Wawasan

10 Festival Musim Panas di Jepang paling Meriah Dan Megah

Festival musim panas di Jepang merupakan salah satu event yang paling banyak ditunggu tak hanya oleh masyarakat setempat saja, namun juga bagi wisatawan yang akan berlibur ke Jepang. Saat musim panas, Jepang memang menjadi salah satu Negara yang cukup menarik untuk dikunjungi karena selain kamu bisa menikmati keindahan alamnya, kamu juga bisa mengikuti ragam kegiatan budaya, salah satunya adalah festival. Jika kamu tertarik untuk menghadiri festival musim panas di Negeri Sakura tersebut, berikut adalah daftarnya.

1. Sumidagawa Fireworks Festival, Tokyo

fun-japan.jp

Festival musim panas di Jepang yang pertama wajib kamu hadiri adalah Sumidagawa Fireworks Festival yang dihelat di kota Tokyo. Konon, festival ini pertama kali diadakan pada tahun 1733 dan telah selamat dari Restorasi Meiji, Perang Dunia hingga beberapa dekade berikutnya.

Sesuai dengan namanya, festival ini berlangsung di tepi Sungai Sumida dan menjadi salah satu festival paling populer di Jepang. Festival ini berlangsung mulai pukul 7 malam waktu setempat dan kamu bisa menikmati indahnya kembang api di langit Tokyo selama 90 menit penuh.

Yoyogi Park: Taman Kota Yang Cantik Dalam Segala Musim

Osaka Castle, Istana Yang Paling Sering Dikunjungi Wisatawan Di Jepang

2. Sanno Matsuri, Tokyo

japantoday.com

Masih di kota Tokyo, kamu akan menemukan salah satu festival musim panas di Jepang yang tak kalah menarik bernama Sanno Matsuri atau Festival Sanno. Festival Sanno ini merupakan salah satu dari tiga festival besar di Tokyo dan diselenggarakan di tahun genap.

Sanno Matsuri ini biasanya berlangsung pada pertengahan Juni, biasanya pada tanggal 7 hingga 17 Juni. Saat festival ini berlangsung, kamu akan melihat sekitar 300 orang berkostum tradisional ditemani dengan musisi di atas kendaraan hias dan tempat mikoshi. Parade ini berawal dari Kuil Hie mulai pukul 8 pagi dan berpawai di sekitar pusat kota Tokyo kemudian kembali sebelum pukul 5 Sore.

3. Gion Matsuri, Kyoto

nippon.com

Gion Matsuri atau Festival Gion menempati posisi kedua sebagai festival musim panas di Jepang yang patut untuk kamu hadiri. Dihelat di Kyoto selama bulan Juli, festival ini terdiri dari banyak acara meriah hingga prosesi terbesar dihelat pada tanggal 17 Juli.

Festival Gion ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 869 dan memiliki sejarah yang hampir tidak terputus. Festival ini pertama kali diadakan untuk menenangkan para dewa setelah wabah penyakit dan sampai sekarang festival ini masih mengikuti tradisi sejak zaman dahulu, termasuk memilih anak lelaki lokal untuk menjadi utusan suci yang mana utusan suci ini tidak dapat menginjakkan kaki di tanah dari tanggal 13 Juli hingga akhir parade tanggal 17 Juli.

4. Aomori Nebuta Matsuri, Aomori

japan-guide.com

Festival musim panas di Jepang yang satu ini juga tak kalah seru dibandingkan dengan festival lainnya, yaitu Aomori Nebuta Matsuri. Festival ini merupakan salah satu festival terbesar di wilayah Tohoku dan diselenggarakan di Aomori.

Nebuta sendiri mengacu pada wahana pawai kertas raksasa berbentuk prajurit yang terlihat ganas. Menurut cerita yang beredar di masyarakat setempat, shogun Sakanoue no Tamuramaro dikenang karena telah menempatkan lentera raksasa yang menyala di puncak bukit bersamanya dan prajuritnya sambil menunggu untuk menyergap Suku Emishi.

Festival Aomori Nebuta ini menampilkan penari yang mengenakan haneto dan meneriakkan kata “rassera” sambil menari. Serunya lagi, kamu bisa ikut berparsipasi menjadi peserta pawai dengan menggunakan haneto juga.

5. Tenjin Matsuri, Osaka

pagesoftravel.com

Tenjin Matsuri atau Festival Tenjin juga masuk dalam daftar festival musim panas di Jepang yang wajib kamu hadiri. Festival ini juga masuk dalam daftar 3 festval top di Jepang karena telah berumur lebih dari 1000 tahun.

Festival Tenjin ini diadakan di sekitar Kuil Tenmangu Osaka dan memiliki dua bagian utama untuk festival, yaitu di darat dan di atas air. Festival yang berlangsung di darat memperlihatkan prosesi ribuan orang berpakaian gaya istana dari abad ke-18 hingga ke-12 disertai dengan mikoshi, yaitu miniatur kuil yang dibawa di bahu. Sementara festival yang dihelat di air terjadi ketika ribuan peserta tersebut neik ke perahu di Jembatan Tenmanbashi dan berlayar di sungai. Menariknya, saat matahari terbenam api akan dinyalakan di atas kapal sehingga menciptakan tontonan bagi pengunjung, bahkan saat malam hari kamu bisa menikmati keindahan kembang api.

6. Awa Dance Festival, Awa

travel.gaijinpot.com

Festival musim panas di Jepang berikut ini sangat cocok bagi kamu yang suka menari, yaitu Awa Dance Festival. Festival yang berlangsung di Provinsi Awa ini merupakan festival menari bersama-sama untuk menyambut perayaan Obon.

Festival yang diselenggarapan setiap tanggal 12 hingga 15 Agustus ini melibatkan sekitar 1.000 penari. Ribuan penari tersebut akan menari secara berkelompok dan setiap kelompok akan menunjukkan keunikannya masing-masing.

7. Yosakoi Festival, Koshi

lpkfajarinternasional.com

Yosakoi Festival merupakan salah satu festival musim panas di Jepang yang patut untuk kamu hadiri. Festival yang berlangsung di kota Kochi ini diadakan pada tanggal 10 hingga 11 Agustus dan telah berlangsung selama 60 tahun.

Festival Yosakoi ini merupakan salah satu festival yang energik dan telah menarik perhatian wisatawan dari berbagai Negara. Kamu bisa melihat para penari membawa kentungan kayu dan menari sehingga menjadikan seluruh kota larut dalam suasana yang meriah. Tak hanya itu, kamu juga bisa melihat banyak panggung dan ragam atraksi.

8. Sendai Tanabata Matsuri, Sendai

wattention.com

Festival musim panas di Jepang berikutnya adalah Sendai Tanabata Matsuri. Secara harfiah, Tanabata memiliki arti malam ke-7 karena festival ini dirayakan pada tanggal yang berbeda di seluruh Jepang.

Versi Sendai sendiri merupakan salah satu dari tiga festival musim panas utama di Tohoku dan menjadi yang paling terkenal. Festival ini berlangsung mulai tanggal 6 hingga 8 Agustus dan selama festival berlangsung seluruh kota Sendai akan menggantung dekorasi kertas berwarna-warni termasuk potongan kertas bertuliskan tangan yang berisi harapan keberuntungan.

9. Akita Kanto Matsuri, Akita

japan-guide.com

Selain Sendai Tanabata Matsuri, festival musim panas di Jepang yang berkaitan dengan Tanabata lainnya adalah Akita Kanto Matsuri. Festival yang berlangsung di Akita ini juga dikenal sebagai Festival Tiang Lentera dan diselenggarakan pada tanggal 3-6 Agustus.

Saat festival ini berlangsung kamu akan melihat para penampil yang memamerkan kebolehannya menyeimbangkan tiang Kanto dimana diatasnya terdapat lampion kertas. Ukuran dari setiap tiang pun bervariasi, ada yang hingga 12 meter dengan berat 50 kilogram dan bisa membawa 46 lampion dengan lilin di dalamnya. Saat mereka mengarak tiang-tiang lampion tersebut pastinya diramaikan dengan dentuman musik yang membuat acara semakin meriah.

10. Nagaoka Fireworks Festival, Nagaoka

id.zekkeijapan.com

Festival musim panas di Jepang yang terakhir adalah Nagaoka Fireworks Festival. Susuai dengan namanya, festival ini dihelat di kota Nagaoka dan menjadi salah satu festival kembang api terbesar di Jepang.

Festival yang biasanya diselenggarakan ada tanggal 2 – 3 Agustus ini pertama kali diselenggarakan setelah perang dunia kedua sebagai bentuk pemulihan. Hal ini membuat pada setiap festival dibuka, kembang api yang pertama kali muncul adalah berwarna putih yang menjadi symbol terhadap mereka yang gugur dalam serangan udara. Tak hanya itu, kamu juga bisa menikmati indahnya kembang api raksasa berdiameter 650 meter yang berbentuk bunga.

prita

Recent Posts

10 Tempat Wisata di Deli Serdang Yang Elok Dipandang

Deli Serdang merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Sumatera Utara. Daerah yang satu…

10 hours ago

10 Oleh-Oleh Makanan Khas Malang Untuk Yang Tersayang

Malang merupakan salah satu kota yang terkenal dengan ragam destinasi wisata yang sangat indah. Selain…

13 hours ago

10 Tempat Wisata di Kampar Yang Paling Hits Dan Banyak Dikunjungi

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara dengan banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi. Kampar menjadi…

17 hours ago

10 Oleh Oleh Khas Kampar Yang Menarik Dan Diburu Wisatawan

Sepulang berlibur, berburu oleh-oleh tentu menjadi hal seru yang bisa Anda lakukan. Ada cukup banyak…

23 hours ago

7 Destinasi Wisata di Atambua Bikin Hati Bahagia, Sudah Pernah Jelajahi?

Destinasi Wisata di Atambua di dominasi oleh keindahan alam yang luar biasa. Jika membahas Indonesia…

1 day ago

10 Ayam Goreng Enak di Malang Rasanya Bikin Mabuk Kepayang

Malang dikenal sebagai salah satu daerah yang menawarkan cukup banyak tempat wisata sekaligus kuliner lezat.…

2 days ago