10 Jalan Terekstrem di Dunia Bikin Kaki Merinding Disko


Reni  May 29, 2019  0 Comment



Jalanan terekstrem di dunia ini membuat kalian menhela nafas panjang. Sebagaimana fungsi jalanan yakni prasarana untuk transportasi darat. Selama berkendara tentunya jalanan harus nyaman dan aman. Dibandingkan dengan kenyamanan dan keamanan, ada beberapa jalanan atau jalur di dunia yang nyatanya sangat ekstrem. Di sebut jalan terekstrem di dunia karena lokasinya yang dekat dengan pegunungan dan bersebelahan langsung dengan jurang.

Jalanan Terekstrem di Dunia

1. Zojila Pass, India

Zojila Pass
constructionweekonline.in


Jalan ini berada di ketinggian sekitar 3.500 meter dari permukaan laut. Zojila Pass di India menghubungkan Ladakh dan Kashmir. Jalanan sepanjang 5,6 km ini tidak hanya berkelok – kelok saja, melainkan cukup ekstrem. Bayangkan saja, jalanan ini sangat sempit bahkan hanya cukup satu truk saja.
Belum lagi, jalanan yang belum diaspal sehingga akan sangat licin saat hujan tiba. Soal pembatas jalan, tidak ada yang namanya pembatas jalan, oleng sedikit saja jurang sudah menanti.

wisata terindah

Explore The Golden Land Myanmar Part 9

Explore The Golden Land Myanmar Part 7


2. Fairy Meadows Road, Pakistan

 Fairy Meadows Road
dangerousroads.org


Sama halnya dengan Zojila Pass, jalan terekstrem di dunia ini berada di Pakistan. Walaupun jalannya tidak terlalu panjang, hanya 16,2 km saja. Tapi tetap saja, melewati jalanan ini akan membuat kamu banyak – banyak berdoa. Bagaimana tidak, jalanan belum diaspal dan penuh dengan kerikil.
Lebarnya juga hanya muat satu mobil saja. Bayangkan kalau berpapasan. Fairy Meadows Road berada di ketinggian 3.300 meter dari permukaan laut. Bersebelahan langsung dengan jurang tanpa ada pembatas jalan. Walaupun ekstrem, tapi pemandangannya luar biasa cantik. Dibandingkan naik mobil, jalan aja mungkin sedikit was – was.

Baca juga :  5 Taman Nasional di Norwegia, Pesonanya Bak di Surga


3. North Yungas Road, Bolivia

North Yungas Road
curiosity.com


Bagi masyarakat di sekitarnya, jalanan ini dikenal dengan sebutan The Death Road. North Yungas Road bagi masyarakat dunia mengenalnya sebagai jalur paling mematikan di dunia. Untuk alasannya sudah jelas, jalanan berkelok – kelok, tak beraspal, penuh pasir dan kerikil, serta bersebelahan langsung dengan jurang.
Belum lagi, jalan terekstrem di dunia ini dilewati oleh truk – truk besar. Tanpa adanya pembatas sedikit meleset saja, kamu bisa terjun bebas ke jurang. Bahkan, jumlah korban yang meninggal di jalur ini kurang lebih 200 orang. Tidak heran, kamu akan menjumpai banyak salib – salib di sepanjang jalan yang menandakan lokasi jatuhnya kendaraan.


4. Guoliang Tunnel Road, China

Guoliang Tunnel Road

YouTube


Jalan terekstrem di dunia ini membentang di sepanjang Pegunungan Taihang, Provinsi Henan. Guoliang Tunnel.Road memiliki arti tanpa kesalahan. Pemberian nama tersebut tidak sembarangan. Pasalnya, untuk melintasi jalur ini dibutuhkan konsentrasi tinggi. Bukan hanya karena tidak adanya pembatas jalan, tapi jalanan selebar 4 meter ini bersebelahan langsung dengan jurang.
Belum lagi, belokan yang tajam sehingga tidak bisa melihat kendaraan lainnya mendekat. Jalanan yabg dibuka tahun 1977 ini menjadi jalanan cantik tapi juga mengacu adrenalin. Pembuatannya pun dilakukan oleh penduduk sekitar dengan mengeruk bagian tengah gunung. Jalanan ini juga terkenal angker karena selama pembangunan banyak memakan korban.


5. Passage du Gois, Perancis

 Passage du Gois


Jalan yang cantik ini juga dianggap sebagai mimpi buruk para pengendara yang melaluinya. Bagaimana tidak, jalanan sepanjang 4 km ini berada di jalur pantai Atlantik, Perancis. Dikarenakan berada di sepanjang jalur pantai, tidak heran jalanan ini selalu terkena air pasang dua kali sehari.
Saat melewati jalanan ini, dibutuhkan skill mengendara yang mumpuni. Selain itu, kendaraan juga harus kuat akan air garam, bannya pun juga tidak licin karena banyaknya rumput laut di sepanjang jalan. Selalu berhati – hati agar tersapu ombak dan terseret air laut.

Baca juga :  10 Tempat Berburu Oleh-Oleh Khas India Dengan Harga Murah


6. Atlantic Ocean Road, Norwegia

Atlantic Ocean Road
visitnorway.com


Atlantic Ocean Road di Norwegia menjadi jalan terekstrem di dunia yang menghubungkan dua kota di Norwegia, yakni kota Molde dan Kristiansund. Jalur ekstrem ini memiliki panjang 8,3 km. Dikatakan sebagai jalanan berbahaya karena jalur ini membentang di atas samudra Atlantic.
Belum lagi, jalurnya selalu memiliki cuaca buruk dan tidak menentu. Area Hilvalgen Bridge menjadi jalur yang paling berbahaya karena adanya turunan yang tajam dan berkelok. Pengalaman kamu selama melewati jalur ini adalah terjangan ombak besar menerpa di sepanjang jalan. Walaupun begitu, pemandangan yang disuguhkan benar – benar memukau.


7. Dalton Highway, Alaska

Dalton Highway

Traveldudes.org


Dalton Highway di Alaska menjadi satu – satunya jalur terpencil di dunia. Dibangun pada tahun 1974, jalur ini hanya melewati 3 kota saja sepanjang 666 km. Salah satunya adalah Deadhorse. Dikategorikan sebagai jalanan terektrem karena sepanjang jalurnya hanyalah bentangan tanah yang tandus dan ditutup salju. Belum lagi, saat musim salju tiba. Jalanan yang rusak sebagian ditambah tertutup salju menjadikan jalur dengan tantangan tersendiri.
Dalton Highway, Alaska dikategorikan sebagai jalan terdingin dan terlicin di dunia. Cuaca ekstrem dan dingin menjadi makanan sehari – hari para sopir truk kilang minyak yang melintasi jalur ini.


8. Sichuan-Tibet Highway, China

 Sichuan-Tibet Highway

Muudu.com


Jalan terekstrem di dunia selanjutnya adalah Sichuan-Tibet Highway yang berada di China. Bukan hanya jalannya yang berkelok – kelok saja, tapi juga berbatasan langsung dengan tebing hang curam. Belum lagi, lebarnya yang hanya muat untuk satu mobil, walaupun memiliki dua arah.
Kalau sudah papasan, dibutuhkan konsentrasi tinggi. Saat melewati belokan harus berhati – hati, bisa saja ada mobil yang tiba – tiba muncul. Ditambah lagi, jakur Sichuan-Tibet Highway sering terjadi longsor. Cukup seram, bukan? Maka tidak heran, kalau jalur ini sering memakan korban. Coba bayangkan setidaknya setiap 100 orang yang lewat, 7.5 orang tidak selamat.

Baca juga :  10 Tempat ini Sajikan Cahaya Aurora Borealis Paling Epic Di Dunia


9. Transfagarasan, Rumania

Transfagarasan
viajeros30.com


Bukan hanya sebagai jalan terekstrem di dunia, tetapi jalur ini juga sebagai wisata memacu adrenalin yang cantik. Jalannya yang berkelok kelok sangat memacu adrenalin. Belum lagi, kamu akan melewati terowongan yang terkenal angker. Pasalnya, terowongan tersebut memiliki panjang 800 meter dan gelap.
Selama melintasi jalur sepanjang 166 km, kamu akan mendapati banyak belokan tajam serta turunan curam. Untuk pengemudi profesional mungkin butuh 100 menit. Tapi, buat kamu jangan coba – coba untuk mengebut.


10. Khardung La, India

Khardung La
lehladakhindia.com


Tidak hanya dikenal sebagai jalan terekstrem di dunia, Khardung La, India juga dikenal sebagai jalan tertinggi di dunia. Bagaimana tidak, jalur ini berada di ketinggian 5.610 meter di atas permukaan laut. Bahkan, jalurnya sebagian selalu tertutup salju.
Dikatakan sebagai jalan terkestrem bukan hanya jalurnya yang licin karena tertutup salju saja, Khardung La adalah jalanan berbatu dan berkelok. Ditambah lagi dengan adanya jurang di bagian sisi kanan dan kiri menemani sepanjang perjalanan. Belum lagi, udaranya yang sangat dingin dan tekanan udara yang minim sehingga sulit untuk bernafas. Walaupun begitu, Khardung La menjadi jalanan menantang dan tercantik.
Nah, itu dia kesepuluh jalan terekstrem di dunia. Bagaimana kamu berani, mencobanya? Tidak ada salahnya mencoba bagi kamu yang suka tantangan. Perlu diingat bahwa skill mengemudi saja tidak cukup dibutuhkan, melainkan kondisi kendaraan juga harus dalam keadaan optimal. Dengan begitu, keselamatan selama perjalanan bisa tetap terjaga.



Leave a Reply