Categories: Wisata

10 Istana Megah di India, Megah Berbalut Cerita Indah

India merupakan salah satu Negara di Asia yang sampai saat ini masih memiliki sejumlah istana kerajaan yang masih terawat. Beberapa dari istana tersebut telah menjelma menjadi museum, hotel dan bahkan masih ada yang masih ditinggali oleh keturunan bangsawan. Nah, buat kalian yang ingin berkunjung ke istana tersebut dan merasakan menjadi bangsawan dalam sehari,

Istana di India berikut ini bisa menjadi Tempat Wisata menyenangkan

1. City Palace, Jaipur

myindiacabservice.com

City Palace merupakan salah satu istana di India yang cukup banyak menarik perhatian wisatawan dari berbagai Negara. Istana yang berada di kota Jaipur, Rajashtan ini ini telah ada sejak tahun 1732.

Dulunya istana ini menjadi tempat tinggal pribadi Maharaja Sawai Jai Singh II dari Jaipur. Bangunan dari istana ini sendiri merupakan perpaduan dari gaya arsitektur Rajput, Mughal dan Eropa. Di dalam istana ini terdapat pavilion, kuil dan juga kebun dan salah satu bagian paling menarik dalam istana ini adalah pintu masuknya yang didesain seperti ekor burung merak.

Jaisalmer City Trip: Mengunjungi Patwon Ki Haveli Yang Unik Nan Menawan

India Gate, Landmark Kota New Delhi Yang Penuh Sejarah

2. Rambagh Palace, Jaipur

flickr.com

Istana di India selanjutnya juga masih berada di kota Jaipur, Rajashtan, yaitu Rambagh Palace. Rambagh Palace ini diangun pada abad ke-19 dan dulunya berfungsi sebagai tempat peristirahatan setelah berburu di masa pemerintahan Maharaja Jaipur.

Istana ini memiliki banyak ruangan yang indah dan artistic dan kebun yang indah serta koridor yang dipenuhi perabotan marmer. Sekarang Rambagh Palace telah menjadi hotel mewah yang tarifnya mencapai puluhan juta per malamnya. Tentunya harga tersebut sebanding dengan service, fasilitas dan pengalaman yang akan kamu dapatkan. Menginap di Rambagh Palace ini tentu akan membuatmu seolah menjadi keluarga kerajaan.

3. City Palace, Udaipur

travelogyindia.com

Tak hanya Jaipur, Udaipur juga memiliki istana yang tak kalah megah bernama City Palace. City Palace Udaipur ini dibangun pada abad ke-16 dan berlokasi diatas tebing dengan pemandangan yang sangat indah, yaitu Danau Pichola dan Pegunungan Aravalli. Tak heran jika City Palace ini menjadi salah satu istana di India yang banyak diminati wisatawan dari berbagai Negara.

City Palace Udaipur ini mengusung gaya bangunan perpaduan dari Mughal dan Rajashtani yang mana dulunya menjadi tempat tinggal keluarga Dinasti Mewar. Di dalamnya kamu akan menemukan istana-istana kecil, kuil, infinity pool dan danau. Interior dari istana ini pun ngga kalah menarik karena dilengkapi dengan lukisan dinding, perabotan marmer, cermin-cermin hingga kerajinan perak.

4. Lake Palace, Udaipur

blog.luxurygold.com

Istana di India selanjutnya masih berada di Udaipur, Rajashtan, yaitu Lake Palace. Lake Palace ini bisa dibilang cukup unik karena dibangun di tengah Danau Pichola yang indah.

Lake Palace ini dibangun pada abad ke-18 atas perintah Maharaja Jagat Singh II. Dulunya istana ini berfungsi sebagai istana musim dingin Dinasti Mewar. Meskipun berada ditengah danau, namun istana ini memiliki ragam fasilitas mewah selayaknya istana pada umumnya. Di dalamnya terdapat air mancur, kebun dan halaman yang sangat mewah.

Saat ini Lake Palace ini berubah menjadi sebuah hotel mewah yang memiliki 83 kamar dan suites. Jika kamu tertarik untuk menginap disini, tentu kamu harus mergoh kocek yang agak dalam karena per malamnya dipatok sekitar Rp 13 jutaan.

5. Umaid Bhawan Palace, Jodhpur

booking.com

Umaid Bhawan Palace juga menjadi salah satu istana di India yang layak untuk dikunjungi. Istana yang berada di Jodhpur, Rajashtan ini memiliki luas mencapai 105 meter persegi dengan bangunan bergaya Indo-Saracenic.

Istana ini dulunya merupakan tempat tinggal Maharaja Gaj Singh yang di dalamnya terdapat museum berisikan mobil klasik, koleksi jam, memorabilia, fotografi hingga macan tutul yang telah diawetkan. Sekarang istana ini telah menjelma menjadi museum dan kamar yang ada didalamnya menjadi hotel.

6. Mysore Palace, Mysore

fabhotels.com

Jika berbicara soal istana di India yang wajib dikunjungi, rasanya belum lengkap jika tak berkunjung ke Mysore Palace. Mysore Palace ini berada di Negara bagian Karnataka tepatnya di kota Mysore.

Istana ini memiliki gaya arsitektur perpaduan dari Hindu, Muslim, Gotik dan Rajput sehingga terlihat sangat megah dan menakjubkan. Mysore Palace ini dibangun pada tahun 1897 dan memiliki tiga tingkat yang terdiri dari 2 durbar hall atau aula khas istana India, istana, pavilion boneka antic, galeri foto dan 12 kuil Hindu. Istana ini dulunya menjadi tempat tinggal resmi Wodeyar, yaitu keluarga kerajaan Mysore, namun sekarang istana ini dibuka untuk umum.

7. Lakshmi Vilas Palace, Vadodara

flickr.com

Istana di India yang satu ini berada di Gujarat, Negara India bagian barat tepatnya di kota Vadodara. Istana ini dikenal dengan nama Lakshmi Vilas Palace dan dibangun pada tahun 1890 diatas lahan seluas 2 kilometer.

Bangunan istana ini mengusung gaya Indo-Saracenic, yaitu gaya arsitektur kebangkitan yang didesain oleh arsitek Inggris pada bangunan di India. Di dalam istana ini kamu bisa melihat ruang perjamuan yang sangat megah, museum berisi lukisan dan artefak dari berbagai Negara.

Dulunya Istana Lakshmu ini menjadi tempat tinggal Gaekwads, yaitu keluarga kerajaan Vadodara. Sekarang sebagian dari istana ini dibuka untuk umum sebagai museum dan sebagian lainnya menjadi hotel.

8. Jai Vilas Palace, Gwalior

fabhotels.com

Jai Vilas Palace juga menjadi salah satu istana di India yang tak kalah megah untuk kamu kunjungi. Istana yang dibangun pada abad ke-19 ini adalah milik Maharaja Jayajirao dari Gwalior dan berada di Negara bagian Madhya Pradesh.

Bangunan istana ini memiliki luas sekitar 117 ribu meter persebi dengan gaya bangunan ala Eropa. Istana ini terdiri dari tiga tingkat dengan masing-masing gaya arsitektur yang berbeda. Pada lantai satu memiliki gaya Tuscan, lantai dua bergaya Italian-Doric dan di lantai 3 bergaya Corinthian. Selayaknya istana India lainnya, Jai Vilas Palace ini juga memiliki durbar hall yang dilengkapi dengan lampu gantung raksasa, karpet mewah dan perabotan berlapis emas.

9. Falaknuma Palace, Hyderabad

booking.com

Istana di India yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Falaknuma Palace. Istana ini berada di Negara bagian Telagana tepatnya di Hyderabad dan dibangun diatas tebing setinggi 600 meter.

Falaknuma Palace dulunya adalah tempat tinggal Nizam dari Hyderabad yang sekarang telah berubah menjadi hotel mewah. Istana ini memiliki interior yang sangat indah dan dilengkapi dengan lampu gantung Venesia, tangga marmer, pilar khas Romawi dan perabotan mewah. Sementara pada bagian luarnya kamu bisa melihat kebun-kebun bergaya Jepang, Mughal dan Rajashtani. Istana ini juga memiliki perpustakaan besar dengan koleksi Al-Quran yang sangat langka.

10. Chowmahalla Palace, Hyderabad

indiatourismguide.in

Istana di India yang terakhir adalah Chowmahalla Palace. Istana megah ini juga masih berada di Hyderabad, Negara bagian Telagana.

Chowmahalla Palace yang berarti benteng ini dulunya juga menjadi tempat tinggal Nizam dari Hyderabad. Istana yang berdiri sejak abad ke-19 ini memiliki 4 bangunan istana yang megah dengan gaya bangunan Neo-Klasik. Di dalam istana ini terdapat koridor luas dengan berbagai macam ruangan, kolam, air mancur dan durbar hall.

prita

Recent Posts

Seafood Lover, Nih Rekomendasi 7 Tempat makan kerang Enak di Jakarta

Jika membahas kuliner di kota Jakarta memang tidak pernah habis-habisnya, karena beragam kuliner di Jakarta…

5 hours ago

10 Wisata Sejarah di Yogyakarta Mulai Keraton, Benteng Hingga Gua

Yogyakarta menjadi salah satu daerah istimewa yang digemari wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan. Daerah yang…

10 hours ago

7 Minuman keras tradisional Indonesia, Pernah Cobain?

Jika membahas Indonesia memang tidak habis-habisnya menawarkan destinasi wisata yang indah dari pantai, air terjun,…

17 hours ago

7 Destinasi Agrowisata di Jogja Cocok Untuk keluarga

Jogja memang menjadi salah satu kota yang indah, dan sering disebut sebagai Kota kenangan. karena…

1 day ago

7 Minuman Khas Malang Enak Dinikmati Baik Siang Maupun Malam

Kota Malang memang menjadi kota wisata di Jawa Timur yang sangat populer, dan selalu menjadi…

1 day ago

10 Makanan khas Swiss yang enak, unik, dan Creamy

Swiss memang menjadi salah satu Negara dengan pembuatan coklat paling lezat di dunia. Yups memang…

2 days ago