Berada Di Ujung Barat Indonesia, Nih 10 Destinasi Wisata di Sabang, Aceh


sisil angelin  February 21, 2020  0 Comment

Sabang merupakan salah satu kota yang berada di Provisi Aceh. Walaupun termasuk di provinsi Aceh, Kota Sabang terletak di Pulau Weh. Sabang memiliki pesona alam yang sangat memesona hingga setiap tahunnya ramai oleh pengunjung. Oleh karena itu terdapat banyak destinasi wisata di Sabang yang dapat anda jadikan tujuan ketika liburan.
Kota yang terletak di ujung barat Indonesia ini memiliki keindahan alam yang tak kalah cantik dari Bali dan Lombok. Mulai dari wisatawan lokal sampai mancanegara sangat menyukai wisata yang ada di Kota Sabang. Berbagai macam pantai yang indah dengan lautnya yang biru jernih serta kebersihan lingkungan terdapat di kota ini.

Banyak wisatawan yang berkunjung ke Kota Sabang untuk menikmati keindahan alamnya. Pemandangan laut dan keindahan bahan lautnya menjadi incaran para wisatawan. Tidak hanya pemandangan laut, namun terdapat berbagai wisata yang menarik untuk anda kunjungi. Berikut ada destinasi wisata di Sabang, Aceh yang dapat anda jadikan tujuan untuk liburan

1. Pantai Iboih

Pantai Iboih
blogkulo.com


Merupakan salah satu wisata yang wajib untuk anda kunjungi. Pantai Iboih telah terkenal hingga mancanegara bahkan bisa menjadi ikon Kota Sabang. Di pantai ini anda bisa melihat air laut yang sangat jernih dengan ombak yang tenang, sehingga cocok untuk anda yang ingin bersantai. Cocok bagi anda yang suka menyelam karena keindahan bawah lautnya sangat memesona.
Banyak kegiatan yang bisa anda lakukan di pantai ini seperti diving, snorkeling, berenang, dan menikmati pantai dengan menaiki perahu mesin. Ada banyak penginapan di dekat pantai ini dan juga penyewaan peralatan untuk berbagai kegiatan liburan anda. Ada peraturan untuk tidak menggunakan pakaian bikini bagi wanita. Dan tidak boleh datang saat hari kamis dan jumat.

Gotravelly

Pantai Iboih ~ Keindahan Alam Di Pulau Terbarat INDONESIA

Pantai Lampu’uk Aceh

2. Pantai Sumur Tiga

Pantai Sumur Tiga
disbudpar.acehprov.go.id


Keindahan sunrise di pantai ini membuat Pantai Sumur Tiga digemari banyak wisatawan. Anda bisa melihat sunrise yang sempurna di tempat ini karena pantainya menghadap ke timur. Pantai yang berada di Pulau Weh ini memiliki garis tepi pantai yang sangat panjang. Ombaknya lebih besar dibandingkan dengan Pantai Iboih dan memiliki pasir putih yang lembut.
Pantai ini juga memiliki situs sejarah berupa reruntuhan benteng peninggalan Jepang. Oleh karena itu Pantai Sumur Tiga sangat gemari oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Anda bisa mengunjungi Resto Sumur Tiga yang menyediakan berbagai menu untuk anda santap sambal menikmati pemandangan.

3. Pantai Anoi Itam

 Pantai Anoi Itam
dolandolen.com


Jika kedua pantai yang telah disebutkan sebelumnya memiliki pasir putih, Pantai Anoi Itam memiliki pasir berwarna hitam. Pasirnya yang hitam lembut membuat pantai ini tampak unik dibandingkan dengan pantai yang lain. Pasir hitam di pantai ini dikarenakan letusan gunung berapi yang berada di Pulau Weh. Katanya pasir hitam di pantai ini bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.
Pantai Anoi Itam juga terdapat sebuah benteng peninggalan yang biasa disebut dengan Jepang Anoi Itam. Disini anda akan melihat kekontrasan warna pasirnya yang hitam dengan warna air lautnya yang biru jernih. Sehingga keunikan pemandangan yang anda temukan disini tidak dimiliki oleh pantai lain.

4. Air Terjun Pria Laot

Air Terjun Pria Laot
ksmtour.com


Sabang tidak hanya memiliki keindahan alam berupa pantai saja, namun terdapat wisata yang lain dan tak kalah menarik. Air Terjun Pria Laot berada di tempat terpencil namun memiliki pemandangan yang menakjubkan. Air terjun ini merupakan bagian dari Gunung Sarung Keris yang berada di bagian selatan Pulau Weh.
Pepohonan yang rimbun di sekitarnya menambah kecantikan air terjun ini serta meneduhkan mata. Anda akan merasakan udara yang sangat sejuk serta mendengar kicauan burung yang merdu. Kegiatan yang dapat anda lakukan disini adalah berendam di kolam air terjunnya dengan berbagai ikan-ikan kecil yang ada.

5. Tugu Nol Kilometer

Tugu Nol Kilometer
idntimes.com


Anda bisa mengabdikan foto yang bagus di tempat yang unik ini. Tugu Nol Kilometer terletak di tengah-tengah hutan, sehingga butuh waktu untuk sampai di tempat ini. Sepanjang perjalan menuju tempat ini anda akan menjumpai banyak monyet-monyet di hutan. Banyak yang penasaran dengan monumen ini sehingga banyak wisatawan yang berkunjung.
Lebih indah lagi jika anda berkunjung di sore hari karena anda akan menjumpai sunset yang tak kalah cantik dengan tempat lain. Meski di tengah hutan namun tempat ini sudah ada fasilitas yang memadai seperti tempat makan, toilet, dan lain sebagainya.

6. Danau Aneuk Laot

Danau Aneuk Laot
wowshack.com


Meskipun dijadikan tempat wisata, Danau Aneuk Laot merupakan sumber mata air bagi penduduk sekitarnya. Banyak yang tertarik datang kesini karena danaunya bernuansa hijau sehingga dapat meneduhkan mata. Suasananya yang sejuk dan tenang dapat anda jadikan tempat untuk bersantai. Selain itu terdapat beberapa spot foto yang dapat menghasilkan foto bagus.

7. Pantai Kasih

 Pantai Kasih
ksmtour.com


Pantai ini tidaklah seluas pantai lain yang ada di Sabang, namun adanya bebatuan karang di pantai ini menjadi daya tarik tersendiri. Pasir purih yang lembut dengan warna pantai yang biru membuat pesonanya semakin sempurna. Sudah banyak fasilitas yang ada di pantai ini seperti tempat makan dan berbagai penginapan. Pohon palem yang berjajar hijau di tepi melengkapi keindahan alamnya.

8. Pulau Rubiah

 Pulau Rubiah
travelblog.id


Keindahan di bawah laut Pulau Rubiah ini wajib anda coba. Pulau ini sangat digemari oleh wisatawan lokal maupun wisatawan asing karena pesonanya yang menakjubkan. Di pulau ini terdapat makam Cut Nyak Rubiah, oleh karena itu dinamakan Pulau Rubiah.
Kegiatan yang paling disukai di pulau ini adalah menyelam untuk melihat pemandangan bawah laut yang sangat memesona. Terdapat terumbu karang yang cantik dan banyak berbagai macam ikan hias di bawah lautnya. Pulau Rubiah tidak memiliki penghuni namun jangan khawatir di wisata ini tetap banyak warga lokal yang berjualan makanan dan minuman.

9. Pantai Ujung Kareung

Pantai Ujung Kareung
steemkr.com


Keindahan pantai dengan bebatuan karang menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung. Karena adanya bebatuan karang yang banyak pantai ini kurang cocok digunakan untuk kegiatan diving dan snorkeling. Namun di tempat wisata yang satu ini anda akan mendapatkan spot foto yang sangat instagrammable.
Meskipun belum terlalu banyak wisatawan yang datang ke pantai ini, namun panorama pantai ini tidak kalah dengan yang lainnya. Kegiatan lain yang bisa anda lakukan disini ialah memancing. Namun anda masih harus membawa peralatan memancing sendiri karena belum adanya penyewaan disini.

10. Sirui Hidrothermal

 Sirui Hidrothermal
sabangdolphin.com


Wisata yang satu ini sangat unik dan tidak akan temukan di Indonesia selain disini. Sirui Hidrothermal merupakan kawasan gunung berapi yang berada di bawah laut. Kegiatan yang bisa anda lakukan ialah menyelam untuk melihat gelembung-gelembung udara yang keluar dari dasar laut. Anda juga akan menjumpai berbagai macam ikan kecil yang cantik.

Kota Sabang menawarkan banyak sekali wisata dengan pesona alamnya yang menakjubkan. Masih ada banyak lagi destinasi wisata di Sabang yang bisa anda jadikan tujuan untuk berlibur. Sebagian besar bahkan hampir semua wisata di Sabang merupakan wisata yang bertemakan alam.



Leave a Reply