10 Donat Terlezat di Dunia, Pecinta Donat Wajib Cobain!


prita  January 16, 2021  0 Comment

Siapa sih yang tidak suka dengan donut? Olahan manis ini sangat populer di kalangan masyarakat karena bentuknya bulat dengan lubang di tengahnya. Donut biasanya memiliki cita rasa manis, bahkan belakangan ini kamu bisa menemukan donut dengan beragam pilihan topping yang menggugah selera, seperti cokelat, keju, oreo hingga berbagai pilihan selai yang lezat. Nah, jika kamu adalah penggemar donut, kamu wajib untuk mencoba

10 Donut paling enak di dunia

1. BeaverTails, Kanada

BeaverTails
kravingsfoodadventures.com

Donut paling enak di dunia yang pertama adalah BeaverTails. BeaverTails merupakan salah satu donat yang cukup unik di dunia tapi juga memiliki rasa yang lezat.

Kanada merupakan salah satu Negara yang memiliki jumlah gerai donat terbanyak daripada Negara lainnya dan Bavertails menjadi salah satu donat favoritnya. Bavertails ini memiliki bentuk menyerupai ekor Berang-berang, yaitu lonjong dan flat.

Pada versi tradisionalnya, Beavertails ini diberi topping kayu manis dan gula. Namun seiring berjalannya waktu, samakin banyak juga topping yang digunakan, mulai dari maple cream, cokelat hazelnut, buah, cookies hingga poutine yang menjadi makanan tradisional Kanada.

Review Kuliner

Cobain Donat Lain Dari Biasanya Di Dough Darlings

Street Boba, Boba Dengan Konsep Jejepangan Yang Gak Kalah Nikmat Dari Boba Sebelah

2. Youtiao, Tiongkok

Youtiao
redhousespice.com

Donut paling enak di dunia selanjutnya berasal dari Tiongkok dan dikenal dengan nama Youtiao. Jika biasanya donut memiliki cita rasa manis, maka Youtiao ini memiliki cita rasa gurih yang lezat.

Youtiao juga bisa kamu temukan dengan mudah di Indonesia dan biasa dikenal dengan nama Cakwe. Cakwe ini memiliki rasa gurih dengan sedikit manis dan biasa disantap dengan susu atau bubur.

3. An-doughnut, Jepang

An-doughnut
pinterest.com

Jepang juga menjadi salah satu Negara yang memiliki donut paling enak di dunia, lho. Sebenarnya Jepang memiliki beberapa makanan ringan yang dianggap sebagai donatnya orang Jepang. Seperti Dango, Kakyoin, Sata-andagi Taiyaki dan yang paling populer adalah An-doughnut.

An-doughnut ini paling banyak ditemukan di seluruh Jepang, meskipun masih belum diketahui kapan pertama kali hidangan ini muncul. Donut ini diolah dengan cara digoreng dan bentuknya tidak berlubang, namun berbentuk bulat dengan isian pasta kacang merah. Salah satu gerai donat ternama di Jepang, yaitu Mister Donut dikenal menyajikan menu An-doughnut sebagai salah satu menu andalannya sejak tahun 1983.

4. Berliner Pfannkuchen, Jerman

Berliner Pfannkuchen
usenava.com

Dari namanya saja kita sudah bisa menebak jika donut yang satu ini berasal dari Jerman. Berliner Pfannkuchen dikenal sebagai salah satu donut paling enak di dunia yang cukup digemari disana.

Berliner Pfannkuchen dibuat dengan bahan yang sama dengan donat dan diolah dengan cara digoreng. Sama halnya dengan An-doughnut khas Jepang, donut khas Jerman ini juga memiliki bentuk bulat dan tidak ada lubang di tengahnya. Bedanya pada bagian dalamnya diberi isian krim cokelat atau potongan buah sehingga terasa lebih segar.

5. Churros, Spanyol

Churros
piknikdong.com

Kamu pasti sudah tidak asing dengan salah satu donut paling enak di dunia ini. Churros merupakan salah satu pastry yang berasal dari Spanyol dan tersebar di kawasan Amerika Latin hingga ke Negara-negara lain di dunia, termasuk Indonesia.

Di Spanyol, biasanya churros disantap sebagai menu sarapan, sementara di Meksiko biasanya churros dinikmati sebagai kudapan dan bisa dinikmati sepanjang hari. Churros dikenal sebagau donut dengan bentuk yang cukup unik, yaitu seperti silinder memanjang dimana pada bagian depannya terasa crunchy dan lembut pada bagian dalamnya. Churros biasanya dinikmati dengan cara dicelupkan dalam saus cokelat yang meleleh.

6. Sfenj, Maroko

Sfenj
onesarcasticbaker.com

Donut paling enak di dunia yang wajib kamu coba selanjutnya adalah Sfenj. Sfenj merupakan donut khas Maroko yang bentuknya paling mirip dengan donut pada umumnya, yaitu berbentuk bulat dengan lubang ditengahnya.

Meskipun mirip, namuan Sfenj masih memiliki sedikit perbedaan dengan donut biasanya yaitu sisi-sisinya yang tidak rata. Sfenj biasanya dinikmati dengan disiram madu atau diberi taburan gula halus agar rasanya lebih manis dan nikmat.

7. Gulab Jamun, India

Gulab Jamun
spiceupthecurry.com

Gulab Jamun juga menjadi salah satu donut paling enak di dunia yang banyak sekali penggemarnya. Donut khas India ini biasanya disajikan sebagai menu penutup atau kudapan saat acara-acara besar.

Sama halnya dengan donut, Gulab Jamun juga memiliki tekstur yang renyah di bagian luarnya namun terasa lembut pada bagian dalamnya. Tak hanya itu, Gulab Jamun juga biasanya diberi tambahan sirup agar cita rasa manisnya semakin terasa. Tak heran jika Gulab Jamun ini disukai oleh semua kalangan karena rasanya yang manis.

8. Zeppole, Italia

Zeppole
goodfoodandwords.com

Italia sebenarnya memiliki berbagai macam jenis donut yang lezat dan digemari banyak orang. Sebut saja Struffoli, Bombolone dan Zeppole. Nah, kali ini yang akan dibahas adalah Zeppole.

Zeppole sering juga disebut sebagai Frittle dan dianggap sebagai salah satu donut paling enak di dunia. Zeppole ini memiliki bentuk yang unik, mungil dan terdapat topping whipped cream serta kismis pada bagian atasnya. Tak hanya itu, di bagian dalamnya biasanya diberi isian. Isiannya pun beragam, ada custard, gula, selai hingga ricotta cheese. Tak perlu heran jika Zeppole ini cukup populer di semua kalangan karena rasanya yang sangat nikmat.

9. Oliebollen, Belanda

Olliebollen
foodcrumbles.com

Donut paling enak di dunia selanjutnya berasal dari Belanda, yaitu Oliebollen. Olliebollen atau yang sering diartikan sebagai ‘Oily Ball’ ini memang dibuat dengan cara menggoreng adonan dalam minyak panas hingga warnanya kecokelatan.

Oliebollen ini dibuat dari tepung, telur, ragi, garam dan susu yang kemudian diberi isian kismis atau potongan apel. Kudapan ini juga cukup dikenal di Indonesia, lho, bahkan sering ditemukan dalam buku resep kue terbitan lama. Oliebollen ini disajikan dengan taburan gula bubuk agar terasa lebih manis dan biasanya kue ini disajikan saat musim dingin karena secara tradisi Oliebollen selalu dimakan saat malam tahun baru.

10. Sel Roti, Nepal

Sel Roti
m.dreamers.id

Donut paling enak di dunia yang terakhir adalah Sel Roti. Sel Roti merupakan kudapan yang berasal dari Nepal dan banyak juga yang menyebutnya sebagai donut khas Nepal.

Meskipun dianggap sebagai donut, namun Sel Roti tidak menggunakan tepung terigu sebagai bahan utamanya selayaknya donut pada umumnya, namun Sel Roti ini menggunakan tepung beras. Sel Roti memiliki bentuk menyerupai cincin raksasa dengan tekstur renyah dan biasanya diberi bumbu rempah cengkeh dan kapulaga. Masyarakat Nepal biasa menikmati Sel Roti ini saat ada festival keagamaan atau sebagai kudapan sehari-hari.

Demikianlah daftar 10 donut paling enak di dunia yang wajib untuk kamu coba. Jika saat ini kamu masih belum bisa mencobanya dengan datang langsung ke negaranya, kamu juga bisa lho membuatnya sendiri di rumah dengan melihat beberapa resep di internet. Selamat mencoba.



Leave a Reply