Gemerlap 10 Carnival Terbesar di Brazil Incaran Wisatawan Dunia


prita  October 24, 2020  0 Comment

Brazil merupakan salah satu negara di Amerika Selatan yang terkenal dengan carnivalnya. Negara ini memang memiliki banyak sekali carnival yang meriah dan sangat menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan. Carnival tersebut tak hanya dimeriahkan oleh parade, namun juga tarian samba, music axe, reggae hingga menampilkan sederet musisi kelas dunia pada carnival tersebut. Nah, buat kamu yang berencana berlibur ke Brazil, tak ada salahnya untuk mendatangi salah satu dari 10 Carnival terbesar di Brazil yang sangat gemerlap

1. Carnatal, Natal

Carnatal
natalriograndedonorte.com

Carnival terbesar di Brazil yang pertama adalah Carnatal. Carnatal merupakan gabungan antara kata Carnival Dan Natal, hal ini dikarenakan acara ini diselenggarakan di kota Natal di Provinsi Rio Grande do Norte.

Acara ini biasa dihelat setiap tahunnya pada bulan Desember dan daya tarik utamanya adalah adanya sebuah truk besar yang disebut dengan “Trio Electrico”. Trio Electrico ini merupakan sebuah truk dengan pengeras suara dimana terdapat sebuah band yang tampil. Truk ini menyusuri kota secara perlahan dan menciptakan kerumunan orang-orang yang mengikutinya bernyanyi dan menari.

Untuk diizinkan mengikuti truk ini, kamu harus membeli tiket masuknya terlebih dahulu ke pada pihak penyelenggaranya.

Gotravelly

Tahu Telur Doa Ibu, Kuliner Lezat Di Wonorejo Rungkut

Bakso Bonek & Mie Ayam: Bakso Lezat Dengan Aneka Rasa

2. Bloco da Lama, Paraty

Bloco da Lama
g1.globo.com

Selain kota Natal, carnival terbersar di Brazil selanjutnya juga dihelat di kota Paraty. Carnival ini dikenal dengan nama Bloco da Lama atau The Mud Block Carnival.

Sesuai dengan namanya, carnival ini tentu melibatkan mud atau lumpur di dalamnya. Festival yang digelar di sepanjang pantai kota Paraty. Para peserta carnival yang kebanyakan adalah anak muda akan menutupi diri mereka dengan lumpur dari ujung kaki hingga ujung kepala. Mereka kemudian berdansa dan menari di jalanan bersama-sama.

3. Galo da Madrugada, Recife

Galo da Madrugada
g1.globo.com

Carnival terbesar di Brazil yang wajib untuk kamu hadiri selanjutnya adalah Galo da Madrugada yang dihelat di kota Recife. Carnival ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 1978 atas prakarsa Eneias Freire.

Galo da Madrugara biasa dilaksanakan pada hari Sabtu dan irama utama yang mainkan adalah frevo, tapi irama musik lainnya juga turut dimainkan pada carnival ini. Menariknya, carnival ini terkenal sebagai salah satu carnival terbesar di dunia dan tercatat oleh Guiness Book of World Record sebagai Parade terbesar di dunia karena jumlah pesertanya yang mencapai jutaan orang.

4. Carnival Sao Paulo, Sao Paulo

Carnival Sao Paulo
dailymail.co.uk

Carnival terbesar di Brazil selanjutnya adalah Carnival Sao Paulo. Cranival ini merupakan sebuah tradisi parade yang terlah dimulai sejak tahyun 1970an dimana peserta yang mengikuti acara ini kebanyakan adalah dari sekolah Samba.

Carnival ini dimeriahkan oleh sekitar 14 sekolah samba dan biasa dihelat di Sambadrome di kota Sao Paulo. Carnival ini biasa diselenggarakan pada hari Sabtu dan Minggu dan kerap menarik perhatian banyak pengunjung. Para peserta memadati jalanan kota Sao Paulo dengan mengenakan berbagai kostum menarik untuk menari Samba.

5. Carnival Ouro Preto, Ouro Preto

carnival ouro preto
classadventuretravel.com

Carnival terbesar di Brazil yang wajib kamu hadiri selanjutnya adalah Carnival Ouro Preto yang berlokasi di kota Ouro Preto yang berada di Minas Gerais. Berbeda dengan carnival pada umumnya di Brazil, carnival yang diselenggarakan di kota ini adalah sebuah carnival tradisional.

Carnival ini cukup unik karena keseluruhan acara ini disusun dan diselenggarakan oleh mahasiswa di kota tersebut. Meskipun begitu, carnival ini cukup meriah dan mampu menarik perhatian banyak pengunjung yang berasal dari berbagai kota di Brazil.

Carnival yang biasa diselenggarakan pada bulan Februari ini merupakan carnival yang sangat meriah dimana seluruh peserta akan berkumpul, berpesta sambil berjalan di sepanjang jalan berbatu dan diantara bangunan kolonial yang indah. Karena acara ini disusun oleh sekumpulan mahasiswa dari Universitas setempat, maka universitas setempat tentu juga turut andil dalam carnival ini. Kamu pun bisa melihat banyak sekali anak muda yang juga turut meramaikan carnival ini.

6. Carnival Diamantina, Diamantina

Carnival Diamantina
g1.globo.com

Selain Carnival Ouro Preto, carnival unik dan klasik selanjutnya berada di kota Diamantina. Carnival ini dikenal dengan nama Carnival of Diamantina atau Carnival Diamantina. Carnival ini juga dimeriahkan oleh tarian samba, band Samba yang memainkan music live dan berbagai pertunjukan seru.

Para peserta carnival ini akan memadati jalanan dan berjalan menyusuri jalanan kota sambil menari dan bernyanyi. Bahkan kamu pun bisa melihat carnival ini berlangsung dari balkon hotel atau tempat kamu menginap di kota Diamantina ini. Carnival ini pun diselenggarakan dengan sangat meriah bahkan dianggap menjadi salah satu carnival terbesar di Brazil yang tak boleh kamu lewatkan saat berkunjung kesana.

7. Carnival Salvador, Salvador

carnival salvador
robertharding.com

Carnival terbesar di Brazil yang wajib kamu hadiri selanjutnya adalah Carnival Salvador yang dihelat di kota Salvador, Bahia. Carnival ini konon telah ada sejak abad ke-10 dan pada tahun 1950an carnival ini dimeriahkan dengan Trio Eletricos yang memaikan music Axe.

Trio Eletricos pertama yang dibuat adalah Ford tahun 1929 yang dihias dan dimodif untuk band yang kemudian berjalan di sepanjang kota.saat ini, truk music ini mampu menarik perhatian banyak orang untuk turut memeriahkan carnival ini.

Carnival di kota ini dimeriahkan oleh music ala Bahian, yaitu campuran dari ijexa, samba-reggae, frevo, reggae, merengue, forro, samba duro hingga pop rock. Meskipun carnival ini dihelat di jalanan kota, namun kamu yang ingin mengikutinya diharuskan untuk membayar mahal karena acara ini sangat eksklusif.

8. Carnival Rio de Janeiro, Rio de Janeiro

carnival rio de janeiro
fluffycarnivalgyal.com

Carnival terbesar di Brazil yang satu ini bisa dibilang cukup terkenal jika dibandingkan dengan carnival lainnya. Hal ini dikarenakan tempat perhelatannya yang di salah satu kota terbesar di Brazil, maka tak heran jika carnival ini selalu dipadati oleh pengunjung.

Carnival Rio de Janeiro ini biasa diselenggarakan pada bulan Februari dan terdapat banyak sekali pilihan yang bisa kamu pilih dari setiap block carnival. Di carnival ini kamu bisa melihat carnival tradisional hingga peserta carnival yang berasal dari banyak sekolah samba di Brazil yang mengenakan kostum yang berbeda-beda.

9. Carnival Sao Luiz do Paraitinga, Sao Luiz do Paraitinga

Carnival Sao Luiz do Paraitinga
g1.globo.com

Carnival terbesar di Brazil yang wajib kamu hadiri selanjutnya adalah Carnival of Sao do Paraitinga. Kota Sao Luiz do Paraitinga ini juga menjadi bagian dari kota Sao Paulo yang sangat terkenal.

Carnival di kota Sao Luiz do Paraitinga ini dikenal sebagai carnival tradisional yang berlangsung selama lima hari di sepanjang jalanan kota. Carnival ini menampilkan puluhan atraksi yang sangat menarik yang ditampilkan oleh sekitar 80.000 peserta, tak heran jika carnival di kota ini mampu menarik perhatian penonton dari berbagai negara.

10. Carnival Florianopolis, Florianopolis

Carnival Florianopolis
gaytravel4u.com

Carnival terbesar di Brazil yang terakhir adalah Carnival of Florianopolis. Carnival ini dihelat di sebuat kota kecil bernama Florianopolis, Santa Catarina di Brazil Selatan. Kota ini memiliki sedikit pengaruh dari negara lain seperti Jerman, Spanyol dan Portugis.

Carnival Florianopolis ini menampilkan parade yang menarik dan melibatnya beragam peserta. Tak hanya itu, kota ini juga menjadi salah satu kota dengan pusat carnival terbaik di Brazil. Selain karena carnivalnya yang meriah, kota ini juga cukup menarik untuk dikunjungi karena memiliki banyak pantai yang indah. Tentunya kamu bisa bersantai di tepi pantai sambil menikmati parade yang lewat di kawasan tersebut.



Leave a Reply