Share your paradise and culinary and get chance to win IDR 1.000.000

10 Istana Kerajaan Paling Besar dan Menakjubkan di Dunia


Reni  November 17, 2019  0 Comment


Bentuk pemerintahan monarki merupakan bentuk pemerintahan paling umum pada beberapa abad lalu. Pemimpinnya disebut sebagai raja. Raja dan keluarganya, termasuk pelayan-pelayannya biasanya akan tinggal di sebuah istana. Karena merupakan tempat tinggal penguasa, tidak heran jika biasanya istana dibangun megah.

Berikut ini daftar 10 istana kerajaan paling besar dan menakjubkan di dunia.


Istana Kerajaan Paling Besar dan Menakjubkan


1. Istana Versailles

istana terbesar di dunia
Instagram/ versaillesforever


Istana Versailles berlokasi di Versailles, region Île-de-France, Prancis. Sebelum menjadi istana, tempat ini merupakan sebuah pondok untuk berburu yang dibangun oleh Louis XIII di tahun 1624. Dalam bahasa Prancis, Istana Versailles disebut dengan Château de Versailles.
Dari pusat kota Paris, Istana Versailles berjarak sekitar 20 kilometer ke arah barat daya. Istana ini juga menjadi saksi terjadinya Revolusi Prancis yang sangat berpengaruh pada sejarah negara tersebut.
Istana Versailles sekarang dialihfungsikan menjadi museum dan terbilang sebagai salah satu destinasi wisata paling populer di Prancis. Wisata yang ditawarkan tentu wisata sejarah. Meski sudah menjadi museum, beberapa kegiatan politik masih sering dilakukan di istana ini.


2. Istana Schonbrunn

kerajaan terbesar di dunia
Instagram/ stefan_balaz_photography


Kemegahan Istana Schonbrun dikabarkan tidak kalah dengan Istana Versailles yang berada di Prancis.
Terletak di ibu kota Austria, yakni kota Wina, Istana Schonbrunn memang menjadi salah satu daya tarik utama bagi wisatawan. Pembangunannya dimulai pada tahun 1696 sampai dengan 1712 atas perintah Raja Leopold I. Istana megah ini memiliki begitu banyak kamar, kabarnya mencapai 1.441 kamar.
Istana Schonbrunn dikelilingi halaman yang sangat luas lengkap dengan maze/labirin. Anda juga akan menemukan gloriette (rumah marmer) yang berada di bukit setinggi 60 meter. Jika Anda tengah berkunjung ke sini, sempatkan juga untuk mengunjungi kebun binatang tertua di dunia.


3. Forbidden City

istana besar di dunia
Insatgram/ viadellasetaviaggi


Sekarang beralih ke Asia. Forbidden City merupakan istana yang digunakan pada masa kekaisaran Dinasti Ming hingga akhir Dinasti Qing. Letaknya berada di tengah-tengah kota Beijing, Tiongkok. Dahulu, tempat ini menjadi pusat pemerintahan selama hampir setengah abad.
Pembangunan dilakukan pada tahun 1406-1420. Seluruh kompleks istana memiliki luas sekitar 720.000 m2 dan terdiri dari 980 bangunan. Harus diakui bahwa arsitektur dari Forbidden City memiliki pengaruh terhadap perkembangan budaya dan arsitektur di Asia Timur, maupun tempat lain.
Pengalihfungsian istana menjadi museum istana terjadi pada 1925. Pada tahun 1987, istana ini dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Bukan hanya itu, Forbidden City juga menjadi koleksi terbesar struktur kayu kuno yang diawetkan.


4. Istana Buckingham

istana terbesar di dunia
visitlondon.com/


Dahulu mungkin tidak akan ada yang menyangka jika di Buckingham akan berdiri sebuah istana megah. Sebelum dibangun menjadi istana, lokasi istana dulunya merupakan kerajaan perkebunan mullberry yang dimiliki oleh Raja James I.
Selain itu, lokasi tersebut juga dijadikan peternakan ulat bulu untuk memproduksi benang-benang sutra. Akan tetapi terjadi kegagalan panen. Hingga pada tahun 1703, seorang bangsawan bernama Buckingham membeli tanah tersebut.
Mulanya bangsawan itu hanya membangun rumah yang memiliki arsitektur megah. Kemudian setelah ia meninggal, tepatnya pada 1761, rumah megah itu dibeli oleh Raja George III dan difungsikan sebagai istana. Pembeliannya ditujukan untuk menjadi hadiah bagi Ratu Charlotte. Namun Ratu Victoria justru yang menjadi keluarga kerajaan pertama yang tinggal di istana Buckingham. Ia dan keluarganya mendiami istana ini mulai tahun 1837.


5. Alhambra

kerajaan terbesar di dunia
Instagram/planesgranada


Bila Anda berkunjung ke Granada yang berada di selatan Spanyol, Anda bisa menemui Istana Alhambra. Mulanya istana ini dibangun sebagai di tahun 889. Kemudian oleh Sultan Yusuf I, fungsinya diubah menjadi istana kerajaan di tahun 1333 I. Pembangunannya ditujukan untuk para Emir Muslim yang berasal dari Dinasti Nasrid.
Pada tahun 1492, terjadi penaklukan oleh Reyes Catolicos. Beberapa bagian dari istana digunakan oleh penguasa yang beragama Kristen. Alhambra sekarang dijadikan sebagai salah satu tempat wisata utama di Spanyol. Sebagian besar wisatawan yang datang ke Granada bertujuan untuk berkunjung ke Istana Alhambra.


6. Istana Nurul Iman

istana nurul iman brunei
dictio.id


Dari sekian istana yang ada saat ini, salah satu yang masih berfungsi sebagai pusat pemerintahan adalah Istana Nurul Iman. Dilengkapi dengan taman yang indah dan pepohonan rindang, menjadikan istana ini nyaman ditempati. Jaraknya hanya beberapa kilometer ke arah selatan dari ibu kota Bandar Seri Begawan.
Di dalam istana terdapat 1.788 kamar yang termasuk di dalamnya 257 kamar mandi. Ruang perjamuannya sangat luas dan dapat menampung hingga 5.000 tamu. Masjidnya pun tidak kalah luas, dapat menampung hingga 1.500 orang. Luas keseluruhan Istana Nurul Iman ini mencapai sekitar 200.000 m². Perhitungan luas berdasarkan pengukuran luas lantai. Di dalam istana ini terdapat 44 tangga dan juga 18 lift.


7. Istana Mysore

istana besar di dunia
Instagram/ tinycam_hemant


Berlokasi di Mysore, bagian selatan India. Istana Mysore sering disebut dengan Istana Amba Vilas atau Amba Vilas Palace. Di sini merupakan tempat yang menjadi kediaman resmi dari Wodeyars, yang merupakan anggota keluarga kerajaan lama Mysore. Mereka menempati istana tersbut pada tahun 1399-1947.
Sempat mengalami kebakaran cukup hebat, istana ini kemudian direkonstruksi ulang pada tahun 1912. Selain Taj Mahal, Istana Mysore juga sangat populer. Jutaan wisatawan berkunjung setiap tahunnya ke istana ini. Jika Anda ingin berkunjung ke sini, saat terbaik ketika Festival Dasara, yakni pada bulan September-Oktober.


8. Royal Palace of Madrid

istana terbesar di dunia
Insatgram/ pateandomadrid


Dari namanya saja sudah terlihat bahwa istana ini berada di Madrid, Spanyol. Dalam bahasa aslinya, disebut dengan Palacio Real de Madrid. Istana yang disebut sebagai istana terbesar di dunia ini lokasinya berada di kawasan Calle de Bailén, arah barat kota Madrid. Di timurnya terdapat Sungai Manzanares.
Istana ini masih digunakan sebagai tempat tinggal keluarga kerajaan Spanyol, namun penggunaannya hanya untuk upacara kenegaraan. Luas istana ini sekitar 135.000 m2 diukur dari luas lantainya dan merupakan istana terbesar kedua di Eropa.
Di sini terdapat kurang lebih 3.418 kamar. Interiornya memiliki nilai seni yang tinggi, serta bahan untuk konstruksi dan dekorasi kamanya begitu halus.


9. Istana Louvre

louvre-palace
Instagram/ tresjolie_n


Kembali lagi ke Prancis. Mulanya, Istana Louvre merupakan sebuah benteng yang pembangunannya dilakukan ketika abad pertengahan. Benteng tersebut diubah menjadi istana kerajaan ketika Raja Charles V berkuasa, yakni pada abad ke-14.
Luasnya mencapai sekitar 210.000 m2. Istana ini masih sering digunakan untuk tempat tinggal utama anggota keluarga kerajaan Prancis. Meski begitu, sebagian besar ruang yang terdapat pada istana ini difungsikan sebagai museum.


10. Istana Topkapi

istana besar dunia
viator.com


Istana megah selanjutnya berada di Istanbul, Turki. Nama aslinya adalah Topkapi Sarayi yang dulunya merupakan kediaman utama dari Sultan Ottoman sejak tahun 1465-1856.
Karena merupakan pusat administrasi kerajaan, istana ini menjadi situs sejarah yang paling penting di Istanbul. Tidak heran jika istana ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, jumlahnya sampai lebih dari 2,5 juta pengunjung setiap tahunnya. Bagi umat Islam, istana ini memiliki keistimewaan tersendiri karena juga menyimpan jubah dan pedang Nabi Muhammad SAW.
Dari sekian daftar istana kerajaan paling besar dan menakjubkan di dunia, istana mana yang paling ingin Anda kunjungi?



Leave a Reply