10 Tempat Wisata Dengan Sejarah Kisah Cinta Yang Mengharukan


sisil angelin  February 12, 2019  0 Comment

Indonesia memang dikenal memiliki banyak tempat wisata dengan panorama keindahan alam yang tidak akan terlupakan. Namun, tahukah Anda dibalik keindahan tersebut ternyata memiliki cerita yang unik dan mengharukan. Oleh karena itu, bagi Anda yang penasaran dengan tempat wisata cinta yang ada di Indonesia yang memiliki sejarah kisah cinta yang mengharu biru. Berikut dapat Anda lihat informasinya sebagai berikut.

Wisata dengan Kisah Cinta

1. Bukit Cinta Danau Rawapening

Bukit Cinta
fakta.news

Yang pertama yaitu bukit cinta yang letaknya berada di sebelah danau Rawapening tepatnya berada di Jawa tengah. Tempat wisata cinta ini memang memiliki cerita mitos yang mungkin tidak asing lagi bagi masyarakat Jawa Tengah. Dimana apabila ada terdapat sepasang kekasih yang memang belum menikah dan datang kesini, maka sepasang kekasih tersebut dipercaya hubungannya akan berakhir. Cerita-cerita seperti ini memang membuat masyarakat percaya dan tidak percaya. Walaupun memiliki ceritas mitos seperti itu, namun banyak juga pasangan kekasih yang datang ke tempat wisata ini dan hubungan mereka juga baik-baik saja serta ada juga yang berakhir di pelaminan.

Review tempat wisata

Jalan Jalan Seru Ke Kota Binjai, Sumatera Utara

Yang Kalian Belum Tau Dari Prambanan

2. Baturaden

Baturaden
http://anekatempatwisata.com

Berikutnya yaitu Baturaden. Dimana tempat wisata yang satu ini berada di Kecamatan Baturaden tepatnya di Kabupaten Banyumas. Tempat ini tidak hanya terkenal dengan kisah cerita cintanya saja, akan tetapi tempat wisata ini juga terkenal karena memiliki udara yang begitu sejuk, segar dan juga keindahan alamnya. Nah, untuk cerita legenda yang paling terkenal dari tempat ini adalah dimana dulunya ada seorang anak bupati atau disebut raden yang memiliki kisah cinta dengan anak pembantu  (batur).

Baca juga :  9 Wisata Alam Magelang Indah dan Jarang Diketahui Para Wisatawan

Hubungan keduanya ini tidak mendapat restu dari orang tua sehingga kedua pasangan ini meninggal di tempat. Selain itu, dengan adanya kejadian dan cerita yang seperti ini, maka tempat ini sekarang dikenal dengan nama Baturaden. Tak hanya itu saja, cerita rakyat ini juga terus berkembang di pendengaran masyarakat sana, bahwa apabila ada sepasang kekasih yang datang ke sini maka akan memiliki kisah cinta yang sama dengan kisah legenda Baturaden tersebut.

3. Candi Prambanan

Candi Prambanan

infobudaya.net

Selanjutnya Candi Prambanan. Dimana tempat ini memang sangat terkenal sekali di Yogyakarta dan menjadi salah satu tempat tujuan wisatawan ketika berkunjung ke yogyakarta. Namun, tahukah Anda bahwa Candi Prambanan ini memiliki cerita kisah cinta yang terjadi pada masa lalu. Konon dulunya Candi ini di bangun dengan megah atas dasar cinta yang pada akhirnya kandas karena pengkhianatan yang terjadi. Kisah ini seperti Bandung Bondowoso dan pasangannya Roro Jonggrang sehingga hal ini juga terdapat sebuah mitos yang beredar di kalangan masyarakat.

Dimana mitos tersebut terdapat bahwa jika ada pasangan yang datang berkunjung ke tempat ini yaitu Candi Prambanan maka cintanya juga akan kandas sama halnya seperti yang dialami oleh Roro Jonggrang dan juga Bandung Bondowoso. Namun, seperti yang Anda lihat dan ketahui, banyak juga pasangan kekasih yang datang ke tempat wisata ini. Fakta atau mitos ya?

4. Pohon Jodoh Kebun Raya Bogor

Pohon Jodoh Kebun Raya Bogor

Pohon jodoh ini adalah sepasang pohon yang hidup dan berada di lingkungan Kebun raya Bogor. Namun, ada mitos yang berkembang di kalangan masyarakat yang mengatakan bahwa siapa saja yang bertemu dengan seseorang di depan pohon jodoh maka hubungan mereka bisa bertahan hingga sampai menikah. Mitos-mitos tersebut juga diperkuat karena adanya makam Ratu Galuh yaitu istri dari Prabu Siliwangi yang letaknya di dekat pohon jodoh tersebut sehingga hal ini dapat menarik jodoh tersebut.  Nah, bagi kalian yang masih jomblo bisa dicoba nih, kali saja Anda bisa bertemu dengan jodoh Anda disini.

Baca juga :  10 Wisata Bahari di Sulawesi Tenggara Yang Membuatmu Terlena

5. Air Terjun Coban Rondo

Air Terjun Coban Rondo

Wikipedia.org

Jika mendengar kata air terjun tentu Anda akan terbayang dengan keindahan yang ditawarkannya bukan? Dimana air terjun coban rondo ini merupakan salah satu tempat wisata yang memiliki keindahan alam yang sangat takjub untuk dilihat. Air terjun ini terletak di kota Malang dan tidak perlu diragukan lagi keindahannya. Namun, apakah Anda tahu tempat wisata cinta ini juga memiliki cerita mitos yang muncul dikalangan masyarakat disana. Dimana jika ada sepasang kekasih yang memang datang ke tempat wisata ini, maka mereka akan mengalami yang namanya keretakan cinta. Dimana hal ini dikaitkan dengan nama air terjun Coban Rondo yang memiliki arti lain yaitu air terjun janda.

6. Dermaga Cinta, Pantai Ancol

Dermaga Cinta

Travelingyuk.com

Tempat ini juga dipercaya memiliki mitos mengenai kisah cinta yang mengharukan. Dimana Dermaga Cinta ini berada di Pantai Ancol, Jakarta. Tahukan mengapa dermaga ini diberi nama dengan Dermaga Hati? Tentu saja, karena ada simbol hatinya bukan. Nah, kabar mitos di tempat ini yaitu dimana jika ada pasangan yang memang sedang jatuh cinta maka cinta mereka akan abadi terlebih lagi jika mereka memasangkan gembok di tempat wisata cinta ini yaitu Dermaga Cinta. Bagaimana, apakah Anda ingin mencobanya? Siapa tahu kisah cinta kalian akan abadi selamanya.

7. Jembatan Cinta Pulau Tidung

Jembatan Cinta Pulau Tidung
nurpitatidung.com

Kepulauan Seribu memang dikenal dengan panorama keindahan alam yang sangat indah dan keren. Dimana tempat ini juga memiliki cerita mitos yang beredar luas di pendengaran masyarakat tepatnya yaitu Jembatan Cinta Pulau Tidung mengenai sepasang kekasih ataupun seseorang yang memang masih single. Untuk kisah mitos disini sangat menarik sekali, dimana apabila Anda belum memiliki pasangan dan melompat dari atas jembatan ini, maka Anda akan bisa mendapatkan pasangan atau jodoh dengan cepat. Tak hanya itu saja, bagi Anda yang memang sudah memiliki pasangan dan ingin hubungan percintaan Anda langgeng maka Anda bisa menyeberangi Jembatan Cinta ini bersama-sama.

8. Situ Patenggang

Situ Patenggang
tempatwisata.c

Kota Bandung memang dikenal sebagai kota wisata yang memiliki banyak tempat destinasi wisata yang dapat dikunjungi oleh wisatawan salah satunya yaitu Situ Patenggang. Tempat ini juga tidak hanya bisa melihat keindahannya saja, akan tetapi tempat yang satu ini juga memiliki cerita mitos yang menarik sekali. Dimana disana terdapat sebuah spot yang keren yaitu Pulau Asmara yang berbentuk seperti hati atau love. Pulau tersebut memang berada tepat di bagian tengah-tengah Danau Situ Patenggang ini. Jadi, mitos yang beredar yaitu dimana apabila ada sepasang kekasih yang berkeliling Pulau Asmara ini dan datang ke batu Cinta yang berada di tengah Pulau Asmara tersebut maka hubungan percintaan mereka bisa menjadi abadi untuk selamanya.

Baca juga :  Pagung Agro Wisata Kediri : Harga Tiket, Lokasi, dan Daya Tarik!

9. Umbul Jumprit, Jawa Tengah

Umbul Jumprit
Traveltodayindonesia.com

Tempat wisata ini memang cukup unik sekali jika dilihat. Dimana tempat ini memiliki mata air Jumprit yang hampir tidak pernah kering walaupun musim kemarau panjang tiba. Air di tempat ini juga sangat segar dan dingin serta kejernihan mata air tersebut berasal dari pegunungan. Nah, untuk mitos yang beredar yaitu banyak orang yang mengatakan bahwa air di tempat ini dipercaya akan membuat orang menjadi awet muda, dekat dengan jodoh, mudah rezeki dan dapat membuang sial. Untuk itu, bagi Anda yang ingin mencobanya Anda bisa langsung datang ke tempat ini untuk meminum air di Umbul Jumprit ini, membasuh muka hingga mandi.

10. Air Terjun Sekar Langit

Air Terjun Sekar Langit

Air Terjun Sekar Langit ini berada di Magelang. menawarkan panorama keindahan alam yang sangat keren. Udaranya yang sejuk dan segar tentu membuat orang yang datang menjadi sangat nyaman. Air terjun ini memiliki banyak mitos yang beredar salah satunya mengenai percintaan. Dimana jika Anda datang kesini Anda akan dimudahkan untuk menemukan jodoh. Namun, ada cara yang harus Anda lakukan yaitu dengan melakukan ritual. Biasanya untuk ritual yang ingin mendapatkan jodoh dapat dilakukan dengan cara meditasi pada malam hari yaitu pada malam Jumat Kliwon atau bisa juga pada malam Selasa Kliwon. Disini Anda dapat membakar dupa ataupun kemenyan serta sambil menghadap ke arah bagian Timur Laut.

Nah, itulah ada beberapa informasi menarik mengenai tempat wisata cinta yang terkenal dan memiliki sejarah kisah cinta yang mengharu biru yang dapat Anda lihat seperti di atas.



Leave a Reply