10 Destinasi Terbaik Untuk Mengamati Burung Endemik Dunia


Reni  January 15, 2020  0 Comment

Berlibur sambil mengamati aktivitas fauna di dalam bebas secara langsung dapat menjadi pengalaman yang bisa saja tidak terlupakan. Apalagi jika mengamati berbagai burung yang indah berwarna-warni di berbagai destinasi terbaik untuk menyaksikan burung di dunia.

Burung merupakah salah satu hewan dengan bentuk ukuran yang lebih kecil dari manusia namun bisa membuat mata terpesona memandangi keindahannya. Burung dapat menjadi tontonan yang menarik saat berwisata. Apalagi burung-burung yang dilihat langsung dari habitatnya dengan bulu indah berwarna-warni dan kepakan sayap yang alami untuk menghibur wisatawan.

Burung terdiri dari berbagai macam spesies yang berbeda-beda di setiap negara. Bahkan setiap negara mempunyai spesies burung tertentu atau endemi dan langka yang tidak didapatkan di tempat lain. namun sayangnya juga kebanyakan burung-burung endemi sedang berada dalam ambang kepunahan akibat pemburuan ilegal yang tidak bertanggung jawab.

Burung-burung langka dan burung-burung dengan bulu dan gerakan yang indah biasanya akan dilindungi oleh pemerintah untuk menjaga kelestarian dan habitat aslinya. Umumnya burung-burung tersebut dilindungi di dalam taman nasional suatu negara. Berikut ini adalah 10 destinasi terbaik untuk menyaksikan burung di dunia antara lain:

1.      Jurong Bird Park

pengaman endemik burung
flickr.com

Jurong Bird Park merupakan tempat wisata alam paling terkenal yang ada di Singapura. Di dalam Jurong Bird Park terdapat banyak hal-hal menarik untuk dinikmati. Salah satunya adalah koleksi burung yang bertebaran. Tepatnya berada di ujung MRT garis merah. Di dalamnya wisatawan bisa melihat penampilan burung Asli Singapura yaitu Brahminy Kite yang berukuran badan dan sayap yang kecil. Burung Brahminy Kite memiliki mata yang besar dan lebar, sehingga sangat indah saat difoto. Selain itu terdapat juga Elang Laut berwarna putih, kakatua berbagai jenis seperti Hyancinth Macaw, dan pelikan yang langka. Ada juga Burung Lori merah dab biru yang sekaligus menjadi simbol Jurong Bird Park. Burung-burung tersebut juga dapat melakukan aksi acrobat.

gotravelly

Sejuknya Taman Paseban, Taman Di Tengah Kota Bangkalan Yang Teduh

Gapura Wringin Lawang, Megahnya Gerbang Kerajaan Majapahit

2.      Taman Nasional Lorentz Indonesia

tempat pengamatan burung di dunia
travel.kompas.com

Taman Nasional Lorents telah ditetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO di tahun 1999. Taman yang berada di daerah barat daya Papua ini bahkan menjadi taman nasional terbesar do Asia Tenggara. Luasnya bahkan mencapai 2,4 hektar. Di taman ini juga menjadi tempat dari Puncak Jaya salah satu puncak tertinggi di dunia. Berbagai satwa ada di dalamya termasuk 630 spesies burung yang tergolong langka dan endemic. Bahkan 70 persen di antara semua burung yang ada merupakan burung asli papua. Pemandangan yang indah semakin lengkap dengan adanya hutan, danau, rawa, hingga gletser. ditambah lagi dengan penduduknya yang masih mempertahankan gaya hidup yang tradisional.

3.      Taman Nasional Sembilang Indonesia

burung endenik dunia
palembang.tribunnews.com

Taman Nasional Sembilang memang tidak sepopuler Taman Way Kambas di Papua. Namun Taman Nasional Sembiang memiliki potensi destinasi tempat terbaik untuk menyaksikan burung. Lokasinya berada di Pulau Sulawesi Selatan Indonesia. Wisatawan akan dapat meluhat burung-burung imigran yang beterbangan dengan bebas. Burung-burung imigran tersebut berasal dari Siberia sekaligus yang mendominasi di dalam kawasan Taman Nasional Sembilang. Selain itu ada juga Burung Bangau Susu dan Pelikan Putih Timur. Maka tidak heran jika taman ini bahkan mendapatkan julukan surga burung tersembunyi.

4.      Manu Road Peru

tempat wisata mengamati burung endemik
southbirdingperu.com

Manu Road menjadi destinasi terbaik untuk menyaksikan burung yang ada di Peru. Apalagi terdapat fasilitas menginap di Cock of the Rock Lodge yang berada di atas ketinggian 5.000 meter. Dari tempat ini Anda bisa langsung mengamati Ayam Jantan Andean dengan bulu berwarna merah terang. Selain itu ada juga Burung Kolibri berbintik-bintik, Monyet Berbulu, dan Capuchin Cokelat.

5.      Kepulauan di Scilly Inggris

endemik burung dunia
visitislesofscilly.com

Scilly adalah sebuah kepulauan yang berada di Inggris. Scilly memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan dengan laut biru yang dangkal, pantai pasir putih, ditambah lagi dengan iklim Mediterania yang sangat sempurna untuk mengamati burung-burung di musim gugur. Kawasan ini menjadi destinasi terbaik menyaksikan burung-burung kestrel yang terbang dengan rendah.

6.      Arizona Tenggara Amerika Serikat

taman nasional endemik burung
azstateparks.com

Arizona Tenggara Amerika Serikat menjadi destinasi terbaik untuk menyaksikan Burung Kolibri. Apalagi jika datang pada bulan Agustus. Salah satu spot terbaik dan menjadi incara wisatawan dari berbagai dunia adalah Santa Rita Lodge di Madera Canyon. Santa Rita Lodge sendiri merupakan penginapan yang memiliki akses langsung untuk melihat dan mengamati 15 jenis burung seperti Burung Berlin, Burung Kolibri berekor lebar, Caliope, dan lainnya. selain itu di Ash Canyon wisatawan dapat melihat burung langka yaitu Burung Sheartail Lucifer. Burung Kolibri telinga putih juga dapat dilihat di Hunter Canyon.

7.      Aragon Spanyol

endemik  burung dunia
hthbw.com

Destinasi terbaik untuk menyaksikan burung selanjutnya adalah Aragondi El Planero. Tempat ini merupakan tempat terbaik untuk mengamati Burung Dupont yang langka. Selain itu ada juga Burung Sandgrouse ekor hitam dan perut hitam. Di dekatnya juga ada Pyreness tempat sangat indah untuk menjelajahi wallcreeper.

8.      Nairobi National Park Rift Valley Kenya

tempat menyaksikan burung langka di dunia
naturalist.co.uk

Nairobi National Park atau Taman Nasional Nairobi terletak di kawasan Rift Valley. Di tempat ini Anda bisa menyaksikan Burung Francolin dan Cuckoofinch Shelley. Ada juga Burung Bungau Goliath yang berukuran sangat besar di Danau Naivasha atau jutaan Faminngo kecil atau besar di Danau Nakuru National Park.

9.      Keoladeo Ghana Bird Sanctuary (Taman Nasional Bharatpur)

burung endemik dunia
ridinghistory.com

Keoladeo Ghana Bird Sanctuary berada di India dan mungkin sangat jarang diketahui orang menyimpan banyak koleksi burung yang indah. Padahal trandmark dari negara yang berada di Selatan Benua Asia ini adalah destinasi terbaik untuk menyaksikan burung. Keoladeo Ghana Bird Sanctuary atau Taman Nasional Bharatpur memang sedikit jauh dari jalanan penting yang ada di India. Namun siapa sangka terdapat banyak villa atau penginapan lain yang dapat dikunjungi wisatawan. Di dalam taman nasional ini terdapat berbagai jenis burung yang indah seperti Elang bertotol Macam dari India yang sangat eksotis dengan bulu indahnya. Untuk mendapatkan pengalaman dengan kesan yang maksimal, sebaiknya datang pada musim dingin setempat yaitu antara bulan Januari sampai Maret. Karena pada musim tersebut lebih banyak mempunyai jumlah dan variasi burungnya daripada bulan atau musim lainnya.

10.   Mindo Ekuador

tempat pengamatan burung endemik dunia
youtube.com

Mindo Ekuadro menjadi destinasi terbaik untuk menyaksikan burung karena tempatnya yang sangat benar-benar masih alami di alam bebas. Tentu saja menjadi lokasi yang sangat menarik untuk dikunjungi. Para wisatawan bisa menggunakan kereta gantung untuk melihat sekeliling Mindo dan pastinya melihat banyak hewan termasuk berbagai macam burung yang menarik. selain itu ada juga rusa, ular, dan lain sebagainya. Wisatawan juga bisa menaiki perahu berkapasitas 5 orang sambil mendayung menikmati pemandangan yang ada dan beristirahat.

Destinasi terbaik untuk menyaksikan burung di tas dapat dijadikan pilihan untuk berlibur sambil melihat keindahan burung-burung beterbangan.



Leave a Reply