Wisata

10 Gunung Star gazing Menatap Langit Penuh Bintang Paling Epik

Star gazing atau mengamati gugusan bintang memang bisa menjadi sebuah aktivitas liburan yang seru dan menjadi sebuah pengalaman tak terlupakan. Sayangnya, lampu-lampu kota dan polusi udara di kota membuat pengalaman ini menjadi kurang maksimal. Untuk itu, jika kamu ingin star gazing, salah atu tempat terbaiknya adalah di gunung. Banyak sekali gunung di Indonesia yang memiliki pemandangan indah di malam hari dan cocok untuk star gazing. Nah, jika kamu ingin mencoba pengalaman tersebut, kamu bisa berkunjung ke Nih Gunung untuk menatap langit penuh bintang

1. Gunung Bromo, Jawa Timur

blog.jadipergi.com

Gunung untuk star gazing yang pertama adalah Gunung Bromo. Gunung berapi yang masih aktif sampai saat ini memang menjadi salah satu destinasi yang cukup populer di Jawa Timur. Hal ini karena aksesnya yang cukup mudah dan banyak fasilitas untuk wisatawan sehingga berlibur di Bromo bisa lebih mudah.

Gunung Bromo memang terkenal dengan pemandangan sunrise atau matahari terbitnya, namun keindahan langit malam disini juga mampu membius siapapun yang datang. Kamu bisa berkemah dan menunggu waktu malam sehingga kamu bisa menikmati pemandangan gugusan bintang dari gunung setinggi 2.329 meter diatas permukaan laut ini.

Bukit Teletubbies Savana Bromo

Jalur Putus Asa Menuju Puncak Sejati Gunung Sumbing

2. Gunung Semeru, Jawa Timur

papanpelangi.blog

Masih di Jawa Timur, Gunung untuk star gazing selanjutnya juga masih berada satu kawasan dengan Gunung Bromo, yaitu Gunung Semeru. Puncak tertinggi di Pulau Jawa ini memang menawarkan keindahan yang luar biasa, tak heran jika banyak pendaki yang ingin sekali menaklukan puncaknya.

Gunung Semeru juga sangat pas untuk dijadikan tempat menikmati indahnya malam. Salah satu spot terbaiknya ada di Ranu Kumbolo. Danau indah diatas gunung ini tak hanya menawarkan keindahan matahari terbit saja, melainkan keindahan bintang-bintang di langit malamnya. Dari sini kamu bisa menikmati gugusan cahaya diatas langit yang beterbangan hingga galaksi Bimasakti.

3. Gunung Ijen, Jawa Timur

ijenexpedition.com

Gunung Ijen juga menjadi salah satu gunung untuk star gazing terbaik di Indonesia yang wajib untuk kamu kunjungi. Gunung ini memang terkenal dengan keindahan kawahnya dan blue fire nya yang menjadi salah satu blue fire terindah di dunia.

Selain bisa menikmati indahnya blue fire, disini kamu juga bisa menikmati indahnya langit malam di puncaknya. Untuk bisa menikmatinya lebih lama, kamu bisa berkemah di area puncak Ijen. Namun jika waktu kamu terbatas, kamu bisa menikmati keindahan langit malam disini saat turun mendaki atau naik mendaki.

4. Paralayang Gunung Banyak, Jawa Timur

amazingmalang.id

Jawa Timur memang dikenal memiliki sederet pegunungan yang masih aktif maupun sudah tidak aktif lagi. Salah satu deretan pegunungan yang memiliki jalur mudah namun pemandangannya sangat indah adalah Gunung Banyak.

Kawasan gunung ini memang terkenal dengan fasilitas paralayangnya. Kegiatan ini sangat cocok bagi kamu yang menyukai olahraga menantang. Namun, jika kamu tidak cukup berani untuk melakukan paralayang, kamu bisa hanya bersantai di kawasan gunung ini sambil menikmati pemandangan malamnya.

Gunung ini memang indah jika dinikmati pada pagi hari, namun pemandangan pada malam harinya tak kalah menawan. Kamu tak hanya bisa melihat lampu-lampu kota yang Nampak dari kejauhan, namun juga bisa menikmati indahnya langit malam. Tak heran jika gunung ini dianggap sebagai salah satu gunung untuk star gazing terbaik.

5. Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat

straitstimes.com

Gunung untuk star gazing yang satu ini menjadi gunung cukup menantang untuk ditaklukkan, pasalnya Gunung Rinjani menjadi bagian dari Pacific Ring of Fire. Gunung ini memang memiliki jalur pendakian yang menantang, namun menawarkan pemandangan yang sangat indah. Terutama saat malam hari.

Salah satu spot untuk menikmati langit malam di gunung ini adalah Segara Anakan. Kamu bisa mendirikan tenda di Segara Anakan ini sambil menikmati indahnya langit malam, apalagi ditemani dengan tenangnya air danau Segara Anakan, pastinya akan membuat perjalananmu ke Rinjani akan terasa lebih menyenangkan dan tidak terlupakan.

6. Gunung Prau, Jawa Tengah

wisatadieng.net

Selain Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat, Jawa Tengah juga memiliki gunung untuk star gazing yang tak boleh untuk dilewatkan. Salah satunya adalah Gunung Prau.

Gunung Prau memang memiliki jalur pendakian yang cukup mudah dan tidak terlalu terjal, namun kamu juga tetap bisa menikmati indahnya pemandangan khas pegunungan, khususnya pada malam hari. Untuk bisa star gazing, kamu harus berkemah di kawasan ini. Tapi tenang saja karena banyak pengunjung yang berkemah disini juga, jadi kamu tidak akan sendirian. Tak hanya bisa menikmati indahnya langit malam, kamu pun juga akan disuguhi dengan pemandangan matahari terbit yang sangat indah dari sini.

7. Gunung Sindoro, Jawa Tengah

elevation.maplogs.com

Gunung Sindoro merupakan salah satu gunung yang cukup populer di Jawa Tengah. Gunung setinggi 3.153 meter diatas permukaan laut ini memang memiliki keindahan alam yang luar biasa, apalagi saat malam hari.

Gunung Sindoro memang terkenal memiliki pemandangan menawan saat malam hari. Disini kamu bisa mendirikan tenda untuk bermalam sambil menikmati keindahan langit malam yang berpadu dengan dinginnya udara khas pegunungan. Sama halnya dengan Gunung Prau, pagi harinya kamu juga akan disuguhi dengan golden sunrise yang tak kalah menawan.

8. Gunung Merbabu, Jawa Tengah

phinemo.com

Gunung untuk star gazing selanjutnya juga masih berada di Jawa Tengah, yaitu Gunung Merbabu. Gunung yang berada di tiga kabupaten, yaitu Magelang, Boyolali dan Semarang ini memang menjadi salah satu gunung terfavorit di kalangan pendaki Indonesia.

Gunung setinggi 3.145 meter diatas permukaan laut ini memang menjadi gunung tertinggi di Jawa Tengah, untuk itu kamu bisa dengan mudah untuk star gazing disana. Kamu perlu bermalam disini untuk bisa menikmati indahnya langit malam dari puncak Gunung Merbabu ditemani dengan dinginnya udara pegunungan sehingga menawakan suasana yang tak terlupakan.

9. Gunung Batur, Bali

locationscout.net

Bali memang terkenal dengan wisata pantainya yang memukai. Namun tak hanya pantai, disini kamu juga bisa menemukan gunung untuk star gazing, lho.

Gunung ini bernama Gunung Batur dan merupakan gunung berapi aktif tertinggi kedua di Bali. Gunung Batur sangat terkenal dengan kaldera dan Danau Baturnya yang indah karena berbentuk bulan sabit. Tak hanya itu, langit malam di Gunung Batur ini juga terkenal sangat indah dan cocok untuk star gazing. Untuk mengamati bintang disini, kamu bisa melakukannya saat perayaan Nyepi, dimana Bali akan menjadi sangat gelap. Kamu bisa berkemah di gunung ini atau menyewa penginapan kecil di beberapa area untuk dijadikan basecamp.

10. Gunung Gede, Jawa Barat

travel.okezone.com

Gunung untuk star gazing yang terakhir adalah Gunung Gede yang ada di Jawa Barat. Gunung ini juga menjadi salah satu gunung favorit para pendaki di Indonesia karena keindahannya yang luar biasa.

Gunung Gede juga menjadi spot terbaik untuk star gazing di Indonesia. Salah satu spot untuk star gazing di Gunung Gede adalah di padang edelweiss yang indah. Kamu bisa menikmati indahnya langit pada malam hari yang dipenuhi bintang-bintang bertemankan hamparan edelweiss yang indah.

prita

Recent Posts

10 Tempat Makan Seafood Enak di Surabaya Dengan Rasa Mengigit

Surabaya merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang dikenal menawarkan banyak tempat wisata sekaligus…

4 hours ago

12 Museum Musik di Dunia Yang Menarik Dikunjungi Para Pecinta Musik

Siapa sih yang tidak ingin mengunjungi museum musik? Musik memang menjadi favorit semua orang untuk…

9 hours ago

10 Rekomendasi Mie Ayam Ceker Paling Enak di Surabaya

Surabaya dikenal dengan sebutan Kota Pahlawan dan menjadi Ibukota Jawa Timur. Kota yang satu ini…

16 hours ago

9 Rute Tujuan Wisata Bahari Oleh Pelni, Cobain yuk!

PT Pelayaran Nasional Indonesia atau Pelni juga turut menunjang pariwisata Indonesia dengan menawarkan wisata bahari…

1 day ago

8 Es Cendol Paling Enak di Penang Selalu Ramai Pembeli

Es Cendol Enak di Penang di Malaysia memang terkenal dengan wisata sejarahnya dan kulinernya yang…

1 day ago

10 Taman Nasional di Sri Lanka Pesonanya Tak Kalah Dengan Afrika

Sri Lanka adalah salah satu Negara di Asia yang lokasinya berada di Samudera Hindia. Negara…

2 days ago