Jatuh Hati Menatap Pesona 10 Destinasi Wisata Di Manokwari


Reni  January 22, 2020  0 Comment

Manokwari merupakan wilayah yang berada di Provinsi Papua Barat. Luas wilayah Manokwari adalah 1.556.940 kilometer persegi. Kondisi alam Manokwari menawarkan panorama yang sangat indah dengan pegunungan dan pantainya yang menawan, tak heran ada banyak tempat wisata di Manokwari yang wajib dikunjungi.Berikut tempat wisata di Manokwari yang wajib kamu kunjungi saat berlibur ke Papua Barat

1. Bawah Laut Teluk Doreri

Bawah Laut Teluk Doreri
hpelabuhanindonesia2016.blogspot.com


Terdapat tiga pulau indah yang terdapat di Teluk Doreri yaitu meliputi Pulau Mansinan, Pulau Raimuti, dan Pulau Lemon. Ketiga Pulau tersebut memiliki aneka terumbu karang alami yang sangat indah dan unik. Uniknya, Pulau-pulau di Teluk Doreri ini diperkirakan memiliki 20 bangkai kapal bekas Perang Dunia II.

Anda bisa melihat dengan jelas sekitar 6 kapal bekas perang, seperti kapal Pasir Putih Wreck (semacam kapal patrol Angkatan Laut dengan panjang mencapai lebih dari 20 meter). Kapal lainnya yang bisa Anda lihat adalah kapal Pillbox Wreck, Mupi Wreck dan Shinwa Maru
(semacam kapal kargo komersil), serta Cross Wreck (kapal patroli).

Gotravelly

Cantiknya Candi Arimbi / Candi Ngrimbi Di Jombang Jawa Timur

Taman Kebon Ratu Jombang

2. Pegunungan Arfak

Pegunungan Arfak
bisniswisata.co.id


Pegunungan Arfak merupakan pegunungan yang sudah merupakan cagar alam yang dilindungi pemerintah. Mengunjungi Pegunungan Arfak bisa membuat Anda benar-benar puas. Di tempat ini Anda disuguhi panorama alam yang asri dengan hutan, sungai, dan lembah alami.

Di Pegunungan Arfak terdapat banyak sekali jenis satwa. Diantaranya 320 jenis burung, 110 spesies Mamalia, serta 323 spesies kupu-kupu yang dilindungi keberadaannya. Kondisi kehidupan masyarakatnya masih sangat tradisional, beserta perkampungannya yang unik, membuat Anda betah berlama-lama untuk lebih mengenal masyarakat setempat.

3. Pantai Pasir Putih Yen Bebay

Pantai Pasir Putih Yen Bebay
cintapiknik.blogspot.com


Tempat wisata Pantai Pasir Putih Yen Bebay ini berlokasi sekitar 5 km dari pusat kota, bisa Anda tempuh dengan kendaraan roda empat atau roda dua. Waktu tempuh menuju Pantai Pasir Putih Yen Bebay ini sekitar 15 menit saja. Disebut pantai pasir putih karena pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang bersih.

Selain itu, pasir di pantai ini bertekstur lembut dan air lautnya yang begitu memanjakan mata karena berwarna biru jernih kehijauan. Anda pun bisa melakukan aktivitas berenang, atau sekedar bersantai dan berjemur di pinggir pantai dengan tenang dan nyaman.

Kawasan Pantai pasir putih ini juga terdapat pulau-pulau yang asri dan memiliki pemandangan yang indah. Suasana di pulau-pulau ini pun sangat tenang, karena masyarakatnya ramah serta masih terdapat perkampungan tradisional yang khas.

Hamparan terumbu karang tak kalah memberikan pesan keindahan yang menakjubkan dan memanjakan mata. Biota-biota laut sangat beraneka ragam sehingga menjadikan pantai ini sangat cocok untuk diving dan snorkeling.

4. Gunung Meja

Gunung Meja
backpackerjakarta.com


Terdapat sebuah tempat wisata berupa gunung yang memiliki bentuk yang unik di Manokwari. Gunung tersebut bentuknya mirip seperti sebuah meja, alasan itulah yang menyebabkan gunung ini disebut dengan Gunung Meja. Tak hanya bentuknya yang unik, gunung ini juga memiliki puncak yang datar.
Lokasi Gunung Meja terbilang sangat dengan pusat Kota Manokwari. Jaraknya hanya sekitar 3 km dari pusat kota. Gunung Meja memiliki tinggi 1000 mdpl, jadi cocok untuk wisatawan yang ingin melakukan kegiatan hiking dan menikmati sejuknya udara pegunungan yang membuat tenang.
Gunung Meja masih sangat alami, terdapat pohon-pohon yang tumbuh menjulang tinggi. Banyak juga jenis tumbuhan lain yang tumbuh di gunung ini. Tempat wisata ini sangat cocok untuk wisatawan yang ingin melakukan meditasi, karena suasananya yang jauh dari kata bising.

5. Gunung Botak

 Gunung Botak
mkwtourism.wordpress.com

Tujuan wisata di Manokwari selanjutnya adalah Gunung Botak. Gunung ini berada di kawasan Distrik Momi Waren, pemandangan dari gunung ini terdapat pantai dan bukit-bukit yang hijau dan eksotis. Lokasi Gunung Botak menjadi lokasi untuk berkemah serta memancing yang cukup digemari wisatawan yang datang.

6. Pantai Bakaro

Pantai Bakaro
backpackerjakarta.com

Pantai ini berada di pesisir bagian utara Manokwari, terdapat tradisi unik yang dilakukan masyarakat sekitar yaitu ritual pemanggilan ikan. Pemanggilan ikan biasa dilakukan oleh nelayan setempat sehingga menarik para wisatawan untuk melihatnya.

Para nelayan memanggil ikan-ikan dengan meniupkan pluit dari kulit kerang. Pluit ditiup oleh nelayan sambil membawa makanan ikan, sehingga menarik ikan untuk datang.

Pantai Bakaro adalah pantai yang berbatu sehingga memungkinkan wisatawan saat air laut surut untuk bisa mendekati bagian tengah pantai. Saat bisa berada di bagian tengah pantai, Anda bisa melihat langsung dasar pantai yang sangat jernih, yang juga terdapat biota-biota laut unik di dalamnya.

7. Bendungan Prafi

Bendungan Prafi
keepo.me

Bendungan ini berada di sekitar Distrik Prafi, dan merupakan bendungan buatan di bawah naungan Kementrian Pekerjaan Umum Republik Indonesia. Perjalanan menuju Bendungan Prafi yang berada di Manokwari ini bisa ditempuh dalam waktu satu jam perjalanan darat dari pusat kota.

Anda akan disuguhkan pemandangan alam di sepanjang perjalanan menuju bendungan. Pemandangan menuju Bendungan Prafi ini berupa pegunungan dan lembah yang masih alami dan indah.

Selain itu, Anda bisa melakukan aktivitas berenang dengan menikmati segarnya danau. Melakukan swafoto dengan latar belakang pemandangan pegunungan dan sungai yang menakjubkan dan memanjakan mata.

8. Pantai Maruni

Pantai Maruni
tokopedia.com


Pantai Maruni berada sekitar 20 km dari pusat kota Manokwari, pantai ini bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat maupun roda dua menuju arah selatan. Pantai Maruni memiliki hamparan pasir yang unik, yaitu hamparan pasr kuarsa hitam yang tercampur dengan batu-batu kerikil. Di pantai ini Anda bisa memancing, berenang, dan menaiki perahu.

9. Pulau Mansinam

Pulau Mansinam
ksmtour.com


Pulau Mansinam merupakan berkategori sebagai tempat wisata Manokwari yang bersejarah. Lokasi pulai ini berada sekitar 6 km dari pusat kota. Yang membuat Pulau Marsinam berbeda dan spesial adalah pulau ini menjadi saksi peradaban baru di Pulau Papua, hingga akhirnya peradaban baru tersebut menyebar luas.
Di Pulau Mansinam ini terdapat sebuah patung yang sangat populer. Patung tersebut adalah patung Yesus, yang sekilas hampir serupa dengan patung Yesus yang berada di kota Rio de Jainero Brazil. Di sekitar patung Yesus tersebut dapat ditemui taman dimana Anda bisa menikmati keindahan sambil beristirahat.

10. Danau Anggi

Danau Anggi
travel.kompas.com


Danau Anggi merupakan danau alami yang memiliki luas hingga 2000 hektar, danau ini berada di kecamatan Anggi, Manokwari. Danau Anggi bisa ditempuh dalam waktu setengah jam menggunakan pesawat terbang jenis Cessna dari pusat kota Manokwari.

Di tempat wisata Danau Anggi, wisatawan bisa menikmati keindahan bukit-bukit eksotis. Bukit tersebut diantarnya Bukit Tombrok dan Bukit Kombrey.

Menikmati keindahan alam Manokwari akan menjadi kesan yang tidak terlupakan, Anda juga bisa membeli hasil kerajinan dan kesenian masyarakat lokal yang unik. Kerajinan tersebut dapat Anda jadikan oleh-oleh unik seperti lukisan, ukiran, dan anyaman yang tersedia di pusat kerajinan rakyat. Mengunjungi tempat wisata di Manokwari akan menjadi pengalaman yang menyenangkan!



Leave a Reply