Kuliner

10 Macam Saus Steak Terkenal dengan Kelezatannya

Saus Steak memang menjadi salah satu kuliner yang cukup mendunia dan banyak digemari. Menikmati daging steak memang tidak cukup jika hanya dengan menggunakan garam dan lada. Untuk menambahkan rasa pada steak, biasanya diberi tambahan saus yang menjadi elemen penting pada steak. Saus steak ternyata terdapat banyak macamnya dan setiap saus memiliki rasanya tersendiri. Pastinya setiap saus juga belum tentu cocok dengan selera kamu. Nah, untuk mengetahui apa saja macam dari saus steak, berikut ini adalah daftar lengkapnya.

1. Salsa Verde Sauce

frommybowl.com

Saus steak pertama yang paling sering digunakan adalah Salsa Verde Sauce. Saus asal Italia ini bisa dibuat dalam waktu 15 menit saja dan bisa disajikan untuk sajian apapun, tak hanya steak.

merupakan saus mentah yang merupakan kombinasi dari basil, mint, peterseli atau tarragon. Proses pembuatannya pun cukup mudah yaitu dengan memotong peterseli, daun bawang dan daun minta kemudian campurkan potongan-potongan tersebut dalam sebuah mangkuk dan diberi tambahan satu sendok teh capers, teri cincang, bawang putih, jus lemon dan minyak zaitun. Semua bahan kemudian diaduk rata dan diberi bumbu secukupnya. Setelah itu saus Salsa Verde siap untuk disajikan.

United Steak San Antonio, Rekomendasi steak enak di Surabaya

Iga Bakar & Steak Sidoarjo: Steakhouse Istimewa Harga Super Hemat

2. Teriyaki Sauce

themodernproper.com

Saus steak yang satu ini sudah pasti tidak asing lagi ditelinga kita, pasalnya tak hanya bisa untuk steak, saus teriyaki juga bisa digunakan untuk berbagai macam olahan. Saus asal Jepang ini memiliki cita rasa yang seimbang Antara manis dan gurih sehingga sangat cocok untuk berbagai olahan.

Dibutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk membuat Saus Teriyaki ini dengan mencampurkan kecap asin, saus, mirin, jahe parut dan madu dalam panci kemudian didihkan selama 5 menit atau sampai adonan mengental. Setelah itu, angkat api dan aduk irisan daun bawang ke dalamnya, kemudian beri bumbu dan saus siap disajikan.

3. Chimichurri Sauce

simplyrecipes.com

Chimichurri Sauce atau Saus Chimichurri merupakan salah satu saus steak yang berasal dari Argentina. Saus ini terkenal sangat sederhana karena untuk membuatnya tidak perlu dimasak.

Chimichurri Sauce ini sangat cocok disajikan dengan steak daging sapi karena terbuat dari mencampur dua batang peterseli, daun thyme, bawang putih cincang, lada merah, cuka anggur putih dan minyak zaitun. Semua bahan tersebut dicampur rata dan dibiarkan selama satu jam. Setelah itu saus bisa langsung dituang atau disajikan dalam wadah bersamaan dengan steak favorit.

4. Bearnaise Sauce

foodnetwork.com

Saus steak yang tak kalah lezat selanjutnya adalah Bearnaise Sauce. Saus ini sangat cocok bagi kamu yang menyukai saus kental dan lembut seperti mayonnaise.

Pembuatan saus Bearnaise ini membutuhkan sekitar 25 menit dan sangat mudah membuatnya. Saus ini dibuat dari kuning telur yang dikocok kemudian diberi tambahan mentega cair dan anggur yang direndam cuka dan tarragon agar memberikan cita rasa yang sempurna.

Setelah itu, saus ini juga bisa diberi tambahan crème fraiche, mustard Dijon , caper dan tarragon cincang. Masak saus diatas api perlahan selama 2-3 menit atau sampai mendidih, kemudian bumbui dan disajikan.

5. Mushroom Sauce

marionskitchen.com

Mushroom Sauce juga menjadi salah satu saus steak yang cukp digemari. Saus yang memiliki tekstur sedikit halus ini bisa dibuat dalam waktu 15 menit saja.

Sesuai dengannya, saus ini dibuat dengan jamur sebagai bahan utamanya. Jamur yang digunakan adaah jamur kastanye yang telah digoreng selama lima menit dengan minya zaitun. Setelah itu masukkan bawang putih satu siung yang telah dihancurkan dan brandy, masak sampai brandy menguap lalu aduk dengan empat sendok double cream dan mustard wholegrain. Lalu didihkan dan diberi bumbu.

6. Blue Cheese Sauce

thespruceeats.com

Saus steak yang satu ini terbilang cukup unik dan proses pembuatannya membutuhkan waktu hingga 20 menit. Blue Cheese Sauce dibuat dengan melelehkan 25 gram mentega diatas wajan dengan api sedang kemudian diaduk dengan satu sendok makan tepung.

Setelah itu dicampur dengan 150 ml susu dan diaduk sampai sausnya halus. Setelah mendidih, diberi tambahan 50 gram keju stilton atau keju biru yang telah dicincang, kemudian diaduk merata. Kemudian masak sampai keju melelh dan saus menjadi kental. Terakhir tinggal diberi bumbu dan saus siap untuk disajikan.           

7. Red Wine Sauce

onceuponachef.com

Macam saus steak berikutnya adalah Red Wine Sauce atau Saus Anggur Merah. Sesuai dengan namanya, saus ini terbuat dari red wine atau anggur merah yang dicampur dengan kaldu sapi dalam panci, gula merah dan balsamic vinegar.

Semua bahan tersebut kemudian diasuk dalam panci dan dimasak dalam api besar dalam waktu 10 menit. Setelah itu dibumbui dan saus siap disajikan bersamaan dengan steak pilihan kamu.

8. Black pepper Sauce

jppepperdine.com

Black Pepper Sauce atau Saus Lada Hitam juga dikenal sebagai salah satu saus yang cukup populer. Black Pepper menjadi salah satu jenis saus steak dengan cita rasa yang mencolok dang sangat menyengat. Namun jika bisa diolah dengan benar, saus ini sangat cocok untuk daging sapi.

Sesuai dengan namanya, saus ini mengandung lada hitam yang diolah bersama krim ganda sampai mengental. Untuk menciptakan saus terbaik, saus harus di dimasak dalam wajan yang sama dengan steak, kemudian ditambah bawang merah yang telah dilunakkan, brendi dan berbagai merica yang telah dihancurkan. Biarkan saus matang cukup lama sehingga ladanya ikut melunak.

9. Black bean & Sesame Sauce

daringgourmet.com

Saus steak yang satu ini juga cukup menjadi favorit karena memiliki rasanya yang lezat dan sangat nikmat jika disajikan bersama steak. Saus asal Asia ini bisa kamu buat dalam waktu 25 menit dengan bahan yang cukup mudah didapatkan.

Sesuai dengan namanya, saus ini terbuat dari black bean atau kacang hitam dan sesame atau wijen. Proses pembuatannya dengan mencampur setengah kaleng kacang hitam dalam food processor. Kemudian diberi tambahan satu sendok teh brown sugar bubuk, madu dan lima rempah Tiongkok, seperti perpaduan kayu manis, adas, bunga lawang, cengkeh dan merica Szechuan. Tak hanya itu, untuk membuat saus ini juga dibutuhkan jahe parut, cabai merah, tahini pasta, kecap asin, air dan cuka sari apel. Bahan-bahan tersebut kemudian di blender sampai halus dan dituang dalam panci kemudian dididihkan selama sekitar 5 menit atau sampai mengental.

10. Mustard Sauce

peoples-yoga.com

Saus steak yang terakhir adalah Mustard Sauce atau saus mustard. Saus ini terbilang cukup sederhana karena tidak membutuhkan banyak bahan untuk membuatnya dan proses pembuatannya pun hanya membutuhkan waktu selama 10 menit saja.

Cara membuat saus mustard ini cukup dengan mencampurkan mustard Dijon dengan crème fraiche dalam panci yang kemudian dipanaskan dengan api kecil sampai mendidih. Setelah matang, tinggal diberi bumbu dan saus siap disajikan.

prita

Recent Posts

11 Wisata Dekat Stasiun Gambir yang Recommended!

Siapa yang sudah merencanakan liburan seru ke Jakarta naik kereta api? Pasti asyik nih! Nah,…

4 months ago

16 Tempat Wisata Dekat Stasiun Sudirman, Spot Instagramable

Tahukah kamu bahwa terdapat tempat wisata dekat Stasiun Sudirman yang bisa kamu kunjungi?. Lokasi di…

4 months ago

15 Wisata Dekat Stasiun Bogor, Menakjubkan!

Jika naik kereta ke Bogor, pernahkan kamu merasa ingin mampir ke tempat wisata terdekat?. Banyak…

4 months ago

13 Hidden Gems Solo Terbaik yang Recommended!

Cari tempat -tempat Hidden gems di Solo yang menarik, memang cukup seru. Tidak jarang juga…

4 months ago

10 Restoran di Bogor, Cocok Untuk Keluarga!

Restoran di Bogor - Ada banyak tempat kuliner yang tentu saja dapat kamu pilih. Namun,…

4 months ago

10 Kue Kering Terenak di Dunia, Cobain yuk!

Tak sekadar makanan atau minuman saja yang memiliki kategori terenak dan favorit loh, ternyata ada…

4 months ago