10 Food Museum Terkenal di Dunia Yang Menarik Untuk Dikunjungi


prita  January 9, 2021  0 Comment

Siapa nih yang suka banget kulineran? Pernah kepikiran untuk berkunjung ke food museum ngga? Bagi pecinta kuliner, menyambangi food museum atau museum makanan menjadi sebuah kewajiban saat berlibur. Di dunia ini terdapat sejumlah food museum yang menarik untuk dikunjungi, tentunya dengan berbagai macam pilihan tema, jenis makanan dan konsep. Setiap museum bahkan fokus pada makanan atau jenis makanan tertentu dimana kamu bisa menggali fakta-faktanya. Nah, buat kamu yang ingin berkunjung, berikut adalah rekomendasi Food museum di dunia di dunia yang bisa membuatmu ngiler

1. The Dessert Museum, Filipina

The Dessert Museum
curlytales.com

The Dessert Museum atau Museum Hidangan Penutup ini merupakan salah satu food museum di dunia yang wajib kamu kunjungi. Museum yang berada di kawasan Pasay Filipina ini merupakan salah satu museum paling indah karena didomonasi oleh dekorasi berwarna merah muda yang menggemaskan.

Museum ini sangat layak untuk dikunjungi saat kamu berlibur ke Filipina, pasalnya museum ini sangat menarik dan instagramable. Banyak sekali orang yang menyukai dessert, maka tak heran jika museum ini banyak diminati oleh wisatawan.

Disini kamu akan disuguhi dengan berbagai hidangan penutup untuk dicicipi, seperti cupcakes dan donat. Tak hanya itu, museum ini juga menawarkan pemeran interaktif yang sangat menghibur seperti berenang dalam kolam permen atau berlarian di hutan permen.

Review tempat wisata

Mengeksplor Wonderfood Museum Penang, Awas Tambah Laper

Berenang Bersama Puluhan Penyu Di Pantai Meleura Raha

2. Instant Ramen Museum, Jepang

Instant Ramen Museum
osaka-info.jp

Food museum di dunia yang wajib kamu kunjungi selanjutnya adalah Instant Ramen Museum. Museum yang berlokasi di Osaka Jepang ini merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup populer di Osaka.

Ramen memang dikenal sebagai salah satu makanan khas Jepang yang digemari oleh banyak orang di dunia dan biasa disajikan di restoran-restoran. Namun, ramen instan juga tak kalah menjadi favorit karena terjangkau dan bisa dinikmati di rumah. Nah, dengan berkunjung ke museum ini, kamu bisa mengetahui sejarah ramen instan ini dalam berbagai jenis tampilan. Ramen-ramen yang dipamerkan pun memiliki berbagai macam rasa dan varian, bahkan kamu bisa menemukan ramen instan yang limited edition, lho.

3. Museu De La Xocolata, Spanyol

Museu De La Xocolata
pinterest.it

Jika kamu adalah penggemar cokelat, museum ini wajib untuk kamu kunjungi. Bernama Museu De La Xocolata, museum ini menjadi salah satu food museum di dunia yang paling banyak dikunjungi, terutama bagi pecinta cokelat.

Museum yang berlokasi di Barcelona ini menawarkan sejarah cokelat serta fakta-fakta menarik seputar cokelat di Eropa yang menarik dan mungkin belum pernah kamu ketahui. Menariknya lagi, setiap pengunjung bisa menukarkan tiket masuk dengan sepotong cokelat. Jadi kamu bisa menikmati cokelat sambil mendengarkan penjelasan menarik seputar cokelat, seperti penemuan biji kakao pertama kali hingga pertukaran antar Negara yang melibatkan cokelat.

4. Idaho Potato Museum, Amerika Serikat

Idaho Potato Museum
idahohighcountry.org

Food museum di dunia yang layak untuk kamu kunjungi selanjutnya adalah Idaho Potato Museum. Sesuai dengan namanya, museum ini berada di Idaho, Amerika Serikat, dan menawarkan ragam koleksi seputar kentang. Hal tersebut dikarenakan Idaho dikenal sebagai salah satu penghasil kentang terbaik di Amerika.

Berkunjung ke Idaho Potato Museum ini akan memberikanmu pengalaman lebih banyak seputar kentang. Mulai dari sejarah kentang hingga pentingnya kentang bagi Negara Bagian Idaho. Kamu bisa menikmati pameran hingga mural yang indah dan semuanya didedikasikan untuk merayakan makanan dan komunitas.

5. National Mustard Museum, Amerika Serikat

National Mustard Museum
mustardmuseum.com

Masih di Amerika Serikat, food museum di dunia yang satu ini juga tak kalah terkenal, yaitu National Mustard Museum atau Museum Mustard Nasional. Museum ini sangat digemari oleh mereka yang menyukai bumbu-bumbu daput.

National Mustard Museum ini menawarkan sejarah mustard dalam banyak pameran yang terlihat pada berbagai aspek bumbu. Kamu bisa melihatnya dalam toples vintage, pot hingga iklan-iklan mustard dari tahun awal kemunculannya. Untuk menikmati museum ini, kamu sama sekali tidak dikenakan biaya, tak heran jika museum ini menjadi salah satu museum paling favorit di Winconsin.

6. Jell-O Museum, Amerika Serikat

 Jell-O Museum
exploringupstate.com

Amerika Serikat tampaknya menjadi Negara yang memiliki cukup banyak food museum di dunia yang konsepnya beragam. Food museum yang satu ini bernama Jell-O Museum yang berada di Le Roy, New York.

Museum ini memiliki pameran menarik seputar Jell-O dengan konsep yang berwarna-warni. Kamu bisa memilih untuk ikuta tour bersama pemandu untuk bisa mengetahui lebih jauh fakta seputar Jell-O. Kamu akan diajak untuk membaca cerita pengunjung lainnya tentang pengalaman mereka saat berkunjung ke Jell-O hingga membuat resep unik.

7. Gingerbread Museum, Republik Ceko

Gingerbread Museum
tripadvisor.com

Selain Spanyol, kawasan Eropa lainnya yang memiliki food museum di dunia adalah Republik Ceko. Museum ini bernama Gingerbread Museum dan berada di kota Praha.

Meskipun terbilang terlalu kecil untuk disebut sebagai museum, namun hal tersebut tak mengurangi minat pengunjung untuk datang. Tempat ini memiliki banyak sekali koleksi gingerbread aatau roti jahe yang indah dan desain kue lainnya yang tak kalah menarik. Gingerbread disini tak hanya memiliki rasa yang lezat namun juga dibuat dengan desain yang indah dan menarik sehingga dibutuhkan kreativitas tinggi untuk membuatnya agar lebih menarik. Tak hanya melihatnya saja, museum juga akan memberimu sebuah gingerbread yang lezat untuk dibawa pulang, lho.

8. Wonder Food Museum, Malaysia

Wonder Food Museum
alldayeverydaisy.com

Malaysia juga memiliki salah satu food museum di dunia yang layak untuk kamu kunjungi. Museum ini dikenal dengan nama Wonder Food yang berada di kota Penang.

Wonder Food menyuguhkan berbagai macam replika makanan khas Malaysia yang akan membuatmu lapar. Meskipun replika, namun makanan tersebut dibuat dengan sangat detail hingga tampak seperti makanan sungguhan. Tak hanya itu, museum ini juga memiliki banyak spot instagramable yang akan mempercantik feed kamu.

9. The Frietmuseum, Belgia

The Frietmuseum
abcnews.go.com

Siapa sih yang ngga doyan kentang goreng? Makanan pembuka yang satu ini memang menjadi favorit banyak orang di dunia. Tapi pernahkah kamu berpikir untuk datang ke museum kentang goreng?

Museum ini dikenal dengan nama Frietmuseum dan berlokasi di Bruges, Belgia. Frietmuseum dikenal sebagai salah satu food museum di dunia yang cukup menarik perhatian wisatawan. Museum ini menempati bangunan tiga lantai dan akan menyuguhkan semua tentang kentang goreng. Mulai dari sejarah hingga beragam koleksi yang berhubungan dengan kentang goreng. Pada pameran museum ini kamu bisa melihat mesin pembuat kentang goreng, karya seni hingga berbagai macam kentang goreng. Tak ketinggalan, kamu juga bisa mencicipi langsung kentang goreng di café yang ada di lantai bawah.

10. The Museum of Ice Cream, Amerika Serikat

The Museum of Ice Cream
sf.eater.com

Food museum di dunia yang terakhir adalah The Museum of Ice Cream atau Museum Es Krim yang berada di San Fransisco, Amerika Serikat. Museum ini didedikasikan untuk salah satu hidangan penutup yang sangat digemari banyak orang, yaitu es krim.

Dengan berkunjung kesini, kamu bisa mengenal es krim lebih jauh, seperti sejarahnya hingga rasa-rasa terbaru dari es krim yang baru diciptakan. Berkunjung kesini tentunya akan memanjakan kelima panca indera kamu, karena tak hanya museumnya yang instagramable, kamu juga bisa mencicipi langsung es krim dengan resep terbaru, seperti rasa mangga dan selai kacang.



Leave a Reply