10 Keju Terkenal di Spanyol yang Mendunia, Pecinta Keju Harus Tahu!


Jehan  November 13, 2022  0 Comment

Apakah kamu tahu jika Spanyol menjadi salah satu negara yang terkenal dengan produksi kejunya?

Bahkan keju milik Spanyol memiliki lisensi dari Uni Eropa sendiri loh. Jika kamu pecinta keju, kamu harus mencoba jenis keju dari Spanyol ini dan bandingkan rasanya!

Apa saja sih keju terkenal di Spanyol yang harus kamu tahu? Yuk simak di bawah ini.

1. Idiazabal Cheese

idiazabal cheese
unsplash.com

Keju Idiazabal adalah keju klasik yang berasal dari Pyrenees Spanyol. Keju ini terbuat dari susu domba yang tidak melewati tahap pasteurisasi. Pasteurisasi adalah sebuah proses pemanasan makanan untuk membunuh organisme buruk dan memperlambat tumbuhnya mikroba.

Keju idiazabal memiliki lapisan kulit yang berwarna sedikit gelap dan keras. Jadi ketika kamu menemui keju jenis ini, kamu tidak bisa memakan kulitnya ya. Karena memang bagian kulit dari keju Idiazabal tidak untuk dikonsumsi.

Keju Idiazabal memiliki rasa asin, dan sedikit rasa berasap. Anehnya, meski memiliki rasa smokey yang tajam keju Idiazabal tidak melewati proses diasapi sama sekali.  

Gotravelly

Patdua Eatery, Sudut Nyaman Dengan Menu Enak Yang Siap Menemanimu

The Amazing Batu Screet Zoo, Kebun Binatang Modern Dengan Banyak Wahana Di Kota Batu

2. Cabrales Cheese

cabrales-cheese
lafromagerie.co.uk

Cabrales adalah salah satu jenis keju biru Spanyol yang cukup terkenal. Bahan utama keju ini adalah susu sapi, susu domba, atau susu kambing. Pembuatan keju yang satu ini bergantung dengan musim.

Saat proses pembuatannya, keju Cabrales berumur dua hingga enam bulan dengan kontrol iklim yang mengatur dan memungkinkan munculnya pertumbuhan jamur penicillium pada keju. Jamur itu lah yang akan membuat keju Cabrales memiliki warna urat biru kehijauan pada seluruh lapisannya.

3. Manchego Cheese

manchego cheese
amazon.com

Keju Manchego terbuat dari susu domba 100%. Susu domba yang di gunakan untuk membuat keju Manchego harus diambil dari domba Manchega. Keju Spanyol ini dibuat di daerah La Mancha di Spanyol bagian Tengah.

Keju Manchego memiliki tekstur yang cukup keras, biasanya berumur dua bulan hingga dua tahun lamanya. Manchego juga memiliki ciri khas memiliki tekstur dengan lubang-lubang kecil di seluruh bagiannya. Tidak hanya itu saja,  Manchego ini memiliki pola zig-zag yang ada pada kulitnya loh.

Uniknya, keju yang memiliki nama resmi Queso Manchego ini merupakan salah satu jenis keju yang mendapatkan perlindungan di bawah sistem regulasi bernama Designation of Origin (DO) milik Spanyol. DO ini mengatur kualitas serta klaim asal dari geografis keju.

Tidak hanya itu saja, keju Manchego juga memiliki status Protected Designation of Origin (PDO), yakni suatu kebijakan yang mengatur wilayah produksi serta bahan dan metode produksi tradisional milik Eropa. Apa kamu tertarik ingin mencoba keju populer dari Spanyol ini?

4. San Simon Cheese

san simon cheese
cheese.com

Keju yang satu ini dibuat di wilayah Galicia, Spanyol Timur Laut. Keju San Simon memiliki bentuk seperti buah pir dengan tekstur sedikit lunak. Keju ini termasuk jenis keju asap yang terbuat dari susu sapi yang di press kurang lebih selama empat minggu. Lalu, diasapi dengan ringan selama dua minggu lamanya.

Keju San Simon memiliki rasa yang creamy, buttery, dan smooky yang kadang terasa sedikit atau bahkan cukup kuat. Pada lapisan luarnya, San Simon memiliki kulit coklat keemasan. Uniknya, tidak jarang keju ini dideskripsikan memiliki rasa seperti mentega dan kayu.

5. Mahon Cheese

mahon cheese
caputos.com

Keju ini biasa dikenal dengan nama Queso Mahon. Mahon adalah keju yang terbuat dari susu sapi dan pembuatannya berasal dari pulau Minorca yang ada di Spanyol.

Keju Mahon merupakan keju terpopuler kedua setelah Manchego. Mahon memiliki rasa perpaduan asin dan pedas. Keju ini memiliki tingkat kematangan yang berbeda-beda loh. Ada yang matang minimal 3 hingga 9 minggu, 2 bulan, 6 bulan, dan 10 bulan.

6. Tetilla Cheese

tetilla cheese
antigua.desertcart.com

Keju dengan bentuk unik menyerupai kerucut ini adalah keju yang terbuat dari susu sapi. Keju ini dibuat di Galicia Spanyol. Tidak hanya bentuknya saja yang unik, Tetilla juga memiliki rasa dari lemon dan rempah-rempah.

Keju Tetilla adalah jenis keju yang umum ditemukan pada masakan di daerah Galicia. Biasanya keju ini dinikmati oleh orang lokal bersama roti dan anggur. Mau mencobanya?

7. Olavidia Cheese

olavidia cheese
telegraph.co.uk

Olavidia adalah jenis keju dari susu sapi dengan tekstur krim buttery yang sangat lembut. Keju Olavidia memiliki warna khas putih. Saat keju dipotong akan terlihat urat abu yang mirip dengan Morbier.

Keju yang satu ini pernah memenangkan kejuaraan keju terbaik di Spanyol pada tahun 2018 loh. Tidak berhenti di situ saja, penghargaan lain di dapatkan oleh Olavidia di tahun berikutnya dari penghargaan dunia.

Uniknya, keju ini masih dibuat secara home made, menggunakan pasta lembut dari susu kambing yang di pasterurisasi dengan perlahan. Keju ini memiliki cetakan kerak putih, di mana ada lapisan berwarna abu tipis yang tidak begitu terlihat.

Saat kamu memakan keju yang satu ini, bagian kerak dan garis abu yang melintang pada bagian tengah keju dari Olavidia juga dapat kamu konsumsi loh.

Keju dengan rasa susu yang kuat ini, memiliki umur konsumsi lima belas hingga dua puluh hari lamanya. Apa kamu ingin mencobanya?

8. Cana de Oveja Cheese

cana de oveja cheese
tasteatlas.com

Keju Cana de Oveja merupakan salah satu keju langka dari Spanyol. Keju yang memiliki warna putih ini terbuat dari susu domba. Saat matang, keju ini memiliki lapisan kulit dengan tekstur keriput dan tebal. Bagian dalam dari kulit keju memiliki tekstur seperti pasta padat yang mudah rapuh dan sangat lembut.

Keju Cana de Oveja termasuk keju yang langka, karena matangnya sangat sulit. Terlebih keju dari daerah Murcia yang terkenal dengan kambing Murcia-nya.

Keju ini memiliki usia muda, hanya butuh waktu sekitar 3 minggu sebelum akhirnya dipasarkan. Cana de Oveja juga memiliki rasa yang lebih kuat, saat usianya bertambah. Rasa dari Cana de Oveja seperti mentega yang tajam. Aroma lemon dan susu yang gurih akan semakin terasa sempurna saat kamu mengonsumsinya dengan minuman favoritmu. Mau coba?

9. Torta del Casar Cheese

torta del casar cheese
forevercheese.com

Torta del Casar adalah keju Spanyol yang terbuat dari susu domba mentah di wilayah Extremadura, dekat perbatasan Portugis. Keju Torta del Casar juga memiliki nama lain Casar de Cáceres, nama yang diambil dari kota asalnya.

Mereka yang membuat keju ini biasa menyebut keju ini dengan sebutan ‘atortao‘. Nama tersebut diambil dari bentuknya yang seperti kue atau torta.

Keju ini juga menjadi keju yang sangat langka karena terbuat dari susu merino dan thistle rennet, yakni ekstrak dari bunga rennet yang proses pembudidayaannya tanpa menggunakan rekayasa genetika (Non GMO)

Kedua bahan tersebut memberi rasa asam dan tajam, juga sedikit pahit pada keju.

Umur dari keju ini sekitar 60 hari, dimana saat berproses Torta del Casar mengembangkan kerak dengan warna kuning sedikit coklat, dengan tekstur sedikit keras di kulit luarnya. Pada bagian dalamnya, pasta keju memiliki tekstur lembut, sehingga sangat mudah untuk dioleskan seperti krim dan hampir berair.

Keju yang memiliki aroma khas ini, biasa dinikmati sebagai hidangan pembuka atau penutup yang dioleskan pada roti.

10. Burgos Cheese

burgos cheese
www.mascastillayleon.com

Keju Burgos juga dikenal sebagai ‘Queso de Burgos’, dinamai berdasarkan sebuah provinsi dengan nama yang sama di wilayah Castille-Leon, Spanyol. Keju Burgos adalah keju putih murni berbentuk roda dengan alur bergelombang di sisi dan irisan bergerigi yang ditandai di bagian atas dan bawah. Ini adalah keju yang tidak di pasteurisasi, keju segar ini memiliki tekstur lembab yang kenyal dan lembut. Rasanya seperti susu segar, dengan sedikit asam dan garam.

Dahulu keju Burgos dibuat dari susu domba, tetapi saat ini banyak yang membuat dengan mencampur susu sapi mentah atau di pasteurisasi terlebih dahulu.

Dengan metode tradisional, pembuatan keju Burgos membutuhkan waktu sekitar 10 hari hingga matang. Namun saat ini dengan teknologi yang semakin canggih, membuat Burgos memiliki usia matang yang lebih panjang sekitar 30 hari lamanya.

Biasanya, saat mengonsumsi keju ini dipasangkan dengan makanan seperti madu, quince, dan kenari. Orang lokal biasa mengonsumsi Burgos dengan anggur putih.

Dari 10 keju terkenal di Spanyol tersebut, keju mana yang ingin kamu coba?



Leave a Reply