Nggak hanya Garut Lho, Berikut 10 Macam Dodol di Berbagai Daerah


Fida  April 20, 2021  0 Comment

Saat berbicara tentang makanan khas Indonesia, salah satu makanan yang tidak boleh Anda lewatkan adalah dodol. Dodol merupakan makanan khas Indonesia yang memiliki keistimewaan tersendiri. Ada berbagai macam bentuk, jenis, serta cita rasa dodol yang berbeda-beda.

Berikut macam dodol di berbagai daerah di Indonesia

1. Dodol Garut

Dodol Garut
tokopedia.com

Saat ingin mencoba salah satu macam dodol di berbagai daerah di Indonesia, Anda bisa mencoba dodol Garut yang cukup populer. Baru tentu sudah tidak asing di kalangan warga lokal maupun wisatawan yang datang ke Garut. Sesuai dengan namanya, dodol yang satu ini berasal dari Kabupaten Garut, Jawa Barat. Karena cukup khas, tidak heran jika makanan yang satu ini kerap dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Anda tidak hanya akan menjumpai dodol dengan cita rasa manis gula merah. Dodol Garut menawarkan berbagai jenis dan pilihan rasa seperti dodol kacang, dodol wijen, dan dodol buah yang meliputi dodol durian, dodol nangka, dodol nanas, dan lain-lain.

ulasan kuliner

Pesona Watu Dodol : Kawasan Wisata Menarik Di Banyuwangi

Nongkrong Di Ruangtuju Coffee: Tempat Nongkrong Yang Bikin Betah

2. Dodol Kerinci

Dodol Kerinci
idntimes.com

Saat mendengar nama makanan dodol Kerinci, apa yang terlintas dipikiran Anda? Dodol Kerinci merupakan salah satu macam dodol di berbagai daerah di Indonesia. Sesuai dengan namanya, dodol Kerinci berasal dari Kabupaten Kerinci yang terletak di Provinsi Jambi.

Anda akan dimanjakan dengan cita rasa khas dodol Kerinci yang tidak terlalu manis dan lezat saat dinikmati. Yang membedakan dodol Kerinci dengan dodol Garut adalah cita rasa dodol Kerinci lebih renyah dan serpihan dodol tidak melekat di gigi. Saat datang ke daerah Kerinci, membeli dodol Kerinci untuk dibawa pulang menjadi pilihan tepat yang bisa Anda coba.

3. Meusekat

Meusekat
tandaseru.id

Meusekat menjadi salah satu macam dodol di berbagai daerah di Indonesia. Dodol yang satu ini berasal dari daerah Aceh dan memiliki tampilan yang sangat berbeda dengan dodol lainnya. Nama lain dari meusekat adalah dodol nanas.

Dodol khas Aceh yang satu ini memiliki tampilan yang mirip bolu dengan wadah loyang besar. Tidak hanya itu, keunikan dari dodol yang satu ini adalah diukir di bagian atasnya yang sekilas terlihat mirip fruit carving. Meusekat menawarkan cita rasa manis dengan tekstur yang sangat lembut. Rasa manis berasal dari nanas membuat dodol yang satu ini sangat lezat dan menggugah selera.

4. Gelinak

Gelinak
tokopedia.com

Gelinak menjadi salah satu dari macam dodol di berbagai daerah di Indonesia. Makanan yang satu ini banyak tersebar di Pulau Bangka dan Palembang. Berbeda dengan dodol lainnya, gelinak memiliki cita rasa yang cenderung pedas dan hangat. Berbagai bahan yang digunakan untuk pembuatan dodol ini diantaranya kapulaga, kayu manis, pala, cengkeh, dan juga merica sebagai penghasil cita rasa pedas.

Gelinak bisa menjadi alternatif bagi Anda yang bosan dengan cita rasa dodol manis. Jenis dan rasanya yang khas menjadikan hal ini kerap dipilih sebagai oleh-oleh.

5. Alame Mandailing

 Alame Mandailing
sumut.indozone.id

Salah satu macam dodol di berbagai daerah di Indonesia bisa Anda jumpai di kawasan Sumatera Utara yakni Alame Mandailing. Alame merupakan dodol hitam Mandailing yang berasal dari daerah Mandailing, Sumatera Utara. Cita rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut membuat dodol yang satu ini disukai oleh banyak kalangan. Tidak hanya warga lokal saja, banyak wisatawan yang menggemari lezat dan manisnya alame Mandailing.

Yang satu ini juga memiliki tampilan yang khas yakni dibungkus dengan daun tikar. Meskipun tampak sederhana dan biasa saja, tetapi cita rasa kelezatan dodol yang satu ini tidak perlu diragukan lagi.

6. Dodol Amurang

Dodol Amurang
merahputih.com

Dodol Amurang menjadi salah satu macam dodol di berbagai daerah di Indonesia. Dodol Amurang juga memiliki sebutan lain yakni dodol kenari. Anda akan dengan mudah menjumpai makanan yang satu ini di daerah Manado dan biasa disajikan saat perayaan Pengucapan Syukur setiap tahunnya.

Anda akan merasakan sensasi rasa yang khas saat mencoba dodol yang satu ini. Hal itu dikarenakan dodol Amurang dibuat dari bahan anais dan kayu manis yang tidak ditemukan pada dodol lainnya. Tampilan dodol Amurang yakni dibungkus dengan daun janur atau daun kelapa. Tidak sedikit warga lokal maupun wisatawan yang menggemari jajanan yang satu ini. Salah satu pilihan oleh-oleh tepat yang bisa Anda bawa pulang setelah berkunjung ke Manado.

7. Dodol Kandangan

Dodol Kandangan
cookpad.com

Salah satu macam dodol di berbagai daerah yang bisa Anda coba adalah Dodol Kandangan yang berasal dari daerah Kandangan, Kalimantan Selatan. Yang membedakan dodol Kandangan dengan dodol lainnya adalah dodol Kandangan memiliki bahan tambahan yakni susu kental manis dan agar-agar. Cara pembuatannya yang cepat dan tidak membutuhkan waktu lama juga menjadikan dodol ini sangat praktis mudah dibuat.

Banjarmasin menjadi salah satu tempat dimana Anda akan dengan mudah menjumpai dodol yang satu ini. Dodol Kandangan juga kerap dipilih sebagai oleh-oleh yang tepat untuk dibawa pulang.

8. Jenang Kelapa Muda

Jenang Kelapa Muda
sylvianitawidyawati.blogspot.com

Jenang kelapa muda menjadi salah satu macam dodol di berbagai daerah yang berasal dari Jombang, Jawa Timur. Dodol yang satu ini menawarkan cita rasa lezat dan berbeda dengan dodol lainnya. Tekstur jenang kelapa muda tentu sedikit berbeda yakni memiliki tekstur kelapa parut. Cita rasanya yang manis membuat dodol yang satu ini banyak digemari oleh semua kalangan.

Jenang kelapa muda dijual dengan kemasan praktis dan harga yang terjangkau. Salah satu pilihan oleh-oleh tepat yang bisa Anda bawa pulang setelah berkunjung ke Jombang Jawa Timur.

9. Dodol Betawi

Dodol Betawi
romlah.com

Salah satu macam dodol di berbagai daerah di Indonesia yang bisa Anda coba adalah dodol Betawi. Dodol Betawi dibuat dengan berbagai bahan seperti beras ketan, gula merah, santan kelapa, dan juga daun pandan. Makanan yang satu ini dikenal berkelas sejak zaman dulu. Pada zaman kolonial Belanda, dodol Betawi dipilih sebagai salah satu makanan untuk menyambut tamu pada acara sakral atau hajatan. Anda bisa mencoba lezatnya dodol yang satu ini dan memilihnya sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

10. Dodol Bali

Dodol Bali
tokopedia.com

Ada banyak sekali macam dodol di berbagai daerah di Indonesia salah satunya adalah dodol Bali. Dodol Bali merupakan salah satu makanan yang sering dipilih sebagai oleh-oleh khas Pulau Dewata. Makanan yang satu ini memiliki bentuk unik yakni memanjang dan dibungkus dengan daun kering dengan aroma wangi.

Dodol Bali dibuat dengan berbagai bahan diantaranya gula merah, santan, dan juga ketan hitam. Cita rasanya yang manis legit menjadikan dodol Bali banyak digemari oleh warga lokal maupun wisatawan. Saat datang ke Bali, sempatkan untuk mencoba atau membeli dodol Bali untuk dibawa pulang.



Leave a Reply