Wisata

Telisik Sejarah Di 10 Candi Terkenal di Sumatera Yang Menarik

Mengunjungi tempat wisata di berbagai daerah tentu menjadi hal mengesankan yang bisa dilakukan saat liburan tiba salah satunya mengunjungi Candi di Sumatera. Saat berada di Sumatera, Anda bisa mengunjungi berbagai tempat wisata yang ada, mulai dari tempat wisata alam hingga tempat wisata bersejarah. Beberapa candi terkenal di Sumatera bisa menjadi tujuan wisata bersejarah yang tepat untuk Anda datangi.

10 Candi Terkenal di Sumatera :

1. Candi Tanjung Medan

dodichandra.blogspot.com

Candi Tanjung Medan, Candi yang satu ini terletak di Dusun Tanjung Medan, Sumatera Barat. Meskipun candi ini telah lama ditemukan, tetapi pemerintah baru melakukan pemugaran pada tahun 1990 an.

Candi ini diperkirakan merupakan candi peninggalan Hindu atau Budha. Karena keunikan dan kealamian bangunan di candi yang satu ini, Candi Tanjung Medan sangat direkomendasikan untuk Anda datangi saat berada di Sumatera.

Berfoto Di Spot-Spot Instagramable, Yang Ada Di Candi Cetho

Petirtaan Candi Tikus Mojokerto 2019

2. Candi Muara Takus

ranahriau.com

Candi Muara Takus menjadi salah satu candi paling populer di Indonesia. Candi yang satu ini terletak di provinsi Riau. Terdapat beberapa bangunan candi di kompleks candi ini seperti Candi Sulung / Tua, Candi Bungsu, Mahligai Stupa dan Palangka.

Candi yang satu ini diperkirakan telah ada sejak zaman keemasan Kerajaan Sriwijaya. Oleh karena itu, beberapa sejarahwan menganggap candi yang satu ini menjadi kawasan pusat pemerintahan dari Kerajaan Sriwijaya pada saat itu. Candi muara Takus sangat direkomendasikan untuk Anda datangi saat berada di Sumatera.

3. Candi Lesung Batu

palpres.com

Candi Lesung Batu, Candi yang satu ini memiliki bentuk yang unik dan dibiarkan alami hingga saat ini. Candi Lesung Batu terletak di perkebunan karet milik masyarakat yang masih produktif tepatnya berada di kawasan Provinsi Sumatera Selatan.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Puslitarkenas, candi yang satu ini memiliki latar belakang agama Hindu. Candi Lesung Batu tidak hanya dikunjungi oleh wisatawan dalam kota saja melainkan dari berbagai daerah. Jika dilihat dari bentuknya, candi yang satu ini dapat dikatakan paling unik dibanding candi yang lain.

4. Candi Bumi Ayu

indonesiatraveler.id

Candi Bumi Ayu , Candi A1 ini merupakan Kompleks Candi pertama yang ditemukan di daerah Sumatera Selatan. Ada 9 buah candi yang ditemukan di komplek ini dan 4 diantaranya sudah dipugar.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh arkeolog, candi yang satu ini merupakan kompleks candi Hindu terbesar di luar Jawa. Candi Bumi Ayu juga dikenal dengan situs peninggalan Hindu dari aliran Siwa. Banyak yang mengatakan bahwa candi yang satu ini merupakan tiruan Candi Prambanan yang berada di Jawa Tengah.

5. Candi Satu

warnainfo.blogspot.com

Candi Satu, Candi yang satu ini dibuat dari bata berukuran sekitar 3,5 x 3,5 meter. Meskipun telah dilakukan pemugaran, tetapi candi yang satu ini tetap dijaga bentuk dan keasliannya.

Pernah ada penemuan logam di tubuh candi yang satu ini yang hampir mirip dengan penemuan logam di Candi Muaro Jambi. Bedanya adalah logam yang ditemukan di Candi Satu berbentuk sebilah golok dan logam yang ditemukan di Candi Muaro Jambi berbentuk lempengan dengan berisi tulisan mantra. Candi Satu merupakan salah satu candi di Sumatera yang wajib Anda datangi.

6. Candi Muaro Jambi

liputan6.com

Sudah tidak asing bahwa Candi Muaro Jambi merupakan kompleks percandian Hindu Budha terluas di Indonesia dengan luas yakni 3981 hektar. Candi Muaro Jambi diperkirakan sebagai peninggalan kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Melayu. Di tahun 2009, candi yang satu ini dicalonkan ke UNESCO untuk menjadi situs warisan dunia.

Candi Muaro Jambi bisa Anda datangi di desa Muara Jambi, Maro Sebo, Muaro Jambi, Jambi. Keindahan bangunan yang masih sangat terjaga dapat Anda nikmati saat berkunjung ke candi yang satu ini.

7. Gapura Sriwijaya

ptba.co.id

Gapura Sriwijaya, Candi yang satu ini terletak di Provinsi Sumatera Selatan. Setelah dilakukan penelitian oleh Tim Napak Tilas Gapura Kerajaan Sriwijaya, dijelaskan bahwa sebenarnya terdapat 9 gapura di kawasan ini. Namun saat ini yang ditemukan baru 7 gapura saja.

Kondisi seluruh gapura Kerajaan Sriwijaya ditemukan dalam keadaan roboh. Hal itu diperkirakan terjadi karena faktor alam seperti gempa, erosi, dan lain-lain. Gapura Sriwijaya masih memiliki bentuk yang alami dan terjaga keasliannya. Oleh karena itu, saat datang ke Sumatera, Gapura Sriwijaya sayang untuk Anda lewatkan.

8. Candi Bukik Awang Maombiak

docplayer.info

Candi Bukik Awang Maombiak. Candi yang satu ini berlokasi di Kenagarian Siguntur, provinsi Sumatera Barat. Tidak hanya pengunjung yang datang dari dalam kota saja, melainkan banyak pengunjung yang datang dari luar kota untuk mengunjungi wisata bersejarah di Sumatera Barat ini.

Menurut data sejarah, Candi Bukit Awang Maombiak dibangun pada abad ke-7 hingga abad ke-15 dan ditemukan oleh arkeolog pada tahun 1985. Bangunannya yang unik dan khas menjadikan candi yang satu ini sayang untuk Anda lewatkan.

9. Candi Biaro Bahal

jelajahsumatera.com

Candi Biaro Bahal, Candi yang satu ini juga biasa disebut dengan Candi Bahal atau Candi Portibi. Kawasan candi ini merupakan kompleks candi Buddha dengan aliran Vajrayana yang berlokasi di Sumatera Utara.

Anda dapat berkunjung dan menikmati wisata sejarah di kompleks candi terluas di Provinsi Sumatera Utara ini. Kompleks candi yang satu ini meliputi Candi Bahal I, Candi Bahal II, dan Candi Bahal III. Salah satu tempat wisata bersejarah yang sayang untuk Anda lewatkan saat berada di Sumatera.

10. Candi Orang Kayo Hitam

warnainfo.blogspot.com

Candi Orang Kayo Hitam adalah Candi yang satu ini terletak di provinsi Jambi. Candi Orang Kayo Hitam berlokasi tidak terlalu jauh dari makam Orang Kayo Hitam. Pengunjung candi yang satu ini juga cukup banyak dan berasal dari berbagai daerah.

Meskipun Candi Orang Kayo Hitam memiliki bangunan yang tidak utuh lagi, tetapi masih tetap terjaga keasliannya. Candi yang satu ini wajib Anda datangi saat berada di Sumatera.

Nah, itulah daftar 10 candi terkenal di Sumatera yang sayang untuk Anda lewatkan. Candi manakah yang memiliki bentuk bangunan atau cerita sejarah paling menarik dan ingin Anda datangi?

Fida

Recent Posts

11 Wisata Dekat Stasiun Gambir yang Recommended!

Siapa yang sudah merencanakan liburan seru ke Jakarta naik kereta api? Pasti asyik nih! Nah,…

4 months ago

16 Tempat Wisata Dekat Stasiun Sudirman, Spot Instagramable

Tahukah kamu bahwa terdapat tempat wisata dekat Stasiun Sudirman yang bisa kamu kunjungi?. Lokasi di…

4 months ago

15 Wisata Dekat Stasiun Bogor, Menakjubkan!

Jika naik kereta ke Bogor, pernahkan kamu merasa ingin mampir ke tempat wisata terdekat?. Banyak…

4 months ago

13 Hidden Gems Solo Terbaik yang Recommended!

Cari tempat -tempat Hidden gems di Solo yang menarik, memang cukup seru. Tidak jarang juga…

4 months ago

10 Restoran di Bogor, Cocok Untuk Keluarga!

Restoran di Bogor - Ada banyak tempat kuliner yang tentu saja dapat kamu pilih. Namun,…

4 months ago

10 Kue Kering Terenak di Dunia, Cobain yuk!

Tak sekadar makanan atau minuman saja yang memiliki kategori terenak dan favorit loh, ternyata ada…

4 months ago