Wawasan

10 Festival Musim Panas di Jepang paling Meriah dan Megah

Festival musim panas di Jepang menjadi salah satu event yang paling banyak ditunggu oleh banyak orang, tak hanya oleh masyarakat setempat saja, namun juga bagi wisatawan yang akan berlibur ke Jepang.

unsplash.com

Saat musim panas, Jepang memang menjadi salah satu negara yang cukup menarik untuk dikunjungi karena selain kamu bisa menikmati keindahan alamnya, kamu juga bisa mengikuti ragam kegiatan menarik, salah satunya adalah beragam jenis festival.
Sebenarnya ada banyak kegiatan penuh keseruan yang dapat kamu lakukan dan tidak lekang oleh waktu, seperti datang ke museum-museum unik di Jepang atau wahana permainan Universal Studio yang ada di sana.

Booking tiket Universal Studios Japan di Traveloka & dapatkan promo menarik!

Namun dalam artikel berikut ini, GoTravelly telah merangkum informasi khusus mengenai festival musim panas yang dapat kamu temukan di Jepang. Penasaran dengan apa saja festival rakyat musim panas di sana dan bagaimana suasananya?
Menurutmu festival apa yang paling seru untuk dipilih saat datang ke negeri Sakura tersebut? yuk, cari tahu dan temukan jawabannya di sini!

Rekomendasi Festival Musim Panas di Jepang

1. Sumidagawa Fireworks Festival, Tokyo

fun-japan.jp

Festival musim panas di Jepang yang pertama wajib kamu hadiri adalah Sumidagawa Fireworks Festival yang dihelat di kota Tokyo. Konon, festival ini pertama kali diadakan pada tahun 1733 dan telah selamat dari Restorasi Meiji, Perang Dunia hingga beberapa dekade berikutnya.

Sesuai dengan namanya, festival ini berlangsung di tepi Sungai Sumida dan menjadi salah satu festival paling populer di Jepang. Festival ini berlangsung mulai pukul 7 malam waktu setempat dan kamu bisa menikmati indahnya kembang api di langit Tokyo selama 90 menit penuh.

Yoyogi Park: Taman Kota Yang Cantik Dalam Segala Musim

Osaka Castle, Istana Yang Paling Sering Dikunjungi Wisatawan Di Jepang

2. Sanno Matsuri, Tokyo

japantoday.com

Masih di kota Tokyo, kamu akan menemukan salah satu festival musim panas di Jepang yang tak kalah menarik bernama Sanno Matsuri atau Festival Sanno. Festival Sanno ini merupakan salah satu dari tiga festival besar di Tokyo dan diselenggarakan di tahun genap.

Sanno Matsuri ini biasanya berlangsung pada pertengahan Juni, biasanya pada tanggal 7 hingga 17 Juni. Saat festival ini berlangsung, kamu akan melihat sekitar 300 orang berkostum tradisional ditemani dengan musisi di atas kendaraan hias dan tempat mikoshi. Parade ini berawal dari Kuil Hie mulai pukul 8 pagi dan berpawai di sekitar pusat kota Tokyo kemudian kembali sebelum pukul 5 Sore.

Sanno Matsuri

3. Gion Matsuri, Kyoto

nippon.com

Gion Matsuri atau Festival Gion menempati posisi kedua sebagai festival musim panas di Jepang yang patut untuk kamu hadiri. Dihelat di Kyoto selama bulan Juli, festival ini terdiri dari banyak acara meriah hingga prosesi terbesar dihelat pada tanggal 17 Juli.

Festival Gion ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 869 dan memiliki sejarah yang hampir tidak terputus. Festival ini pertama kali diadakan untuk menenangkan para dewa setelah wabah penyakit dan sampai sekarang festival ini masih mengikuti tradisi sejak zaman dahulu, termasuk memilih anak lelaki lokal untuk menjadi utusan suci yang mana utusan suci ini tidak dapat menginjakkan kaki di tanah dari tanggal 13 Juli hingga akhir parade tanggal 17 Juli.

4. Aomori Nebuta Matsuri, Aomori

japan-guide.com

Festival musim panas di Jepang yang satu ini juga tak kalah seru dibandingkan dengan festival lainnya, yaitu Aomori Nebuta Matsuri. Festival ini merupakan salah satu festival terbesar di wilayah Tohoku dan diselenggarakan di Aomori.

Nebuta sendiri mengacu pada wahana pawai lentera kertas raksasa berbentuk prajurit yang terlihat ganas. Menurut cerita yang beredar di masyarakat setempat, shogun Sakanoue no Tamuramaro dikenang karena telah menempatkan lentera raksasa yang menyala di puncak bukit bersamanya dan prajuritnya sambil menunggu untuk menyergap Suku Emishi.

Festival Aomori Nebuta ini menampilkan penari yang mengenakan haneto dan meneriakkan kata “rassera” sambil menari. Serunya lagi, kamu bisa ikut berpartisipasi menjadi peserta pawai dengan menggunakan haneto juga.

5. Tenjin Matsuri, Osaka

pagesoftravel.com

Tenjin Matsuri atau Festival Tenjin juga masuk dalam daftar festival musim panas di Jepang yang wajib kamu hadiri. Festival ini juga masuk dalam daftar 3 festval top di Jepang karena telah berumur lebih dari 1000 tahun.

Festival Tenjin ini diadakan di sekitar Kuil Tenmangu Osaka dan memiliki dua bagian utama untuk festival, yaitu di darat dan di atas air. berlangsung di darat memperlihatkan prosesi ribuan orang berpakaian gaya istana dari abad ke-18 hingga ke-12 disertai dengan mikoshi, yaitu miniatur kuil yang dibawa di bahu. Sementara festival yang dihelat di air terjadi ketika ribuan peserta tersebut neik ke perahu di Jembatan Tenmanbashi dan berlayar di sungai. Menariknya, saat matahari terbenam api akan dinyalakan di atas kapal sehingga menciptakan tontonan bagi pengunjung, bahkan saat malam hari kamu bisa menikmati keindahan kembang api.

6. Awa Dance Festival, Awa

travel.gaijinpot.com

Festival musim panas di Jepang berikut ini sangat cocok bagi kamu yang suka menari, yaitu Awa Dance Festival. berlangsung di Provinsi Awa ini merupakan festival menari bersama-sama untuk menyambut perayaan Obon.

Festival yang diselenggarapan setiap tanggal 12 hingga 15 Agustus ini melibatkan sekitar 1.000 penari. Ribuan penari tersebut akan menari secara berkelompok dan setiap kelompok akan menunjukkan keunikannya masing-masing.

7. Yosakoi Festival, Koshi

lpkfajarinternasional.com

Yosakoi Festival merupakan salah satu festival musim panas di Jepang yang patut untuk kamu hadiri. Festival yang berlangsung di kota Kochi ini diadakan pada tanggal 10 hingga 11 Agustus dan telah berlangsung selama 60 tahun.

Festival Yosakoi ini merupakan salah satu festival yang energik dan telah menarik perhatian wisatawan dari berbagai Negara. Kamu bisa melihat para penari membawa kentungan kayu dan menari sehingga menjadikan seluruh kota larut dalam suasana yang meriah. Tak hanya itu, kamu juga bisa melihat banyak panggung dan ragam atraksi.

8. Sendai Tanabata Matsuri, Sendai

wattention.com

Festival musim panas di Jepang berikutnya adalah Sendai Tanabata Matsuri. Secara harfiah, Tanabata memiliki arti malam ke-7 karena festival ini dirayakan pada tanggal yang berbeda di seluruh Jepang.

Versi Sendai sendiri merupakan salah satu dari tiga festival musim panas utama di Tohoku dan menjadi yang paling terkenal. Festival ini berlangsung mulai tanggal 6 hingga 8 Agustus dan selama festival berlangsung seluruh kota Sendai akan menggantung dekorasi kertas berwarna-warni termasuk potongan kertas bertuliskan tangan yang berisi harapan keberuntungan.

9. Akita Kanto Matsuri, Akita

japan-guide.com

Selain Sendai Tanabata Matsuri, festival musim panas di Jepang yang berkaitan dengan Tanabata lainnya adalah Akita Kanto Matsuri. Festival yang berlangsung di Akita ini juga dikenal sebagai Festival Tiang Lentera dan diselenggarakan pada tanggal 3-6 Agustus.

Saat festival ini berlangsung kamu akan melihat para penampil yang memamerkan kebolehannya menyeimbangkan tiang Kanto dimana diatasnya terdapat lampion kertas. Ukuran dari setiap tiang pun bervariasi, ada yang hingga 12 meter dengan berat 50 kilogram dan bisa membawa 46 lampion dengan lilin di dalamnya. Saat mereka mengarak tiang-tiang lampion tersebut pastinya diramaikan dengan dentuman musik yang membuat acara semakin meriah.

10. Nagaoka Fireworks Festival, Nagaoka

id.zekkeijapan.com

Festival musim panas di Jepang yang terakhir adalah Nagaoka Fireworks Festival. Susuai dengan namanya, festival ini dihelat di kota Nagaoka dan menjadi salah satu festival kembang api terbesar di Jepang.

Festival yang biasanya diselenggarakan ada tanggal 2 – 3 Agustus ini pertama kali diselenggarakan setelah perang dunia kedua sebagai bentuk pemulihan. Hal ini membuat pada setiap festival dibuka, kembang api yang pertama kali muncul adalah berwarna putih yang menjadi symbol terhadap mereka yang gugur dalam serangan udara. Tak hanya itu, kamu juga bisa menikmati indahnya kembang api raksasa berdiameter 650 meter yang berbentuk bunga.

source: https://www.youtube.com/@wiranurmansyah

Sobat GoTravelly itulah beberapa destinasi yang dapat kamu pilih untuk menghabiskan waktu berlibur selama di Jepang. Ingin perjalananmu lebih seru? yuk, intip rekomendasi tempat seru dan asyik lainnya di GoTravelly!

Jehan

Recent Posts

11 Wisata Dekat Stasiun Gambir yang Recommended!

Siapa yang sudah merencanakan liburan seru ke Jakarta naik kereta api? Pasti asyik nih! Nah,…

4 months ago

16 Tempat Wisata Dekat Stasiun Sudirman, Spot Instagramable

Tahukah kamu bahwa terdapat tempat wisata dekat Stasiun Sudirman yang bisa kamu kunjungi?. Lokasi di…

4 months ago

15 Wisata Dekat Stasiun Bogor, Menakjubkan!

Jika naik kereta ke Bogor, pernahkan kamu merasa ingin mampir ke tempat wisata terdekat?. Banyak…

4 months ago

13 Hidden Gems Solo Terbaik yang Recommended!

Cari tempat -tempat Hidden gems di Solo yang menarik, memang cukup seru. Tidak jarang juga…

4 months ago

10 Restoran di Bogor, Cocok Untuk Keluarga!

Restoran di Bogor - Ada banyak tempat kuliner yang tentu saja dapat kamu pilih. Namun,…

4 months ago

10 Kue Kering Terenak di Dunia, Cobain yuk!

Tak sekadar makanan atau minuman saja yang memiliki kategori terenak dan favorit loh, ternyata ada…

4 months ago