10 Jajanan khas Jawa Timur Rasanya Gurih Ngangenin


Fida  January 7, 2021  0 Comment

Indonesia dikenal memiliki banyak sekali tempat wisata serta kuliner khas. Saat berkunjung ke beberapa daerah di Indonesia, sayang rasanya untuk tidak mencoba kuliner atau jajanan khas dari daerah tersebut. Khususnya daerah Jawa timur Yang memiliki Jajanan khas Jawa Timuryang legit gurih cocok dijasikans ebagai oleh oleh.

Jawa Timur menjadi salah satu provinsi yang selain dikenal dengan tempat wisata juga dikenal dengan banyaknya jajanan atau kuliner khas. Berikut 10 Rekomendasi Jajanan khas Jawa Timur yang sayang untuk tidak dicoba

10 Jajanan Khas Jawa Timur :

1. Madu Mongso

madu mongso
klikmadiun.com

Salah satu jajanan khas Jawa Timur yang cukup populer adalah madu mongso. Jajanan yang satu ini sangat mudah dijumpai di berbagai acara seperti pernikahan hingga acara keagamaan. Jajanan madumongso biasa disajikan dengan bungkus kertas warna-warni atau plastik bening.

Ciri khas dari jajanan yang satu ini adalah memiliki warna hitam atau coklat gelap. Cita rasanya yang manis dan khas menjadikan jajanan tradisional madu mongso masih ada dan mudah dijumpai hingga saat ini. Anda akan mudah menemukan jajanan yang satu ini di berbagai daerah di Jawa Timur seperti Blitar, Madiun, hingga Ponorogo.

Review kuliner

Puthu Lanang Claket : Kuliner Legendaris Malang Sejak 1935

Repoeblik Telo : Tempatnya Makanan Lezat Berbahan Dasar Serba Telo

2. Brem

Brem
suarasikap.com

Brem menjadi jajanan khas Jawa Timur yang juga menjadi salah satu jajanan khas dari kota Madiun. Jajanan yang cukup populer ini memiliki cita rasa yang manis. Berem biasa disajikan dengan bentuk kotak kecil hingga kotak berukuran besar. Sebelum dicetak menjadi bentuk kotak, ada teknik khusus yang digunakan untuk mengolah sari tape ketan menjadi brem.

Baca juga :  10 Ragam Pie Khas Inggris Yang Selalu Laris Manis

Jajanan yang satu ini diminati oleh semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Tidak sedikit juga yang mempercayai bahwa mengkonsumsi brem bisa menghilangkan jerawat sekaligus meremajakan kulit.

3. Sale Pisang

Sale Pisang
blog.sayurbox.com

Ada cukup banyak jajanan khas Jawa Timur yang menggunakan pisang sebagai bahan utamanya, salah satunya adalah sale pisang. Sudah tidak perlu diragukan lagi bahwa sale pisang menjadi jajanan yang memiliki cita rasa lezat. Pacitan menjadi salah satu kawasan dimana anda akan dengan mudah menjumpai jajanan sale pisang.

Ada banyak cara penyajian sale pisang salah satunya adalah dengan membungkusnya ke dalam kertas warna-warni. Jajanan yang disukai oleh semua kalangan ini wajib Anda coba saat berada di Jawa Timur.

4. Gethuk Pisang

getuk pisang
bukalapak.com

Selain sale pisang, getuk pisang juga menjadi salah satu jajanan khas Jawa Timur yang sayang untuk tidak Anda coba. Jajanan yang satu ini berasal dari kota Kediri. Getuk pisang memiliki cita rasa manis dan asam serta aroma khas dan menggugah selera. Selain banyak diburu untuk langsung dikonsumsi sebagai jajanan, tidak jarang juga getuk pisang dibeli sebagai oleh-oleh dari Jawa Timur.

Meskipun getuk pada umumnya dibuat dengan bahan dasar ubi, sukun, atau singkong, tetapi getuk yang menggunakan bahan dasar pisang juga tidak kalah lezat untuk dicoba. Teksturnya yang unik dan empuk juga menjadikan anda ketagihan saat mencobanya.

5. Ledre

Ledre
masakandapurku.com

Pernah mendengar sebutan salah satu jajanan khas Jawa Timur yakni ledre? Ledre merupakan salah satu jajanan yang memiliki bentuk mirip dengan kue semprong. Yang membedakan ledre dengan kue semprong adalah ledre memiliki tekstur yang lebih tipis dan mudah hancur. Cita rasa gurih dan manis menjadikan jajanan ini banyak diminati oleh semua kalangan.

Baca juga :  13 Tempat Makan Keluarga di Jakarta Pusat Enak dan Murah

Ledre dibuat dengan berbagai bahan seperti tepung beras, santan, pisang raja, telur, gula pasir, serta minyak kacang. Jajanan yang satu ini biasa dihidangkan bersama kopi, teh, atau minuman hangat lainnya.

6. Wingko Babat

wingko babat
blog.tokowahab.com

Bagi Anda pecinta hidangan dengan cita rasa manis, wingko babat menjadi salah satu jajanan khas Jawa Timur yang wajib Anda coba. Berbagai bahan yang digunakan untuk membuat jajanan yang satu ini di antaranya kelapa muda, tepung beras ketan, serta gula. Setelah melakukan pengolahan cukup panjang, wingko babat kemudian dibentuk menjadi lingkaran pipih sebelum disajikan.

Wingko babat merupakan jajanan yang memiliki tekstur unik saat dikonsumsi. Cita rasa manis dan gurih yang berpadu menjadi satu juga membuat Anda ketagihan setelah mencobanya. Yang menyebut bahwa wingko babat merupakan jajanan yang berasal dari Madiun.

7. Opak Gambir

 Opak Gambir
today.line.me

Ada cukup banyak jajanan khas Jawa Timur yang menawarkan cita rasa lezat dan wajib Anda coba. Salah satunya adalah opak gambir. Jajanan yang berasal dari kota Blitar ini bisa dibilang mirip dengan kue semprong. Hanya saja yang membedakan opak Gambir memiliki banyak warna. Untuk menemukan jajanan yang satu ini tidaklah sulit karena opak gambir mudah dijumpai di hampir seluruh toko oleh-oleh di Jawa Timur.

Opak Gambir dibuat dengan berbagai bahan seperti tepung terigu, gula, telur, dan campuran sari buah. Setelah semua bahan dicampur dan diolah, kemudian dicetak seperti corong dan opak gambir siap disajikan.

8. Pudak Gresik

pudak gresik
gresspedia.com

Saat mencari jajanan khas Jawa Timur yang membuat Anda cepat kenyang, tentu pudak Gresik menjadi pilihan yang tepat. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat jajanan yang satu ini di antaranya tepung beras, jagung manis, serta tambahan santan. Pudak Gresik memiliki ciri khas yakni dibungkus dengan daun jagung muda. Selain langsung dinikmati, pudak Gresik juga banyak diburu untuk oleh-oleh dan dibawa pulang.

Baca juga :  10 Makanan Khas Disajikan Untuk Merayakan Hari Kemerdekaan

Anda bisa dengan mudah menemukan jajanan pudak Gresik di berbagai kota di Jawa Timur. Cita rasa serta teksturnya yang khas menjadikan jajanan yang satu ini masih banyak diburu hingga saat ini.

9. Kue Geti Tulungagung

Kue Geti Tulungagung
wisatasagita.blogspot.com

Bagi Anda pecinta makanan dengan cita rasa manis, kue Geti Tulungagung menjadi salah satu jajanan khas Jawa Timur yang tepat untuk Anda coba. Jajanan yang satu ini berasal dari kabupaten Tulungagung. Bahan yang digunakan untuk pembuatan kue Geti cukup sederhana dan mudah dijumpai diantaranya gula merah, kacang tanah, dan juga wijen.

Setelah melalui proses pembuatan, kue Geti ini dibentuk kotak-kotak sebelum disajikan. Cita rasa manis dari kue Geti menjadikan jajanan yang satu ini banyak digemari oleh semua kalangan.

10. Onde-onde Mojokerto

onde onde
sajiansedap.grid.id

Berapa dari anda tentu sudah tidak asing dengan jajanan khas yakni onde-onde. Anda akan bisa dengan mudah menjumpai onde-onde di berbagai daerah di Jawa Timur khususnya daerah Mojokerto. Onde-onde memiliki bentuk yang khas yakni bulat dengan taburan wijen di bagian luarnya. Jajanan yang memiliki isian kacang hijau ini menawarkan cita rasa yang lezat dan khas saat dikonsumsi.

Selain banyak diburu untuk dinikmati langsung, tidak jarang juga onde-onde dibungkus sebagai buah tangan atau oleh-oleh untuk dibawa pulang. Lezatnya jajanan yang satu ini sayang untuk tidak Anda coba.

Nah, di atas merupakan daftar jajanan khas Jawa Timur. Jajanan manakah yang paling ingin Anda coba?



Leave a Reply