Wisata

10 Benteng Terluas di Dunia, Salah Satunya di Indonesia Lho

Benteng dibangun sebagai pertahanan sebuah wilayah atau kerajaan dari serangan musuh. Keberadaan benteng juga bisa menjadi pusat penyimpanan senjata, tahanan dan tempat tinggal para tentara, namun ada juga kerajaan yang membangun benteng sebagai istana untuk tempat tinggal sehingga memiliki wilayah yang cukup luas. Benteng terluas di dunia bisa kamu temukan di beberapa negara dan salah satunya ada di Indonesia. Apa saja? Berikut adalah daftarnya.

Rekomendasi Benteng Terluas di Dunia:

1. Benteng Keraton Buton, Indonesia

kebudayaan.kemdikbud.go.id

Benteng terluas di dunia yang pertama wajib untuk kamu kunjungi adalah Benteng Keraton Buton. berlokasi sekitar 3 kilometer dari Kota Bau-Bau ini telah diakui oleh Guinness World Records di tahun 2006 sebagai benteng terluas yang dibangun pada abad ke-16 oleh Sultan Buton III.

Benteng ini berhasil memberikan pengaruh terhadap eksistensi kerajaan. Selama empat abad, Kesultanan Buton dapat bertahan dan terhindar dari ancaman musuh. Sekarang, dari benteng ini juga kamu bisa menikmati pemandangan Kota Bau-Bau dan kapal-kapal yang lewat di Selat Buton.

Tha Pae Gate: Gerbang Masuk Menuju Kota Tua Chiang Mai Yang Bersejarah

India Gate, Landmark Kota New Delhi Yang Penuh Sejarah

2. Chittor Fort, India

timesofindia.indiatimes.com

India juga memiliki salah satu benteng terluas di dunia bernama Chittor Fort. Jika dilihat, kamu akan mengira jika bangunan ini berada di Eropa karena bangunannya yang bergaya Eropa.

Chittor Fort ini pernah menjadi ibu kota Mewat dan terletak di Kota Chittorgargh karena telah ada sejak abad ke-7. Benteng seluas 280 hektar ini sudha berganti kepemilikan selama berkali-kali, mulai dari abad ke-7 dikuasai oleh Kerajaan Mewar, pada abad ke-9 hingga abad ke-13 berada di kepemilikan Dinasti Paramara. Pada tahun 1303, Sultan Delhi Alauddin Khaliji berhasil mengalahkan pasukan Ratnasimha di benteng ini hingga pada tahun 2013 UNESCO mengakui benteng ini sebagai salah satu situs warisan dunia.

3. Mehrangarh Fort, India

en.wikipedia.org

Masih di India, benteng terluas di dunia selanjutnya adalah Mehrangarh Fort. Meskipun secara teknis bangunan ini dianggap sebagai benteng, namun Mehrangarh Fort ini dianggap menjadi kastil.

Kastil ini berada di atas bukit setinggi 122 meter dan dibangun pada tahun 1459 di kota Jodhpur. Tujuan dari pembangunan benteng ini adalah untuk memindahkan ibu kota dari Mandore ke Jodhpur. Sekarang, benteng inimenjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi wisatawan karena pemandangannya yang sangat indah.

4. Citadel of Aleppo, Suriah

trip.com

Benteng terluas di dunia berikutnya adalah Citadel of Aleppo yang berada di Suriah. Benteng ini diklaim sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO karena dianggap sebagai bangunan bersejarah.

Citadel of Aleppo ini masuk dalam daftar benteng terbesar di dunia dan tertua ketiga di dunia hingga pertengahan abad ke-3 sebelum masehi. Selama berdirinya benteng ini sempat dikuasai oleh Yunani, Bizantium, Ayyubiyah dan Mamluk. Masyarakat juga percaya jika Nabi Ibrahim pernah memerah domba-dombanya di salah satu bukit yang berada di benteng ini.

5. Masada, Israel

aceh.tribunnews.com

Masada juga menjadi salah satu benteng terluas di dunia yang berlokasi di Israel dan menjadi salah satu destinasi wisata favorit di negara tersebut. Hal tersebut dikarenakan benteng ini berada di dataran tinggi batu di Distrik Selatan Israel.

Benteng yang telah ada sejak zaman kuno ini tetap bertahan hingga saat ini karena berada di lokasi yang terisolasi dari dunia luar. Salah satu sisi benteng ini merupakan Gurun Yudea dan sisi lainnya adalah Laut Mati. Dengan lokasi yang seperti itu, benteng ini sama sekali tidak tersentuh oleh peradaban atau modernisasi selama ribuan tahun.

6. Edinburgh Castle, Skotlandia

britannica.com

Benteng terluas di dunia yang tak boleh untuk dilewatkan selanjutnya adalah Edinburgh Castle di Skotlandia. Edinburgh dikenal sebagai kota wisata sejarah yang banyak memiliki bangunan bersejarah di kota tersebut.

Beberapa bangunan di benteng ini sudah ada sejak abad ke-16, salah satunya adalah Kapel St Margaret yang sudah ada sejak abad ke-12. Luas keseluruhan Kastil Edinburgh ini mencapai 35.737 meter persegi. Tak heran jika kastil ini menjadi salah setu destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi.                      

7. Buda Castle, Hongaria

planetware.com

Buda Castle juga menjadi salah satu benteng terluas di dunia yang patut untuk kamu sambangi. Berlokasi di Hongaria, kastil ini merupakan kompleks istana para raja Hongaria yang dibangun pada tahun 1265.

Istana kerajaan ini berfungsi sebagai benteng karena menjadsi pertahanan dari serangan Mongol. Mangingat benteng ini menjadi objek penyerangan berkali-kali, maka tak heran jika bangunan ini sudah berganti-ganti arsitektur. Buda Castle ini mengusung gaya arsitektur Gothic, pernah juga mengusung gaya arsitektur Baroque. Benteng ini juga sangat terlihat cantik saat malam hari karena diterangi dengan lampu-lampu yang membuatnya megah. Benteng ini memiliki luas hingga 44.674 meter persegi.

8. Spis Castle, Slovakia

slovakia.com

Benteng terluas di dunia berikutnya adalah Spis Castle. Jika kamu pernah menonton film Dragonheart atau The Last Legion, kedua film ini memilih Spis Castle sebagai lokasi pengambilan gambar.

Kastil ini merupakan istana abad pertengahan terbesar di Eropa Tengah dengan bagian utama kastil dibentengi dengan dinding batu yang kokoh dan tak lekang oleh zaman. Menariknya lagi, Spis Castle ini berada di perbukitan hijau dengan pemandangan yang indah. Keindahan pemandangan ini membuatnya menjadi salah satu wisata favorit di Slovakia dan menjadi tempat syuting film terkenal.

9. Konigstein Fortress, Jerman

discovergermany.com

Konigstein Fortress atau juga dikenal sebagai Saxon Bastille juga menjadi salah satu benteng terluas di dunia yang patut untuk kamu kunjungi. Benteng yang berada di puncak bukit dekat Dresden, Swiss Saxon, Jerman ini juga menjadi salah satu benteng terbesar di Eropa.

Beberapa bagian dari benteng ini telah berusia sekitar 400 tahun. Bahkan, di dalam benteng ini juga ada sebuah sumur terdalam kedua di Eropa yang dalamnya mencapai 152,5 meter. Sekarang, benteng ini dibuka untuk umum dan menjadi salah satu wisata unggulan di Jerman.

10. Malbork Castle, Polandia

lonelyplanet.com

Benteng terluas di Polandia yang terakhir adalah Malbork Castle. Kastil yang berada di Polandia ini merupakan bangunan istana sekaligus benteng terbesar di dunia. Bagaimana tidak, luas dari benteng ini mencapai 143.591 meter persegi.

Benteng Malbork ini didirikan pada tahun 1274 oleh Ksatria Teutonik dan berfungsi sebagai markas besar untuk mengalahkan musuh Polandia dan menguasai teritori mereka di utara Baltik. Seiring berjalannya waktu, jumlah ksatria tersebut pun bertambah dan Malbork Castle mengalami beberapa kali perluasan. Sekarang, kastil ini menjadi salah satu destinasi wisata unggulan Polandia yang sayang sekali untuk dilewatkan.

Itulah tadi daftar benteng terluas di dunia yang wajib untuk kamu kunjungi bagi kamu yang suka dengan wisata sejarah. Nah, sebelum jauh-jauh pergi ke luar negeri, tak ada salahnya untuk menjelajahi Benteng Keraton Buton yang ada di Indonesia terlebih dahulu. Selamat berlibur.

prita

Recent Posts

11 Wisata Dekat Stasiun Gambir yang Recommended!

Siapa yang sudah merencanakan liburan seru ke Jakarta naik kereta api? Pasti asyik nih! Nah,…

3 months ago

16 Tempat Wisata Dekat Stasiun Sudirman, Spot Instagramable

Tahukah kamu bahwa terdapat tempat wisata dekat Stasiun Sudirman yang bisa kamu kunjungi?. Lokasi di…

3 months ago

15 Wisata Dekat Stasiun Bogor, Menakjubkan!

Jika naik kereta ke Bogor, pernahkan kamu merasa ingin mampir ke tempat wisata terdekat?. Banyak…

3 months ago

13 Hidden Gems Solo Terbaik yang Recommended!

Cari tempat -tempat Hidden gems di Solo yang menarik, memang cukup seru. Tidak jarang juga…

3 months ago

10 Restoran di Bogor, Cocok Untuk Keluarga!

Restoran di Bogor - Ada banyak tempat kuliner yang tentu saja dapat kamu pilih. Namun,…

3 months ago

10 Kue Kering Terenak di Dunia, Cobain yuk!

Tak sekadar makanan atau minuman saja yang memiliki kategori terenak dan favorit loh, ternyata ada…

3 months ago