Jepara yang sayang untuk Anda lewatkan. Makanan yang satu ini termasuk makanan tradisional yang masih banyak diburu hingga saat ini. Sesuai dengan namanya, makanan yang satu ini memiliki tampilan seperti mata melotot sehingga disebut dengan moto belong.

Bahan utama pembuatan makanan yang satu ini adalah singkong yang diparut. Singkong diolah dan dicetak berbentuk bundar dengan isian pisang di bagian tengahnya. Makanan yang satu ini menawarkan cita rasa yang khas dan diminati oleh semua kalangan. Harga dari moto belong juga cukup terjangkau yakni mulai dari Rp 5.000,- per porsi.

3. Singit

Singit
cookpad.com

Salah satu makanan khas Jepara yang sayang untuk Anda lewatkan adalah singit. Singit merupakan makanan yang sekilas mirip dengan rendang. Yang membedakan makanan ini dengan rendang adalah bumbunya yang lebih encer dan daging yang digunakan adalah bagian jeroan sapi.

Singit dimasak dengan berbagai bumbu dan rempah diantaranya santan, bawang putih, bawang merah, kecap manis, gula merah, garam, dan lain-lain. Anda dapat membeli masakan yang satu ini dengan harga mulai dari Rp 20.000,- per porsi.

4. Bongko Mento

Bongko Mento
sajiansedap.grid.id

Ada cukup banyak pilihan makanan khas Jepara yang bisa Anda coba salah satunya adalah bongko mento. Makanan yang satu ini dibuat dari suwiran ayam, mie soun, jamur, dan santan. Jika dilihat sekilas makanan yang satu ini memiliki tampilan yang mirip dengan pepes.

Makanan yang satu ini dimasak dengan cara dikukus. Bungkusnya yang menggunakan daun pisang juga menjadikan makanan yang satu ini memiliki aroma yang khas dan nikmat. Selain dipilih sebagai camilan, bongko mento juga kerap dipilih sebagai lauk saat makan. Makanan ini biasa dijual dengan harga mulai dari Rp 3.000,- per biji.

5. Soto Jepara

 Soto Jepara
factsofindonesia.com

Salah satu makanan khas Jepara yang sayang untuk dilewatkan adalah Soto Jepara. Makanan yang satu ini cocok dinikmati saat pagi hari sebagai menu sarapan. Soto Jepara memiliki cita rasa lezat dan khas dengan kuah bening kekuningan yang berpadu dengan santan.

Soto Jepara memang memiliki tampilan yang sekilas sama dengan soto pada umumnya. Yang membedakan adalah adanya penggunaan daun kucai sebagai pelengkap. Hal itu tentu menjadikan Soto Jepara semakin menggugah selera.

6. Bakso Ekor Kuning

Bakso Ekor Kuning
sabunwanita.wordpress.com

Bakso ekor kuning menjadi salah satu makanan khas Jepara yang sayang untuk Anda lewatkan. Sesuai dengan namanya, bakso yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar ikan ekor kuning. Ikan ekor kuning memang dikenal sebagai salah satu ikan yang enak dan gurih.

Bakso ekor kuning memiliki tekstur yang kenyal dan tidak amis meskipun terbuat dari daging ikan. Anda akan dimanjakan dengan satu mangkok bakso yang berisi bihun, mie kuning, serta pelengkap yang berupa daun bawang dan juga seledri. Harga dari bakso yang satu ini dibanderol mulai dari Rp 8.000,- per porsi.

7. Bontosan

Bontosan
mytrip123.com

Saat berkunjung ke Jepara, salah satu makanan khas Jepara yang wajib Anda coba adalah bontosan. Prontosan merupakan kerupuk yang dibuat dengan bahan dasar ikan kerapu. Makanan yang satu ini biasa dijual dalam bentuk gulungan yang dapat diolah dengan cara digoreng maupun dikukus.

Bontosan yang dikukus biasa dinikmati dengan pelengkap saus sambal. Anda akan dimanjakan dengan tekstur yang lembut serta cita rasa yang gurih dan khas. Makanan yang satu ini biasa dijual dengan harga sekitar Rp 10.000,- per bungkus. Anda dapat membelinya di berbagai toko oleh-oleh di Jepara. Bagi Anda yang suka olahan makanan dengan bahan dasar ikan, bontosan menjadi salah satu yang wajib Anda coba.

8. Bakso Bambu Runcing

Bakso Bambu Runcing
food.detik.com

Saat ingin mencoba salah satu makanan khas Jepara, Bakso Bambu Runcing dapat menjadi pilihan yang tepat untuk Anda coba. Sesuai namanya, bakso yang satu ini memiliki bentuk seperti bambu yang runcing. Tidak hanya diburu oleh warga lokal saja, bakso yang satu ini juga menjadi favorit para wisatawan.

Jika penasaran dan ingin mencoba sensasi uniknya Bakso Bambu Runcing, Anda dapat datang ke daerah Pasar Baru, Ngabul Tahunan Jepara. Bakso yang satu ini dijual dengan harga sekitar Rp 20.000,- per porsi. Selain bakso yang lezat dan besar, satu porsi Bakso Bambu Runcing juga berisi pelengkap seperti tetelan sapi, daun bawang, serta kuah kaldu.

9. Pindang Serani

Pindang Serani
idntimes.com

Salah satu makanan khas Jepara yang sayang untuk Anda lewatkan adalah Pindang Serani. Makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar seperti ikan kerapu, ikan bandeng, atau ikan kakap. Anda akan dimanjakan dengan cita rasa pedas, asam, dan manis saat mengkonsumsi makanan yang satu ini.

Pindang Serani juga memiliki kuah yang segar yang dibuat dengan berbagai bumbu seperti bawang putih, bawang merah, kemangi, belimbing wuluh, tomat, dan juga daun bawang. Satu porsi Pindang Serani biasa dijual dengan harga Rp 25.000,-.

10. Lontong Krubyuk

Lontong Krubyuk
suara.com

Lontong krubyuk menjadi salah satu makanan khas Jepara yang memiliki cita rasa lezat. Makanan yang satu ini merupakan makanan tradisional khas Jepara yang banyak diburu warga lokal maupun wisatawan hingga saat ini. Lontong krubyuk berisikan lontong, taoge, suwiran daging ayam, serta irisan daun seledri.

Kuah dari makanan yang satu ini menggunakan kuah kaldu sapi yang tentu sangat lezat dan nikmat. Tidak hanya segar, makanan ini juga cocok dinikmati saat pagi hari karena dapat menghangatkan badan. Lontong krubyuk biasa dijual dengan harga sekitar Rp 10.000,- per porsi.



Leave a Reply