10 buah langka dan unik yang hanya ada di Kalimantan


sisil angelin  April 17, 2021  0 Comment

Jika kamu berkunjung ke Pulau Kalimantan pastikan kalian benar-benar menjelajahi indahnya wisata alam yang ada dipulau ini, mengetahui budaya yang kental dipulau Kalimantan, dan kuliner-kuliner unik yang ada di Pulau Kalimantan. Salah satu jenis kuliner yang unik banget untuk dicoba adalah buah-buah yang ada di Pulau Kalimantan ini. Jadi buah yang akan kita bahas kali ini adalah buah langka, dan buah ini berada di hutan-hutan pedalaman yang ada di Kalimantan. Makanya jarang sekali menemukan buah-buah ini dipasar tradisional yang ada di Kalimantan, dan biasanya penduduk Kalimantan akan menjual hasil panen hutan mereka dipinggir jalan langsung. Kalian tertarik berburu buah buah langka, dan unik di Kalimantan ini? Yuk simak artikel dibawah ini biar kalian tau apa saja buah langka yang ada di Pulau Kalimantan, dan selalu diburu traveler saat berada di Pulau Kalimantan.

Daftar Buah langka di Kalimantan

1. Buah Lahung

Buah langka di Kalimantan
picuki.com

Buah Lahung ini memang menjadi salah satu buah langka di Kalimantan, dan buah ini sekilas mirip sekali dengan Buah Durian. Karena Buah Lahung ini memiliki duri yang tajam, dan meskipun memiliki duri yang tajam mirip dengan durian warna dari kulit Buah Lahung ini merah guys! Setelah dibuka Buah Lahung ini memiliki buah yang berwarna kuning, manis, dan dagingnya lebih tebal dari pada buah durian. Namun aroma dari Buah Lahung ini cukup menyengat, dan hampir sama seperti buah durian.

review kuliner

Air Terjun Coban Cemoro Gading Yang Jarang Terjamah Dan Alami

Islamic Centre Samarinda: Masjid Terbesar Di Asia Tenggara Ada Di Indonesia Nih!

2. Buah Kasturi

 Buah Kasturi
kumparan.com

Buah Kasturi ini termasuk buah langka di Kalimantan, Namun beberapa pasar tradisional masih menjual Buah Kasturi loh, dan kalian wajib banget cobain Buah Kasturi. Karena rasanya itu mirip dengan buah mangga namun ukuran dari Buah Kasturi ini kecil hampir sama dengan jeruk. Untuk rasa keseluruhan ada manis, asam, dan segar. meskipun kulit dari Buah Kasturi hitam, dan hijau. Namun jika buah ini sudah empuk maka Buah Kasturi ini sudah siap dimaka guys!

3. Buah Ramania

Buah Ramania
visitkalsel.com

Sekilas Buah Ramania ini ukurannya hampir sama dengan tomat. Namun Buah Ramania ini memliki warna kuning, dan orange. Namun rasa dari Buah Ramania ini manis, asam, dan Buah Ramania ini bikin nagih guys! karena tekstur dari Buah Ramania lembut, dan berserat bikin nagih untuk memakannya. Memang Buah Ramania ini termasuk buah langka di Pulau Kalimantan. Namun jangan khawatir biasanya dipinggir jalan, dan dipasar tradisional banyak yang menjual Buah Ramania saat akhir tahun. Jadi pastikan kalian memborong Buah Ramania yang langka ini ya.

4. Buah Ucong

 Buah Ucong
id.wikipedia.org

Buah Ucong atau terkenal sebagai belimbing hutan ini memang sangat langka. Buah Ucong ini biasanya hidup dihutan Kalimantan dengan liar, dan Buah Ucong ini memiliki warna yang cantik yaitu warna merah. namun saat dibuka Buah Ucong ini dalamnya berwarna putih, dan rasanya itu asam. Namun ada juga yang sudah matang biasanya rasanya itu manis. Buah Ucong ini akan hidup subur dihutan tropis, dan hanya bisa kalian temukan di Pulau Kalimantan. Makanya Buah Ucong ini termasuk buah langka yang ada di Indonesia.

5. Buah Tangkuhis

Tangkuhis
myshop.pjk.com.my

Buah Tangkuhis ini biasanya disebut sebagai lengkeng Borneo. Memang Buah Tangkuhis ini mirip sekali dengan buah lengkeng. Namun Buah Tangkuhis ini memiliki kulit yang kasar tidak seperti buah lengkeng mulus. Namun rasa dari Buah Tangkuhis ini manis, dan sangat segar. Buah Tangkuhis ini biasanya akan hidup subur dihutan liar, dan Buah Tangkuhis ini dipercaya berasal dari Myanmar lalu menyebar dibeberapa negara yaitu China, Thailand, serta Thaiwan. Namun entah bagimana ceritanya Buah Tangkuhis ini bisa hidup dihutan Kalimantan. Ohya Buah Tangkuhis ini kaya akan manfaat loh jadi Buah Tangkuhis dipercaya baik untuk daya tahan tubuh, mengurangi panas dalam, dan biji dar Buah Tangkuhis bisa dibuat untuk shampo loh! Gimana keren banget kan Buah Tangkuhis?

6. Buah Wanyi

Buah Wanyi
wowkeren.com

Buah Wanyi ini termasuk buah langka yang susah banget ditemukan di Pulau Kalimantan, dan biasanya Wanyi ini dijual di pedalaman saja. Sekilas buah Wanyi ini mirip dengan buah mangga, namun saat dikupas buah Wanyi ini warnanya putih, dan rasa dari buah Wanyi ini cendung keasam. Namun buah langka ini masih dicari orang Kalimantan. karena aroma dari buah Wanyi ini harum, dan buah yang satu ini hanya bisa tumbuh dihutan pedalaman yang ada di Kalimantan.

7. Buah Bemotong

 Buah Bemotong
malangtimes.com

Buah Bemotong ini memang masih asing bagi masyarakat Indonesia, dan Buah Bemotong ini memang memiliki ukuran yang mini. Meskipun mini buah yang berwarna merah, dan akan berubah warna menjadi coklat ini biasanya memiliki rasa yang manis. Bikin nagih siapa aja yang sudah pernah mencobanya, Namun sangat disayangkan Buah Bemotong ini menjadi buah langka di Pulau Kalimantan. Namun jika kalian menemukan Buah Bemotong wjaib banget deh borong Buah Bemotong, karena buah ini sangat susah ditemukan, dan rasanya itu manis banget!

8. Buah Keledang

Buah Keledang
satuharapan.com

Buah Keledang ini sekilas mirip dengan buah nangka, namun Buah Keledang ini buahnya bulat tidak seperti buah nangka yang lonjong. Tapi rasa dari Buah Keledang ini manis, dan lebih daging buahnya lebih tebal. Buah Keledang ini sering disebut juga mirip dengan buah cimpedak loh! Nah sangat disayangkan Buah Keledang ini sangat susah ditemukan di Pulau Kalimantan, dan Buah Keledang ini hanya hidup dihutan pedalaman yang ada di Pulau Kalimantan. Jadi untuk kalian yang bisa dapetin Buah Keledang pastikan kalian membelinya, dan mencicipi betapa lezatnya Buah Keledang.

9. Buah Tarap

Buah Tarap
radarpekalongan.co.id

Sekilas jika melihat Buah Tarap pasti kalian berpikir ini adalah buah sukun. Karena Buah Tarap ini mirip sekali dengan buah sukun, dan Buah Tarap ini memiliki kulit yang bergetah serta kassar. Namun didalam Buah Tarap ini kalian akan dimanjakan dengan rasanya yang manis, dan daging buahnya yang lembut. Memang Buah Tarap ini memiliki bau yang menyengat seperti buah cimpedak, dan gak semua orang suka dengan buah yang memiliki bau menyengat. Namun untuk kalian yang suka dengan aroma buah yang harum Buah Tarap ini wajib kamu coba!

10. Buah Rambai

 Buah Rambai
portalmadura.com

Buah yang akan kita bahas terakhir ini adalah Buah Rambai, dan Buah Rambai ini termasuk sebagai buah langka di Kalimantan. Karena Buah Rambai ini hanya ada setahun 1x, dan rasa dari Buah Rambai ini hampir sama dengan buah duku guys! Tapi rasa dari Buah Rambai ini lebih segar, dan lebih asam. Makanya tak heran orang Kalimantan yang tinggal di Hutan Pedalaman suka sekali dengan Buah Rambai.



Leave a Reply