10 Air Terjun Terindah di Eropa Bikin Betah Mata Dan Jiwa


prita  July 10, 2020  0 Comment

Benua Eropa memang selalu mencuri perhatian wisatawan dari berbagai belahan dunia. Benua ini memiliki negara-negara indah yang juga menyuguhkan sederet tempat wisata menarik untuk dijelajahi. Seperti wisata air terjun misalnya. Eropa memiliki banyak sekali air terjun yang pemandangannya spektakuler dan menarik untuk dikunjungi. Jika kamu berencana berlibur ke Eropa, jangan lewatkan untuk mengunjungi air terjun terindah di Eropa

1. Air Terjun Staubbach, Swiss

Air Terjun Staubbach
inlovewithswitzerland.com

Air terjun terindah di Eropa yang pertama adalah Air Terjun Staubbach atau Staubbach Falls. Air terjun cantik ini berada di Desa Lauterbrunnen, Bern, Swiss. Desa ini terkenal sangat indah dan disebut sebagai desa negeri dongeng.

Air terjun Staubbach ini mengalir dari ketinggian 300 meter dan menjadi salah satu air terjun tertinggi di Eropa. Tentunya air terjun ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Desa Lauterbrunnen. Air terjun ini memiliki keindahan yang luar biasa, pasalnya air terjun ini langsung jatuh ke Lembah Lauterbrunnen yang dikelilingi oleh pegunungan Alpen yang megah, seperti Monch, Eiger dan Jungfrau.

Gotravelly

Menengok Keindahan Air Terjun Kapas Biru Lumajang

Tibrena Mekar & Air Terjun Satu Hati

2. Air Terjun Vinnufossen, Norwegia

Air Terjun Vinnufossen
flickr.com

Norwegia juga memiliki air terjun terindah di Eropa yang bernama Air Terjun Vinnufossen atau Vinnufossen Falls. Air terjun ini bagian dari aliran gletser Vinnufonna yang mengalir dari ketinggian 860 meter.

Air Terjun Vinnufossen ini berada di tengah Norwegia yang kemudian mengalir ke hutan-hutan yang ada di kaki pegunungan. Pemandangan yang ditawarkan oleh air terjun ini tentu sangat memanjakan mata dan udaranya sangat segar sehingga sangat pas dikunjungi sebagai tempat untuk melepas penat. Tak jauh dari air terjun ini terdapat sebuah air terjun lagi bernama Mardalsfossen yang jaraknya sekitar 80 kilometer dan tak kalah indah.

3. Air Terjun Krimml, Austria

Krimml
beautifulworld.com

Air terjun terindah di Eropa selanjutnya adalah Air Terjun Krimml atau Krimml Falls yang berada di Austria, tepatnya di Desa Krimml, Taman Nasional Tauern di Salzburgerland. Air Terjun Krimml merupakan air terjun yang berada di ketinggian mencapai 380 meter dan dikenal menjadi air terjun tertinggi di Eropa. Bahkan, air terjun ini menjadi salah satu air terjun tertinggi di dunia.

Volume Air Terjun Krimml ini sangat bervariasi dan sangat dipengaruhi oleh musim yang dialami oleh Austria. Pemandangan yang ditawarkan oleh Air Terjun Krimml ini juga sangat indah karena debit air yang dikelilingi oleh hutan hijau yang sangat menyegarkan mata.

4. Air Terjun Dettifoss, Islandia

Dettifoss
extremeiceland.is

Air terjun terindah di Eropa yang satu ini berlokasi di Taman Nasional Vatnajokull yang berada di timur laut Islandia. Air Terjun Dettifoss menjadi air terjun paling kuat dan paling besar di Eropa dalam hal debit volume air yang mencapai 193 meter kubik per detik.

Air terjun ini mengalir di Sungai Jokulsa a Fjollum yang mengalir dari gletser Vatnajokull kemudian airnya berkumpul di area luas timur laut Islandia. Air Terjun Dettifoss ini selalu menjadi tujuan wisata utama bagi wisatawan yang berkunjung ke Islandia karena pemandangannya yang sangat luar biasa indahnya. Apalagi jika kamu menikmatinya dari sebelah barat, kamu bisa melihat air terjun seluruhnya dan kamu juga bisa berjalan kaki hingga diatas lava bendungan yang menjadi lokasi strategis untuk menikmati air terjun.

5. Air Terjun Jagala, Estonia

Jagala
visitestonia.com

Estonia juga menjadi salah satu negara di Eropa yang memiliki air terjun terindah di Eropa. Air terjun ini bernama Air Terjun Jagala atau yang sering disebut Jagala Falls.

Air terjun ini berada sekitar 4 kilometer dari Sungai Jagala yang kemudian mengalir ke Teluk Finlandia. Air Terjun Jagala ini memiliki ketinggian hingga 8 meter dan lebarlebih dari 50 meter, maka tak heran jika air terjun ini dianggap sebagai air terjun terluas di Estonia. Air terjun ini memiliki pemandangan yang sangat indah sehingga mampu menarik perhatian tak hanya wisatawan dari Estonia, namun juga dari mancanegara. Saat musim dingin, pemandangan air terjun ini akan semakin mengesankan karena airnya membeku dan berubah menjadi dinding es yang berkilauan.

6. Air Terjun Plitvice, Kroasia

air terjun plitvice
earthtrekkers.com

Selanjutnya mari beranjak ke Kroasia. Negara ini juga memiliki salah satu air terjun terindah di Eropa yang tak boleh kamu lewatkan saat berkunjung kesana, yaitu Air Terjun Plitvice atau Plitvice Falls.

Air Terjun Plitvice merupakan bagian dari Taman Nasional Plitvice Lakes di Kroasia. Air terjun ini dianggap sebagai salah satu keajaiban alam terbesar di dunia karena air terjun ini merupakan kumpulan danau dan air terjun yang bertingkat. Tak heran jika air terjun ini kerap menyedot perhatian wisatawan dari berbagai negara.

7. Air Terjun Marmore, Italia

air terjun marmore
italiaslowtour.com

Italia tak hanya terkenal dengan wisata pantai dan bangunan tua saja, kamu juga bisa menemukan air terjun terindah di Eropa di Italia. Air terjun ini bernama Air Terjun Marmore atau yang dikenal dengan Cascata delle Marmore yang berada di Umbria, Italia.

Air Terjun Marmore ini merupakan air terjun yang dibuat oleh manusia pada Zaman Romawi Kuno. Air terjun ini dibuat ribuan tahun lalu karena Sungai Velino, tempat dimana air terjun ini berada, memiliki air yang kualitasnya buruk dan dapat menimbulkan penyakit. Untuk itulah air terjun ini dibuat.

Cascata delle Marmore memiliki tinggi mencapai 165 meter dan menjadi air terjun buatan tertinggi di dunia. Karena keindahannya dan cerita dibaliknya membuat air terjun ini menjadi salah satu destinasi di Italia yang tak boleh dilewatkan

8. Air Terjun High Force, Inggris

air terjun high force
teesdalemercury.co.uk

Inggris juga memiliki air terjun terindah di Eropa yang berlokasi di kota Durham. Air terjun ini bernama Air Terjun High Force atau High Force Falls.

Air Terjun Force Falls memiliki ketinggian hingga 21 meter dengan pemandangan yang indah. Air terjun ini mengalir deras dan dikelilingi oleh hutan yang menjadi tempat tinggal berbagai satwa liar dan tumbuhan liar yang indah. Jika kamu datang kesini, kamu bisa melihat bunga-bunga liar, pakis dan pohon-pohon yang menjulang tinggi. Tak hanya itu, jika beruntung kamu bisa bertemu dengan satwa liar seperti rusa dan kelinci yang hidup bebas disini.

9. Air Terjun Gavarnie, Prancis

air terjun gavarnie
wondermondo.com

Prancis tak hanya ada Menara Eiffel, disini kamu juga bisa menemukan salah satu air terjun terindah di Eropa yang bernama Air Terjun Gavarnie atau Gavarnie Falls. Air Terjun Gavarnie berada di Cirque de Gavarnie, dekat dengan Desa Gavarnie di Hautes-Pyrenees.

Air Terjun Gavarnie memiliki aliran yang berasal dari Gave de Pau. Airnya berasal dari salju yang mencair dan glasier kecil di Spanyol. Di musim panas, aliran air terjun ini mencapai 200 meter persegi per detik karena banyaknya salju yang mencair. Namun di musim dingin, air terjun ini kadang membeku dan berhenti mengalir sehingga menciptakan pemandangan yang luar biasa.

10. Air Terjun Veil, Hungaria

Air Terjun Terindah di Eropa
pinterest.de

Air terjun terindah di Eropa yang terakhir adalah Air Terjun Veil yang berada di Hungaria. Air terjun ini menjadi salah satu wisata alam yang paling penting dan paling menarik perhatian wisatawan saat berkunjung ke Hungaria.

Air Terjun Veil ini memiliki tinggi sekitar 17 meter dengan dinding berkapur. Air yang mengalir di air terjun ini merupakan bagian dari Anhydride dari Sungai Szalajka yang menguap dan kembali lagi ke tanah sehingga dipenuhi kalsium karbonat. Pemandangan air terjun ini sangat menakjubkan dimana tedapat hutan hijau disekelilingnya dan terdapat 18 balkoni untuk wisatawan bisa menikmati indahnya air terjun ini.



Leave a Reply