10 Candi Hindu Terbesar di Asia Memiliki Keunikan Tersendiri


prita  October 12, 2020  0 Comment

Wisata candi yang megah dan indah tentu kerap dijadikan sebagai destinasi liburan yang cukup menarik. Setiap candi tentu memiliki keunikannya tersendiri dan biasanya dipengaruhi oleh sejarah berdirinya candi tersebut. Misalnya saja seperti Candi Hindu. Candi Hindu memang cukup banyak ditemukan di kawasan Asia, yang mana kebanyakan dari candi tersbeut masih berdiri kokoh dan masih digunakan sebagai tempat beribadah atau sekedar tempat wisata. Nah, berikut ini adalah Candi Hindu Terbesar di Asia yang patut untuk kamu kunjungi.

Candi Hindu Terbesar di Asia

1. Candi Prambanan, Indonesia

candi prambanan
sejarahsenidanbudaya.blogspot.com

Candi Hindu terbesar di Asia yang pertama adalah Candi Prambanan. Candi yang berlokasi di Klaten, Jawa Tengah ini juga dikenal sebagai Candi Roro Jonggrang dan menjadi candi Hindu paling besar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 Masehi.

Menurut Prasasti Siwagrha, candi ini diketahui dibangun sekitar tahun 850 masehi oleh Rakai Pikatan dan dikembangkan oleh Balitung Maha Sambu pada masa kerajaan Medang Mataram. Parasasti ini juga menyebutkan jika Candi Prambanan dibangun sebagai persembahan kepada Trimurti, yaitu tiga dewa utama dalam Agama Hindu, Brahma, Wisnu dan Siwa.

Gotravelly

Petirtaan Candi Tikus Mojokerto 2019

Candi Cetho – Candi Unik Di Lereng Gunung

2. Pura Besakih, Indonesia

 Pura Besakih
lifestyle.okezone.com

Candi Hindu terbesar di Asia yang patut untuk kamu kunjungi selanjutnya juga masih ada di Indonesia, yaitu Pura Besakih. Pura Besakih ini berada di Kabupaten Karangasem, Bali dan menjadi tempat sembahyang umat Hindu di Pulau Bali.

Baca juga :  9 Puri atau Kerajaan di Bali Yang Masih Ada Hingga Kini

Pura Besakih ini merupakan kompleks pura yang berada di kaki Gunung Agung dengan tinggi lebih dari 1000 meter. Karena lokasinya yang sangat luas dan besar, maka Pura Besakih ini disebut sebagai ‘Mother of Temple’. Untuk menuju keatasnya, kamu harus mendaki anak tangga dimana kamu akan melihat Gunung Agung lebih dekat.

3. Batu Caves, Malaysia

batu caves
thefaranglife.com

Selain Indonesia, Malaysia juga memiliki salah satu Candi Hindu terbesar di Asia yang tak boleh untuk kamu lewatkan. Batu Caves ini tak hanya menjadi destinasi wisata wajib saat bertandang ke Negeri Jiran, namun juga menjadi Candi Hindu yang cukup menarik.

Kompleks Batu Caves ini memiliki tiga goa utama dan beberapa goa lain yang ukurannya lebih kecil. Goa yang paling besar disebut sebagai Goa Katedral atau Goa Kuil yang memiliki langit-langit yang tinggi dan terdapat hiasan kuil Hindu. Untuk mencapainya pun kamu harus mendaki anak ratusan anak tangga.

Lalu terdapat goa di dasar bukit yang penuh dengan patung serta lukisan Hindu. Lalu terdapat Goa Ramayana yang di dalamnya ada patung setinggi 15 meter dan sebuah kuil yang didedikasikan untuk Lord Hanoman, para pemujanya dan ajudan Lord Rama.

4. Angkor Wat, Kamboja

angkor wat
arnikumalasari.wordpress.com

Candi Hindu terbesar di Asia selanjutnya adalah Angkor Wat yang berada di Kamboja. Candi ini konon dibangun oleh Suku Khmer di sebuah kawasan yang luas. Kemegahannya pun membentang dari kawasan Myanmar sampai Vietnam.

Angkor Wat ini diperkirakan telah berdiri antara tahun 900 hingga 1200 Masehi dan dulunya menjadi kompleks tempat tinggal bagi sekitar 750.000 orang. Saat ini Angkor Wat menjadi komplek Candi Hindu terbesar di Asia yang kaya akan sejarah menarik. Candi ini pun telah ditetapkan sebagai salah satu Warisan Dunia oleh UNESCO.

Baca juga :  10 Danau Gunung Berapi Terindah di Dunia, Ada di Indonesia Juga Lho

5. Sri Mariamman Temple, Singapura

sri mariamman temple
medium.com

Singapura juga memiliki sebuah Candi Hindu terbesar di Asia yang wajib untuk kamu kunjungi karena memiliki bentuk yang sangat indah. Kuil ini disebut dengan Sri Mariamman Temple yang merupakan kuil Hindu tertua di Singapura.

berada di kawasan Chinatown Singapura ini dibangun oleh imigran India dari Nagapatnam dan Cuddalore pada tahun 1827 dengan arsitektur yang sangat artistic. Tak heran jika arsitekturnya menjadi daya tarik utama kuil ini.

Pada bagian dalam kuil, kamu bisa melihat banyak patung dan murah dewa dan dewi Hindu. Lalu ada juga ruang sembahyang utama yang juga dihiasi oleh lukisan dewa-dewi pada langit-langitnya. Tak hanya itu, terdapat pula sejumlah altar dengan tokoh-tokoh suci Hindu, seperti Pandawa Lima, Rama, Ganesha, Drupadi dan masih banyak lagi lainnya.

6. Akshardham, India

akshardham temple
ixigo.com

Candi Hindu terbesar di Asia selanjutnya adalah Akshardham. Akshardam atau Swaminarayan Akshardam berlokasi di Kota Delhi, India.

Komplek candi ini menampilkan ribuan budaya tradisional India dan Hindu yang juga berfungsi sebagai tempat ibadah. Kuil ini memiliki bangunan yang terinspirasi oleh Pramukh Swami Maharaj, yaitu seorang kepala spiritual dari Bochasanwasi Shri Akshar Purushottam Swaminarayan Sanstha. Akshardam dibangun oleh 3000 sukarelawan dan dibantu oleh sekitar 7000 orang pengrajin.

7. Chhatarpur Temple, India

 Chhatarpur Temple
bautrip.com

Jika berbicara soal candi Hindu terbesar di Asia, rasanya belum afdol jika belum melihat candi Hindu yang ada di India. Salah satu candi atau kuil terbesar yang bisa kamu temukan di negara tersbeut adalah Chhatarpur Temple.

Chhatarpur Temple ini konon didirikan pad atahun 1974 oleh Baba Sant Nagpal Ji. Kuil ini dianggap sebagai kuil terbesar di India dan terbesar kedua di dunia sebelum Kuil Akshardham didirikan pada tahun 2005. Seluruh candi ini dibangun menggunakan marmer dan semua aspeknya terdapat jaali yang merupakan bagian dari gaya arsitektur vesara.

Baca juga :  10 Wisata Mangrove di Sulawesi Memikat Hati

8. Shri Swaminarayan Mandir, Pakistan

Shri Swaminarayan Mandir
id.pinterest.com

Candi Hindu terbesar di Asia selanjutnya adalah Shri Swaminarayan Mandir yang berada di kota Karachi, Pakistan. Kuil ini merupakan satu-satunya kuil Hindu di Pakistan dan cukup terkenal.

Kuil ini terkenal memiliki ukuran yang cukup besar dan area yang cukup luas. Tak hanya itu, kuil ini juga telah berumur ratusan tahun dan dikunjungi tak hanya oleh umat Hindu namun juga oleh umat Islam. Kuil ini pun memiliki sebuah area suci dimana hanya Umat Hindu saja yang dipebolehkan masuk untuk beribadah.

9. Dhakeswari Temple, Bangladesh

 Dhakeswari Temple
sacredsites.com

Dari Pakistan beranjak sedikit ke Bangladesh dimana kamu juga bisa menemukan salah satu candi Hindu terbesar di Asia. Dhakeswari Temple ini merupakan sebuah kuil Hindu yang namanya berarti “Dewi Dhaka”.

Sejak kehancuran Ramna Kali Mandi pada tahun 1971 oleh tentara Pakistan sat perang pembebasa Bangladesh, kuil ini telah dijadikan sebuah tempat ibadah yang cukup penting di Bangladesh. Kuil Dhakeshwari ini juga menjadi kuil Hindu terbesar di Bangladesh dan menjadi bagian dari Shakti Peethas terkenal di Subbenua India.

10. Pashupatinath Temple, Nepal

pashupatinath temple
flickr.com

Candi Hindu terbesar di Asia yang terakhir berada di Nepal, tepatnya di Kathmandu. Candi ini dikenal dengan nama Pashupatinath Temple yang didedikasikan untuk Dewa Siwa.

Pashupatinath Temple ini dikenal sebagai candi atau kuil tertua di Kathmandu yang dibangun oleh Raja Jayadeva. Kuil ini bisa dibilang agak berbeda dari kuil Hindu tradisional India karena memiliki gaya arsitektur Pagoda Nepal. Kuil ini juga telah masuk dalam daftar situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1979 dan memiliki 518 kuil juga monument. Pada bangunan utamanya hanya diperbolehkan umat Hindu saja yang boleh memasukinya, namun selain itu, pengunjung diperbolehkan untuk masuk.



Leave a Reply