10 Air Terjun di Sumba Kesegarannya Bikin Mata Berbinar Cerah


Fida  January 29, 2022  0 Comment

Sumba dikenal sebagai salah satu daerah yang menawarkan banyak tempat wisata. Oleh karena itu, tidak heran jika Sumba kerap menjadi destinasi favorit wisatawan yang datang dari berbagai daerah. Ada banyak sekali pilihan tempat wisata di Sumba yang bisa kamu kunjungi, salah satunya adalah wisata air terjun. Tidak perlu bingung menentukan tujuan, berikut daftar 10 rekomendasi air terjun di Sumba yang menawarkan pemandangan alam menakjubkan.

1. Air Terjun Kanabu Wai

air terjun kanabu wai
wisato.id

Salah satu rekomendasi air terjun di Sumba yang dikenal indah dan bisa kamu kunjungi adalah Air Terjun Kanabu Wai. Air terjun yang satu ini terletak di daerah Karikutana, Matawai La Pawu Kabupaten Sumba, Timur Nusa Tenggara Timur.

Untuk tiba di lokasi air terjun, pengunjung harus melalui jalanan yang cukup terjal dan menantang. Tetapi tenang saja, selama perjalanan kamu akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan alam. Pengunjung juga akan merasakan suasana yang masih sangat sejuk dan asri di kawasan air terjun. Karena menawarkan keindahan yang luar biasa, tidak heran jika banyak wisatawan yang datang ke Sumba dan menyempatkan untuk mampir ke air terjun ini. Aliran air yang tidak begitu deras juga menjadikan kawasan ini aman untuk bermain air maupun berenang. Tertarik untuk mengunjunginya saat datang ke Sumba?

GoTravelly

Desa Sade : Destinasi Wisata Yang Wajib Dikunjungi Di Lombok Selain Pantai

Mitos Di Balik Pesona Air Terjun Sendang Gile Dan Tiu Kelep Lombok

2. Air Terjun Waimarang

air terjun waimarang
tripsumba.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan salah satu air terjun di Sumba yang cukup populer yakni Air Terjun Waimarang. Air terjun yang satu ini berlokasi di daerah Ngaru Kanoru, Umalulu, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

Meskipun harus melalui jalanan yang cukup menantang dan melelahkan untuk tiba di lokasi air terjun, tetapi rasa lelah akan terbayar lunas saat melihat indahnya pemandangan yang ditawarkan. Pengunjung akan dimanjakan dengan aliran air terjun serta birunya kolam di bawahnya. Tidak hanya itu, kawasan air terjun yang dikelilingi oleh tebing-tebing juga menjadikan pemandangan tampak semakin mengesankan. Tempat wisata alam yang satu ini juga sangat cocok dikunjungi bagi kamu pecinta foto karena memiliki banyak spot menarik dan instagramable.

3. Air Terjun Lokomboro

air terjun lokomboro
tripsumba.com

Salah satu dari banyaknya air terjun di Sumba yang menawarkan pemandangan indah adalah Air Terjun Lokomboro. Air terjun yang sekaligus berfungsi sebagai pembangkit listrik ini bisa kamu kunjungi di daerah Pada Ewata, Wawewa Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur.

Pengunjung akan dimanjakan dengan indahnya aliran air terjun serta tebing dan pepohonan di sekelilingnya. Suasana yang ditawarkan begitu tenang dan asri sehingga tempat ini sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang ingin menyegarkan pikiran. Air yang mengalir dari ketinggian dan terhalang oleh batu-batu memberi kesan air terjun berundak. Saat berkunjung ke Sumba, Air Terjun Lokomboro menjadi destinasi yang sayang untuk kamu lewatkan.

4. Air Terjun Koalat

air terjun koalat
wisatasumba.co.id

Rekomendasi air terjun di Sumba yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi berikutnya adalah Air Terjun Koalat. Air terjun yang satu ini dikenal memiliki ketinggian yang tidak terlalu tinggi tetapi sangat menakjubkan. Pengunjung akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan tebing dan pepohonan di sekeliling air terjun. Indahnya pemandangan serta suasana sejuk dan dan asri yang ditawarkan tentu membuat pengunjung betah dan enggan pulang.

5. Air Terjun Tanggedu

air terjun tanggedu
travel.kompas.com

Air Terjun Tanggedu dikenal sebagai salah satu destinasi wisata air terjun di Sumba yang populer dan sayang untuk kamu lewatkan. Di kawasan ini terdapat tiga aliran sungai yang bertemu dan menghasilkan pemandangan menakjubkan. Air terjun yang satu ini bisa kamu kunjungi di daerah Ndapayami, Kanatang, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

Tempat yang satu ini sangat cocok dipilih bagi kamu yang ingin menyegarkan pikiran maupun menenangkan diri. Indahnya pemandangan yang ditawarkan juga menjadikan kawasan ini memiliki banyak sekali spot untuk berfoto.

6. Air Terjun Pabeti Lakera

air terjun pabeti lakera
tripsumba.com

Salah satu destinasi wisata air terjun di Sumba yang menarik untuk kamu kunjungi adalah Air Terjun Pabeti Lakera. Air terjun yang satu ini dikenal memiliki ketinggian mencapai 23 meter. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak yang menyebut aliran air terjun ini menyerupai tirai tipis.

Selain menikmati indahnya pemandangan yang ditawarkan, pengunjung juga dapat mencoba beberapa kegiatan seperti berfoto maupun berenang di bawah aliran air terjun. Saat berenang, kamu akan dimanjakan dengan perairan yang sangat bersih dan segar. Tertarik untuk datang ke Air Terjun Pabeti Lakera saat berkunjung ke Sumba?

7. Air Terjun Laipopu

air terjun laipopu
jefryamos.wordpress.com

Tidak kalah menarik dengan air terjun lainnya, Air Terjun Laipopu juga menawarkan pemandangan yang sangat eksotis. Air terjun yang satu ini tampak seperti air terjun berundak karena adanya bebatuan.

Saat ingin mengunjungi Air Terjun Laipopu, kamu dapat datang ke daerah Katikutana Selatan, Kabupaten Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur. Aliran airnya yang deras dan jernih serta berwarna kebiruan tentu sangat memanjakan mata. Pengunjung dapat mengabadikan momen dengan cara berfoto di berbagai spot menarik yang ditawarkan.

8. Air Terjun Matayangu

air terjun matayangu
nativeindonesia.com

Air Terjun Matayangu merupakan salah satu air terjun yang tidak hanya menawarkan pemandangan indah tetapi juga memiliki cerita yang populer. Air terjun ini dipercaya sebagai tempat bersemayamnya arwah leluhur. Tetapi meskipun begitu, Air Terjun Matayangu mampu membuat banyak wisatawan penasaran dan ingin mengunjunginya.

Air Terjun Matayangu bisa kamu kunjungi di daerah Katikutana Selatan, Kabupaten Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur. Air terjun yang satu ini dikenal dengan warna airnya yang kebiruan. Tidak hanya itu, adanya tebing dan bebatuan yang mengelilingi air terjun juga menjadikan pemandangan tampak semakin menakjubkan.

9. Air Terjun Waikelo Sawah

air terjun waikelo sawah
nativeindonesia.com

Saat ingin mengunjungi salah satu air terjun, tidak ada salahnya jika kamu datang ke Air Terjun Waikelo Sawah. Air terjun yang satu ini menawarkan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Tidak hanya aliran air yang deras dan jernih, kamu juga akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan persawahan di sekelilingnya.

Meskipun sebenarnya merupakan bendungan, tapi keindahan yang ditawarkan tidak kalah dengan beberapa air terjun yang populer di Sumba. Berbeda dengan air lainnya, kolam di Air Terjun Waikelo Sawah tidak diperbolehkan digunakan untuk berenang.

10. Air Terjun Gunung Meja

air terjun gunung meja
nttonlinenow.com

Tidak kalah indah dengan air terjun lainnya, Air Terjun Gunung Meja juga menjadi salah satu rekomendasi tepat bagi kamu yang ingin mengunjungi air terjun di Sumba. Tempat wisata alam yang satu ini berlokasi di daerah Kanatang, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

Keindahan pemandangan yang ditawarkan oleh air terjun ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Kamu akan dimanjakan dengan aliran air yang deras dan juga jernih. Warna air yang kebiruan juga memberi kesan menarik dan menjadikan air terjun ini sayang untuk kamu lewatkan.



Leave a Reply