Wisata Religi Jelajahi 10 Kuil Budha Terbesar di Dunia


prita  May 26, 2021  0 Comment

Kuil Budha Terbesar di Dunia sering dijadikan destinasi wisata dunia. Buddhisme merupakan sebuah agama utama dunia yang memiliki filsafat yang didirikan di kawasan timur laut India sekitar abad ke-5 Masehi. Ajaran Buddhisme sendiri berdasrkan pada ajaran Siddhartha Gautma yang juga dikenal sebagai Sang Buddha. Umat Buddha sendiri jumlahnya cukup banyak di dunia dan mereka biasanya beribadah di kuil. Selain menjadi tempat ibadah umat Buddha, kuil juga terkadang difungsikan sebagai tempat wisata yang cukup menarik bagi banyak wisatawan.

1. Candi Borobudur, Indonesia

Candi Borobudur, Indonesia
blog.jadipergi.com

Berbicara soal kuil Budha terbesar di dunia, tentunya kita tidak boleh melewatkan Candi Borobudur yang ada di Magelang, Jawa Tengah. Candi yang telah mendunia ini memang sangat terkenal karena sangat besar dan megah.

Borobudur dibangun selama sekitar 75 tahun pada abad ke-8 hingga ke-9 oleh Kerajaan Syailendra. Diperkirakan lebih dari dua juta batu yang digunakan untuk mambangun candi ini. Candi Borobudur ini sempat ditinggalkan pada abad ke-14 karena alasan yang belum diketahui dampai saat ini dan tersembunyi dalam hutan di bawah lapisan abu vulkanik.

paket wisata paling murah

Menjelajahi Kuil Wat Rong Khun / White Temple. Beneran Serem?

Indahnya Blue Temple Chiang Rai – Wat Rong Seur Ten

2. Angkor Wat, Kamboja

Angkor Wat, Kamboja
globalcastaway.com

Jika berlibur ke Kamboja, rasanya belum lengkap jika belum berkunjung ke Angkor Wat. Angkor Wat menjadi kompleks kuil Buddha terbesar dan megah yang telah dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

Angkor Wat konon telah dibangun sejak abad ke-12 dan sampai saat ini masih berfungsi sebagai tempat ibadah oleh umat Buddha.

3. Wat Rong Khun, Thailand

Wat Rong Khun, Thailand
theculturetrip.com

Thailand juga memiliki kuil Budha terbesar di dunia yang dikenal dengan nama Wat Rong Khun atau yang dikenal dengan nama White Temple. Sesuai dengan namanya, kuil ini didominasi dengan warna putih yang membuatnya terlihat indah.

Wat Rong Khun memiliki gaya bangunan yang luar biasa indah karena banyak detail-detail kecil yang ikonik. Salah satu bagian yang cukup menarik pada bangunan ini adalah The Cycle of Life, yang mana disini kamu bisa melihat jembatan yang dihiasi dengan ratusan tangan yang melambai. Tak heran jika Wat Rung Khun ini bukan Cuma dikenal oleh umat Buddha saja, namun juga dikenal oleh wisatawan yang berlibur ke Thailand.

4. Pha That Luang, Laos

Pha That Luang, Laos
indochinavoyages.com

Pha That Luang juga masuk dalam daftar kuil Budha terbesar di dunia yang sayang sekali untuk dilewatkan. Pha That Luang atau yang memiliki arti “Stupa Agung” ini merupakan salah satu monument yang cukup penting di Laos.

Stupa ini memiliki beberapa teras dengan masing-masing tingkat mewakili tahap dari pencerahan Buddha yang berbeda. Pada tingkat terendah mewakili dunia materi sementara di tingkat tertinggi mewakili dunia dari ketiadaan. Kuil ini dibangun pada abad ke-16 diatas reruntuhan kuil Khmer. Pha That Luang juga pernah dihancurkan oleh invasi Siam di tahun 1828, kemudian di rekontruksi oleh Perancis di tahun 1931.

5. Shwedagon Pagoda, Myanmar

Shwedagon Pagoda, Myanmar
theculturetrip.com

Kuil Budha terbesar di dunia yang satu ini pastinya juga cukup terkenal dan menjadi salah satu ikon Myanmar. Pagoda Shwedagon memiliki arti “Pagoda Emas” dalam Bahasa Indonesia dan berlokasi di kota Yangon.

Kuil yang menjadi candi Buddha paling suci di Myanmar ini diperkirakan pertama kali dibangun oleh Mon selama periode Bagan, yaitu waktu Antara abad ke-6 dan ke-10 Masehi. Kompleks pagoda ini dipenuhi dengan gemerlap sinar emas yang indah, stupa berwarna warni setinggi 99 meter. Stupa ini menjadi stupa tertinggi yang benar-benar dilapisi dengan emas.

6. Kuil Mahabodhi, India

kuil budha terbesar di dunia
tripsavvy.com

Kuil Budha terbesar di dunia yang tak boleh kamu lewatkan selanjutnya adalah Kuil Mahabodhi yang berada di Bodh Gaya, India. Mahabodhi sendiri memiliki arti “Pencerahan Agung” dan merupakan kompleks utama yang berisikan keturunan Pohon Bodhi asli dimana Buddha Gautama mendapat pencerahan.

Kuil Mahabodhi ini juga menjadi tempat paling suci dalam Buddhisme. Sekitar 250 tahun setelah Buddha mencapai pencerahan, Kaisar Asoka membangun sebuah kuil di tempat ini yang dikenal dengan Kuil Mahabodhi ini yang telah ada sejak abad ke 5-6 Masehi.

7. Boudhanath, Nepal

Boudhanath
lonelyplanet.com

Boudanath dikenal sebagai salah satu kuil Budha terbesar di dunia yang berlokasi di pinggiran kota Kathmandu. Boudhanath merupakan pusat dari Buddhisme Tibe di Nepal dan banyak pengungsi dari Tibet yang menetap disini selama beberapa decade terakhir.

Stupa dari Boudhanath ini dibuat pada abad ke-14 setelah stupa sebelumnya dihancurkan oleh penyerbu dari Mughal. Salah satu hal menarik dari Budhanath ini adalah adanya mata Buddha yang ditampilkan di keempat sisi menara.

8. Jokhang, Tibet

Jokhang
tibettravelexpert.com

Kuil budha terbesar di dunia yang satu ini berada di kota Lhasa, Tibet dan cukup menarik perhatian banyak wisatawan. Kuil Jokhang dikenal sebagai situs suci yang paling penting dalam Buddhisme Tibet dan mampu menarik ribuan peziarah setiap tahunnya.

Kuil Jokhang ini dibangun oleh Raja Songtsan Gampo pada abad ke-7. Menariknya, bangsa Mongol beberapi kali berusaha menyerang Kuil Jokhang ini namun selalu berhasil selamat dan masih berdiri dengan kokoh sampai saat ini. Sekarang, kompleks kuil ini meliputi area seluas 25.000 meter persegi dan bisa menjadi salah satu wisata religi yang menarik untuk dikunjungi di kota Lhasa.

9. Paro Taktsang, Bhutan

 Paro Taktsang
breathebhutan.com

Bhutan juga memiliki sebuah kuil Budha terbesar di dunia yang cukup terkenal. Paro Taktsang ini tentu bisa membuatmu benar-benar terpesona dan berdecak kagum karena keindahannya.

Berbeda dengan kuil Buddha pada umumnya, Paro Taktsang ini berada di sebuah tebing dengan pemandangan alam yang luar biasa indah. Apalagi jika sedang turun kabut, Paro Taktsang ini terlihat semakin cantik.

10. Seiganto-ji, Jepang

 Seiganto-ji
japanhoppers.com

Kuil Budha terbesar di dunia yang terakhir adalah Seiganto-ji yang ada di Jepang. Kuil ini memang terkenal memiliki arsitektur yang menawan dan telah masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO.

Tak hanya memiliki bangunan yang indah, kuil ini juga dikelilingi dengan pemandangan yang tak kalah indah. Tak heran jika wisatawan menyebutnya sebagai Temple of Blue Waves. Dari kuil ini kamu bisa menikmati keindahan Air Terjun Nachi yang sangat indah. Air terjun yang dikelilingi oleh hutan hijau ini tentu menyegarkan mata juga memiliki udara yang sejuk.

Itulah daftar 10 kuil Budha terbesar di dunia yang juga dikenal memiliki arsitektur indah sehingga tak hanya menarik para peziarah, tapi juga wisatawan untuk datang kesana. Namun perlu diperhatikan, mengingat sebagian besar kuil diatas masih digunakan sebagai tempat beribadah, kamu yang ingin berkunjung kesana harus mematuhi peraturan dan menjaga sopan santun ya. Selamat berlibur.



Leave a Reply