Yuk! Jelajahi eksotisme 10 Air Terjun di Kalimantan


sisil angelin  April 7, 2021  0 Comment

Pulau Kalimantan memang menjadi salah satu Pulau yang sangat luas di Indonesia. Namun sayangnya tidak banyak wisatawan tahu di Kalimantan itu banyak sekali destinasi wisatanya, dan salah satu wisata yang akan kita bahas di Kalimantan adalah Air Terjun. Nah mau tau dimana saja air terjun yang indah di Kalimantan? Langsung aja deh simak artikel dibawah ini, Karena kali ini GoTravelly bakal kasih tau kalian air terjun yang indah, dan wajib kalian kunjungi saat berlibur ke Kalimantan.

Air terjun di Kalimantan

1. Air Terjun Terintik – Kalimantan Barat

Air Terjun Terintik
kumparan.com

Air Terjun Terintik ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter, dan air terjun yang ada disini memiliki tebing batu-batu yang cantik berwarna hitam sehingga memberikan kesan yang eksotik. Saat berada di Air Terjun Terintik kalian bisa menghirup udara yang segar, mendengar suara gemuruh air terjun yang menenangkan pikiran, dan disekitar Air Terjun Terintik ini pemandangannya masih asri. Tempat yang satu ini cocok banget untuk kamu yang bosan dengan keramaian kota.

Alamat : Sempatung Lawek, Kec. Air Besar, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat.

review wisata

Tibrena Mekar & Air Terjun Satu Hati

Menengok Keindahan Air Terjun Kapas Biru Lumajang

2. Air Terjun Nokan Nayan – Kalimantan Barat

Air Terjun Nokan Nayan
id.wikipedia.org

Air Terjun Nokan Nayan ini memang terkenal sekali di Kalimantan Barat, dan untuk menuju Air Terjun Nokan Nayan kalian harus melakukan perjalanan sekitar 1 hari lamanya menggunakan speed boat untuk menyusuri sungai Melawi. Air Terjun Nokan Nayan ini biasanya disukai pencita alam yang suka berpetualang, dan menjelajah. Namun meskipun perjalanan menuju Air Terjun Nokan Nayan ini membutuhkan waktu 1 hari lamanya, semua akan terbayar dengan view yang ada di Air Terjun Nokan Nayan yang memiliki ketinggian 180 meter ini, dan hutan rimbun yang ada disekitar Air Terjun Nokan Nayan.

Alamat : Nanga Menantak, Kec. Ambalau, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat.

3. Air Terjun Mananggar – Kalimantan Barat

Air Terjun Mananggar
infopromodiskon.com

Air Terjun Mananggar ini memang sangat indah, dan batu yang ada di Air Terjun Mananggar sangat leber. sehingga air yang mengalir di batu ini terlihat sangat cantik, dan sering disebut mirip dengan Air Terjun Niagara yang ada diluar negeri guys! Makanya saat kalian berada di Air Terjun Mananggar pastikan kalian berfoto disini ya! karena view yang ada di Air Terjun Mananggar sangat sempurna.

Alamat : Merayuh, Kec. Air Besar, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat.

4. Air Terjun Ampar Jawa – Kalimantan Barat

Air Terjun Ampar Jawa
materimediacom.blogspot.com

Air Terjun Ampar Jawa ini berada di Kalimantan Barat, dan Air Terjun Ampar Jawa ini memmiliki aliran air yang jernih. Selain memiliki air yang jernih Air Terjun Ampar Jawa ini juga memiliki pemandangan yang indah, dan masih asri. Makanya tak heran jika Air Terjun Ampar Jawa ini selalu menjadi destinasi yang wajib dikunjungi saat berada di Kalimanatan Barat. Udara yang sejuk, derasnya gemuruh Air Terjun Ampar Jawa, dan pemandangan indah disini membuat siapa saja betah berlama-lama ditempat ini.

Alamat : Dusun Perbuak, Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat.

5. Air Terjun Mandin Damar – Kalimantan Selatan

 Air Terjun Mandin Damar
visitkalsel.com

Air Terjun Mandin Damar ini pantas disebut sebagai surga tersembunyi di Kalimantan Selatan, dan Air Terjun Mandin Damar berada ditengah hutan lebat. Makanya untuk sampai ke Air Terjun Mandin Damar kalian harus trekking selama 1 jam 30 menit untuk sampai ke lokasi Air Terjun Mandin Damar. Namun saat perjalanan menuju Air Terjun Mandin Damar kalian akan dimanjakan dengan pemandangan hutan yang rimbun, hijau, dna udara yang segar. Sehingga perjalanan menuju Air Terjun Mandin Damar tidak terasa. Namun setelah lelah perjalanan 1 jam lebih semua ini akan terbayar dengan indahnya Air Terjun Mandin Damar yang jernih, airnya berwarna biru, dan kalian bisa berendam di Air Terjun Mandin Damar sembari menikamti pemandangan alam yang ada di Air Terjun Mandin Damar. Nah gimana Air Terjun Mandin Damar ini mengagumkan bukan?

Alamat : Desa Gunung Raya, Kecamatan Mentewe, Kabupaten Tanah bumbu, Kalimantan Selatan.

6. Air Terjun Bajuin – Kalimantan Selatan

Air Terjun Bajuin
apkpure.com

Untuk sampai ke Air Terjun Bajuin kalian harus menempuh perjalanan sekitar 75 km dari kota Banjarmasin, dan sesampai disana kalian harus melewati anak tangga selama 40 menit. Namun saat perjalanan menuju Air Terjun Bajuin kalian akan disuguhka pemandangan pegunungan yang indah, udara yang segar, dan pemandangan yang masih asri dengan pepohonan yang rindang disekitar Air Terjun Bajuin. Memang Air Terjun Bajuin menjadi salah satu wisata yang indah banget, dan wajib banget kalian kunjungi saat berada di Kalimantan Selatan. Air Terjun Bajuin ini tidak banyak diketahui, maka dari itu pemandangan yang ada disini masih asir. air terjunya jernih, pepohonan rindang, dan kicau burung yang ada disekitar Air Terjun Bajuin menambah kesempurnaan tempat ini.

Alamat : Desa Sungai Bakar, Kecamatan Pelaihari, Kalimantan Selatan.

7. Jatur Mapan – Kalimantan Timur

Jatur Mapan
genpi.co

Jantur Mapan ini berada di Kabupaten Kutai Barat, dan air terjun ini memiliki aliran air yang deras di pinggir tebing sehingga memberikan pemandangan air terjun yang cantik. Dengan pepohonan indah disekitar Jantur Mapan. Tempat yang satu ini memang sangat wajib kalian explore, dan pemandangan yang indah disini bikin siapa saja takjub. Jantur Mapan ini juga biasanya dijadikan lokasi pemotretan. gimana tertarik berkunjung ke air terjun yang satu ini?

Alamat : Jln. Sengkereaq Kebont, Barong Tongkok, Juhan Asa, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur.

8. Air Terjun Barabai – Kalimantan Timur

Air Terjun Barabai
wisataria.com/

Air Terjun Barabai ini memiliki pepohonan yang rimbun, udara yang sejuk, mata air yang bersih, dan gemuruh air terjun yang ada disini membuat siapa saja tenang saat berada disekitar Air Terjun Barabai. Memang membuatuhkan perjuangan untuk sampai ke Air Terjun Barabai, karena Air Terjun Barabai ini jauh dari pusat kota, dan jalan yang rusak membuat wisatawan kesusahan untuk smapai ke Air Terjun Barabai. Namun setelah sampai kalian akan dibuat kagum dengan view yang ada di Air Terjun Barabai.

Alamat: Sempaja Utara, Kec. Samarinda Utara, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

9. Air Terjun Brunyau – Kalimantan Tengah

Air Terjun Brunyau
pontianak.tribunnews.com

Air Terjun Brunyau yang berada didaerah Kapuas hulu ini memang menjadi salah satu wisata yang tidak pernah sepi akan pengunjung, dan Air Terjun Brunyau ini juga memiliki fasilitas yang lengkap. Air Terjun Brunyau ini memiliki bebatuan yang bertingkat sehingga air yang jatuh kebebatuan ini terlihat sangat cantik, dan mata air yang mengalir di Air Terjun Brunyau ini sangat jernih. Makanya tak heran wisatawan selalu kagum dengan tempat ini.

Alamat: Riam Piyang, Kec. Bunut Hulu, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

10. Air Terjun Batu Mahasur – Kalimantan Tengah

Air Terjun Batu Mahasur
borneonews.co.id

Air Terjun Batu Mahasur ini memang menjadi salah satu air terjun yang paling terkenal di Kalimantan Tengah, dan Air Terjun Batu Mahasur ini memiliki ketinggian sekitar 12 meter. aliran air yang ada di Air Terjun Batu Mahasur juga tidak deras sehingga aman untuk kalian yang ingin berenang, atau berendam di Air Terjun Batu Mahasur. Sembari berenang di Air Terjun Batu Mahasur kalian bisa melihat pemandangan alam yang indah di Air Terjun Batu Mahasur seperti pepohonan yang rindang, dan udara yang sejuk diisni membuat pikiran kalian rileks!

Alamat : Kuala Kurun, Kurun, Kuala Kurun, Gunung Mas, Kabupaten Gunung MAS, Kalimantan Tengah.



Leave a Reply